Peran Lingkungan Sekolah dalam Pengembangan Komunikasi Anak Tuna Wicara di SLBN Luragung

Authors

  • Erna Juherna Universitas Muhammadiyah Kuningan
  • Eliza Eliza Universitas Muhammadiyah Kuningan
  • Bayu Bayu Universitas Muhammadiyah Kuningan
  • Imam Prayoga Universitas Muhammadiyah Kuningan
  • Eka Nugraha Universitas Muhammadiyah Kuningan
  • Melinda Amalia Universitas Muhammadiyah Kuningan
  • Hana Nur'ul Jannah Universitas Muhammadiyah Kuningan
  • Listia Amelia Salisatulmilah Universitas Muhammadiyah Kuningan
  • Cinsyka Aulia Merani Universitas Muhammadiyah Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.24114/jgk.v9i3.64511

Keywords:

Lingkungan Sekolah, Komunikasi, Tunawicara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran lingkungan sekolah dalam pengembangan komunikasi anak tunawicara di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Luragung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, melibatkan kepala sekolah, guru, dan orang tua siswa sebagai subjek penelitian. Penelitian dilaksanakan di SLBN Luragung pada Juni–Desember 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SLBN Luragung berhasil menciptakan lingkungan yang mendukung pengembangan komunikasi anak tunawicara melalui berbagai upaya strategis. Penyediaan fasilitas khusus, seperti alat bantu komunikasi dan ruang terapi, menjadi elemen penting dalam mendukung proses belajar-mengajar. Selain itu, penerapan kebijakan pendidikan inklusif memungkinkan anak tunawicara untuk memperoleh layanan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhannya. Kolaborasi aktif antara pihak sekolah dan keluarga siswa turut memperkuat hasil pembelajaran dengan menciptakan kesinambungan pembinaan komunikasi di rumah dan sekolah. Secara keseluruhan, lingkungan di SLBN Luragung mampu menciptakan suasana belajar yang kondusif, efektif, dan inklusif bagi anak tunawicara. Temuan ini menunjukkan bahwa lingkungan sekolah yang dirancang secara komprehensif dapat menjadi faktor kunci dalam pengembangan komunikasi anak tunawicara. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi institusi pendidikan lain dalam mengembangkan program pendidikan yang inklusif dan mendukung anak berkebutuhan khusus.

Author Biographies

Erna Juherna, Universitas Muhammadiyah Kuningan

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Eliza Eliza, Universitas Muhammadiyah Kuningan

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Bayu Bayu, Universitas Muhammadiyah Kuningan

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Imam Prayoga, Universitas Muhammadiyah Kuningan

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Eka Nugraha, Universitas Muhammadiyah Kuningan

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Melinda Amalia, Universitas Muhammadiyah Kuningan

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Hana Nur'ul Jannah, Universitas Muhammadiyah Kuningan

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Listia Amelia Salisatulmilah, Universitas Muhammadiyah Kuningan

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Cinsyka Aulia Merani, Universitas Muhammadiyah Kuningan

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Adhani, D. N., Anawaty, M. F., & Oktavianingsih, E. (2024). Peran Orang Tua Dan Guru Anak Berkebutuhan Khusus. Bayfa Cendekia Indonesia.

Aliyah, S. N., Suriansyah, A., Harsono, A. M. B., Ridhaningtyas, L. P., & Annisa, M. (2024). Kemampuan dan Pemahaman Belajar Anak Slow Learner: Dari Pendampingan Khusus Menjadi Kemandirian Belajar. Joyful Learning Journal, 13(4), 91–100.

Ana, N., Mubin, H., Hidayah, N. S., Prasedya, C. N., Ulum, B., Mukhtasib, M. S., Mulia, R. F., Pamungkas, Y., Khoiriyah, I., & Paaneah, M. F. Z. (2024). Strategi dan Isu Psikologi Pendidikan Kontemporer: Menghadapi Era Digital dan Globalisasi. Penerbit NEM.

Andreansyah, R., Purnomo, A. M., & Setiawan, K. (2024). Penerapan Komunikasi Non Verbal di Yayasan Penyandang Disabilitas. Karimah Tauhid, 3(1), 726–738.

Andriani, O., Saputra, D. A., Sulistyo, K. T., & Sari, L. N. (2024). Sarana Dan Prasarana (Fasilitas) Pendidikan Bagi Anak-Anak Berkebutuhan Khusus. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 3(1), 105–114.

Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225

Anwar, M. F., & Indra, F. (2024). Komunikasi Nonverbal Guru dalam Berinteraksi dengan Siswa di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Kota Binjai. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi), 8(4), 922–929.

Arikunto. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Pustaka Belajar.

Astini, W. (2021). Perancangan Pusat Kreativitas Anak (Pendekatan Arsitektur Perilaku). UIN AR-RANIRY.

Atika, A. (2024). Praktik Pendidikan Inklusif untuk Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar. Harakat An-Nisa: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 9(1), 45–54.

Batubara, A. U., Ayuningtyas, N., Siagian, R. A., & Nurzannah, J. L. (2024). Pola Pendidikan Inkulusif Studi Bagi Anak yang Mengalami Gangguan Komunikasi. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 4(2), 536–545.

Chafsoh, N. P. (2024). Penggunaan Metode Total Physical Response dalam Penguasaan Kosa Kata Anak Tunarungu Sekolah Dasar. Jurnal Generasi Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 65–80.

