Analisis Peran Lingkungan Sekolah Dalam Mendukung Pembelajaran Bahasa Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Afifa Suci Nahara Universitas Jambi
  • Dhea Amanda Alfa Rezki Universitas Jambi
  • Alfa Rezki Universitas Jambi
  • Wiwik Kurniyati Universitas Jambi
  • Eko Kuntarto Universitas Jambi
  • Muhammad Sholeh Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.24114/jgk.v9i2.64456

Keywords:

Lingkungan Sekolah, Pembelajaran Bahasa, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran lingkungan sekolah dalam mendukung pembelajaran bahasa bagi siswa sekolah dasar, dengan fokus pada aspek lingkungan fisik, sosial, dan budaya. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Subjek pada penelitian ini guru kelas, siswa, dan kepala sekolah SDN 13/I Muara Bulian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan fisik yang nyaman, seperti ruang kelas yang menarik dan perpustakaan yang lengkap, memberikan kontribusi positif terhadap minat belajar bahasa siswa. Selain itu, interaksi sosial antar siswa dan budaya literasi yang diterapkan di sekolah terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara dan memahami bahasa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sinergi antara komponen lingkungan sekolah dapat menciptakan pengalaman belajar bahasa yang optimal bagi siswa sekolah dasar. Harapan penelitian ini memberikan wawasan bagi sekolah dalam merancang lingkungan yang mendukung pembelajaran bahasa. Oleh karena itu, peran lingkungan sekolah dalam pembelajaran bahasa perlu terus ditingkatkan dan diperhatikan.

Author Biographies

Afifa Suci Nahara, Universitas Jambi

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Dhea Amanda Alfa Rezki, Universitas Jambi

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Alfa Rezki, Universitas Jambi

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Wiwik Kurniyati, Universitas Jambi

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Eko Kuntarto, Universitas Jambi

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Muhammad Sholeh, Universitas Jambi

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Afghani, D. R., Prayitno, H. J., Jayanti, E. D., Zsa-ZsaDilla, C. A., Salsabilla, T. A., Saputri, E. D., Septiyanti, N. D., & Siswanto, H. (2022). Budaya Literasi Membaca di Perpustakaan untuk Meningkatkan Kompetensi Holistik bagi Siswa Sekolah Dasar. Buletin KKN Pendidikan, 4(2), 143–152.

Andriani, D., & Andriyati, N. (2023). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Siswa di MI Ma’arif Sembego. Journal of Primary Education, 1(2), 47–52.

Anggo, A. Y., Santoso, G., Wuriani, D., & Bosawer, A. (2023). Mengidentifikasi Peluang dan Tantangan yang Muncul dari Keragaman Budaya Indonesia Secara Mandiri dan Critical Thingking. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(4), 310–331.

Anjelina, N., & Tarmini, W. (2022). Keterampilan berbicara siswa sekolah dasar pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7327–7333.

Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225

Ansya, Y. A., Ardhita, A. A., Rahma, F. M., Sari, K., & Khairunnisa, K. (2024). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KEMAMPUAN LITERASI BACA TULIS SISWA SEKOLAH DASAR. JGK (Jurnal Guru Kita), 8(3), 598–606. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i3.60183

Ansya, Y. A., & Mailani, E. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar melalui Program Kampus Mengajar 7. FONDATIA, 8(4), 772–789.

Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024). Penggunaan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V Sekolah Dasar. ARZUSIN, 4(6), 1240–1258.

Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2025). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Canva pada Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. ISLAMIKA, 7(1), 1–14.

Emira Hayatina Ramadhan, & Hindun Hindun. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Membantu Siswa Berpikir Kreatif. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, Dan Pengajarannya, 2(2), 43–54. https://doi.org/10.55606/protasis.v2i2.98

Fadillah, M. (2020). Upaya meningkatkan kemampuan membaca siswa dengan pemanfaatan media audio-visual di kelas rendah. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 1(1), 16–26.

Fawaid, A., & Damayanti, A. D. (2024). Pendekatan Pengajaran Bahasa Komunikatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa pada Materi Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(1), 145–162.

