Menerapakan Prinsip-Prinsip Filsafat Pendidikan dalam Menghadapi Tantangan Pembelajaran di Abad 21
DOI:
https://doi.org/10.24114/jgk.v9i3.64376Keywords:
Filsafat Pendidikan, Tantangan Pembelajaran, Abad 21Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan prinsip-prinsip filsafat pendidikan dapat diterapkan secara efektif dalam menghadapi tantangan pembelajaran di abad ke-21 serta mengeksplorasi konsep filosofis pendidikan serta relevansinya dengan kebutuhan pembelajaran modern yang melibatkan pemikiran kritis, kreativitas, kolaborasi, dan literasi digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan penerapan prinsip-prinsip filsafat pendidikan sangat penting dalam menghadapi tantangan pembelajaran di abad 21. Pengintegrasian filsafat seperti humanisme, progresivisme, dan konstruktivisme dalam praktik pendidikan dapat menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung perkembangan holistik siswa. Pendekatan filsafat dalam pendidikan tidak hanya memperkaya proses belajar, tetapi juga mempersiapkan generasi mendatang untuk berkontribusi secara positif dalam dunia yang semakin kompleks.References
Agustina, A. E., Rahmawati, D., & Andarin, M. (2024). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: FILSAFAT ILMU DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA DI INDONESIA. Educandumedia: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kependidikan, 3(3), 14–28.
Al-Amin, A.-A., Rohman, A. F., Rahmat, R., Zuwardi, Z., & Izmuddin, I. (2024). Pembelajaran Hybrid pada Pencapaian Kompetensi Pengetahuan Siswa Sekolah Dasar dalam Kurikulum Merdeka. COSMOS: Jurnal Ilmu Pendidikan, Ekonomi Dan Teknologi, 1(6), 572–584.
Ali, I. (2021). PEMBELAJARAN KOOPERATIF (COOPERATIVELEARNING) DALAM PENGAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Jurnal Mubtadiin, 7(1), 247–264. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadiin/article/view/82
Alimuddin, A., Juntak, J. N. S., Jusnita, R. A. E., Murniawaty, I., & Wono, H. Y. (2023). Teknologi dalam pendidikan: Membantu siswa beradaptasi dengan revolusi industri 4.0. Journal on Education, 5(4), 11777–11790.
Andini, S., & Ndona, Y. (2024). Pendidikan sebagai agen perubahan dalam mengembangkan budaya keadilan sosial. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 2(3), 202–208.
Anjani, K. T., Rufaidah, A., & Suharyati, H. (2023). Integrasi filosofi esensialisme dalam kurikulum merdeka. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 6(2), 354–365.
Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225
Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Syahkira, H. P. (2024). OPTIMIZING MATHEMATICS LEARNING IN FIFTH GRADES: THE CRITICAL ROLE OF EVALUATION IN IMPROVING STUDENT ACHIEVEMENT AND CHARACTER. PROGRES PENDIDIKAN, 5(3), 302–311. https://prospek.unram.ac.id/index.php/PROSPEK/article/view/1120
Ansya, Y. A., Alfianita, A., Syahkira, H. P., & Syahrial, S. (2024). Peran Evaluasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 6(2), 173–184. https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i2.15030
Ansya, Y. A., Ardhita, A. A., Rahma, F. M., Sari, K., & Khairunnisa, K. (2024). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KEMAMPUAN LITERASI BACA TULIS SISWA SEKOLAH DASAR. JGK (Jurnal Guru Kita), 8(3), 598–606. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i3.60183
Ansya, Y. A., Ardhita, A. A., Sari, K., Nainggolan, M. G., Ayunda, R., Hasibuan, W. A., & Antika, W. (2021). LUNTURNYA NILAI-NILAI PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT INDONESIA DI ERA GLOBALISASI YANG MENGAKIBATKAN MUNCULNYA KELOMPOK TERORISME. Jurnal Handayani, 12(2), 144–153. https://doi.org/10.24114/jh.v12i2.45265
Ansya, Y. A., & Mailani, E. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar melalui Program Kampus Mengajar 7. FONDATIA, 8(4), 772–789. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/fondatia.v8i4.5456
Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024a). Implementasi P5 melalui Kolaborasi Musik Angklung dan Tari Tor-tor di Kelas IV Sekolah Dasar. FONDATIA, 8(4), 790–806. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/fondatia.v8i4.5456
Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024b). Model Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Cahya Ghani Recovery.
AR, A. S. H., & Ismail, I. (2024). Menggali Peran Filsafat Pendidikan Dalam Membentuk Pemikiran Kritis Di Era Teknologi. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 27–34.
