Penerapan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24114/jgk.v9i3.64342Keywords:
Media Pembelajaran, Permainan Ular Tangga, Keterampilan Membaca, Budaya Literasi Pada Cerita Rakat di Sekolah Dasar, LiterasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan media pembelajaran ular tangga dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan subjek penelitian guru dan siswa kelas 4 SDN Karang Tumaritis. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media permainan ular tangga dapat permainan ular tangga terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa sekolah dasar dengan cara yang menyenangkan dan interaktif. Permainan ini memotivasi siswa untuk membaca dengan baik agar dapat melanjutkan permainan, sehingga meningkatkan daya ingat mereka terhadap kosakata baru. Secara keseluruhan, permainan ular tangga tidak hanya meningkatkan keterampilan membaca teknis, tetapi juga mendukung pengembangan keterampilan kognitif, sosial, dan emosional siswa secara holistik.References
Afandi, R. (2015). Pengembangan media pembelajaran permainan ular tangga untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar IPS di sekolah dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1), 77–89.
Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225
Ansya, Y. A., Ardhita, A. A., Rahma, F. M., Sari, K., & Khairunnisa, K. (2024). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KEMAMPUAN LITERASI BACA TULIS SISWA SEKOLAH DASAR. JGK (Jurnal Guru Kita), 8(3), 598–606. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i3.60183
Ansya, Y. A., & Mailani, E. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar melalui Program Kampus Mengajar 7. FONDATIA, 8(4), 772–789. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/fondatia.v8i4.5456
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. jakarta: Rajawali Pers.
Aulina, C. N., & Sausan, L. (2024). Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun melalui Media Karpet Ular Tangga Baca (Kartaca). Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 254–266.
Chabib, M., Djatmika, E. T., & Kuswandi, D. (2017). Efektivitas pengembangan media permainan ular tangga sebagai sarana belajar tematik SD. State University of Malang.
Fernandes, R. (2019). Relevansi Kurikulum 2013 dengan kebutuhan Peserta didik di Era Revolusi 4.0. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 6(2), 70–80.
Firdaus, K., & Ritonga, M. (2024). Peran Teknologi Dalam Mengatasi Krisis Pendidikan di Daerah Terpencil. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 9(1), 43–57.
Izzatunnisa, T. (2023). Penggunaan media permainan ular tangga untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita sedang. Universitas Negeri Malang.
Jusmirad, M., Angraeini, D., Faturrahman, M., Syukur, M., & Arifin, I. (2023). Implementasi Literasi dan Numerasi pada Program MBKM dan Dampaknya Terhadap Siswa SMP Datuk Ribandang. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(03), 303–310.
Khomsin, K., & Rahimmatussalisa, R. (2021). Efektivitas Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 25–33.
Lufianah, I. (2018). Kolaborasi Permainan Ular Tangga Edukasi (UTE) dengan Media Kartu Baca untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas ISD Muhammadiyah 1 GKB Gresik. Universitas Muhammadiyah Gresik.
Maulana, P., & Akbar, A. (2017). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD (student team achievement division) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman di sekolah dasar. Pesona Dasar: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Humaniora, 5(2).
Nironi, E., & Jumiatin, D. (2023). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Usia Dini. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 6(4), 380–390.
Nugrahani, R. (2007). Media pembelajaran berbasis visual berbentuk permainan ular tangga untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar di sekolah dasar. Lembaran Ilmu Kependidikan, 36(1).
Nurwulan, D. A., Listyarini, I., Prasetiawati, C., & Saputra, H. J. (2024). Penerapan Media Ular Tangga Materi Sikap Menaati Aturan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Literasi Siswa Kelas II SDN Panggunglor Semarang. ISLAMIKA, 6(4), 1520–1534.
OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume III). OECD. https://doi.org/10.1787/acd78851-en
Rekysika, N. S., & Haryanto, H. (2019). Media pembelajaran ular tangga bilangan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 56–61.
Riyanti, A. (2021). Keterampilan membaca. Penerbit K-Media.
Rosarian, A. W., & Dirgantoro, K. P. S. (2020). Upaya guru dalam membangun interaksi siswa melalui metode belajar sambil bermain [teacher’s efforts in building student interaction using a game based learning method]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 3(2), 146–163.
Rosenblatt, L. M. (2018). The transactional theory of reading and writing. In Theoretical models and processes of literacy (pp. 451–479). Routledge.
Rozi, F., Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024). Strategi Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sekolah Dasar Dalam Mewujudkan Tujuan SDG 4: Pendidikan Berkualitas. PT. Penerbit Naga Pustaka.
Sari, Y., Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Putri, P. A. (2023). STUDI LITERATUR : UPAYA DAN STRATEGI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA. Jurnal Guru Kita PGSD, 8(1), 9–26. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i1.53931
Septiana, L., & Afnizar, E. (2023). Upaya Peningkatan Kemampuan Numerasi Melalui Implementasi Game Based Learning Siswa Kelas V Di SDN 06 Rantau Bertuah. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(6), 288–297.
Setiawati, F. A. (2021). Penerapan Strategi Pembelajaran Melalui Permainan Ular Tangga Tantangan Dalam Meningkatkan Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini. Jurnal Buah Hati, 8(1), 49–61.
Sugiarto, T. (2020). E-Learning Berbasis Schoology Tingkatkan Hasil Belajar Fisika (Vol. 550259). cv. Mine.
Sugiyono, D. (2014). Metode penelitian pendidikan.
Utomo, F. T. S. (2023). INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ERA DIGITAL DI SEKOLAH DASAR. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3635–3645. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10066
Wati, A. (2021). Pengembangan media permainan ular tangga untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 68–73.
Widyana, T. C., & Nugrahanta, G. A. (2021). Peran permainan tradisional terhadap karakter empati anak 6-8 tahun. Jurnal Basicedu, 5(6), 5445–5455.
Yanti, I., Affandi, L. H., & Rosyidah, A. N. K. (2021). Pengembangan media permainan ular tangga untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas II SDN 12 Taliwang. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 509–516.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rizik Habibullah Nurusyaikha, Haikal Akbar Diennova, Ahmad Baykoni, Patra Aghtiar Rakhman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the JGK (Jurnal Guru Kita) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)