Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Program Literasi dan Numerasi Kampus Mengajar Angkatan 8 di SDN 12/I Terusan

Authors

  • Tetty Barokah Universitas Jambi
  • Nova Eliza Universitas Jambi
  • Della Puspita Universitas Jambi
  • Arrum Dwi Wahyuni Universitas Jambi
  • Indah Khoirunnisa Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.24114/jgk.v9i2.64446

Keywords:

Pembelajaran Diferensiasi, Program Kampus Mengajar, MBKM, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam Program Kampus Mengajar 8 di SDN 12/I Terusan, dengan fokus pada perencanaan, implementasi, dan evaluasi oleh guru dan mahasiswa. Selain itu, penelitian ini mengukur dampaknya terhadap literasi dan numerasi siswa serta mengidentifikasi kendala dan faktor pendukung untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui tiga metode utama, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Program Kampus Mengajar Angkatan 8 berhasil mencapai tujuan yang ditetapkan, dengan dampak positif terhadap peningkatan keterampilan literasi, numerasi, dan kreativitas siswa. Program seperti "Pojok Baca," "Ular Tangga Literasi," dan "LIPSTIK" efektif menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan kolaboratif, sementara penggunaan teknologi seperti "Canva" dan "Wordwall" membuat pembelajaran lebih interaktif dan menarik, meningkatkan keterlibatan siswa. Pendekatan diferensiasi dalam pengelompokan siswa juga berkontribusi pada efektivitas pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Program Kampus Mengajar meningkatkan literasi dan numerasi serta pembelajaran berdiferensiasi mampu meningkatkan efektivitas pembelajaran.

Author Biographies

Tetty Barokah, Universitas Jambi

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Nova Eliza, Universitas Jambi

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Della Puspita, Universitas Jambi

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Arrum Dwi Wahyuni, Universitas Jambi

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Indah Khoirunnisa, Universitas Jambi

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Bumi Aksara.

Ahmadi, F., & Ibda, H. (2019). Konsep dan aplikasi literasi baru di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0. CV. Pilar Nusantara.

Ahmadi, M. Z., Haris, H., & Akbal, M. (2020). Implementasi program penguatan pendidikan karakter di sekolah. Phinisi Integration Review, 3(2), 305–315.

Andini, D. W. (2016). Differentiated instruction: solusi pembelajaran dalam keberagaman siswa di kelas inklusif. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 2(3).

Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225

Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Syahkira, H. P. (2024). OPTIMIZING MATHEMATICS LEARNING IN FIFTH GRADES: THE CRITICAL ROLE OF EVALUATION IN IMPROVING STUDENT ACHIEVEMENT AND CHARACTER. PROGRES PENDIDIKAN, 5(3), 302–311. https://prospek.unram.ac.id/index.php/PROSPEK/article/view/1120

Ansya, Y. A., Ardhita, A. A., Rahma, F. M., Sari, K., & Khairunnisa, K. (2024). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KEMAMPUAN LITERASI BACA TULIS SISWA SEKOLAH DASAR. JGK (Jurnal Guru Kita), 8(3), 598–606. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i3.60183

Ansya, Y. A., & Mailani, E. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar melalui Program Kampus Mengajar 7. FONDATIA, 8(4), 772–789.

Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024a). Implementasi P5 melalui Kolaborasi Musik Angklung dan Tari Tor-tor di Kelas IV Sekolah Dasar. FONDATIA, 8(4), 790–806.

Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024b). Model Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Cahya Ghani Recovery.

Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024c). THE APPLICATION OF THE PROBLEM BASED LEARNING MODEL TO IMPROVE THE CRITICAL THINKING SKILLS OF ELEMENTARY SCHOOL STUDENTs. JGK (Jurnal Guru Kita), 9(1), 170–177.

