Implementasi Media Wordwall dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila pada Peserta Didik Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Bakalan 02 Polokarto Sukoharjo

Authors

  • Dia Ayu Pipit Perpitasari Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Niken Nur’aini Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Alfia Nur Fadhilla Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Sri Mulyati Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Dwi Catur Wulandari SD Negeri Bakalan 02

DOI:

https://doi.org/10.24114/jgk.v9i3.64408

Keywords:

Wordwall, Pendidikan Pancasila, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan secara mendalam penerapan media Wordwall dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila pada siswa kelas VI di SD Negeri Bakalan 02 Polokarto, Sukoharjo, serta mengevaluasi pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa. Pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif digunakan dalam penelitian ini, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VI di sekolah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Wordwall efektif dalam menciptakan suasana pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan, sekaligus meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai musyawarah. Meskipun terdapat tantangan teknis dan pedagogis, inovasi guru dalam merancang pembelajaran berbasis teknologi dengan pendekatan gamifikasi yang sesuai berhasil memotivasi siswa dan mendukung pengembangan keterampilan abad ke-21.

Author Biographies

Dia Ayu Pipit Perpitasari, Universitas Veteran Bangun Nusantara

Program Studi endidikan Guru Sekolah Dasar

Niken Nur’aini, Universitas Veteran Bangun Nusantara

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Alfia Nur Fadhilla, Universitas Veteran Bangun Nusantara

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Sri Mulyati, Universitas Veteran Bangun Nusantara

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Dwi Catur Wulandari, SD Negeri Bakalan 02

SD Negeri Bakalan 02

References

Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024a). Implementasi P5 melalui Kolaborasi Musik Angklung dan Tari Tor-tor di Kelas IV Sekolah Dasar. FONDATIA, 8(4), 790–806.

Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024b). Model Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Cahya Ghani Recovery.

Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024c). THE APPLICATION OF THE PROBLEM BASED LEARNING MODEL TO IMPROVE THE CRITICAL THINKING SKILLS OF ELEMENTARY SCHOOL STUDENTs. JGK (Jurnal Guru Kita), 9(1), 170–177.

Astutik, P., & Hariyati, N. (2021). Peran guru dan strategi pembelajaran dalam penerapan keterampilan abad 21 pada pendidikan dasar dan menengah. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(3), 619–638.

Efendi, N., & Sholeh, M. I. (2023). Manajemen pendidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 2(2), 68–85.

Elvistoni, M. A., & Ardiansyah, A. S. (2024). Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis melalui E-Modul Interaktif Terintegrasi CBL-STEM Context Berbantuan Wordwall. SANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika, 4, 127–143.

Kailuhu, J. S., & Kempa, T. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Sejarah Pergerakan Nasional Indonesia. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 9(4), 742–748.

Kustati, M., & Amelia, R. (2024). Implementasi Media Pembelajaran Wordwall Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SD Islam Al Muttaqin Sawahlunto. At-Tarbiyah: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Agama Islam, 2(1), 428–433.

Laili, N., Aini, N., & Jaenullah, J. (2024). Integrasi Wordwall Dalam Pembelajaran PAI: Membangun Antusiasme Belajar Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Berkala Ilmiah Pendidikan, 4(3), 669–676.

Muhtar, T. A. M., & Rahayu, S. D. (2024). Urgensi Fleksibilitas dan Aksesibilitas Artificial Intelligence dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Prosiding National Seminar on Accounting, Finance, and Economics (NSAFE), 4(1).

Novianingsih, H. (2016). Pendekatan pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan dalam pembelajaran matematika sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 1–11.

Nurindah, N., Wibawa, S., & Magfiroh, Z. A. (2024). IMPLEMENTASI MEDIA WORDWALL GAMES DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELASV SDN 2 PAGEREJO. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 2635–2644.

Pohan, A. E. (2020). KONSEP PEMBELAJARAN DARING BERBASIS PENDEKATAN ILMIAH. CV. Sarnu Untung.

Purwananti, Y. S. (2016). Peningkatan kualitas pendidikan sebagai pencetak sumber daya manusia handal. Proceedings International Seminar FoE (Faculty of Education), 220–229.

Putra, L. D., Arlinsyah, N. D., Ridho, F. R., Syafiqa, A. N., & Annisa, K. (2024). Pemanfaatan Wordwall pada Model Game Based Learning terhadap Digitalisasi Pendidikan Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(1), 81–95.

Ramadhan, E. H., & Hindun, H. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Membantu Siswa Berpikir Kreatif. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, Dan Pengajarannya, 2(2), 43–54.

Rizkiyah, M., Nurjannah, S., & Santosa, S. (2024). PENERAPAN METODE INSERSI DALAM MENANAMKAN NILAI MODERASI PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(2), 1431–1439.

Rozi, F., Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024). Strategi Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sekolah Dasar Dalam Mewujudkan Tujuan SDG 4: Pendidikan Berkualitas. PT. Penerbit Naga Pustaka.

Salsabila, A., Mulyana, D., & Cahyono, C. (2023). Pengaruh Media Wordwall terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Pelita: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia, 3(2), 42–51.

Samosir, E. D., Ansya, Y. A., Ade, N. F., Naibaho, Y., Rahmadani, R., & Sitorus, I. (2024). ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMPELAJARI MATERI PENGOLAHAN DATA DI SEKOLAH DASAR. JGK (Jurnal Guru Kita), 9(1), 108–115.

Saputri, A. I. D., Pangestu, E. W. P., Widodo, S. T., Wahyuni, N. I., & Andayani, T. W. (2023). Penerapan Media Inovatif Berbasis Problem Based Learning sebagai Upaya Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(6), 3548–3558.

Sari, Y., Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Putri, P. A. (2023). STUDI LITERATUR : UPAYA DAN STRATEGI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA. Jurnal Guru Kita PGSD, 8(1), 9–26. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i1.53931

Sopian, A. (2016). Tugas, peran, dan fungsi guru dalam pendidikan. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88–97.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Valentinna, C. R., Kurnianti, E. M., & Hasanah, U. (2024). Media Belajar Gamifikasi terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(3), 1722–1732.

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan, 2(2), 1–17.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Perpitasari, D. A. P., Niken Nur’aini, Alfia Nur Fadhilla, Sri Mulyati, & Dwi Catur Wulandari. (2025). Implementasi Media Wordwall dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila pada Peserta Didik Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Bakalan 02 Polokarto Sukoharjo. JGK (Jurnal Guru Kita), 9(3), 741–753. https://doi.org/10.24114/jgk.v9i3.64408

Issue

Section

Articles