Penguatan Karakter Gotong Royong Melalui Keterampilan Pioneering Ekstrakurikuler Pendidikan Kepramukaan Pada Tingkatan Penggalang di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24114/jgk.v9i2.64546Keywords:
Gotong Royong, Keterampilan Pioneering, Ekstrakurikuler Kepramukaan, Pendidikan KarakterAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguatan karakter gotong royong melalui keterampilan pioneering dalam ekstrakurikuler pendidikan kepramukaan pada tingkat penggalang di SDN Sambikerep II Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan pioneering tandu dalam ekstrakurikuler pramuka berkontribusi dalam menanamkan nilai gotong royong pada peserta didik. Aktivitas yang dilakukan, seperti pembagian peran dalam regu, kerja sama dalam menyusun tandu, serta penyelesaian tugas bersama, mendorong peserta didik untuk saling membantu dan bertanggung jawab. Kendala yang ditemukan adalah kurangnya perhatian peserta didik terhadap arahan pembina, yang diatasi dengan pengulangan materi secara singkat dan metode pembelajaran lebih interaktif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa keterampilan pioneering tandu efektif dalam memperkuat karakter gotong royong peserta didik. Oleh karena itu, kegiatan ini dapat terus dikembangkan sebagai strategi pendidikan karakter dalam lingkungan sekolah dasar.References
Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225
Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024). Implementasi P5 melalui Kolaborasi Musik Angklung dan Tari Tor-tor di Kelas IV Sekolah Dasar. FONDATIA, 8(4), 790–806.
Ansya, Y. A., Salsabilla, T., & Rozi, F. (2024). Etnosains dan Lingkungan Strategi Pembelajaran IPA di SD. Cahya Ghani Recovery.
Anwar, C. (2017). Buku Terlengkap Teori-Teori Pendidikan Klasik Hingga Kontemporer. IRCiSoD.
Astuti, E. (2022). Dampak Pemerolehan Bahasa Anak Dalam Berbicara Terhadap Peran Lingkungan. Educatif Journal of Education Research, 4(1), 87–96.
Basit, A. (2017). Peran Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Penanaman Nilai-nilai Karakter Siswa di SDIT Islamiyah Sawangan Depok.
Desi, E. A. (2021). Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Hizbul Wathon di SMK Muhammadiyah Bobotsari Kabupaten Purbalingga. IAIN PURWOKERTO.
Hardianti, D., Martati, B., & Afiani, K. D. A. (2021). Analisis kegiatan ekstrakurikuler pramuka dan nilai gotong royong siswa sd pacar keling I Surabaya. Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 59–70.
Jogiyanto Hartono, M. (2018). Metoda pengumpulan dan teknik analisis data. Penerbit Andi.
Kusumastuti, A., & Khoiron, A. M. (2019). Metode penelitian kualitatif. Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (LPSP).
Lickona, T. (2019). Pendidikan karakter: Panduan lengkap mendidik siswa menjadi pintar & baik. Nusamedia.
Luthviyani, I. R., Setianingsih, E. S., & Handayani, D. E. (2019). Analisis pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka terhadap nilai-nilai karakter siswa di SD Negeri Pamongan 2. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(2), 113–122.
Maspul, K. A., Chandra, B., Melinda, Y., Mahendrani, I. A. S., Rusydy, F. R., Simbolon, R., Putri, N. K., Sidik, M., Najah, S. M., & Ardhin, M. (2024). Zooming at Max Speed Antologi Perjalanan Pendidikan Mahasiswa Indonesia di University of the People. Literasi Nusantara Abadi Grup.
Munawwaroh, A. (2019). Keteladanan sebagai metode pendidikan karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 141.
Putra, M. A., & Manurizal, L. (2021). Implementasi Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Sikap Disiplin Siswa di SMP N 1 Tambusai Utara: Ekstrakurikuler Pramuka. Journal Of Sport Education and Training, 2(2), 165–173.
Ramdan, A. Y., Sururuddin, M., Syamsiar, H., Astuti, A. P., & Agustina, A. (2023). Peningkatan Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di Sekolah Dasar Sebagai Penguatan Karakter Peserta Didik. Al-Tafani: Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 17–27.
Rohmah, N. N. S., Narimo, S., & Widyasari, C. (2023). Strategi penguatan profil pelajar Pancasila dimensi berkebhinekaan global di sekolah dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1254–1269.
Rozi, F., Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024). Strategi Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sekolah Dasar Dalam Mewujudkan Tujuan SDG 4: Pendidikan Berkualitas. PT. Penerbit Naga Pustaka.
Rozi, F., & Hasanah, U. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter; Penguatan Berbasis Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di Pesantren. Manazhim, 3(1), 110–126.
Rusadi, A. A. P., Baiduri, B., & Regina, B. D. (2019). Pendidikan Karakter dalam Ekstrakurikuler Kepramukaan di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 91–99.
Sari, Y., Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Putri, P. A. (2023). STUDI LITERATUR : UPAYA DAN STRATEGI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA. Jurnal Guru Kita PGSD, 8(1), 9–26. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i1.53931
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sunaryati, T., Saputri, A. D., Rizkiah, A. P., Novianti, E., & Haryati, I. F. (2024). PERAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DALAM MEMBANGUN JIWA KEBANGSAAN PESERTA DIDIK DI TINGKAT DASAR. Jurnal Pendidikan Kolaboratif Nusantara, 6(1).
Surahman, D. (2022). Analisis Kebijakan Program Ekstrakurikuler Pramuka Pada Kurikulum Merdeka terhadap Sikap Cinta Tanah Air Peserta Didik di SMPN 4 Kecamatan Kemuning Kabupaten Indragiri Hilir. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 13(2), 8–16.
Suwartini, S. (2017). Pendidikan karakter dan pembangunan sumber daya manusia keberlanjutan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(1).
Syamsiyah, S. (2016). MANAJEMAN DAKWAH PRAMUKA PEDULI: Studi Kasus Program Kerja Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) Di MAN 5 Jakarta. UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Ummah, K. C., & Rahmawati, A. D. (2024). PENANAMAN KARAKTER BANGSA MELALUI PENDIDIKAN BELA NEGARA DAN KEARIFAN LOKAL MADURA. Prosiding SeNSosio (Seminar Nasional Prodi Sosiologi), 5(1), 183–198.
Woro, S., & Marzuki, M. (2016). Peran kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam pembentukan karakter tanggung jawab peserta didik di SMP Negeri 2 Windusari Magelang. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1).
Yusdinar, P., & Manik, Y. M. (2023). Pengaruh ekstrakurikuler pramuka terhadap pembentukan karakter siswa. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(01), 183–190.
Yustina, S. R. (2024). PENGUATAN KARAKTER INTEGRITAS DAN GOTONG ROYONG BERBASIS SEKOLAH MELALUI KEGIATAN PRAMUKA. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 732–744.
Yusuf, M. (2023). Inovasi Pendidikan Abad-21: Perspektif, Tantangan, dan Praktik Terkini. Selat Media.
Zuhri Dwi Apriansah, Z., Yusro, N., & Purnama Sari, D. (2024). Strategi Pembelajaran PAI pada Kurikulum Merdeka Belajar Di SMP Kreatif Aisyiyah Rejang Lebong. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Andriyan Setiyo, Lestiana Anut, Nur Hilda Chitia Anggarani, Nur Lailatur Rosyidah, Rizka Nur Oktaviani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the JGK (Jurnal Guru Kita) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)