Peran Lingkungan Sekolah dalam Pengembangan Komunikasi Anak Tuna Wicara di SLBN Luragung
DOI:
https://doi.org/10.24114/jgk.v9i3.64511Keywords:
Lingkungan Sekolah, Komunikasi, TunawicaraAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran lingkungan sekolah dalam pengembangan komunikasi anak tunawicara di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Luragung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, melibatkan kepala sekolah, guru, dan orang tua siswa sebagai subjek penelitian. Penelitian dilaksanakan di SLBN Luragung pada Juni–Desember 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SLBN Luragung berhasil menciptakan lingkungan yang mendukung pengembangan komunikasi anak tunawicara melalui berbagai upaya strategis. Penyediaan fasilitas khusus, seperti alat bantu komunikasi dan ruang terapi, menjadi elemen penting dalam mendukung proses belajar-mengajar. Selain itu, penerapan kebijakan pendidikan inklusif memungkinkan anak tunawicara untuk memperoleh layanan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhannya. Kolaborasi aktif antara pihak sekolah dan keluarga siswa turut memperkuat hasil pembelajaran dengan menciptakan kesinambungan pembinaan komunikasi di rumah dan sekolah. Secara keseluruhan, lingkungan di SLBN Luragung mampu menciptakan suasana belajar yang kondusif, efektif, dan inklusif bagi anak tunawicara. Temuan ini menunjukkan bahwa lingkungan sekolah yang dirancang secara komprehensif dapat menjadi faktor kunci dalam pengembangan komunikasi anak tunawicara. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi institusi pendidikan lain dalam mengembangkan program pendidikan yang inklusif dan mendukung anak berkebutuhan khusus.References
Adhani, D. N., Anawaty, M. F., & Oktavianingsih, E. (2024). Peran Orang Tua Dan Guru Anak Berkebutuhan Khusus. Bayfa Cendekia Indonesia.
Aliyah, S. N., Suriansyah, A., Harsono, A. M. B., Ridhaningtyas, L. P., & Annisa, M. (2024). Kemampuan dan Pemahaman Belajar Anak Slow Learner: Dari Pendampingan Khusus Menjadi Kemandirian Belajar. Joyful Learning Journal, 13(4), 91–100.
Ana, N., Mubin, H., Hidayah, N. S., Prasedya, C. N., Ulum, B., Mukhtasib, M. S., Mulia, R. F., Pamungkas, Y., Khoiriyah, I., & Paaneah, M. F. Z. (2024). Strategi dan Isu Psikologi Pendidikan Kontemporer: Menghadapi Era Digital dan Globalisasi. Penerbit NEM.
Andreansyah, R., Purnomo, A. M., & Setiawan, K. (2024). Penerapan Komunikasi Non Verbal di Yayasan Penyandang Disabilitas. Karimah Tauhid, 3(1), 726–738.
Andriani, O., Saputra, D. A., Sulistyo, K. T., & Sari, L. N. (2024). Sarana Dan Prasarana (Fasilitas) Pendidikan Bagi Anak-Anak Berkebutuhan Khusus. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 3(1), 105–114.
Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225
Anwar, M. F., & Indra, F. (2024). Komunikasi Nonverbal Guru dalam Berinteraksi dengan Siswa di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Kota Binjai. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi), 8(4), 922–929.
Arikunto. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Pustaka Belajar.
Astini, W. (2021). Perancangan Pusat Kreativitas Anak (Pendekatan Arsitektur Perilaku). UIN AR-RANIRY.
Atika, A. (2024). Praktik Pendidikan Inklusif untuk Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar. Harakat An-Nisa: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 9(1), 45–54.
Batubara, A. U., Ayuningtyas, N., Siagian, R. A., & Nurzannah, J. L. (2024). Pola Pendidikan Inkulusif Studi Bagi Anak yang Mengalami Gangguan Komunikasi. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 4(2), 536–545.
Chafsoh, N. P. (2024). Penggunaan Metode Total Physical Response dalam Penguasaan Kosa Kata Anak Tunarungu Sekolah Dasar. Jurnal Generasi Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 65–80.
Fahrina, A., Amelia, K., & Zahara, C. R. (2020). Minda Guru Indonesia: Pandemi Corona, Disrupsi Pendidikan, dan Kreativitas Guru (Vol. 153). Syiah Kuala University Press.
Fitri, L. N. F. L. N., & Abduh, M. (2024). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar dan Komunikasi Anak Tuna Wicara di Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3847–3860.
Hsb, S. P., & Mantondang, M. A. (2024). Analisis Pola Komunikasi Interpersonal Guru dengan Siswa dalam Membentuk Kemandirian Siswa Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa (SLB C Karya Tulus). Jurnal Indonesia: Manajemen Informatika Dan Komunikasi, 5(2), 1879–1892.
