Problematika Pembelajaran Matematika Pada Materi Pecahan Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24114/jgk.v9i3.64335Keywords:
Problematika, Materi Pecahan, Pembelajaran Matematika, Sekolah DasarAbstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan siswa dalam memahami konsep dasar pecahan serta mengidentifikasi pendekatan pembelajaran yang efektif untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kualitaif dengan metode studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan kesulitan belajar matematika pada materi pecahan yang dialami siswa disebabkan oleh faktor internal, seperti rendahnya motivasi dan pemahaman siswa terhadap konsep dasar pecahan, serta faktor eksternal, seperti metode pembelajaran yang kurang bervariasi, minimnya media pembelajaran yang efektif, dan keterbatasan sarana di sekolah. Untuk mengatasi masalah ini, dibutuhkan pendekatan pembelajaran yang lebih inovatif, di mana guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih menarik dan kondusif, serta memanfaatkan berbagai media pembelajaran untuk memperjelas konsep-konsep yang sulit. Pengembangan metode pengajaran yang merangsang kemampuan berpikir kritis siswa juga sangat penting, khususnya dalam menyelesaikan soal-soal yang menguji kemampuan tingkat tinggi, guna meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pecahan dan meminimalisir kesulitan belajar.References
Amallia, N., & Unaenah, E. (2018). Analisis kesulitan belajar matematika pada siswa kelas III sekolah dasar. Attadib: Journal of Elementary Education, 2(2), 123–133.
Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Syahkira, H. P. (2024). OPTIMIZING MATHEMATICS LEARNING IN FIFTH GRADES: THE CRITICAL ROLE OF EVALUATION IN IMPROVING STUDENT ACHIEVEMENT AND CHARACTER. PROGRES PENDIDIKAN, 5(3), 302–311. https://prospek.unram.ac.id/index.php/PROSPEK/article/view/1120
Ansya, Y. A., Alfianita, A., Syahkira, H. P., & Syahrial, S. (2024). Peran Evaluasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 6(2), 173–184. https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i2.15030
Ansya, Y. A., Ardhita, A. A., Rahma, F. M., Sari, K., & Khairunnisa, K. (2024). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KEMAMPUAN LITERASI BACA TULIS SISWA SEKOLAH DASAR. JGK (Jurnal Guru Kita), 8(3), 598–606. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i3.60183
Ansya, Y. A., & Mailani, E. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar melalui Program Kampus Mengajar 7. FONDATIA, 8(4), 772–789. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/fondatia.v8i4.5456
Atiaturrahmaniah, A., Kudsiah, M., & Ulfa, E. M. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas IV SDN Sukaraja. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 268–278.
Fidayanti, M., Shodiqin, A., & Suyitno, Y. P. (2020). Analisis Kesulitan dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas V SDN Tlahab Kendal. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), 88–96.
Handayani, S. D. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Memahami Soal Cerita Pada Materi Bilangan Pecahan Ditinjau Dari Segi Prestasi Siswa Kelas V Min 6 Ponorogo. IAIN Ponorogo.
Hidayah, N., Budiman, M. A., & Cahyadi, F. (2020). Analisis kesulitan siswa kelas V dalam memecahkan masalah matematika pada materi operasi hitung pecahan. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(1), 46–51.
Made, S. I. (2018). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan operasi hitung pecahan siswa sekolah dasar. International Journal of Elementary Education, 2(2), 144–155.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Nasiruudin, F. A. Z., & Hayati, H. (2019). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Pecahan Pada Siswa Sekolah Dasar Di Makassar:(Studi Kasus Siswa Kelas V Sdn Inpres Panaikang Ii/1 Makassar). Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science, 1(2), 23–31.
Natasya, N. (2019). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 004 Bangkinang Kota (Materi Pecahan). Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 3(2), 47–53.
Nursidiq, A. P., & Batubara, H. H. (2022). Pengalaman Guru Sekolah Dasar Dalam Menggunakan Media pembelajaran. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(5), 1319–1334.
Sahroni, D. (2017). Pentingnya pendidikan karakter dalam pembelajaran. Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 115–124.
Sari, D. P. (2016). Berpikir Matematis dengan Metode Induktif, Deduktif, Analogi, Integratif dan Abstrak. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1).
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Unaenah, E., & Sumantri, M. S. (2019). Analisis pemahaman konsep matematis siswa kelas 5 sekolah dasar pada materi pecahan. Jurnal Basicedu, 3(1), 106–111.
Usman, H., & Wardhani, P. A. (2024). ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI 3D BERBASIS BLENDER PADA MATA PELAJARAN PPKN DI KELAS V. Jurnal Holistika, 8(1), 1–10.
Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. D. (2020). Study at home: analisis kesulitan belajar matematika pada proses pembelajaran daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 20–26.
Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2017). Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Pecahan di Sekolah Dasar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 451–462.
Yolanita, C., & Ruswendi, A. (2024). Analisis kesulitan belajar matematika di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 5(3), 464–470.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Cici Dwi Wana, Della Nanda Sidabalok, Devi Triana Purba, Khoirunnisa Nasution, Thesa Aulya Sagala, Elvi Mailani, Mardiyah Kharismayanda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the JGK (Jurnal Guru Kita) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)