Analisis Pemetaan Mutu Pendidikan SDN 1 Kaliputih Kecamatan Singorojo Kabupaten Kendal

Authors

  • Vina Okta Viana Universitas PGRI Semarang
  • Titik Haryati Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.24114/jgk.v9i2.64427

Keywords:

Mutu Pendidikan, Rapor Pendidikan, Sekolah Dasar

Abstract

Mutu pendidikan yang berkualitas akan melahirkan generasi bangsa yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis rapor pendidikan SDN 1 Kaliputih dan menilai berbagai aspek kinerja sekolah, termasuk pencapaian akademik dan non-akademik. Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan serta kendala yang dihadapi oleh sekolah dalam mencapai mutu pendidikan yang diharapkan. Berdasarkan analisis dan identifikasi tersebut, penelitian ini kemudian menyusun rekomendasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di SDN 1 Kaliputih, baik dari segi pengelolaan, pembelajaran, maupun keterlibatan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan Rapor Pendidikan SDN 1 Kaliputih, peningkatan capaian akademik siswa perlu dioptimalkan melalui strategi yang lebih intensif. Kompetensi guru dalam penggunaan teknologi dan metode pembelajaran interaktif juga harus ditingkatkan untuk mendukung proses pembelajaran yang relevan dengan era digital. Selain itu, partisipasi siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler, serta ketersediaan sarana dan prasarana, membutuhkan perhatian khusus untuk mendorong pengembangan keterampilan holistik. Kolaborasi yang lebih erat antara sekolah, orang tua, dan komunitas menjadi kunci dalam mengatasi berbagai tantangan, guna mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan inklusif.

Author Biographies

Vina Okta Viana, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Magister Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana

Titik Haryati, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Magister Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana

References

Agusniatih, A., & Manopa, J. M. (2019). Keterampilan sosial anak usia dini: teori dan metode pengembangan. Edu Publisher.

Ali, M. (2009). Pendidikan untuk pembangunan nasional: menuju bangsa Indonesia yang mandiri dan berdaya saing tinggi. Grasindo.

Amrulloh, A., darajaatul Aliyah, N., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Kebiasaan Belajar, Lingkungan Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa MTS Darul Hikmah Langkap Burneh Bangkalan. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 5(01), 188–200.

Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225

Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Syahkira, H. P. (2024). OPTIMIZING MATHEMATICS LEARNING IN FIFTH GRADES: THE CRITICAL ROLE OF EVALUATION IN IMPROVING STUDENT ACHIEVEMENT AND CHARACTER. PROGRES PENDIDIKAN, 5(3), 302–311. https://prospek.unram.ac.id/index.php/PROSPEK/article/view/1120

Ansya, Y. A., Alfianita, A., Syahkira, H. P., & Syahrial, S. (2024). Peran Evaluasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 6(2), 173–184. https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i2.15030

Ansya, Y. A., Ardhita, A. A., Rahma, F. M., Sari, K., & Khairunnisa, K. (2024). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KEMAMPUAN LITERASI BACA TULIS SISWA SEKOLAH DASAR. JGK (Jurnal Guru Kita), 8(3), 598–606. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i3.60183

Ansya, Y. A., Ardhita, A. A., Sari, K., Nainggolan, M. G., Ayunda, R., Hasibuan, W. A., & Antika, W. (2021). LUNTURNYA NILAI-NILAI PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT INDONESIA DI ERA GLOBALISASI YANG MENGAKIBATKAN MUNCULNYA KELOMPOK TERORISME. Jurnal Handayani, 12(2), 144–153. https://doi.org/10.24114/jh.v12i2.45265

Ansya, Y. A., & Mailani, E. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar melalui Program Kampus Mengajar 7. FONDATIA, 8(4), 772–789.

Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024a). Implementasi P5 melalui Kolaborasi Musik Angklung dan Tari Tor-tor di Kelas IV Sekolah Dasar. FONDATIA, 8(4), 790–806.

Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024b). THE APPLICATION OF THE PROBLEM BASED LEARNING MODEL TO IMPROVE THE CRITICAL THINKING SKILLS OF ELEMENTARY SCHOOL STUDENTs. JGK (Jurnal Guru Kita), 9(1), 170–177.

Arbi, Z. F., & Amrullah, A. (2024). Transformasi Sosial dalam Pendidikan Karakter di Era Digital: Peluang dan Tantangan. Social Studies in Education, 2(2), 191–206.

Arfa, A. M., & Lasaiba, D. (2024). Penguatan Karakter dalam Manajemen Kelas: Strategi Efektif untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan dan Perkembangan Holistik Siswa. Lani: Jurnal Kajian Ilmu Sejarah Dan Budaya, 5(1), 71–80.

Arikunto. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Pustaka Belajar.

Artanti, A., Ramadhani, N. D., Rahmawati, S., & Rizqa, M. (2024). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 321–333.

Darman, R. A. (2017). Mempersiapkan generasi emas indonesia tahun 2045 Melalui Pendidikan Berkualitas. Jurnal Edik Informatika Penelitian Bidang Komputer Sains Dan Pendidikan Informatika, 3(2), 73–87.

Devisiana, D., Meisyani, L., Magay, D., & Riniwati, R. (2024). Peran Masyarakat dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. Proceeding National Conference of Christian Education and Theology, 2(2), 103–112.

Fitriani, F., Siraj, S., & Marisa, R. (2024). MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN ERA DIGITALISASI PADA SEKOLAH PENGGERAK JENJANG SD DI KABUPATEN ACEH UTARA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 12463–12469.

Gusniati, J., Jahera, J., Zulkifli, A., & Ananda, R. (2024). Standar Sarana dan Prasarana Pendidikan Dasar Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Yang Efektif. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 11(2), 572–582.

Hamdani, R. H., & Islam, S. (2019). Inovasi strategi pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran. PALAPA, 7(1), 30–49.

Hidayah, N. (2022). Pandangan terhadap problematika rendahnya mutu pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 6593–6601.

Indah, A. R. P., Sari, A. L. A. M., Ardiyanti, A., Fitriani, D., Mutmainna, A., Winarti, E., Hardiani, H., Dewi, H. S., Anggoro, D. S., & El Hafidy, N. (2025). Pengadaan Pojok Baca untuk Menciptakan Lingkungan Belajar yang Aman dan Menyenangkan di Kelas 1 UPT SPF SD INPRES MALLENGKERI II. Jurnal Pengabdian Masyarakat Waradin, 5(1), 121–130.

Jannah, U. R., Basori, I. S., Amiruddin, M., Rifanda, A. R., & Agustin, S. P. D. (2024). EFEKTIVITAS ANALISIS AKAR MASALAH “METODE PEMBELAJARAN” PADA RAPOR PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR PENGGERAK ANGKATAN I. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 539–559.

Kemendikbudristek, R. I. (2021). Panduan Pembelajaran dan Asesmen, Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA) Pusat Asesmen dan Pembelajaran. Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan. Jakarta: Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi.

Masnawati, E., Darmawan, D., & Masfufah, M. (2023). Peran Ekstrakurikuler dalam Membentuk Karakter Siswa. PPIMAN: Pusat Publikasi Ilmu Manajemen, 1(4), 305–318.

Mulyasa, H. E. (2021). Implementasi kurikulum 2013 revisi: dalam era industri 4.0. Bumi Aksara.

Nasir, M., Mahmudinata, A. A., Ulya, M., & Firdaus, F. A. (2023). Strategi Pemberdayaan Sekolah Sebagai Upaya Peningkatan Manajemen Pendidikan. Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 799–816.

Nurhadi, N. (2020). Blended learning dan aplikasinya di era new normal pandemi covid 19. AGRIEKSTENSIA: Jurnal Penelitian Terapan Bidang Pertanian, 19(2), 120–128.

Rani, P. R. P. N., Asbari, M., Ananta, V. D., & Alim, I. (2023). Kurikulum merdeka: transformasi pembelajaran yang relevan, sederhana, dan fleksibel. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(6), 78–84.