Khasanah, F. N., Andini, S. A., Setiawati, A., Rahmawati, M. D., & Muhtarom, T. (2025). Peran Shadow Teacher Terhadap Semangat Belajar Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Alam. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 4(2), 1603–1612.
Khoirunisa, S., Muhroji, M., Wulandari, R., & Pratiwi, A. S. (2024). Penguatan Rasa Percaya Diri Siswa dalam Berkomunikasi di Sekolah Inklusi. Buletin KKN Pendidikan, 6(1), 97–109.
Kurniasari, R., & Wathon, A. (2019). Pembelajaran Konstruktif Melalui Alat Permainan Edukatif. Sistim Informasi Manajemen, 2(2), 96–112.
Kusumastuti, A., & Khoiron, A. M. (2019). Metode penelitian kualitatif. Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (LPSP).
Latifah, I., & Fadila, W. N. (2024). Strategi Efektif Guru dalam Mengimplementasikan Sekolah Inklusi pada Lembaga PAUD. Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 7(1), 20–36.
Lestari, N. H., Novianti, D., & Zen, F. (2024). Model Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Tuna Wicara di SLBN 1 Kulon Progo. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 200–213.
Mulyadi, S., & Kresnawaty, A. (2020). Manajemen pembelajaran inklusi pada anak usia dini. Ksatria Siliwangi.
Nasir, M. F. A. (2024). Membangun Madrasah Inklusif: Upaya Menuju Sekolah Ramah Diversitas Melalui Implementasi Pendidikan Inklusif Di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 21–44.
Permana, B. S., Hazizah, L. A., & Herlambang, Y. T. (2024). Teknologi pendidikan: efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi di era digitalisasi. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(1), 19–28.
Pramasari, T. P., & Paramita, D. S. P. (2025). PENERAPAN DESAIN INKLUSIF PADA BANGUNAN SEKOLAH LUAR BIASA TIPE D (SLB-D) DI KABUPATEN SUKOHARJO. Senthong, 8(1).
Puspahati, D. C., Nugroho, O. C., & Tricana, D. W. (2024). Gaya Komunikasi Interpersonal Guru Terhadap Keterlibatan Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa Negeri Jenangan. Jurnal Audiens, 5(4), 628–638.
Rahayu, D. A., Nabilla, R. R., Kusumawastuti, A. F., Wulandari, J., & Danuri, D. (2024). Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Perkembangan Sosial Emosional pada Sekolah Inklusi SDN Pojok. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 588–599.
Rozi, F., Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024). Strategi Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sekolah Dasar Dalam Mewujudkan Tujuan SDG 4: Pendidikan Berkualitas. PT. Penerbit Naga Pustaka.
Rumra, F., Sos, S., Vransisca Kissya, S. E., Erny Rachmawati, S. E., Nur, M. K., Kom, S. I., Arif, M., Kom, S. I., Laksono, R. D., & SpPD, M. (2024). Pengantar Ilmu Komunikasi. CV Rey Media Grafika.
Saputra, D. C., Ahsyabila, C. P., Anggraeni, F. H., Arum, S. S., & Amalia, K. (2025). Analisis Kesulitan Belajar Karena Gangguan Perkembangan Pada Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa Tunas Kasih Surabaya. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 3(4), 281–289.
Selian, S. N. (2024). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Syiah Kuala University Press.
Sipahutar, I. E., & Agustin, N. P. M. E. (2016). Dukungan Keluarga dalam Merawat Anak Autis. Jurnal Gema Keperawatan, 9(2), 156–161.
Sismawijaya, A., & Astutik, A. P. (2024). STRATEGI SHADOW TEACHER DALAM MENGATASI KESULITAN BERKOMUNIKASI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) TUNA RUNGU. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 487–500.
Smith, J. D. (2024). Sekolah Untuk Semua. Nuansa Cendekia.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Syaifuddin, E. R., Laksono, R. D., Amir, A. S., Yuli Laraeni, S. K. M., Adiyasa, I. N., SKM, M. P. H., Hasbi, H. M., Hafid, A., Indah Naryanti, S. K. M., & Mulananda, A. M. (2024). Dasar Komunikasi. Cendikia Mulia Mandiri.
Wicaksono, L., & Waruwu, M. (2025). Komunikasi Efektif: Kunci Meningkatkan Kinerja Organisasi Pendidikan. Journal of Mandalika Literature, 6(1), 51–60.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Erna Juherna, Eliza Eliza, Bayu Bayu, Imam Prayoga, Eka Nugraha, Melinda Amalia, Hana Nur'ul Jannah, Listia Amelia Salisatulmilah, Cinsyka Aulia Merani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the JGK (Jurnal Guru Kita) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)