Studi Kelayakan Kualitas Butir Latihan Soal HOTS Pilihan Ganda dalam Pembelajaran Praktikum Akuntansi Lembaga Pemerintahan di SMK Wijaya Putra Surabaya

Authors

  • Yobel Kriszaida Ebenheser Universitas Negeri Surabaya
  • Sri Ayu Endang Setyoningrum Universitas Negeri Surabaya
  • Revalina Aulia Sabrina Universitas Negeri Surabaya
  • Vivi Pratiwi Universitas Negeri Surabaya
  • Luqman Hakim Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.24114/jgk.v9i3.64381

Keywords:

Analisis Butir Soal, HOTS, Validitas, Reliabilitas, Anates

Abstract

Penelitian ini bertujuan sebagai alat evaluasi kualitas materi soal latihan opsi berganda berdasarkan Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam praktik akuntansi pada SMK Wijaya Putra Surabaya. Penelitian ini memakai deskripsi kualitatif dan kuantitatif. Perangkat lunak Anates versi 4.0. 15 butir soal digunakan untuk melakukan analisis soal latihan opsi berganda. Data validitas, reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran, dan efektivitas pengecoh yang dikumpulkan dari 30 siswa kelas XI-AKL-1 dan XI-AKL-2 untuk dievaluasi. Hasilnya menunjukkan bahwa 33,33% soal memiliki validitas tinggi, reliabilitas soal berada dalam kategori cukup (0,50), 86,66% soal memiliki tingkat kesukaran sedang, dan besar bagian pengecoh masuk dalam kategori buruk. Hasilnya, analisis ini menemukan kelemahan dan kekuatan alat asesmen untuk membuat soal yang lebih baik dan sesuai dengan standar pembelajaran.

Author Biographies

Yobel Kriszaida Ebenheser, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Akuntansi

Sri Ayu Endang Setyoningrum, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Akuntansi

Revalina Aulia Sabrina, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Akuntansi

Vivi Pratiwi, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Akuntansi

Luqman Hakim, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Akuntansi

References

Agustin, R., Surani, D., Khasanah, A. N., Pratiwi, K. S., Nafizah, D., & Fajrin, R. I. M. (2023). PENGGUNAAN TES PILIHAN GANDA SEBAGAI ALAT EVALUASI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 KEDAWUNG SRAGEN. PANDU: Jurnal Pendidikan Anak Dan Pendidikan Umum, 1(4), 1–9.

Alammary, A., & Masoud, S. (2025). Towards Smarter Assessments: Enhancing Bloom’s Taxonomy Classification with a Bayesian-Optimized Ensemble Model Using Deep Learning and TF-IDF Features. Electronics, 14(12), 2312. https://doi.org/10.3390/electronics14122312

Alpusari, M. (2014). Analisis butir soal konsep dasar IPA 1 melalui penggunaan program komputer anates versi 4.0 for Windows. Primary, 3(2), 106–115.

Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Syahkira, H. P. (2024). OPTIMIZING MATHEMATICS LEARNING IN FIFTH GRADES: THE CRITICAL ROLE OF EVALUATION IN IMPROVING STUDENT ACHIEVEMENT AND CHARACTER. PROGRES PENDIDIKAN, 5(3), 302–311. https://prospek.unram.ac.id/index.php/PROSPEK/article/view/1120

Ansya, Y. A., Alfianita, A., Syahkira, H. P., & Syahrial, S. (2024). Peran Evaluasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 6(2), 173–184. https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i2.15030

Baeng, B., Situmorang, R., & Winarsih, M. (2022). Contextual electronics learning module in sociology learning at senior high school. Journal of Education Research and Evaluation, 6(3), 509–519.

Elangovan, N., & Sundaravel, E. (2021). Method of preparing a document for survey instrument validation by experts. MethodsX, 8, 101326. https://doi.org/10.1016/j.mex.2021.101326

Fiska, J. M., Hidayati, Y., Qomaria, N., & Hadi, W. P. (2021). Analisis butir soal ulangan harian IPA menggunakan software Anates pada pendekatan teori tes klasik. Natural Science Education Research (NSER), 4(1), 65–76.

