Pengaruh Model Pembelajaran Visual, Auditory, Kinesthetic (VAK) Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar Materi Gaya Kelas IV SD Negeri 23 Singkawang

Authors

  • Sintia Sintia ISBI Singkawang
  • Emi Sulistri ISBI Singkawang
  • Evinna Cinda Hendriana ISBI Singkawang

DOI:

https://doi.org/10.24114/jgk.v9i3.64322

Keywords:

Visual, Auditory, Kinesthetic, Literasi Sains

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan model pemelajaran Visual, Auditory, Kinesthetic (VAK) berbantuan media audio visual terhadap literasi sains  siswa sekolah dasar materi gaya kelas IV SD Negeri 23 Singkawang. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 23 Singkawang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan metode true eksperimental dengan bentuk desain penelitian The Non-Equivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IVA dan kelas IVC SD Negeri 23 Singkawang dengan teknik pengambilan sampel random sampling. Hasil dalam penelitian ini adalah: 1) Terdapat perbedaan yang signifikan literasi sains siswa antara yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Visual, Auditory, Kinesthetic (VAK) berbantuan media pembelajaran audio visual dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran discovery learning pada materi gaya dengan hasil t_hitung= 2,5230 > t_tabel= 1.6730, 2) Model pembelajaran Visual, Auditory, Kinesthetic (VAK) berbantuan media pembelajaran audio visual berpengaruh tinggi terhadap literasi sains siswa pada materi gaya dengan  hasil uji Effect Size = 2,1216 yang berada pada kategori tinggi.

Author Biographies

Sintia Sintia, ISBI Singkawang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Emi Sulistri, ISBI Singkawang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Evinna Cinda Hendriana, ISBI Singkawang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Aiman, U., & Ahmad, R. A. R. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Terhadap Literasi Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(1), 1–5.

Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225

Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Syahkira, H. P. (2024). OPTIMIZING MATHEMATICS LEARNING IN FIFTH GRADES: THE CRITICAL ROLE OF EVALUATION IN IMPROVING STUDENT ACHIEVEMENT AND CHARACTER. PROGRES PENDIDIKAN, 5(3), 302–311. https://prospek.unram.ac.id/index.php/PROSPEK/article/view/1120

Ansya, Y. A., Ardhita, A. A., Rahma, F. M., Sari, K., & Khairunnisa, K. (2024). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KEMAMPUAN LITERASI BACA TULIS SISWA SEKOLAH DASAR. JGK (Jurnal Guru Kita), 8(3), 598–606. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i3.60183

Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024). Model Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Cahya Ghani Recovery.

Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.

Hendriana, E. C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Gaya Belajar Auditorial terhadap Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 3(1), 1–8.

Julaeha, S., & Erihadiana, M. (2021). Model pembelajaran dan implementasi pendidikan HAM dalam perspektif pendidikan islam dan nasional. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 3(3), 403–414.

Magdalena, I., Shodikoh, A. F., & Pebrianti, A. R. (2021). Pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa sdn meruya selatan 06 pagi. Edisi, 3(2), 312–325. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi/article/view/1373

Maryanti, S. D., Hendriana, E. C., & Suwanto, I. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VISUAL, AUDITORY, AND KINESTHETIC (VAK) DENGAN MEDIA POP UP BOOK TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 114–123.

Muthmainnah, A., Nisa, N., Ashifa, R., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Meningkatkan Hasil Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan menggunakan Media Powtoon selama Pembelajaran Jarak Jauh di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5159–5168.

Pagarra, H., Syawaluddin, A., & Krismanto, W. (2022). Media Pembelajaran. Badan Penerbit UNM, Makassar.

Rahma, F. I. (2019). Media Pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran bagi anak Sekolah Dasar). Pancawahana: Jurnal Studi Islam, 14(2), 87–99.

Ramli, M. (2012). Media dan teknologi pembelajaran. Antasari Press.

Sari, Y., Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Putri, P. A. (2023). STUDI LITERATUR : UPAYA DAN STRATEGI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA. Jurnal Guru Kita PGSD, 8(1), 9–26. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i1.53931

Shoimin, A. (2021). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono, S. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Sulistri, E., Sunarsih, E., & Utama, E. G. (2020). Pengembangan buku saku digital berbasis etnosains di sekolah dasar Kota Singkawang. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 522–531.

Suparya, I. K., Suastra, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2022). Rendahnya literasi sains: faktor penyebab dan alternatif solusinya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 153–166.

Suwandewi, N. L. K. A. (2020). Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 455–462.

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114.

Tayeb, T. (2017). Analisis dan manfaat model pembelajaran. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 48–55.

Yuliati, Y., Febriyanto, B., & Saputra, D. S. (2021). Efektivitas model pembelajaran multiliterasi terhadap literasi sains siswa kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(2).

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Sintia Sintia, Emi Sulistri, & Evinna Cinda Hendriana. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Visual, Auditory, Kinesthetic (VAK) Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar Materi Gaya Kelas IV SD Negeri 23 Singkawang. JGK (Jurnal Guru Kita), 9(3), 774–783. https://doi.org/10.24114/jgk.v9i3.64322

Issue

Section

Articles