Penggunaan Media Game Online Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24114/jgk.v9i3.64361Keywords:
Media Pembelajaran, Game Online, Wordwall, Matematika Sekolah DasarAbstract
Penelitian bertujuan untuk menganalisis penggunaan media game online Wordwall dalam meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar serta menjelaskan kelebihan dan kekurangan dan peran wordwall sebagai media pembelajaran berbasis teknologi di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif menggunakan metode studi literatur. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu sumber pustaka dengan acuan yang relevan dengan tema penelitian seperti game online dalam pembelajaran, Wordwall, media pembelajaran interaktif, dan minat belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan Wordwall merupakan media pembelajaran yang efektif dan menarik untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Dengan pendekatan interaktif dan berbasis permainan, platform ini mampu mengubah suasana kelas menjadi lebih dinamis dan menyenangkan, yang pada gilirannya mendorong siswa untuk lebih antusias dan aktif dalam belajar.References
Ahmadi, F. (2017). Guru SD di era digital: pendekatan, media, inovasi. CV. Pilar Nusantara.
Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225
Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Syahkira, H. P. (2024). OPTIMIZING MATHEMATICS LEARNING IN FIFTH GRADES: THE CRITICAL ROLE OF EVALUATION IN IMPROVING STUDENT ACHIEVEMENT AND CHARACTER. PROGRES PENDIDIKAN, 5(3), 302–311. https://prospek.unram.ac.id/index.php/PROSPEK/article/view/1120
Ansya, Y. A., Alfianita, A., Syahkira, H. P., & Syahrial, S. (2024). Peran Evaluasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 6(2), 173–184. https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i2.15030
Ansya, Y. A., Ardhita, A. A., Rahma, F. M., Sari, K., & Khairunnisa, K. (2024). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KEMAMPUAN LITERASI BACA TULIS SISWA SEKOLAH DASAR. JGK (Jurnal Guru Kita), 8(3), 598–606. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i3.60183
Ansya, Y. A., Ardhita, A. A., Sari, K., Nainggolan, M. G., Ayunda, R., Hasibuan, W. A., & Antika, W. (2021). LUNTURNYA NILAI-NILAI PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT INDONESIA DI ERA GLOBALISASI YANG MENGAKIBATKAN MUNCULNYA KELOMPOK TERORISME. Jurnal Handayani, 12(2), 144–153. https://doi.org/10.24114/jh.v12i2.45265
Ansya, Y. A., & Mailani, E. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar melalui Program Kampus Mengajar 7. FONDATIA, 8(4), 772–789. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/fondatia.v8i4.5456
Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024a). Implementasi P5 melalui Kolaborasi Musik Angklung dan Tari Tor-tor di Kelas IV Sekolah Dasar. FONDATIA, 8(4), 790–806. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/fondatia.v8i4.5456
Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024b). Model Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Cahya Ghani Recovery.
Anwar, F., Pajarianto, H., Herlina, E., Raharjo, T. D., Fajriyah, L., Astuti, I. A. D., Hardiansyah, A., & Suseni, K. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran “Telaah Perspektif Pada Era Society 5.0.” Tohar Media.
Arifin, B., & Mu’id, A. (2024). Pengembangan Kurikulum Berbasis Keterampilan Dalam Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21. DAARUS TSAQOFAH, Jurnal Pendidikan Pascasarjana Universitas Qomaruddin, 1(2), 118–128.
Arini, A. D., Setiyaningtiyas, A. N., Ningtyas, A., Nappa, A. S., Kokomaking, A. J., Iftitah, A. N., & Sukriono, D. (2024). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI APLIKASI WORDWALL PADA KELAS VII A SMPN 8 MALANG. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 4(6), 10.
Atikah, R., Prihatin, R. T., Hernayanti, H., & Misbah, J. (2021). Pemanfaatan google classroom sebagai media pembelajaran di masa pandemi covid-19. PETIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 7(1), 7–18.
Darman, R. A. (2020). Belajar dan Pembelajaran. Guepedia.
Dewi, F. (2015). Proyek buku digital: Upaya peningkatan keterampilan abad 21 calon guru sekolah dasar melalui model pembelajaran berbasis proyek. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 9(2).
Dluha, M. W. S., & Wijaya, D. N. (2024). DAMPAK PENGGUNAAN WEB WORDWALL PADA MINAT DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 MALANG. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 4(2), 7.
Fitri, S., Saputra, F. D., & Taufiq, M. (2022). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Minat Belajar Siswa SMK Negeri 1 Tasikmalaya. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 1–5.
Hasanah, N., & Sutiah, S. (2023). Pengembangan materi evaluasi pembelajaran berbasis wordwall untuk siswa sekolah dasar. SITTAH: Journal of Primary Education, 4(2), 153–166.
Hibatullah, F. A. (2022). Pengaruh globalisasi terhadap pembangunan karakter generasi muda bangsa indonesia. Pesona Dasar: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Humaniora, 10(1), 1–9.
Husain, B., & Basri, M. (2021). Pembelajaran e-learning di masa pandemi. Surabaya: Pustaka Aksara.
Juniarti, C. E. (2023). Pentingnya Komunikasi Efektif Dalam Pengelolaan Kelas Yang Sukses.
Kartika, S., Husni, H., & Millah, S. (2019). Pengaruh kualitas sarana dan prasarana terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 113.
