Pengaruh Model Pembelajaran Visual, Auditory, Kinesthetic (VAK) Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar Materi Gaya Kelas IV SD Negeri 23 Singkawang
DOI:
https://doi.org/10.24114/jgk.v9i3.64322Keywords:
Visual, Auditory, Kinesthetic, Literasi SainsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan model pemelajaran Visual, Auditory, Kinesthetic (VAK) berbantuan media audio visual terhadap literasi sains siswa sekolah dasar materi gaya kelas IV SD Negeri 23 Singkawang. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 23 Singkawang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan metode true eksperimental dengan bentuk desain penelitian The Non-Equivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IVA dan kelas IVC SD Negeri 23 Singkawang dengan teknik pengambilan sampel random sampling. Hasil dalam penelitian ini adalah: 1) Terdapat perbedaan yang signifikan literasi sains siswa antara yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Visual, Auditory, Kinesthetic (VAK) berbantuan media pembelajaran audio visual dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran discovery learning pada materi gaya dengan hasil t_hitung= 2,5230 > t_tabel= 1.6730, 2) Model pembelajaran Visual, Auditory, Kinesthetic (VAK) berbantuan media pembelajaran audio visual berpengaruh tinggi terhadap literasi sains siswa pada materi gaya dengan hasil uji Effect Size = 2,1216 yang berada pada kategori tinggi.References
Aiman, U., & Ahmad, R. A. R. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Terhadap Literasi Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(1), 1–5.
Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225
Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Syahkira, H. P. (2024). OPTIMIZING MATHEMATICS LEARNING IN FIFTH GRADES: THE CRITICAL ROLE OF EVALUATION IN IMPROVING STUDENT ACHIEVEMENT AND CHARACTER. PROGRES PENDIDIKAN, 5(3), 302–311. https://prospek.unram.ac.id/index.php/PROSPEK/article/view/1120
Ansya, Y. A., Ardhita, A. A., Rahma, F. M., Sari, K., & Khairunnisa, K. (2024). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KEMAMPUAN LITERASI BACA TULIS SISWA SEKOLAH DASAR. JGK (Jurnal Guru Kita), 8(3), 598–606. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i3.60183
Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024). Model Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Cahya Ghani Recovery.
Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.
Hendriana, E. C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Gaya Belajar Auditorial terhadap Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 3(1), 1–8.
Julaeha, S., & Erihadiana, M. (2021). Model pembelajaran dan implementasi pendidikan HAM dalam perspektif pendidikan islam dan nasional. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 3(3), 403–414.
Magdalena, I., Shodikoh, A. F., & Pebrianti, A. R. (2021). Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa sdn meruya selatan 06 pagi. Edisi, 3(2), 312–325. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi/article/view/1373
Maryanti, S. D., Hendriana, E. C., & Suwanto, I. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL, AUDITORY, AND KINESTHETIC (VAK) DENGAN MEDIA POP UP BOOK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 114–123.
Muthmainnah, A., Nisa, N., Ashifa, R., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Meningkatkan Hasil Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan menggunakan Media Powtoon selama Pembelajaran Jarak Jauh di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5159–5168.
Pagarra, H., Syawaluddin, A., & Krismanto, W. (2022). Media Pembelajaran. Badan Penerbit UNM, Makassar.
Rahma, F. I. (2019). Media Pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran bagi anak Sekolah Dasar). Pancawahana: Jurnal Studi Islam, 14(2), 87–99.
Ramli, M. (2012). Media dan teknologi pembelajaran. Antasari Press.
Sari, Y., Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Putri, P. A. (2023). STUDI LITERATUR : UPAYA DAN STRATEGI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA. Jurnal Guru Kita PGSD, 8(1), 9–26. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i1.53931
Shoimin, A. (2021). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono, S. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Sulistri, E., Sunarsih, E., & Utama, E. G. (2020). Pengembangan buku saku digital berbasis etnosains di sekolah dasar Kota Singkawang. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 522–531.
Suparya, I. K., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2022). Rendahnya literasi sains: faktor penyebab dan alternatif solusinya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 153–166.
Suwandewi, N. L. K. A. (2020). Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 455–462.
Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114.
Tayeb, T. (2017). Analisis dan manfaat model pembelajaran. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 48–55.
Yuliati, Y., Febriyanto, B., & Saputra, D. S. (2021). Efektivitas model pembelajaran multiliterasi terhadap literasi sains siswa kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sintia Sintia, Emi Sulistri, Evinna Cinda Hendriana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the JGK (Jurnal Guru Kita) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)