Fitriana, A. N., Aisah, M. N., Rianto, E. I., & Widakdo, R. (2024). Optimalisasi Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Kedisiplinan Siswa. JURNAL MADINASIKA Manajemen Pendidikan Dan Keguruan, 5(2), 97–105.

Hasanah, M., Desiyanto, J., & Laily, R. (2024). Mewujudkan Adat Cermat Aktivitas Nalar dan Estetik “WACANA” sebagai Upaya Menciptakan Ruang Minat Baca di MTs Darut Tauhid Kecamatan Torjun Kabupaten Sampang. INCOME: Indonesian Journal of Community Service and Engagement, 3(1), 55–62.

Hiro, S., Faradit, M. N., & Putra, D. A. (2022). Pemanfaatan Sudut Baca Kelas Di SDN Wonokusumo VI/45 Dalam Peningkatan Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Penelitian IPTEKS, 7(1), 29–37.

Huda, I. C. (2020). Peranan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 38–48.

Jailani, M. S. (2023). Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian ilmiah pendidikan pada pendekatan kualitatif dan kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9.

Lestari, E. P. (2023). Model Pembelajaran Think Pair Share Solusi Menumbuhkan Keberanian Berpendapat. Penerbit P4I.

Lumuan, L. S. I., Wantu, A., & Hamim, U. (2023). Peran Guru Ppkn Dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral Peserta Didik Di Smp Negeri 1 Banggai Tengah Kabupaten Banggai Laut. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 210–221.

Muliastrini, N. K. E. (2020). New Literacy sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan sekolah dasar di abad 21. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 115–125.

Nurhasanah, A., Pribadi, R. A., & Sukriah, S. (2022). Memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar. Jurnal Ilmiah Telaah, 7(1), 66–72.

Pratiwi, E. A., Witono, A. H., & Jaelani, A. K. (2022). Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas V SDN 32 Cakranegara Kecamatan Sandubaya Kota Mataram Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1639–1646.

Pribadi, R. A., Damayanty, L., & Iswandi, S. M. S. (2023). The Role of the Teacher as an Innovator in Growing Language Skills Student in the 21st Century. Journal Civics and Social Studies, 7(1), 76–85.

Rifa’i, Y. (2023). Analisis Metodologi Penelitian Kulitatif dalam Pengumpulan Data di Penelitian Ilmiah pada Penyusunan Mini Riset. Cendekia Inovatif Dan Berbudaya, 1(1), 31–37.

Rosyidah, N. (2019). Ekstrakurikuler Multilingual Sebagai Upaya Membiasakan Kemampuan Berbahasa Di MI Pesantren Anak Sholeh Baitul Qur’an. IAIN Ponorogo.

Safitri, E., & Ginting, R. F. (2024). Peran Keterampilan Mengelola Kelas dalam Meningkatkan Minat belajar Siswa. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 6(9), 31–40.

Saputri, R. E., Sauhana, N., & Fajriyanti, A. N. (2024). Analisis Dampak Lingkungan Kelas terhadap Proses Belajar Membaca Kosakata pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 10.

Sari, Y., Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Putri, P. A. (2023). STUDI LITERATUR : UPAYA DAN STRATEGI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA. Jurnal Guru Kita PGSD, 8(1), 9–26. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i1.53931

Simbolon, J. (2023). Transformasi Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui Penerapan Literasi di Sekolah. JBSI: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(01), 162–171.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sumaryamti, S. (2023). Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 4(01), 47–55.

Winei, A. A. D., Ekowati, E., Setiawan, A., Jenuri, J., Weraman, P., & Zulfikhar, R. (2023). Dampak Lingkungan Sekolah terhadap Hasil Belajar dan Kesehatan Mental Siswa. Journal on Education, 6(1), 317–327.

Downloads

Published

2025-03-15

How to Cite

Nahara, A. S., Rezki, D. A. A., Rezki, A., Kurniyati, W., Kuntarto, E., & Sholeh, M. (2025). Analisis Peran Lingkungan Sekolah Dalam Mendukung Pembelajaran Bahasa Siswa Sekolah Dasar. JGK (Jurnal Guru Kita), 9(2), 349–358. https://doi.org/10.24114/jgk.v9i2.64456

Issue

Section

Articles