Pengembangan Bahan Ajar Handout Berbasis Flipbook Pada Elemen Keselamatan, Kesehatan Kerja, dan Lingkungan Hidup Fase E Guna Mendukung Proses Pembelajaran Peserta Didik Kelas X AKL di SMK
DOI:
https://doi.org/10.24114/jgk.v9i3.64340Keywords:
Pengembangan, Bahan Ajar Elektronik, Flip Book, K3LHAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis flipbook pada elemen Keselamatan, Kesehatan Kerja, dan Lingkungan Hidup untuk kelas X jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK. Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya inovasi dalam bahan ajar yang masih berbentuk cetakan, serta kebutuhan siswa dan guru terhadap bahan ajar yang lebih menarik dan fleksibel. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D) dengan model pengembangan Alessi dan Trollip, yang terdiri dari tiga tahap: Perencanaan, Desain, dan Pengembangan. Tahap Perencanaan mencakup identifikasi ruang lingkup dan sumber daya, tahap Desain mencakup pembuatan flowchart dan storyboard, sementara tahap Pengembangan meliputi produksi produk dan pengujian melalui alpha dan beta testing. Hasil uji validasi menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis flipbook ini sangat layak digunakan. Diharapkan, pengembangan bahan ajar ini dapat memberikan kontribusi signifikan dalam menciptakan produk pendidikan yang efektif, menarik, dan relevan bagi siswa, serta mendukung peningkatan kualitas pembelajaran di SMK.References
Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225
Ansya, Y. A., & Mailani, E. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar melalui Program Kampus Mengajar 7. FONDATIA, 8(4), 772–789. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/fondatia.v8i4.5456
Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024). Model Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Cahya Ghani Recovery.
Ariani, M., Zulhawati, Z., Haryani, H., Zani, B. N., Husnita, L., Firmansyah, M. B., Karuru, P., & Hamsiah, A. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Era Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Hadiyanti, A. H. D. (2021). Pengembangan modul pembelajaran IPA digital berbasis flipbook untuk pembelajaran daring di sekolah dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(2), 284–291.
Jaya, H., Hambali, M., & Fakhrurrozi, F. (2023). Transformasi pendidikan: peran pendidikan berkelanjutan dalam menghadapi tantangan abad ke-21. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 2416–2422.
Meliyani, A. R., Mentari, D., Syabani, G. P., & Zuhri, N. Z. (2022). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Digital Bagi Guru Agar Tercipta Kegiatan Pembelajaran yang Efektif dan Siswa Aktif. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(02), 264–274.
Nafiqah, P. (2024). PENGEMBANGAN E-BOOK MATERI TEKS EKSPOSISI BERBANTUAN APLIKASI CANVA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SISWA KELAS X MA TAHFIZH AL-HABIBI. Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sumatera Utara.
Pribowo, M. A., Hadiati, E., & Sufian, M. (2024). Pengembangan E-Modul Pendidikan Agama Islam Interaktif Berbasis Flipbook untuk Meningkatkan Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal PAI Raden Fatah, 6(4), 1163–1177.
Rochmah, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Kvisoft Materi Sistem Indra Manusia Untuk Madrasah Aliyah Ma’arif NU 5 Sekampung Kelas XI. IAIN Metro.
Sari, Y., Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Putri, P. A. (2023). STUDI LITERATUR : UPAYA DAN STRATEGI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA. Jurnal Guru Kita PGSD, 8(1), 9–26. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i1.53931
Sugiyono, D. (2014). Metode penelitian pendidikan.
Surachman, A., Putri, D. E., & Nugroho, A. (2024). Transformasi Pendidikan di Era Digital Tantangan dan Peluang. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(2), 52–63.
Suyadnya, I. (2024). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATA PELAJARAN INFORMATIKA KELAS X SMA NEGERI 1 TEJAKULA. Universitas Pendidikan Ganesha.
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(26), 263–278.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Erikha Fitria Prasetyaningrum, Leovinka Mariandari, Mulia Jischa Cherryl Shikiza, Luqman Hakim, Amirul Afif

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the JGK (Jurnal Guru Kita) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)