Problematika Pembelajaran Matematika Pada Materi Pecahan Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Cici Dwi Wana Universitas Negeri Medan
  • Della Nanda Sidabalok Universitas Negeri Medan
  • Devi Triana Purba Universitas Negeri Medan
  • Khoirunnisa Nasution Universitas Negeri Medan
  • Thesa Aulya Sagala Universitas Negeri Medan
  • Elvi Mailani Universitas Negeri Medan
  • Mardiyah Kharismayanda Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/jgk.v9i3.64335

Keywords:

Problematika, Materi Pecahan, Pembelajaran Matematika, Sekolah Dasar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan siswa dalam memahami konsep dasar pecahan serta mengidentifikasi pendekatan pembelajaran yang efektif untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kualitaif dengan metode studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan kesulitan belajar matematika pada materi pecahan yang dialami siswa disebabkan oleh faktor internal, seperti rendahnya motivasi dan pemahaman siswa terhadap konsep dasar pecahan, serta faktor eksternal, seperti metode pembelajaran yang kurang bervariasi, minimnya media pembelajaran yang efektif, dan keterbatasan sarana di sekolah. Untuk mengatasi masalah ini, dibutuhkan pendekatan pembelajaran yang lebih inovatif, di mana guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih menarik dan kondusif, serta memanfaatkan berbagai media pembelajaran untuk memperjelas konsep-konsep yang sulit. Pengembangan metode pengajaran yang merangsang kemampuan berpikir kritis siswa juga sangat penting, khususnya dalam menyelesaikan soal-soal yang menguji kemampuan tingkat tinggi, guna meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pecahan dan meminimalisir kesulitan belajar.

Author Biographies

Cici Dwi Wana, Universitas Negeri Medan

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Della Nanda Sidabalok, Universitas Negeri Medan

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Devi Triana Purba, Universitas Negeri Medan

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Khoirunnisa Nasution, Universitas Negeri Medan

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Thesa Aulya Sagala, Universitas Negeri Medan

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Elvi Mailani, Universitas Negeri Medan

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Mardiyah Kharismayanda, Universitas Negeri Medan

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Amallia, N., & Unaenah, E. (2018). Analisis kesulitan belajar matematika pada siswa kelas III sekolah dasar. Attadib: Journal of Elementary Education, 2(2), 123–133.

Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Syahkira, H. P. (2024). OPTIMIZING MATHEMATICS LEARNING IN FIFTH GRADES: THE CRITICAL ROLE OF EVALUATION IN IMPROVING STUDENT ACHIEVEMENT AND CHARACTER. PROGRES PENDIDIKAN, 5(3), 302–311. https://prospek.unram.ac.id/index.php/PROSPEK/article/view/1120

Ansya, Y. A., Alfianita, A., Syahkira, H. P., & Syahrial, S. (2024). Peran Evaluasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 6(2), 173–184. https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i2.15030

Ansya, Y. A., Ardhita, A. A., Rahma, F. M., Sari, K., & Khairunnisa, K. (2024). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KEMAMPUAN LITERASI BACA TULIS SISWA SEKOLAH DASAR. JGK (Jurnal Guru Kita), 8(3), 598–606. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i3.60183

Ansya, Y. A., & Mailani, E. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar melalui Program Kampus Mengajar 7. FONDATIA, 8(4), 772–789. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/fondatia.v8i4.5456

Atiaturrahmaniah, A., Kudsiah, M., & Ulfa, E. M. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas IV SDN Sukaraja. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 268–278.

Fidayanti, M., Shodiqin, A., & Suyitno, Y. P. (2020). Analisis Kesulitan dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas V SDN Tlahab Kendal. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), 88–96.

Handayani, S. D. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Memahami Soal Cerita Pada Materi Bilangan Pecahan Ditinjau Dari Segi Prestasi Siswa Kelas V Min 6 Ponorogo. IAIN Ponorogo.

Hidayah, N., Budiman, M. A., & Cahyadi, F. (2020). Analisis kesulitan siswa kelas V dalam memecahkan masalah matematika pada materi operasi hitung pecahan. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(1), 46–51.

Made, S. I. (2018). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan operasi hitung pecahan siswa sekolah dasar. International Journal of Elementary Education, 2(2), 144–155.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Nasiruudin, F. A. Z., & Hayati, H. (2019). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Pecahan Pada Siswa Sekolah Dasar Di Makassar:(Studi Kasus Siswa Kelas V Sdn Inpres Panaikang Ii/1 Makassar). Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science, 1(2), 23–31.

Natasya, N. (2019). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 004 Bangkinang Kota (Materi Pecahan). Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 3(2), 47–53.

Nursidiq, A. P., & Batubara, H. H. (2022). Pengalaman Guru Sekolah Dasar Dalam Menggunakan Media pembelajaran. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(5), 1319–1334.

Sahroni, D. (2017). Pentingnya pendidikan karakter dalam pembelajaran. Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 115–124.

Sari, D. P. (2016). Berpikir Matematis dengan Metode Induktif, Deduktif, Analogi, Integratif dan Abstrak. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1).

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Unaenah, E., & Sumantri, M. S. (2019). Analisis pemahaman konsep matematis siswa kelas 5 sekolah dasar pada materi pecahan. Jurnal Basicedu, 3(1), 106–111.

Usman, H., & Wardhani, P. A. (2024). ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI 3D BERBASIS BLENDER PADA MATA PELAJARAN PPKN DI KELAS V. Jurnal Holistika, 8(1), 1–10.

Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. D. (2020). Study at home: analisis kesulitan belajar matematika pada proses pembelajaran daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 20–26.

Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2017). Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Pecahan di Sekolah Dasar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 451–462.

Yolanita, C., & Ruswendi, A. (2024). Analisis kesulitan belajar matematika di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 5(3), 464–470.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Cici Dwi Wana, Della Nanda Sidabalok, Devi Triana Purba, Khoirunnisa Nasution, Thesa Aulya Sagala, Elvi Mailani, & Mardiyah Kharismayanda. (2025). Problematika Pembelajaran Matematika Pada Materi Pecahan Siswa Sekolah Dasar. JGK (Jurnal Guru Kita), 9(3), 821–830. https://doi.org/10.24114/jgk.v9i3.64335

Issue

Section

Articles