Peran Guru dalam Menanamkan Profil Pelajar Pancasila Elemen Gotong Royong Pada Siswa Kelas IV SDN 02/IV Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.24114/jgk.v9i2.64414Keywords:
Peran Guru, Profil Pelajar Pancasila, Gotong RoyongAbstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu mengidentifikasi strategi yang diterapkan oleh guru dalam menanamkan nilai-nilai gotong royong, mengamati dampaknya terhadap perilaku siswa, serta memberikan rekomendasi untuk mengoptimalkan implementasi elemen ini dalam pembelajaran. Dengan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek peserta didik kelas IV SDN 02/IV Kota Jambi, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SDN 02/IV Kota Jambi telah melaksanakan pembiasaan dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila elemen gotong royong melalui diskusi kelompok dalam pembelajaran, piket kelas, kerja bakti, dan infaq. Dengan adanya pembiasaan yang dilakukan di SDN 02/IV Kota Jambi, gotong royong dilaksanakan didalam lingkungan kelas, lingkungan sekolah, atau pun lingkungan sekitar, dimana ini menjadi sebuah program untuk meningkatkan karakter disiplin positif peserta didik dan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa guru di SDN 02/IV Kota jambi telah menanamkan profil pelajar Pancasila elemen gotong royoing kepada peserta didik melalui kolaborasi, kepedulian dan berbagi.References
Agustin, A., Iman, B. N., & Asyiah, N. (2024). Dampak Pemberian Reward And Punishment Terhadap Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Kemandirian Siswa Di SD Negeri 1 Susukanlebak. Jurnal Locus Penelitian Dan Pengabdian, 3(7), 533–545.
Amelia, M., & Ramadan, Z. H. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5548–5555.
Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225
Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Syahkira, H. P. (2024). OPTIMIZING MATHEMATICS LEARNING IN FIFTH GRADES: THE CRITICAL ROLE OF EVALUATION IN IMPROVING STUDENT ACHIEVEMENT AND CHARACTER. PROGRES PENDIDIKAN, 5(3), 302–311. https://prospek.unram.ac.id/index.php/PROSPEK/article/view/1120
Ansya, Y. A., Alfianita, A., Syahkira, H. P., & Syahrial, S. (2024). Peran Evaluasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 6(2), 173–184. https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i2.15030
Ansya, Y. A., Ardhita, A. A., Rahma, F. M., Sari, K., & Khairunnisa, K. (2024). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KEMAMPUAN LITERASI BACA TULIS SISWA SEKOLAH DASAR. JGK (Jurnal Guru Kita), 8(3), 598–606. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i3.60183
Ansya, Y. A., Ardhita, A. A., Sari, K., Nainggolan, M. G., Ayunda, R., Hasibuan, W. A., & Antika, W. (2021). LUNTURNYA NILAI-NILAI PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT INDONESIA DI ERA GLOBALISASI YANG MENGAKIBATKAN MUNCULNYA KELOMPOK TERORISME. Jurnal Handayani, 12(2), 144–153. https://doi.org/10.24114/jh.v12i2.45265
Ansya, Y. A., & Mailani, E. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar melalui Program Kampus Mengajar 7. FONDATIA, 8(4), 772–789.
Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024a). Implementasi P5 melalui Kolaborasi Musik Angklung dan Tari Tor-tor di Kelas IV Sekolah Dasar. FONDATIA, 8(4), 790–806.
Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024b). Model Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Cahya Ghani Recovery.
Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024c). THE APPLICATION OF THE PROBLEM BASED LEARNING MODEL TO IMPROVE THE CRITICAL THINKING SKILLS OF ELEMENTARY SCHOOL STUDENTs. JGK (Jurnal Guru Kita), 9(1), 170–177.
Ansya, Y. A., Salsabilla, T., & Rozi, F. (2024). Etnosains dan Lingkungan Strategi Pembelajaran IPA di SD. Cahya Ghani Recovery.
Arifin, S. (2021). Konsep Pelajar Pancasila Dalam Perspektif Pendidikan Islam Dan Implikasinya Terhadap Penguatan Karakter Religius Di Era Milenial. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto (Indonesia).
Damayanti, S., & Suryadi, K. (2024). Konstruksi Pembelajaran Pendidikan Pancasila Berbasis Pendekatan Brain-Based Learning dalam Mewujudkan Iklim Belajar yang Menyenangkan. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 693–706.
Darmadi, H. (2015). Tugas, peran, kompetensi, dan tanggung jawab menjadi guru profesional. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(2), 161–174.
Dewi, R. T., Ardhyantama, V., & Khalawi, H. (2024). Implementasi profil pelajar Pancasila dalam membentuk karakter peserta didik sekolah dasar. STKIP PGRI PACITAN.
Dianggi, K., Anggriana, T. M., & Kadafi, A. (2022). Nilai Gotong Royong dalam Tradisi Sambatan pada Masyarakat Samin dan Implementasinya pada Layanan Bimbingan Kelompok. SEMINAR NASIONAL SOSIAL, SAINS, PENDIDIKAN, HUMANIORA (SENASSDRA), 1(1), 977–987.
Farih, N. M., & A’yun, D. (2024). Implikasi Aliran Esensialisme dalam Budaya Pendidikan Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Dan Penelitian Umum, 2(1), 12–26.