Bada, S., & Prasadh, R. S. (2019). Professional development of a teacher for an effective teaching-learning in school education: a view. J. Educ. Psychol, 13, 7–13.
Bates, A. (2015). Transforming Education: Meanings, myths and complexity. Routledge.
Brookfield, S. (2018). Developing critically reflective practitioners: A rationale for training educators of adults. In Training educators of adults (pp. 317–338). Routledge.
Cavanaugh, L. A., Bettman, J. R., Luce, M. F., & Payne, J. W. (2007). Appraising the appraisal‐tendency framework. Journal of Consumer Psychology, 17(3), 169–173.
Choi, J.-J., Robb, C. A., Mifli, M., & Zainuddin, Z. (2021). University students’ perception to online class delivery methods during the COVID-19 pandemic: A focus on hospitality education in Korea and Malaysia. Journal of Hospitality, Leisure, Sport & Tourism Education, 29, 100336.
Cifuentes Kottkamp, A., De Jesus, E., Grande, R., Brown, J. A., Jacobs, A. R., Lim, J. K., & Stapleford, K. A. (2019). Atovaquone inhibits arbovirus replication through the depletion of intracellular nucleotides. Journal of Virology, 93(11), 10–1128.
Darling-Hammond, L. (2017). Teacher education around the world: What can we learn from international practice? European Journal of Teacher Education, 40(3), 291–309.
Dewey, J. (1916). Nationalizing education. Journal of Education, 84(16), 425–428.
Dewey, K. G. (2016). Reducing stunting by improving maternal, infant and young child nutrition in regions such as South Asia: evidence, challenges and opportunities. Maternal & Child Nutrition, 12, 27–38.
Djamaluddin, A. (2014). Filsafat pendidikan. Istiqra: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 1(2).
Driver, R., Leach, J., Millar, R., & Scott, P. (1996). Young People’s Images of Science (Vol.20). Open University Press.
Fatah, A., Haryana, K., Sampurna, Y. G., Supriyono, S., Kurniawan, D., Nazarudin, A., Maulidino, N. R., & Jafar, M. (2023). Analisis Materi Esensial Mata Pelajaran Panel Body dan Rangka pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 6(1), 119–130.
Fisher, M. E., Dorner, M. A., Maghzi, K. S., Achieng-Evensen, C., Whitaker, L. C., Hansell, F., St. Amant, J., & Gapinski, S. M. (2021). Liminality, disruption, and change: A prismatic look at pandemic education. Prospects, 51(1), 523–540.
Florian, L., & Black-Hawkins, K. (2011). Exploring inclusive pedagogy. British Educational Research Journal, 37(5), 813–828.
Francis, L. J., Pike, M., Lankshear, D. W., Nesfield, V., & Lickona, T. (2017). Conceptualising and testing the Narnian Character Virtue Scales: a study among 12-to 13-year-old students. Mental Health, Religion & Culture, 20(9), 860–872.
Huang, R., Tlili, A., Chang, T.-W., Zhang, X., Nascimbeni, F., & Burgos, D. (2020). Disrupted classes, undisrupted learning during COVID-19 outbreak in China: application of open educational practices and resources. Smart Learning Environments, 7, 1–15.
Jain, S., Lall, M., & Singh, A. (2021). Teachers’ voices on the impact of COVID-19 on school education: Are ed-tech companies really the panacea? Contemporary Education Dialogue, 18(1), 58–89.
Kristiawan, M. (2016). Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Valia Pustaka.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Muhammad, S., Tansah, L., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2024). Penanaman Nilai Akhlak Berbasis Pendidikan Islam Sebagai Landasan Teori Pendidikan Karakter Di Sekolah. Burangrang: Jurnal Pusat Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M), 2(1), 44–53.
Muliadi, E., & Nasri, U. (2023). Future-Oriented Education: The Contribution of Educational Philosophy in Facing Global Challenges. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2420–2427.
Nasarudin, N., Rachmawati, D. A., Mappanyompa, M., Eprillison, V., Misrahayu, Y., Halijah, H., Afifa, R. N., Mustari, M., Mutmainah, S., & Selly, O. A. (2024). Pengantar pendidikan. Yayasan Tri Edukasi Ilmiah.
Nayyiroh, A. A., Al Falihah, N., Salsabela, S. N. S., & Bakar, M. Y. A. (2024). RELEVANSI FILSAFAT REKONSTRUKSIONISME DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 8(3), 31–40.
