Pemetaan Mutu Pendidikan Berdasarkan Capaian Rapor Pendidikan Tahun 2024 di SD Negeri Medono

Authors

  • Ima Puji Astuti Universitas PGRI Semarang
  • Titik Haryati Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.24114/jgk.v9i2.64395

Keywords:

Pemetaan, Mutu Pendidikan, Rapor Pendidikan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan dan menawarkan kebaruan dalam pemetaan kualitas sekolah secara komprehensif dengan memanfaatkan Rapor Pendidikan. Metode penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Medono. Hasil penelitian pemetaan mutu pendidikan di SD Negeri Medono menunjukkan rata-rata nilai 74,57 berdasarkan Rapor Pendidikan tahun 2024, dengan literasi siswa mencapai skor 82,45. Namun, tantangan masih terlihat pada indikator numerasi yang menurun 9,12 poin dan kesetaraan gender yang turun 5,17 poin. Di sisi lain, iklim keamanan dan kebinekaan menunjukkan hasil positif dengan skor masing-masing 85,31 dan 83,74, mencerminkan lingkungan belajar yang aman dan inklusif. Untuk mengatasi tantangan tersebut, sekolah perlu menerapkan program berbasis data seperti remedial numerasi, pelatihan kesetaraan gender, dan optimalisasi teknologi pembelajaran.

Author Biographies

Ima Puji Astuti, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana

Titik Haryati, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana

References

Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225

Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Syahkira, H. P. (2024). OPTIMIZING MATHEMATICS LEARNING IN FIFTH GRADES: THE CRITICAL ROLE OF EVALUATION IN IMPROVING STUDENT ACHIEVEMENT AND CHARACTER. PROGRES PENDIDIKAN, 5(3), 302–311. https://prospek.unram.ac.id/index.php/PROSPEK/article/view/1120

Ansya, Y. A., Alfianita, A., Syahkira, H. P., & Syahrial, S. (2024). Peran Evaluasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 6(2), 173–184. https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i2.15030

Ansya, Y. A., & Mailani, E. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar melalui Program Kampus Mengajar 7. FONDATIA, 8(4), 772–789. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/fondatia.v8i4.5456

Erwinsyah, A. (2017). Manajemen kelas dalam meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 87–105.

Hidayah, D., & Hasanah, E. (2024). Optimalisasi Pelaksanaan Layanan Perpustakaan Untuk Meningkatkan Literasi Siswa. Academy of Education Journal, 15(2), 1504–1514.

Hidayanto, P. (2024). MANAJEMEN DIGITALISASI SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 PATUKANGAN KABUPATEN KENDAL. UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

Kemendikbudristek, R. I. (2021). Panduan Pembelajaran dan Asesmen, Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA) Pusat Asesmen dan Pembelajaran. Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan. Jakarta: Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi.

Kiriana, I. N., & Widiasih, N. N. S. (2023). Implementasi Rapor Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Nasional. Widya Accarya, 14(2), 156–164.

Kristin, F., & Rahayu, D. (2016). Pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 84–92.

Marsela, M., Azaini, S. S. N., Yuliyati, S. S., Firmansyah, R. R., & Hasibuan, A. A. R. G. (2024). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Berpikir Kritis melalui Model Think Pair Share (TPS) dalam Perspektif Pendidikan Islam di Sekolah Dasar. Al-Mau’izhoh: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(1), 789–805.

Maylitha, E., Parameswara, M. C., Iskandar, M. F., Nurdiansyah, M. F., Hikmah, S. N., & Prihantini, P. (2023). Peran Keterampilan Mengelola Kelas dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Journal on Education, 5(2), 2184–2194.

Mujiburrahman, M., Kartiani, B. S., & Parhanuddin, L. (2023). Asesmen pembelajaran sekolah dasar dalam kurikulum merdeka. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 39–48.

Patilima, S. (2022). Sekolah Penggerak sebagai upaya peningkatan kualitas pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Rohmah, N. N. S., Narimo, S., & Widyasari, C. (2023). Strategi penguatan profil pelajar Pancasila dimensi berkebhinekaan global di sekolah dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1254–1269.

Sammara, R., & Hasbi, H. (2023). Implementasi sistem penjaminan mutu pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 8(1), 45–58.

Sari, V. P., & Sayekti, I. C. (2022). Evaluasi pelaksanaan asesmen kompetensi minimum (AKM) pada kompetensi dasar literasi membaca peserta didik sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5237–5243.

Sari, Y., Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Putri, P. A. (2023). STUDI LITERATUR : UPAYA DAN STRATEGI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA. Jurnal Guru Kita PGSD, 8(1), 9–26. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i1.53931

Setyawan, F., & Prasetyo, P. W. (2021). Pelatihan literasi dan numerasi guru matematika SMP bertipe asesmen kompetensi minimum. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, 1, 1243–1248.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Supiyanti, F., Arsita, M., Hilaby, A. K., Supriyadi, S., & Izzatika, A. (2024). MANAJEMEN PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS KINERJA GURU. JGK (Jurnal Guru Kita), 9(1), 125–135.

Suryadi, A. (2022). Ahmad Suryadi-Memahami Ragam Strategi Pembelajaran.

Susetiawan, S., Mulyono, D. C., & Roniardian, M. Y. (2018). Penguatan peran warga masyarakat dalam perencanaan, penganggaran, dan evaluasi hasil pembangunan desa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 4(1), 109–118.

Sutarmin, S. (2023). Peran Peran Akademisi dalam Peningkatan Kualitas SDM melalui Penggunaan Platform Teknologi Digital. MITRA: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 7(1), 42–51.

Syifa, S. N., Az-Zahra, A. M., & Rachman, I. F. (2024). Analisis infrastruktur teknologi, pelatihan pengajar dan tantangan dalam implementasi model pembelajaran literasi digital untuk mendukung SDGs 2030. Jurnal Sadewa: Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran Dan Ilmu Sosial, 2(2), 212–224.

Tukiran, M. (2020). Total Quality Management: untuk Organisasi Pendidikan. PT Kanisius.

Utama, A. N., & Hutahaean, R. M. (2024). Pentingnya Implementasi Pendidikan Seksualitas dalam Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 6(6), 31–40.

Downloads

Published

2025-03-15

How to Cite

Astuti, I. P., & Haryati, T. (2025). Pemetaan Mutu Pendidikan Berdasarkan Capaian Rapor Pendidikan Tahun 2024 di SD Negeri Medono. JGK (Jurnal Guru Kita), 9(2), 282–295. https://doi.org/10.24114/jgk.v9i2.64395

Issue

Section

Articles