Ansya, Y. A., Salsabilla, T., & Mailani, E. (2024). The Role of Local Culture in North Sumatra in Improving Mathematical Ability in the Learning of Space Shapes for 5th Grade Elementary School Students. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 4(2), 147–154.

Ansya, Y. A., Salsabilla, T., & Rozi, F. (2024). Etnosains dan Lingkungan Strategi Pembelajaran IPA di SD. Cahya Ghani Recovery.

Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan kampus mengajar angkatan 1 program merdeka belajar kampus merdeka di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210–219.

Farida, A., Rois, S., & Ahmad, E. S. (2023). Sekolah yang Menyenangkan: metode kreatif mengajar dan pengembangan karakter siswa. Nuansa Cendekia.

Hakeu, F., Pakaya, I. I., & Tangkudung, M. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Gamifikasi dalam Proses Pembelajaran di MIS Terpadu Al-Azhfar. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 154–166.

Hasan, M., Nurtrida, N., Arisah, N., & Nuraisyiah, N. (2022). Implementasi Budaya Literasi Melalui Optimalisasi Perpustakaan di Sekolah Dasar. Jurnal Eduscience, 9(1), 121–133.

Husna, F. A. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi dan Literasi Digital. Uwais Inspirasi Indonesia.

Imran, M. E., Sulfasyah, S. P., & Bahri, A. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar. Indonesia Emas Group.

Khotimah, N. R., Riswanto, R., & Udayati, U. (2021). Pelaksanaan program kampus mengajar di SD Negeri 014 Palembang Sumatera Selatan. SINAR SANG SURYA: Jurnal Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 195–204.

Lestari, L., Hadarah, H., & Soleha, S. (2023). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas tinggi di Sekolah Dasar Negeri 10 Pangkalpinang. EDOIS: International Journal of Islamic Education, 1(02), 49–58.

Liriwati, F. Y. (2023). Transformasi Kurikulum; Kecerdasan Buatan untuk Membangun Pendidikan yang Relevan di Masa Depan. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 62–71.

Manurung, R. N. N. (2022). Peran program merdeka belajar dalam meningkatkan kemandirian mahasiswa melalui kampus mengajar. Journal on Education, 5(1), 591–600.

Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education, 6(1), 732–741. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2988

Mutoffar, M. M., & Yuyun, L. (2024). Pintar Literasi dan Numerasi: Panduan Praktis untuk Guru/Dosen dan Orang Tua. Penerbit NEM.

Nofiana, M. (2017). Profil Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP di Kota Purwokerto Ditinjau dari Aspek Konten, Proses, dan Konteks Sains. JSSH (Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora), 1(2), 77–84. https://doi.org/10.30595/jssh.v1i2.1682

Nugraha, M. A., Zidane, R. A., & Hamdan, A. (2024). Dampak program kampus mengajar terhadap hasil nilai literasi dan numerasi sekolah serta budaya literasi siswa. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(3), 267–280.

Pustikayasa, I. M., Permana, I., Kadir, F., Zebua, R. S. Y., Karuru, P., Husnita, L., Pinatih, N. P. S., Indrawati, S. W., Nindiati, D. S., & Yulaini, E. (2023). TRANSFORMASI PENDIDIKAN: Panduan Praktis Teknologi di Ruang Belajar. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Putri, R. (2021). Meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui permainan kolase bahan bekas studi literatur. Jurnal Golden Age, 5(2), 314–322.

Putro, A. N. S., Wajdi, M., Siyono, S., Perdana, A. N. C., Saptono, S., Fallo, D. Y. A., Khoirotunnisa, A. U., Ningtyas, Kma. W. A., Leuwol, F. S., & Pationa, S. B. (2023). Revolusi Belajar di Era Digital. Penerbit PT Kodogu Trainer Indonesia.

Ramdhani, M. F., Pratama, B. S., & Rachmat, I. F. (2024). Peningkatan Literasi Digital pada Anak Usia Dini dalam Merekontruksi Moral Menuju Pendidikan Berkualitas Perspektif SDGS 2030. Jurnal Sadewa: Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran Dan Ilmu Sosial, 2(2), 304–315.

