Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Visual Studio pada Peningkatan Hasil Belajar Siswa SDN 6 Salain Toba

Authors

  • Darma Faskaris Universitas Negeri Medan
  • Masta Marselina Sembiring Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/jgk.v9i3.64481

Keywords:

Media Pembelajaran Interaktif, Visual Studio, Pengembangan Media Pembelajaran, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji efektivitas media pembelajaran tema 8 subtema 1 pembelajaran 1 pada peserta didik kelas VI di SDN 6 Salaon Toba, Kecamatan Ronggurnihuta, Kabupaten Samosir. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE dan melibatkan 20 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 6 Salaon Toba. Desain penelitian ini menggunakan siklus tunggal dengan uji pretest dan posttest. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi awal untuk mendeteksi permasalahan, desain media, pengembangan media, implementasi media, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar peserta didik, di mana nilai rata-rata siswa pada pretest adalah 12 dan meningkat menjadi 17,56 pada posttest.dengan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 80%. Temuan ini menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Author Biographies

Darma Faskaris, Universitas Negeri Medan

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Masta Marselina Sembiring, Universitas Negeri Medan

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Afifah, N., Kurniaman, O., & Noviana, E. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada pembelajaran bahasa indonesia kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(1), 33–42.

Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225

Ansya, Y. A., Ardhita, A. A., Rahma, F. M., Sari, K., & Khairunnisa, K. (2024). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KEMAMPUAN LITERASI BACA TULIS SISWA SEKOLAH DASAR. JGK (Jurnal Guru Kita), 8(3), 598–606. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i3.60183

Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024). Model Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Cahya Ghani Recovery.

Bastian, A., Mantovan, M. R., Syifanabila, K., Aquila, Z., & Marhamah, M. (2024). Penggunaan Media Meningkatkan Keterlibatan Siswa dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP), 5(2), 220–223.

Dewantara, A. H., B, A., & Harnida. (2020). Kreativitas Guru dalam Memanfaatkan Media Berbasis IT Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Journal of Primary Education, 1(1), 15–28.

Fitria, N., Munandar, D. S., & Arifudin, O. (2023). Manajemen Pengelolaan Media Pembelajaran Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(03).

Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113.

Hermawan, A., & Hadi, S. (2024). Realitas pengaruh penggunaan teknologi augmented reality dalam pembelajaran terhadap pemahaman konsep siswa. Jurnal Simki Pedagogia, 7(1), 328–340.

Khasanah, S., Janah, S. R., & Safitri, A. S. (2024). TANTANGAN DAN PELUANG DALAM PENGAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI ERA DIGITAL. Causa: Jurnal Hukum Dan Kewarganegaraan, 5(3), 31–40.

Pagarra, H., Syawaluddin, A., & Krismanto, W. (2022). Media Pembelajaran. Badan Penerbit UNM, Makassar.

Putra, A. D., Susanto, M. R. D., & Fernando, Y. (2023). Penerapan MDLC Pada Pembelajaran Aksara Lampung Menggunakan Teknologi Augmented Reality. CHAIN: Journal of Computer Technology, Computer Engineering, and Informatics, 1(2), 32–34. https://ejournal.techcart-press.com/index.php/chain/article/view/29

Rambe, Y. S., Rozi, F., Mailani, E., Sirait, A. P., & Manurung, I. F. U. (2024). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Canva Pada Pembelajaran Ipas Kelas IV Sdn 19 Rantau Utara Ta 2023/2024. JGK (Jurnal Guru Kita), 8(4), 715–726.

Sari, Y., Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Putri, P. A. (2023). STUDI LITERATUR : UPAYA DAN STRATEGI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA. Jurnal Guru Kita PGSD, 8(1), 9–26. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i1.53931

Setiawan, Z., Pustikayasa, I. M., Jayanegara, I. N., Setiawan, I. N. A. F., Putra, I. N. A. S., Yasa, I. W. A. P., Asry, W., Arsana, I. N. A., Chaniago, G. G., & Wibowo, S. E. (2023). PENDIDIKAN MULTIMEDIA: Konsep dan Aplikasi pada era revolusi industri 4.0 menuju society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Slamet, F. A. (2022). Model Penelitian Pengembangan (R n D). Malang: Institut Agama Islam Sunan Kalojogo Malang.

Sugiyono, P. (2011). Metodologi penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alpabeta, Bandung, 62, 70.

Sukma, K. I., & Handayani, T. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Berbasis Wordwall Quiz Terhadap Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1020–1028.

Wibowo, H. S. (2023). Pengembangan Teknologi Media Pembelajaran: Merancang Pengalaman Pembelajaran yang Inovatif dan Efektif. Tiram Media.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Faskaris, D., & Sembiring, M. M. (2025). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Visual Studio pada Peningkatan Hasil Belajar Siswa SDN 6 Salain Toba. JGK (Jurnal Guru Kita), 9(3), 717–724. https://doi.org/10.24114/jgk.v9i3.64481

Issue

Section

Articles