Hasan, K., & Mukhlisa, N. (2023). Evaluation Program of Independent Curriculum in Elementary School: A New Curriculum in Indonesia. Proceeding of The Progressive and Fun Education International Conference, 8(1), 61–69.

Ibrahim, I., & Muslimah, M. (2021). Tekhnik Pemeriksaan Jawaban, Pemberian Skor, Konversi Nilai dan Standar Penilaian. Jurnal Al-Qiyam, 2(1), 1–9.

Li, D., Fan, X., & Meng, L. (2024). Development and validation of a higher-order thinking skills (HOTS) scale for major students in the interior design discipline for blended learning. Scientific Reports, 14(1), 20287. https://doi.org/10.1038/s41598-024-70908-3

Magdalena, I., Mahromiyati, M., & Nurkamilah, S. (2021). Analisis instrumen tes sebagai alat evaluasi pada mata pelajaran sbdp siswa kelas ii sdn duri kosambi 06 pagi. Nusantara, 3(2), 276–287.

Magzoub, M. E., Zafar, I., Munshi, F., & Shersad, F. (2025). Ten tips to harnessing generative AI for high-quality MCQS in medical education assessment. Medical Education Online, 30(1). https://doi.org/10.1080/10872981.2025.2532682

Martínez‐Borreguero, G., Naranjo‐Correa, F. L., & Nuñez, M. M. (2024). Exploring color concepts in physics education: Addressing common preconceptions among teachers‐in‐training. Color Research & Application, 49(3), 339–355. https://doi.org/10.1002/col.22919

Masrurah, M., Khaeruddin, K., & Bunga Dara, A. (2020). Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Bidang Studi Fisika.

Ngo, T. T. A., Bui, C. T., Chau, H. K. L., & Tran, N. P. N. (2024). Electronic word-of-mouth (eWOM) on social networking sites (SNS): Roles of information credibility in shaping online purchase intention. Heliyon, 10(11), e32168. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e32168

Özdemir, A. Z., & Toker, Z. (2025). Analysis of distractors in mathematics questions and their potential to lead misconceptions. Thinking Skills and Creativity, 56, 101730. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2024.101730

Purwati, L. M., Arianty, R., Syakilah, D. M., Ridlo, S., & Susilaningsih, E. (2021). Analisis Soal Tes Pilihan Ganda Berbasis Higher Order Thinking Skill Menggunakan Aplikasi Anates Windows Versi 4.0. 9 For Windows. Jurnal Pendidikan UNIGA, 15(2), 460–473.

Puthiaparampil, T., & Rahman, M. (2021). How important is distractor efficiency for grading Best Answer Questions? BMC Medical Education, 21(1), 29. https://doi.org/10.1186/s12909-020-02463-0

Rotama, A. D., Budiutomo, T. W., & Bowo, A. N. A. (2020). Analisis butir soal penilaian tengah semester mata pelajaran PPKN kelas VII di SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Academy of Education Journal, 11(01), 24–35.

Sugiyono, S. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suherman, S., & Vidákovich, T. (2022). Assessment of mathematical creative thinking: A systematic review. Thinking Skills and Creativity, 44, 101019. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2022.101019

Yan, Z., & Pastore, S. (2022). Are teachers literate in formative assessment? The development and validation of the Teacher Formative Assessment Literacy Scale. Studies in Educational Evaluation, 74, 101183. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2022.101183

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Ebenheser, Y. K., Setyoningrum, S. A. E., Sabrina, R. A., Pratiwi, V., & Hakim, L. (2025). Studi Kelayakan Kualitas Butir Latihan Soal HOTS Pilihan Ganda dalam Pembelajaran Praktikum Akuntansi Lembaga Pemerintahan di SMK Wijaya Putra Surabaya. JGK (Jurnal Guru Kita), 9(3), 963–972. https://doi.org/10.24114/jgk.v9i3.64381

Issue

Section

Articles