Rofiah, N. H., Setyawati, N., Peni, N. R. N. K., Biddinika, M. K., Fitriah, F., Subekti, D. A., & Alghiffari, E. K. (2024). Professional Development Pembelajaran Berdiferensiasi Bagi Guru Di Sekolah Indonesia Jeddah, Arab Saudi. Sawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 5(1), 1–10.

Rozi, F., Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024). Strategi Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sekolah Dasar Dalam Mewujudkan Tujuan SDG 4: Pendidikan Berkualitas. PT. Penerbit Naga Pustaka.

Salsabilla, T., Ansya, Y. A., Siregar, Y. D., Agustina, S., Munthe, A. C., Ronauli, A., & Ginting, A. P. (2024). ANALISIS NILAI KEDISIPLINAN SISWA DI UPT SD NEGERI 060796 MEDAN. JGK (Jurnal Guru Kita), 9(1), 12–21.

Sani, R. A. (2021). Pembelajaran berorientasi akm: asesmen kompetensi minimum. Bumi Aksara.

Santoso, G., Karim, A. A., & Maftuh, B. (2023). Kajian Wawasan Nusantara melalui Local Wisdom NRI yang Mendunia dan Terampil dalam Lagu Nasional dan Daerah Abad 21. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(1), 197–209.

Sari, N. K., & Suswandari, M. (2016). Effektivitas program apoteker kecil (Apcil) terhadap pengetahuan tanaman obat tradisional keluarga di Sekolah Dasar Negeri 2 Sukoharjo tahun ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan, 25(1), 35–40.

Sari, Y., Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Putri, P. A. (2023). STUDI LITERATUR : UPAYA DAN STRATEGI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA. Jurnal Guru Kita PGSD, 8(1), 9–26. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i1.53931

Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran pendidikan dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 8(2), 107–117.

Sintiawati, N., Fajarwati, S. R., Mulyanto, A., Muttaqien, K., & Suherman, M. (2022). Partisipasi civitas akademik dalam implementasi merdeka belajar kampus merdeka (MBKM). Jurnal Basicedu, 6(1), 902–915.

Subakti, H., Chamidah, D., Siregar, R. S., Saputro, A. N. C., Recard, M., Nurtanto, M., Kuswandi, S., Ramadhani, R., & Sitopu, J. W. (2021). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sutrisno, L. T., Muhtar, T., & Herlambang, Y. T. (2023). Efektivitas pembelajaran berdiferensiasi sebagai sebuah pendekatan untuk kemerdekaan. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(2).

Teresia, W. (2021). Asesmen Nasional 2021. Guepedia.

Thana, P. M., & Hanipah, S. (2023). Kurikulum Merdeka: Transformasi Pendidikan SD Untuk Menghadapi Tantangan Abad ke-21. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 281–288.

Trisnani, N., Zuriah, N., Kobi, W., Kaharuddin, A., Subakti, H., Utami, A., Anggraini, V., Farhana, H., Pitriyana, S., & Watunglawar, B. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. PT. Mifandi Mandiri Digital.

Waruwu, E. W., & Bilo, D. T. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Belajar: Strategi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pendidikan Agama Kristen. Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama Dan Filsafat, 2(2), 254–268.

Widyawati, R., & Rachmadyanti, P. (2023). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 365–379.

Downloads

Published

2025-03-15

How to Cite

Barokah, T., Eliza, N., Puspita, D., Wahyuni, A. D., & Khoirunnisa, I. (2025). Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Program Literasi dan Numerasi Kampus Mengajar Angkatan 8 di SDN 12/I Terusan. JGK (Jurnal Guru Kita), 9(2), 359–375. https://doi.org/10.24114/jgk.v9i2.64446

Issue

Section

Articles