Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Quizizz Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik

Authors

  • Anisa Dian Pratiwi Universitas Lampung
  • Haya Asyifa Universitas Lampung
  • Faradilla Bastari Universitas Lampung
  • Supriyadi Supriyadi Universitas Lampung
  • Jody Setya Hermawan Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.24114/jgk.v9i3.64375

Keywords:

Pendidikan, Quizizz, Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari implementasi media pembelajaran berbasis quizizz terhadap hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (library research) yaitu sebuah metode pengumpulan data dengan cara memahami dan mempelajari teori – teori dari berbagai literatur yang berhubungan dengan penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis deskriptif , pencarian literatur bersumber dari data online seperti Google Sholar, ResearchGate. Hasil penelitian ini yaitu bahwa pengimplementasian media pembelajaran berbasis quizizz tepat untuk digunakan dalam meningkatkan kualitas Pendidikan karena media ini sangat sesuai digunakan pada abad 21 yang menekankan pada kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan. Media pembelajaran ini diharapkan dapat menjadi terobosan yang digunakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Author Biographies

Anisa Dian Pratiwi, Universitas Lampung

Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan

Haya Asyifa, Universitas Lampung

Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan

Faradilla Bastari, Universitas Lampung

Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan

Supriyadi Supriyadi, Universitas Lampung

Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan

Jody Setya Hermawan, Universitas Lampung

Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan

References

Al Haddar, G., & Juliano, M. A. (2021). Analisis media pembelajaran quizizz dalam pembelajaran daring pada siswa tingkat sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4794–4801.

Al Mawaddah, A. W., Hidayat, M. T., Amin, S. M., & Hartatik, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika melalui Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3109–3116.

Alimuddin, A., Juntak, J. N. S., Jusnita, R. A. E., Murniawaty, I., & Wono, H. Y. (2023). Teknologi dalam pendidikan: Membantu siswa beradaptasi dengan revolusi industri 4.0. Journal on Education, 5(4), 11777–11790.

Anas, M., & PdI, M. (2014). Mengenal Metodologi Pembelajaran. Muhammad Anas.

Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225

Ansya, Y. A., & Mailani, E. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar melalui Program Kampus Mengajar 7. FONDATIA, 8(4), 772–789. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/fondatia.v8i4.5456

Arfiyan, M. L. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Dalam Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SDN Sedarum I Nguling. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 4231–4238.

Azzahra, M. D., & Pramudiani, P. (2022). Pengaruh Quizizz sebagai Media Interaktif terhadap Minat Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3203–3213.

Cartono, C., Fazriyah, N., & Awangga, R. M. (2022). PKM PELATIHAN SEKOLAH DIGITAL RAMAH ANAK (SEIRAMA) DI SEKOLAH DASAR KOTA BANDUNG. SEMINAR NASIONAL & CALL for PAPERS: KOLABORASI INOVATIF PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (Akademisi, Masyarakat, Pemerintah Daerah, Dunia Usaha Dan Industri), 110–114.

Dita, P. (2022). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Early Childhood Islamic Education Journal, 3(01), 73–85.

Elma, E. M. S. (2020). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Daring Tema Globalisasi Melalui Media Quizizz Kelas VI SD Negeri Kutowinangun 11 Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2020/2021. Dimensi Pendidikan, 16(2).

Lehan, A. A. D., Nawa, N. E. A., & Bellanita, M. (2024). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SDK SANTO YOSEPH 3. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(3), 635–645.

Manda, D., Arifin, I., & Darmayanti, D. P. (2023). Penggunaan Aplikasi Quizziz sebagai Kuis Interaktif pada Mata Kuliah Pengantar Pendidikan di Jurusan Pendidikan Antropologi Universitas Negeri Makassar. Jurnal Sains Dan Teknologi, 5(2), 653–658.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Nurliana, E., & Nugroho, O. F. (2021). ANALISIS HASIL BELAJAR DALAM PENGGUNAAN QUIZIZZ PADAPEMBELAJARAN IPA. Seminar Nasional Ilmu Pendidikan Dan Multi Disiplin, 4.

Pare, A., & Sihotang, H. (2023). Pendidikan Holistik untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27778–27787. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/11268

Primayana, K. H., & Dewi, P. Y. A. (2021). Manajemen Pendidikan Dalam Moderasi Beragama Di Era Disrupsi Digital. Tampung Penyang, 19(1), 45–59.

Rahman, A., Rambe, A. R., & Triana, R. (2023). PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK. PEMA (JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT), 2(2), 149–158. https://doi.org/10.56832/pema.v2i2.302

Saputra, A. M. A., Kharisma, L. P. I., Rizal, A. A., Burhan, M. I., & Purnawati, N. W. (2023). TEKNOLOGI INFORMASI: Peranan TI dalam berbagai bidang. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Sari, R. K., & Nurani, S. (2021). Quizizz Atau Kahoot, Gamifikasi Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 1(3), 78–86.

Sari, Y., Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Putri, P. A. (2023). STUDI LITERATUR : UPAYA DAN STRATEGI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA. Jurnal Guru Kita PGSD, 8(1), 9–26. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i1.53931

Sitorus, D. S., & Santoso, T. N. B. (2022). Pemanfaatan Quizizz sebagai media pembelajaran berbasis game pada masa pandemi Covid-19. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(2), 81–88.

Sodiq, M., Mahfud, H., & Adi, F. P. (2021). Persepsi guru dan peserta didik terhadap penggunaan aplikasi berbasis web" quizizz" sebagai media pembelajaran di sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 9(5), 50–55.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Wulandari, R. M., Zumrotun, E., & Wiranti, D. A. (2024). Pengaruh Model PJBL berbantuan Media Quizizz Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Kelas V SD. Jurnal Holistika, 8(1), 45–53.

Yulistiarawati, D. N., Umayaroh, S., & Linguistika, Y. (2021). Analisis minat belajar siswa dalam penggunaan aplikasi belajar Quizizz pada pembelajaran tematik kelas III sekolah dasar. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(7), 573–584.

Yusrizal, Y., Safiah, I., & Nurhaidah, N. (2017). Kompetensi guru dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (Tik) di Sd Negeri 16 Banda Aceh. Elementary Education Research, 2(4).

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Pratiwi, A. D., Asyifa, H., Bastari, F., Supriyadi, S., & Hermawan, J. S. (2025). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Quizizz Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. JGK (Jurnal Guru Kita), 9(3), 845–854. https://doi.org/10.24114/jgk.v9i3.64375

Issue

Section

Articles