Analisis Implementasi Kurikulum Prototype dan Kurikulum Merdeka

Authors

  • Dewi Nur Laksmi Astutiningtyas Universitas PGRI Semarang
  • Dewi Ratnawati Universitas PGRI Semarang
  • Dini Lestari Universitas PGRI Semarang
  • Ima Puji Astuti Universitas PGRI Semarang
  • Ngatini Ngatini Universitas PGRI Semarang
  • Sigit Rudiyanto Universitas PGRI Semarang
  • Ngasbun Egar Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.24114/jgk.v9i2.64363

Keywords:

Kurikulum Prototype, Implementasi Kurikulum

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui hasil implementasi kurikulum prototype. 2) untuk mengetahui faktor pendukung dalam pengimplementasian kurikulum prototype. 3) Untuk mengetahui faktor penghambat dalam pengimplementasian kurikulum prototype. 4) Untuk mengetahui upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi hambatan pada implementasi kurikulum prototype di Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Kendal. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitian ini merupakan studi kasus. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan metode. Analisis data dengan tiga langkah: reduksi data, menyajikan data, dan menarik simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi kurikulum prototype menempuh tiga tahapan yaitu a) perencanaan sudah melaksanakan analisis capaian pembelajaran. b) pelaksanaan pendidik menggunakan pendekatan TaRL dengan bantuan perangkat ajar berupa buku paket. c) pada aspek penilaian ada dua yaitu penilaian formatif dan penilaian sumatif. 2) Faktor pendukung dalam implementasi kurikulum prototype yaitu: kepemimpinan kepala sekolah, kualitas pendidik serta adanya sarana dan prasarana. 3) faktor penghambat dalam implementasi kurikulum prototype diantaranya yaitu: warga sekolah yang heterogen, peserta didik masih beradaptasi dengan model pembelajaran baru. 4) upaya yang dapat dilakukan sekolah diantaranya yaitu: menjalin komunikasi dan kerjasama dengan dinas pendidikan terkait masalah yang ditemui, warga sekolah selalu upgrade wawasan agar lebih terbiasa dan terampil dalam menggunakan kurikulum prototype pada pembelajaran.

Author Biographies

Dewi Nur Laksmi Astutiningtyas, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana

Dewi Ratnawati, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana

Dini Lestari, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana

Ima Puji Astuti, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana

Ngatini Ngatini, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana

Sigit Rudiyanto, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana

Ngasbun Egar, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana

References

Alfikri, F., Khodijah, N., & Suryana, E. (2022). ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN INKLUSI. Journal of Syntax Literate, 7(6).

Anggraena, Y., Ginanto, D., Felicia, N., Andiarti, A., Herutami, I., Alhapip, L., Iswoyo, S., Hartini, Y., & Mahardika, R. L. (2022). Panduan pembelajaran dan asesmen pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan menengah. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia.

Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225

Ansya, Y. A., Alfianita, A., Syahkira, H. P., & Syahrial, S. (2024). Peran Evaluasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 6(2), 173–184. https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i2.15030

Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024). Model Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Cahya Ghani Recovery.

Barlian, U. C., & Iriantara, Y. (2021). Penerapan Kurikulum 2013 revisi di masa pandemi pada SMK IBS Tathmainul Quluub Indramayu. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(01), 118–126.

Gainau, M. B., Bu, D., Tu, J. L., Jeujanan, C. A., Yanengga, S., Wenda, D., Kopeuw, P. M., & Ugadje, E. F. (2021). Problematika Pendidikan di Indonesia. PT Kanisius.

Hamalik, H. O. (2019). Dasar-dasar pengembangan kurikulum.

Kemendikbud-Ristek, K.-R. (2022). Kurikulum Prototype Karpet Merah bagi Guru dan Siswa.

Kurniasih, I. (2023). AZ Implementasi Kurikulum Merdeka. Kata Pena.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. 3rd. Thousand Oaks, CA: Sage.

Munandar, U. (2020). Mengembangkan bakat dan kreativitas anak sekolah.

Nasution, A. F. (2023). Hambatan dan tantangan implementasi kurikulum merdeka di MTS Raudlatul Uluum Aek Nabara Labuhanbatu. Journal on Education, 5(4), 17308–17313.

Permendikbudristek, P. (2024). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2022 Tentang Standar Kompetensi Lulusan. Jakarta: Permendikbudristek.

Rozi, F., Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024). Strategi Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sekolah Dasar Dalam Mewujudkan Tujuan SDG 4: Pendidikan Berkualitas. PT. Penerbit Naga Pustaka.

Sadewa, M. A. (2022). Meninjau Kurikulum prototipe melalui pendekatan integrasi-interkoneksi Prof M Amin Abdullah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 266–280.

Santoso, G., Damayanti, A., Imawati, S., & Asbari, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Literasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(1), 84–90.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Supangat, D. (2021). Kurikulum 2022: Mengenal Kur. Prototipe Bagi Sekolah & Guru. Depok: School Principal Academy.

Suryaman, M. (2020). Orientasi pengembangan kurikulum merdeka belajar. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 13–28.

Suryana, I. K. P., Suastra, I. W., & Suma, K. (2023). KURIKULUM MERDEKA UNTUK MENGATASI LEARNING LOSS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 578–584.

Susanti, F., Fitri, L., & Zulmuqim, Z. (2023). Kurikulum Prototipe dan Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 32028–32033.

Wahyuni, S. (2020). Manajemen Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Melek Literasi. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 5(1), 41–54.

Widdiharto, R. (2021). Materi Pelatihan Program Sekolah Penggerak: Ringkasan Materi. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Widyastuti, A. (2022). Merdeka Belajar dan Implementasinya: Merdeka GuruSiswa, Merdeka DosenMahasiswa, Semua Bahagia. Elex Media Komputindo.

Zamjani, I., Pratiwi, I., Rakhmah, D. N., Azizah, S. N., Hijriani, I., & Hidayati, S. (2020). Laporan Survei Pelaksanaan Belajar Dari Rumah di Masa Pencegahan COVID-19. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian Pengembangan Dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Downloads

Published

2025-03-15

How to Cite

Astutiningtyas, D. N. L., Ratnawati, D., Lestari, D., Astuti, I. P., Ngatini, N., Rudiyanto, S., & Egar, N. (2025). Analisis Implementasi Kurikulum Prototype dan Kurikulum Merdeka. JGK (Jurnal Guru Kita), 9(2), 367–378. https://doi.org/10.24114/jgk.v9i2.64363

Issue

Section

Articles