Implementasi Media Wordwall dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila pada Peserta Didik Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Bakalan 02 Polokarto Sukoharjo
DOI:
https://doi.org/10.24114/jgk.v9i3.64408Keywords:
Wordwall, Pendidikan Pancasila, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan secara mendalam penerapan media Wordwall dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila pada siswa kelas VI di SD Negeri Bakalan 02 Polokarto, Sukoharjo, serta mengevaluasi pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa. Pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif digunakan dalam penelitian ini, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VI di sekolah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Wordwall efektif dalam menciptakan suasana pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan, sekaligus meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai musyawarah. Meskipun terdapat tantangan teknis dan pedagogis, inovasi guru dalam merancang pembelajaran berbasis teknologi dengan pendekatan gamifikasi yang sesuai berhasil memotivasi siswa dan mendukung pengembangan keterampilan abad ke-21.References
Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024a). Implementasi P5 melalui Kolaborasi Musik Angklung dan Tari Tor-tor di Kelas IV Sekolah Dasar. FONDATIA, 8(4), 790–806.
Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024b). Model Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Cahya Ghani Recovery.
Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024c). THE APPLICATION OF THE PROBLEM BASED LEARNING MODEL TO IMPROVE THE CRITICAL THINKING SKILLS OF ELEMENTARY SCHOOL STUDENTs. JGK (Jurnal Guru Kita), 9(1), 170–177.
Astutik, P., & Hariyati, N. (2021). Peran guru dan strategi pembelajaran dalam penerapan keterampilan abad 21 pada pendidikan dasar dan menengah. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(3), 619–638.
Efendi, N., & Sholeh, M. I. (2023). Manajemen pendidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 2(2), 68–85.
Elvistoni, M. A., & Ardiansyah, A. S. (2024). Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis melalui E-Modul Interaktif Terintegrasi CBL-STEM Context Berbantuan Wordwall. SANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika, 4, 127–143.
Kailuhu, J. S., & Kempa, T. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Sejarah Pergerakan Nasional Indonesia. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 9(4), 742–748.
Kustati, M., & Amelia, R. (2024). Implementasi Media Pembelajaran Wordwall Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SD Islam Al Muttaqin Sawahlunto. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 2(1), 428–433.
Laili, N., Aini, N., & Jaenullah, J. (2024). Integrasi Wordwall Dalam Pembelajaran PAI: Membangun Antusiasme Belajar Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Berkala Ilmiah Pendidikan, 4(3), 669–676.
Muhtar, T. A. M., & Rahayu, S. D. (2024). Urgensi Fleksibilitas dan Aksesibilitas Artificial Intelligence dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Prosiding National Seminar on Accounting, Finance, and Economics (NSAFE), 4(1).
Novianingsih, H. (2016). Pendekatan pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan dalam pembelajaran matematika sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 1–11.
Nurindah, N., Wibawa, S., & Magfiroh, Z. A. (2024). IMPLEMENTASI MEDIA WORDWALL GAMES DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELASV SDN 2 PAGEREJO. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 2635–2644.
Pohan, A. E. (2020). KONSEP PEMBELAJARAN DARING BERBASIS PENDEKATAN ILMIAH. CV. Sarnu Untung.
Purwananti, Y. S. (2016). Peningkatan kualitas pendidikan sebagai pencetak sumber daya manusia handal. Proceedings International Seminar FoE (Faculty of Education), 220–229.
Putra, L. D., Arlinsyah, N. D., Ridho, F. R., Syafiqa, A. N., & Annisa, K. (2024). Pemanfaatan Wordwall pada Model Game Based Learning terhadap Digitalisasi Pendidikan Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(1), 81–95.
Ramadhan, E. H., & Hindun, H. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Membantu Siswa Berpikir Kreatif. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, Dan Pengajarannya, 2(2), 43–54.
Rizkiyah, M., Nurjannah, S., & Santosa, S. (2024). PENERAPAN METODE INSERSI DALAM MENANAMKAN NILAI MODERASI PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(2), 1431–1439.
Rozi, F., Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024). Strategi Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sekolah Dasar Dalam Mewujudkan Tujuan SDG 4: Pendidikan Berkualitas. PT. Penerbit Naga Pustaka.
Salsabila, A., Mulyana, D., & Cahyono, C. (2023). Pengaruh Media Wordwall terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Pelita: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia, 3(2), 42–51.
Samosir, E. D., Ansya, Y. A., Ade, N. F., Naibaho, Y., Rahmadani, R., & Sitorus, I. (2024). ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMPELAJARI MATERI PENGOLAHAN DATA DI SEKOLAH DASAR. JGK (Jurnal Guru Kita), 9(1), 108–115.
Saputri, A. I. D., Pangestu, E. W. P., Widodo, S. T., Wahyuni, N. I., & Andayani, T. W. (2023). Penerapan Media Inovatif Berbasis Problem Based Learning sebagai Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(6), 3548–3558.
Sari, Y., Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Putri, P. A. (2023). STUDI LITERATUR : UPAYA DAN STRATEGI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA. Jurnal Guru Kita PGSD, 8(1), 9–26. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i1.53931
Sopian, A. (2016). Tugas, peran, dan fungsi guru dalam pendidikan. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88–97.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Valentinna, C. R., Kurnianti, E. M., & Hasanah, U. (2024). Media Belajar Gamifikasi terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(3), 1722–1732.
Zubaidah, S. (2016). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan, 2(2), 1–17.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dia Ayu Pipit Perpitasari, Niken Nur’aini, Alfia Nur Fadhilla, Sri Mulyati, Dwi Catur Wulandari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the JGK (Jurnal Guru Kita) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)