Herlambang, Y. T. (2021). Pedagogik: Telaah Kritis Ilmu Pendidikan dalam Multiperspektif. Bumi Aksara.
Mooduto, M. N., & Otaya, L. G. (2023). Insersi Nilai Gotong Royong Melalui Profil Pelajar Pancasila. Ar-Risalah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 100–110.
Naiborhu, M., & Manullang, M. (2022). Upaya Guru PKN dalam Mencegah Perilaku Bullying di SMA Swasta Immanuel Kelurahan Madras Hulu Kecamatan Medan Polonia Kota Medan. Jurnal Darma Agung, 30(1), 384–414.
Noventue, R., Ginanjar, S., & Astutik, A. (2024). Hakikat Pendidikan: Menginternalisasikan Budaya Melalui Filsafat Ki Hajar Dewantara Dan Nilai-Nilai Pancasila Pada Siswa. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 2809–2818.
Raharjo, R., Jayadiputra, E., Husnita, L., Rukmana, K., Wahyuni, Y. S., Nurbayani, N., Salamah, S., Sarbaitinil, S., Nazmi, R., & Djakariah, D. (2023). PENDIDIKAN KARAKTER Membangun Generasi Unggul Berintegritas. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.
Redhana, I. W. (2024). Literasi Digital: Pedoman Menghadapi Society 5.0. Samudra Biru.
Riyadi, F. S., Nuroso, H., Handayani, R. S., & Saputra, B. A. (2024). Penerapan nilai gotong royong berbasis Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada jenjang sekolah dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(2), 697–709.
Rizkia, N. P., Lita, L., & Sembiring, A. (2024). UPAYA MENINGATKAN DISIPLIN POSITIF MELALUI PEMBELAJARAN PPKN MATERI KONSTITUSI DAN NORMA DI MASYARAKAT KELAS 4 SDN 36/1 KILANGAN. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 249–261.
Rozi, F., Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024). Strategi Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sekolah Dasar Dalam Mewujudkan Tujuan SDG 4: Pendidikan Berkualitas. PT. Penerbit Naga Pustaka.
Salsabilla, T., Ansya, Y. A., Siregar, Y. D., Agustina, S., Munthe, A. C., Ronauli, A., & Ginting, A. P. (2024). ANALISIS NILAI KEDISIPLINAN SISWA DI UPT SD NEGERI 060796 MEDAN. JGK (Jurnal Guru Kita), 9(1), 12–21.
Santoso, G., Adam, A. S., & Alwajih, A. A. (2023). Kontribusi dan Internalisasi: Keterampilan Sosial Melalui Bergotong Royong dan Collaboration di SD Kelas VI. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(4), 541–553.
Sari, Y., Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Putri, P. A. (2023). STUDI LITERATUR : UPAYA DAN STRATEGI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA. Jurnal Guru Kita PGSD, 8(1), 9–26. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i1.53931
Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran pendidikan dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 8(2), 107–117.
Sidiq, U., Choiri, M., & Mujahidin, A. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan. Nata Karya.
Solissa, E. M., Hayati, A. A., Rukhmana, T., Muharam, S., Mardikawati, B., & Irmawati, I. (2024). Mengembangkan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Menuju Society 5.0. Journal on Education, 6(2), 11327–11333.
Susilo, A., & Anwar, K. (2024). Peran Pembelajaran Sejarah dalam Membangun Karakter Bangsa Menuju Kemajuan dan Persatuan. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 7(2), 547–560.
Tambak, S., Ahmad, M., Sukenti, D., Ghani, A., & bin Abd, R. (2020). Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariq, Universitas Islam Riau, 5(2), 79–96.
Triwiyanto, T. (2021). Pengantar pendidikan. Bumi Aksara.
Tuasalamony, K., Hatuwe, R. S. M., Susiati, S., Masniati, A., & Marasabessy, R. N. (2020). Pengembangan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Negeri 5 NAMLEA. Pedagogy: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 81–91.
Ulya, V. F., & Anisah, Z. (2021). Pembentukan nilai karakter integritas melalui gerakan literasi sekolah pada anak MI/SD. PREMIERE: Journal of Islamic Elementary Education, 3(1), 43–56.
Wahidah, N., Santoso, G., La Aca, M. F., Wuriani, D., Bosawer, A., Lestari, N. M., & Anggo, A. Y. (2023). Mengidentifikasi Keragaman Budaya di Sekitarnya Secara Setara Melalui Gotong Royong dan Collaboration di Kelas 5. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(4), 190–214.
Yunita, S., Pakpahan, A. A., Wulandari, A., Bazura, H., Zain, U. K., Gultom, W. R., & Manda, Y. N. (2024). PENGARUH PEMBELAJARAN PKN YANG BERORIENTASI PADA NILAI PERSATUAN INDONESIA TERHADAP SISWA KOLABORATIF SISWA DI SEKOLAH. Jurnal Humaniora Dan Sosial Sains, 1(3), 342–346.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Afifa Hana Fitriya, Andini Fatharani Ulfah, Astri Andriyani, Baidah Baidah, Risky Pratiwi, Indriani Indriani, Muhammad Sofwan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the JGK (Jurnal Guru Kita) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)