Analisis Mutu Pendidikan Sekolah SDN 4 Banyuringin Kecamatan Singorojo Kabupaten Kendal

Authors

  • Dewi Nur Laksmi Astutiningtyas Universitas PGRI Semarang
  • Titik Haryati Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.24114/jgk.v9i2.64382

Keywords:

Standar Nasional Pendidikan, Kualitas Pendidikan

Abstract

Penelitian ini menganalisis implementasi delapan Standar Nasional Pendidikan (SNP) di SDN 4 Banyuringin, sebuah sekolah kecil di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Fokus utama adalah pada keterbatasan dana operasional yang memengaruhi pemenuhan standar pendidikan, seperti sarana prasarana, pelatihan guru, dan pengelolaan sekolah. Dengan pendekatan kualitatif melalui studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dana BOS sebesar Rp 35.490.000,00 per tahun tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan operasional sekolah. Kendala utama termasuk minimnya pelatihan guru, kurangnya fasilitas pembelajaran, dan pengelolaan sekolah yang terbatas. Penelitian ini menawarkan solusi berupa optimalisasi dana BOS, pelatihan berkelanjutan untuk guru, kolaborasi dengan pihak ketiga, dan penguatan partisipasi masyarakat. Kontribusi penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar pengembangan model pengelolaan pendidikan yang lebih efektif untuk sekolah-sekolah kecil di Indonesia.

Author Biographies

Dewi Nur Laksmi Astutiningtyas, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana

Titik Haryati, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana

References

Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225

Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Syahkira, H. P. (2024). OPTIMIZING MATHEMATICS LEARNING IN FIFTH GRADES: THE CRITICAL ROLE OF EVALUATION IN IMPROVING STUDENT ACHIEVEMENT AND CHARACTER. PROGRES PENDIDIKAN, 5(3), 302–311. https://prospek.unram.ac.id/index.php/PROSPEK/article/view/1120

Ansya, Y. A., Ardhita, A. A., Rahma, F. M., Sari, K., & Khairunnisa, K. (2024). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KEMAMPUAN LITERASI BACA TULIS SISWA SEKOLAH DASAR. JGK (Jurnal Guru Kita), 8(3), 598–606. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i3.60183

Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode penelitian kualitatif & kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu.

Hamdani, S. (2021). Pengembangan Mutu Sekolah Berbasis Kemitraan:: Analisis Peran dan Fungsi Komite Sekolah di SMP Islam Al-Azhar 2 Pejaten Jakarta. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 19(1), 25–59.

Iqbal, M. (2024). The Implementation of Facilities and Infrastructure Maintenance as an Effort to Achieve Quality Educational Services. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(2), 83–91.

Karimadin, A. A. (2019). Pengaruh Perilaku organisasi sekolah Terhadap Motivasi kerja guru Untuk Mewujudkan Efektivitas pembelajaran (Penelitian di SMP dan SMK Al-Hikmah). Khazanah Akademia, 3(02), 71–79.

Khairi, A., Kohar, S., Widodo, H. K., Ghufron, M. A., Kamalludin, I., Prasetya, D., Prabowo, D. S., Setiawan, S., Syukron, A. A., & Anggraeni, D. (2022). Teknologi pembelajaran: Konsep dan pengembangannya di era society 5.0. Penerbit Nem.

Labudasari, E., & Rochmah, E. (2019). Pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap karakter mandiri siswa di SDN Kanggraksan Cirebon. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(1), 57.

Lestari, H., Siskandar, R., & Rahmawati, I. (2020). Digital Literacy Skills of Teachers in Elementary School in The Revolution 4.0. International Conference on Elementary Education, 2(1), 302–311.

Nirwana, N., Ma’ruf, M. W., & Khalik, M. F. (2024). Optamilisasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Mewujudkan Program Sekolah Penggerak Di SMP Negeri 3 Labbakkang Kabupaten Pangkep. Referensi, 2(1).

Olyvia, M. O. M., Gimin, G., & Hendripides, H. (2015). Pengaruh fasilitas belajar, minat belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 12 Pekanbaru. Riau University.

Rahmawati, A. P. (2022). Sistem Pemerataan Guru Nasional (SPGN) Sebagai Sistem Penyebaran Guru Untuk Mengatasi Ketimpangan Pendidikan di Daerah 3T. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 5(2), 293–300.

Rismayanti, E., Kania, I., & Trisnawati, E. (2021). Pengaruh Kompetensi Profesional Tenaga Pendidik Terahadap Peningkatan Mutu Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pembangunan Dan Kebijakan Publik, 12(2), 28–35.

Sabrina, S. M., & Aslam, A. (2022). Analisis Peranan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesional Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6265–6271.

Sagrang, H. R., Paendong, M. S., & Rindengan, A. J. (2020). Penerapan Metode SAW (Simple Additive Weighting) pada Perankingan SMA-SMA di Kabupaten Minahasa Selatan. D’CARTESIAN: Jurnal Matematika Dan Aplikasi, 9(1), 16–23.

Sari, Y., Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Putri, P. A. (2023). STUDI LITERATUR : UPAYA DAN STRATEGI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA. Jurnal Guru Kita PGSD, 8(1), 9–26. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i1.53931

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Supardi, S., Qurtubi, A., & Fatoni, H. (2023). Kemitraan Sekolah dan Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP IT Raudhatul Jannah Cilegon. Journal on Education, 5(4), 11196–11203.

Syamsy, B., Fauzan, U., & Malihah, N. (2023). Implementasi Peningkatan Mutu Pendidikan dengan Pendekatan Total Quality Manajemen. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(4), 888–902.

Tambunan, K., Sitompul, H., & Mursid, R. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis problem based learning pada pembelajaran tematik. Jurnal TIK Dalam Pendidikan, 8(1), 63–70.

Wuwur, E. S. P. O. (2023). Problematika implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 1–9.

Downloads

Published

2025-03-15

How to Cite

Astutiningtyas, D. N. L., & Haryati, T. (2025). Analisis Mutu Pendidikan Sekolah SDN 4 Banyuringin Kecamatan Singorojo Kabupaten Kendal. JGK (Jurnal Guru Kita), 9(2), 321–330. https://doi.org/10.24114/jgk.v9i2.64382

Issue

Section

Articles