Ningrum, R. C., Arini, R., & Hidayat, S. (2024). Kurikulum Merdeka Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Pragmatisme. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1).
Noddings, N. (2007). Caring as relation and virtue in teaching. Working Virtue: Virtue Ethics and Contemporary Moral Problems, 41–60.
Paling, S., Makmur, A., Albar, M., Susetyo, A. M., Putra, Y. W. S., Rajiman, W., Djamilah, S., Suhendi, H. Y., & Irvani, A. I. (2024). Media Pembelajaran Digital. TOHAR MEDIA.
Pike, M., Lickona, T., Hart, P., & Paul, S. A. (2017). Narnian Virtues: Character Education and the Potential of the Parent-School Partnership. Character, Wisdom and Virtue, Fifth Annual Conference of the Jubilee Centre for Character and Virtue, Oriel College, Oxford.
Pohan, A. E. (2020). KONSEP PEMBELAJARAN DARING BERBASIS PENDEKATAN ILMIAH. CV. Sarnu Untung.
Prayogi, R. D. (2020). Kecakapan abad 21: Kompetensi digital pendidik masa depan. Manajemen Pendidikan, 14(2).
Putranto, A., Febrian, W. D., Sanjaya, F., Haryati, H., Santosa, S., & Pratama, I. W. A. (2024). Tantangan komunikasi dalam negosiasi bisnis lintas budaya. Journal of Education Research, 5(2), 1920–1924.
Roehl, M. T. (2019). The impact of SHRM on the psychological contract of employees: A typology and research agenda. Personnel Review, 48(6), 1580–1595.
Rozi, F., Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024). Strategi Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sekolah Dasar Dalam Mewujudkan Tujuan SDG 4: Pendidikan Berkualitas. PT. Penerbit Naga Pustaka.
Saksono, H., Khoiri, A., Dewi Surani, S. S., Rando, A. R., Setiawati, N. A., Umalihayati, S., KM, S., Ali, I. H., MP, M. E., & Adipradipta, A. (2023). Teori Belajar dalam Pembelajaran. Cendikia Mulia Mandiri.
Sari, Y., Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Putri, P. A. (2023). STUDI LITERATUR : UPAYA DAN STRATEGI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA. Jurnal Guru Kita PGSD, 8(1), 9–26. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i1.53931
Satar, S., Judijanto, L., Ramdlani, M. L., Husin, F., Zulkifli, Z., Yunus, M., Lolotandung, R., Ardiansyah, W., Trivena, T., & Suroso, S. (2024). Pembelajaran Terpadu: Hakikat dan Strategi Pembelajaran Terpadu di SD. PT. Green Pustaka Indonesia.
Shor, I. (2020). On the Road to Social Justice: Reinventing Paulo Freire. Reinventing Pedagogy of the Oppressed: Contemporary Critical Perspectives, x–xiii.
Singh, S., Roy, D., Sinha, K., Parveen, S., Sharma, G., & Joshi, G. (2020). Impact of COVID-19 and lockdown on mental health of children and adolescents: A narrative review with recommendations. Psychiatry Research, 293, 113429.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugrah, N. (2019). Implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran sains. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 19(2), 121–138.
Sutono, A. (2015). Meneguhkan Pancasila sebagai filsafat pendidikan nasional. CIVIS: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Pendidikan Kewarganegaraan, 5(1).
Umam, C., & Ferianto, F. (2023). Model Pendekatan Humanistik Dalam Pengelolaan Kelas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam SDN Palumbonsari 1. Ansiru PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 7(2), 336–344.
Wardani, D. A. W. (2023). PROBLEM BASED LEARNING: MEMBUKA PELUANG KOLABORASI DAN PENGEMBANGAN SKILL SISWA. Jawa Dwipa, 4(1), 1–17. https://ejournal.sthd-jateng.ac.id/JawaDwipa/index.php/jawadwipa/article/view/61
Wibowo, H. (2020). Pengantar Teori-teori belajar dan Model-model pembelajaran. Puri cipta media.
Wibowo, H. S. (2023). Pengembangan Teknologi Media Pembelajaran: Merancang Pengalaman Pembelajaran yang Inovatif dan Efektif. Tiram Media.
Widaningsih, E. W., Jamilah, W. S. N., & Pujilestari, W. (2024). Peran Filsafat Ilmu Dalam Pembelajaran Abad 21. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(1), 149–157.
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(26), 263–278.
Zahra, N., & Masyithoh, S. (2024). Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Anak Sekolah Dasar. ELSCHO: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Diffia Ilham, Ismail Ismail

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the JGK (Jurnal Guru Kita) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)