Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Quizizz Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.24114/jgk.v9i3.64375Keywords:
Pendidikan, Quizizz, BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari implementasi media pembelajaran berbasis quizizz terhadap hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (library research) yaitu sebuah metode pengumpulan data dengan cara memahami dan mempelajari teori – teori dari berbagai literatur yang berhubungan dengan penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis deskriptif , pencarian literatur bersumber dari data online seperti Google Sholar, ResearchGate. Hasil penelitian ini yaitu bahwa pengimplementasian media pembelajaran berbasis quizizz tepat untuk digunakan dalam meningkatkan kualitas Pendidikan karena media ini sangat sesuai digunakan pada abad 21 yang menekankan pada kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan. Media pembelajaran ini diharapkan dapat menjadi terobosan yang digunakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.References
Al Haddar, G., & Juliano, M. A. (2021). Analisis media pembelajaran quizizz dalam pembelajaran daring pada siswa tingkat sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4794–4801.
Al Mawaddah, A. W., Hidayat, M. T., Amin, S. M., & Hartatik, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika melalui Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3109–3116.
Alimuddin, A., Juntak, J. N. S., Jusnita, R. A. E., Murniawaty, I., & Wono, H. Y. (2023). Teknologi dalam pendidikan: Membantu siswa beradaptasi dengan revolusi industri 4.0. Journal on Education, 5(4), 11777–11790.
Anas, M., & PdI, M. (2014). Mengenal Metodologi Pembelajaran. Muhammad Anas.
Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225
Ansya, Y. A., & Mailani, E. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar melalui Program Kampus Mengajar 7. FONDATIA, 8(4), 772–789. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/fondatia.v8i4.5456
Arfiyan, M. L. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Dalam Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SDN Sedarum I Nguling. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 4231–4238.
Azzahra, M. D., & Pramudiani, P. (2022). Pengaruh Quizizz sebagai Media Interaktif terhadap Minat Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3203–3213.
Cartono, C., Fazriyah, N., & Awangga, R. M. (2022). PKM PELATIHAN SEKOLAH DIGITAL RAMAH ANAK (SEIRAMA) DI SEKOLAH DASAR KOTA BANDUNG. SEMINAR NASIONAL & CALL for PAPERS: KOLABORASI INOVATIF PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (Akademisi, Masyarakat, Pemerintah Daerah, Dunia Usaha Dan Industri), 110–114.
Dita, P. (2022). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Early Childhood Islamic Education Journal, 3(01), 73–85.
Elma, E. M. S. (2020). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Daring Tema Globalisasi Melalui Media Quizizz Kelas VI SD Negeri Kutowinangun 11 Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2020/2021. Dimensi Pendidikan, 16(2).
Lehan, A. A. D., Nawa, N. E. A., & Bellanita, M. (2024). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SDK SANTO YOSEPH 3. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(3), 635–645.
Manda, D., Arifin, I., & Darmayanti, D. P. (2023). Penggunaan Aplikasi Quizziz sebagai Kuis Interaktif pada Mata Kuliah Pengantar Pendidikan di Jurusan Pendidikan Antropologi Universitas Negeri Makassar. Jurnal Sains Dan Teknologi, 5(2), 653–658.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Nurliana, E., & Nugroho, O. F. (2021). ANALISIS HASIL BELAJAR DALAM PENGGUNAAN QUIZIZZ PADAPEMBELAJARAN IPA. Seminar Nasional Ilmu Pendidikan Dan Multi Disiplin, 4.
Pare, A., & Sihotang, H. (2023). Pendidikan Holistik untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27778–27787. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/11268
Primayana, K. H., & Dewi, P. Y. A. (2021). Manajemen Pendidikan Dalam Moderasi Beragama Di Era Disrupsi Digital. Tampung Penyang, 19(1), 45–59.
Rahman, A., Rambe, A. R., & Triana, R. (2023). PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK. PEMA (JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 2(2), 149–158. https://doi.org/10.56832/pema.v2i2.302
Saputra, A. M. A., Kharisma, L. P. I., Rizal, A. A., Burhan, M. I., & Purnawati, N. W. (2023). TEKNOLOGI INFORMASI: Peranan TI dalam berbagai bidang. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Sari, R. K., & Nurani, S. (2021). Quizizz Atau Kahoot, Gamifikasi Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 1(3), 78–86.
Sari, Y., Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Putri, P. A. (2023). STUDI LITERATUR : UPAYA DAN STRATEGI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA. Jurnal Guru Kita PGSD, 8(1), 9–26. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i1.53931
Sitorus, D. S., & Santoso, T. N. B. (2022). Pemanfaatan Quizizz sebagai media pembelajaran berbasis game pada masa pandemi Covid-19. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(2), 81–88.
Sodiq, M., Mahfud, H., & Adi, F. P. (2021). Persepsi guru dan peserta didik terhadap penggunaan aplikasi berbasis web" quizizz" sebagai media pembelajaran di sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 9(5), 50–55.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Wulandari, R. M., Zumrotun, E., & Wiranti, D. A. (2024). Pengaruh Model PJBL berbantuan Media Quizizz Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Kelas V SD. Jurnal Holistika, 8(1), 45–53.
Yulistiarawati, D. N., Umayaroh, S., & Linguistika, Y. (2021). Analisis minat belajar siswa dalam penggunaan aplikasi belajar Quizizz pada pembelajaran tematik kelas III sekolah dasar. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(7), 573–584.
Yusrizal, Y., Safiah, I., & Nurhaidah, N. (2017). Kompetensi guru dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (Tik) di Sd Negeri 16 Banda Aceh. Elementary Education Research, 2(4).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Anisa Dian Pratiwi, Haya Asyifa, Faradilla Bastari, Supriyadi Supriyadi, Jody Setya Hermawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the JGK (Jurnal Guru Kita) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)