Khofifah, F., & Wathon, A. (2019). Pembelajaran Psikomotorik Melalui Alat Permainan Edukatif. Sistim Informasi Manajemen, 2(2), 193–209.
Kusnadi, E., & Azzahra, S. A. (2024). Penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Wordwall dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn di MA Al Ikhlash Padakembang Tasikmalaya. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(2), 323–339.
Kustati, M., & Amelia, R. (2024). Implementasi Media Pembelajaran Wordwall Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SD Islam Al Muttaqin Sawahlunto. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 2(1), 428–433.
Launin, S., Nugroho, W., & Setiawan, A. (2022). Pengaruh Media Game Online Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 216–223.
Minarta, S. M., & Pamungkas, H. P. (2022). Efektivitas media wordwall untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa man 1 lamongan. OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 6(2), 189–199.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Muktamar, A., Iswahyudi, M. S., Salong, A., Wote, A. Y. V., Rahmatiyah, R., Riyadi, S., Kusumawati, M., Rohaeti, L., & Leuwol, F. S. (2023). MANAJEMEN PENDIDIKAN: Konsep, Tantangan, dan Strategi di Era Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Mustari, M. (2023). Teknologi informasi dan komunikasi dalam manajemen pendidikan. Gunung Djati Publishing Bandung.
Nurkholis, N. (2013). Pendidikan dalam upaya memajukan teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44.
Paling, S., Makmur, A., Albar, M., Susetyo, A. M., Putra, Y. W. S., Rajiman, W., Djamilah, S., Suhendi, H. Y., & Irvani, A. I. (2024). Media Pembelajaran Digital. TOHAR MEDIA.
Pamungkas, Z. S., Randriwibowo, A., Wulansari, L. N. A., Melina, N. G., & Purwasih, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Wordwall Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Gunung Sugih. Social Pedagogy: Journal of Social Science Education, 2(2), 135–148.
Puspitasari, E. W., Fadliyah, N., & Ratnawati, E. (2024). `WORD WALL SEBAGAI MEDIA INTERAKTIF DALAM MENGAJARKAN MATERI TENTANG PERLAWANAN TERHADAP KOLONIALISME DAN IMPERALIALISME DI INDONESIA`. JSPH: Jurnal Sosial Politik Humaniora, 1(2), 9–20.
Putra, L. D., Arlinsyah, N. D., Ridho, F. R., Syafiqa, A. N., & Annisa, K. (2024). Pemanfaatan Wordwall pada Model Game Based Learning terhadap Digitalisasi Pendidikan Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(1), 81–95.
Rachmah, M. N., Firdaus, M. N. A., & Aini, N. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Wordwall pada Materi Pecahan Campuran. Nusantara Educational Review, 2(2), 65–70.
Rahmatih, A. N., Fauzi, A., Ermiana, I., Suranti, N. M. Y., & Handika, I. (2024). PELATIHAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS GAME MENGGUNAKAN APLIKASI WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GURU SEKOLAH DASAR. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 338–345.
Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, M. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi canva sebagai media pembuatan bahan ajar dalam pembelajaran bahasa inggris. Abdimas Siliwangi, 4(2), 335–343.
Rini, Y. S., & Tari, J. P. S. (2013). Pendidikan: hakekat, tujuan, dan proses. Jogyakarta: Pendidikan Dan Seni Universitas Negeri Jogyakarta.
Rohman, A. D., & Khaliza, T. N. (2024). INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL BERBASIS QUIZIZZ: ALTERNATIF DALAM MENINGKATKAN CRITICAL THINGKING SISWA DI ERA ABAD 21. Jurnal Masyarakat Berdikari Dan Berkarya (Mardika), 2(2), 72–79.
Rozi, F., Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024). Strategi Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sekolah Dasar Dalam Mewujudkan Tujuan SDG 4: Pendidikan Berkualitas. PT. Penerbit Naga Pustaka.
Sari, P. M., & Yarza, H. N. (2021). Pelatihan penggunaan aplikasi Quizizz dan Wordwall pada pembelajaran IPA bagi guru-guru SDIT Al-Kahfi. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 195–199.
Sari, Y., Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Putri, P. A. (2023). STUDI LITERATUR : UPAYA DAN STRATEGI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA. Jurnal Guru Kita PGSD, 8(1), 9–26. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i1.53931
Siberman, M. L. (2018). Active learning 101 cara belajar siswa aktif. Nuansa Cendekia.
Siregar, I., Mukhtar, M., Anwar, K., Mahmud, M. Y., & Munte, R. S. (2024). Isu-Isu Global Pengembangan Kurikulum Merdeka Dan Pemagangan Life Skill World Class Education. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 12887–12895.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Surbakti, K. (2017). Pengaruh game online terhadap remaja. Jurnal Curere, 1(1).
Susanto, A. (2016). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Kencana.
Uno, H. B. (2023). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Bumi Aksara.
Uno, H. B., & Koni, S. (2024). Assessment pembelajaran. Bumi Aksara.
Wati, A. R. Z., & Trihantoyo, S. (2020). Strategi pengelolaan kelas unggulan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 5(1), 46–57.
Widyastuti, A. (2022). Merdeka Belajar dan Implementasinya: Merdeka GuruSiswa, Merdeka DosenMahasiswa, Semua Bahagia. Elex Media Komputindo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Linda Oktavia, Zahraani Abdillah, Dwi Rahma Yuliana, Supriyadi Supriyadi, Jody Setya Hermawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the JGK (Jurnal Guru Kita) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)