Fahrina, A., Amelia, K., & Zahara, C. R. (2020). Minda Guru Indonesia: Pandemi Corona, Disrupsi Pendidikan, dan Kreativitas Guru (Vol. 153). Syiah Kuala University Press.

Fitri, L. N. F. L. N., & Abduh, M. (2024). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar dan Komunikasi Anak Tuna Wicara di Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3847–3860.

Hsb, S. P., & Mantondang, M. A. (2024). Analisis Pola Komunikasi Interpersonal Guru dengan Siswa dalam Membentuk Kemandirian Siswa Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa (SLB C Karya Tulus). Jurnal Indonesia: Manajemen Informatika Dan Komunikasi, 5(2), 1879–1892.

Khasanah, F. N., Andini, S. A., Setiawati, A., Rahmawati, M. D., & Muhtarom, T. (2025). Peran Shadow Teacher Terhadap Semangat Belajar Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Alam. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 4(2), 1603–1612.

Khoirunisa, S., Muhroji, M., Wulandari, R., & Pratiwi, A. S. (2024). Penguatan Rasa Percaya Diri Siswa dalam Berkomunikasi di Sekolah Inklusi. Buletin KKN Pendidikan, 6(1), 97–109.

Kurniasari, R., & Wathon, A. (2019). Pembelajaran Konstruktif Melalui Alat Permainan Edukatif. Sistim Informasi Manajemen, 2(2), 96–112.

Kusumastuti, A., & Khoiron, A. M. (2019). Metode penelitian kualitatif. Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (LPSP).

Latifah, I., & Fadila, W. N. (2024). Strategi Efektif Guru dalam Mengimplementasikan Sekolah Inklusi pada Lembaga PAUD. Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 7(1), 20–36.

Lestari, N. H., Novianti, D., & Zen, F. (2024). Model Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Tuna Wicara di SLBN 1 Kulon Progo. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 200–213.

Mulyadi, S., & Kresnawaty, A. (2020). Manajemen pembelajaran inklusi pada anak usia dini. Ksatria Siliwangi.

Nasir, M. F. A. (2024). Membangun Madrasah Inklusif: Upaya Menuju Sekolah Ramah Diversitas Melalui Implementasi Pendidikan Inklusif Di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 21–44.

Permana, B. S., Hazizah, L. A., & Herlambang, Y. T. (2024). Teknologi pendidikan: efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi di era digitalisasi. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(1), 19–28.

Pramasari, T. P., & Paramita, D. S. P. (2025). PENERAPAN DESAIN INKLUSIF PADA BANGUNAN SEKOLAH LUAR BIASA TIPE D (SLB-D) DI KABUPATEN SUKOHARJO. Senthong, 8(1).

Puspahati, D. C., Nugroho, O. C., & Tricana, D. W. (2024). Gaya Komunikasi Interpersonal Guru Terhadap Keterlibatan Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa Negeri Jenangan. Jurnal Audiens, 5(4), 628–638.

Rahayu, D. A., Nabilla, R. R., Kusumawastuti, A. F., Wulandari, J., & Danuri, D. (2024). Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Perkembangan Sosial Emosional pada Sekolah Inklusi SDN Pojok. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 588–599.

Rozi, F., Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024). Strategi Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sekolah Dasar Dalam Mewujudkan Tujuan SDG 4: Pendidikan Berkualitas. PT. Penerbit Naga Pustaka.

Rumra, F., Sos, S., Vransisca Kissya, S. E., Erny Rachmawati, S. E., Nur, M. K., Kom, S. I., Arif, M., Kom, S. I., Laksono, R. D., & SpPD, M. (2024). Pengantar Ilmu Komunikasi. CV Rey Media Grafika.

Saputra, D. C., Ahsyabila, C. P., Anggraeni, F. H., Arum, S. S., & Amalia, K. (2025). Analisis Kesulitan Belajar Karena Gangguan Perkembangan Pada Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa Tunas Kasih Surabaya. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 3(4), 281–289.

Selian, S. N. (2024). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Syiah Kuala University Press.

Sipahutar, I. E., & Agustin, N. P. M. E. (2016). Dukungan Keluarga dalam Merawat Anak Autis. Jurnal Gema Keperawatan, 9(2), 156–161.

Sismawijaya, A., & Astutik, A. P. (2024). STRATEGI SHADOW TEACHER DALAM MENGATASI KESULITAN BERKOMUNIKASI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) TUNA RUNGU. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 487–500.

Smith, J. D. (2024). Sekolah Untuk Semua. Nuansa Cendekia.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Syaifuddin, E. R., Laksono, R. D., Amir, A. S., Yuli Laraeni, S. K. M., Adiyasa, I. N., SKM, M. P. H., Hasbi, H. M., Hafid, A., Indah Naryanti, S. K. M., & Mulananda, A. M. (2024). Dasar Komunikasi. Cendikia Mulia Mandiri.

Wicaksono, L., & Waruwu, M. (2025). Komunikasi Efektif: Kunci Meningkatkan Kinerja Organisasi Pendidikan. Journal of Mandalika Literature, 6(1), 51–60.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Juherna, E., Eliza, E., Bayu, B., Prayoga, I., Nugraha, E., Amalia, M., … Merani, C. A. (2025). Peran Lingkungan Sekolah dalam Pengembangan Komunikasi Anak Tuna Wicara di SLBN Luragung. JGK (Jurnal Guru Kita), 9(3), 927–939. https://doi.org/10.24114/jgk.v9i3.64511

Issue

Section

Articles