Rizki, N. J., Qomariyah, S., & Neneng, N. (2024). Peran Akreditasi Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SDIT Adzkia 1 Sukabumi. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(3), 137–152.

Rofii, A., Nurhidayat, E., Firharmawan, H., & Prihartini, E. (2023). Pelatihan Peningkatan Professional Competence Guru Dalam Mengintegrasikan Teknologi Dalam Pembelajaran Di MGMP Bahasa Inggris SMK Kab. Majalengka. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 1915–1921.

Rozi, F., Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024). Strategi Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sekolah Dasar Dalam Mewujudkan Tujuan SDG 4: Pendidikan Berkualitas. PT. Penerbit Naga Pustaka.

Salsabilla, T., Ansya, Y. A., Siregar, Y. D., Agustina, S., Munthe, A. C., Ronauli, A., & Ginting, A. P. (2024). ANALISIS NILAI KEDISIPLINAN SISWA DI UPT SD NEGERI 060796 MEDAN. JGK (Jurnal Guru Kita), 9(1), 12–21.

Sari, N. M. D. S., Suastini, K., Anggawati, P. D. Y., Dinanti, D. P., Putri, N. L. W. A., & Ardianti, N. P. K. (2024). Mencegah Bully di Sekolah Dasar. Nilacakra.

Sari, Y., Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Putri, P. A. (2023). STUDI LITERATUR : UPAYA DAN STRATEGI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA. Jurnal Guru Kita PGSD, 8(1), 9–26. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i1.53931

Sasmita, S. I. (2024). Manajemen Ekstrakurikuler Dalam Membentuk Disiplin Siswa. Pedagogik: Jurnal Pendidikan Dan Riset, 2(3), 358–366.

Septiana, S., Wicaksono, R. N., Saputri, A. W., Fawwazillah, N. A., & Anshori, M. I. (2023). Meningkatkan kompetensi sumber daya manusia untuk masa yang mendatang. Student Research Journal, 1(5), 446–466.

Siagian, L. S., Kusmiati, T., Noryani, N., Aulia, A., Utomo, A. P., & Haryaka, U. (2024). Optimalisasi Biaya Pendidikan di SD Negeri 004 Berau melalui Pendekatan SWOT. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 9(2), 64–72.

Siahaan, A., Akmalia, R., Amelia, Y., Wulandari, T., & Pasaribu, K. (2023). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Journal on Education, 5(2), 3840–3848.

Simanjuntak, H., Bakti Tonni Endaryono, M. M., Sinaga, D., Siagian, B. A., Saragih, E. L. L., SS M, H. U. M., & Siagian, H. (2022). Mutu Pendidikan Untuk Jenjang Sekolah Dasar. Penerbit Qiara Media.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suprapto, S. (2020). Integrasi Moderasi Beragama dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Edukasi, 18(3), 355–368.

Suradi, A. (2018). Pendidikan berbasis multikultural dalam pelestarian kebudayaan lokal nusantara di era globalisasi. Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 5(1), 111–130.

Susanto, H. P. (2021). Pandemi dan Anak Bangsa Menjadi Pintar. Tsaqiva publishing.

Syafitri, M., & Rahmadhar, Y. (2022). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Blended Learning terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas V di SDN Cibuntu 01. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(3).

Triana, N. M., Nasution, I., & Nasution, T. S. F. (2022). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan pada SMA Abdi Utama Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 214–219.

Widyandini, M. W. (2021). Implementasi Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Revisi dan Peningkatan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMAN 2 Ponorogo. IAIN Ponorogo.

Wijaya, D. (2022). Pemasaran jasa pendidikan. Bumi Aksara.

Downloads

Published

2025-03-15

How to Cite

Viana, V. O., & Haryati, T. (2025). Analisis Pemetaan Mutu Pendidikan SDN 1 Kaliputih Kecamatan Singorojo Kabupaten Kendal. JGK (Jurnal Guru Kita), 9(2), 331–348. https://doi.org/10.24114/jgk.v9i2.64427

Issue

Section

Articles