Penguatan Karakter Gotong Royong Melalui Keterampilan Pioneering Ekstrakurikuler Pendidikan Kepramukaan Pada Tingkatan Penggalang di Sekolah Dasar

Authors

  • Andriyan Setiyo STKIP Bina Insan Mandiri
  • Lestiana Anut STKIP Bina Insan Mandiri
  • Nur Hilda Chitia Anggarani STKIP Bina Insan Mandiri
  • Nur Lailatur Rosyidah STKIP Bina Insan Mandiri
  • Rizka Nur Oktaviani STKIP Bina Insan Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.24114/jgk.v9i2.64546

Keywords:

Gotong Royong, Keterampilan Pioneering, Ekstrakurikuler Kepramukaan, Pendidikan Karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguatan karakter gotong royong melalui keterampilan pioneering dalam ekstrakurikuler pendidikan kepramukaan pada tingkat penggalang di SDN Sambikerep II Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan pioneering tandu dalam ekstrakurikuler pramuka berkontribusi dalam menanamkan nilai gotong royong pada peserta didik. Aktivitas yang dilakukan, seperti pembagian peran dalam regu, kerja sama dalam menyusun tandu, serta penyelesaian tugas bersama, mendorong peserta didik untuk saling membantu dan bertanggung jawab. Kendala yang ditemukan adalah kurangnya perhatian peserta didik terhadap arahan pembina, yang diatasi dengan pengulangan materi secara singkat dan metode pembelajaran lebih interaktif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa keterampilan pioneering tandu efektif dalam memperkuat karakter gotong royong peserta didik. Oleh karena itu, kegiatan ini dapat terus dikembangkan sebagai strategi pendidikan karakter dalam lingkungan sekolah dasar.    

Author Biographies

Andriyan Setiyo, STKIP Bina Insan Mandiri

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Lestiana Anut, STKIP Bina Insan Mandiri

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Nur Hilda Chitia Anggarani, STKIP Bina Insan Mandiri

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Nur Lailatur Rosyidah, STKIP Bina Insan Mandiri

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Rizka Nur Oktaviani, STKIP Bina Insan Mandiri

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225

Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024). Implementasi P5 melalui Kolaborasi Musik Angklung dan Tari Tor-tor di Kelas IV Sekolah Dasar. FONDATIA, 8(4), 790–806.

Ansya, Y. A., Salsabilla, T., & Rozi, F. (2024). Etnosains dan Lingkungan Strategi Pembelajaran IPA di SD. Cahya Ghani Recovery.

Anwar, C. (2017). Buku Terlengkap Teori-Teori Pendidikan Klasik Hingga Kontemporer. IRCiSoD.

Astuti, E. (2022). Dampak Pemerolehan Bahasa Anak Dalam Berbicara Terhadap Peran Lingkungan. Educatif Journal of Education Research, 4(1), 87–96.

Basit, A. (2017). Peran Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Penanaman Nilai-nilai Karakter Siswa di SDIT Islamiyah Sawangan Depok.

Desi, E. A. (2021). Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Hizbul Wathon di SMK Muhammadiyah Bobotsari Kabupaten Purbalingga. IAIN PURWOKERTO.

Hardianti, D., Martati, B., & Afiani, K. D. A. (2021). Analisis kegiatan ekstrakurikuler pramuka dan nilai gotong royong siswa sd pacar keling I Surabaya. Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 59–70.

Jogiyanto Hartono, M. (2018). Metoda pengumpulan dan teknik analisis data. Penerbit Andi.

Kusumastuti, A., & Khoiron, A. M. (2019). Metode penelitian kualitatif. Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (LPSP).

Lickona, T. (2019). Pendidikan karakter: Panduan lengkap mendidik siswa menjadi pintar & baik. Nusamedia.

Luthviyani, I. R., Setianingsih, E. S., & Handayani, D. E. (2019). Analisis pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka terhadap nilai-nilai karakter siswa di SD Negeri Pamongan 2. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(2), 113–122.

Maspul, K. A., Chandra, B., Melinda, Y., Mahendrani, I. A. S., Rusydy, F. R., Simbolon, R., Putri, N. K., Sidik, M., Najah, S. M., & Ardhin, M. (2024). Zooming at Max Speed Antologi Perjalanan Pendidikan Mahasiswa Indonesia di University of the People. Literasi Nusantara Abadi Grup.

Munawwaroh, A. (2019). Keteladanan sebagai metode pendidikan karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 141.

Putra, M. A., & Manurizal, L. (2021). Implementasi Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Sikap Disiplin Siswa di SMP N 1 Tambusai Utara: Ekstrakurikuler Pramuka. Journal Of Sport Education and Training, 2(2), 165–173.

Ramdan, A. Y., Sururuddin, M., Syamsiar, H., Astuti, A. P., & Agustina, A. (2023). Peningkatan Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di Sekolah Dasar Sebagai Penguatan Karakter Peserta Didik. Al-Tafani: Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 17–27.

Rohmah, N. N. S., Narimo, S., & Widyasari, C. (2023). Strategi penguatan profil pelajar Pancasila dimensi berkebhinekaan global di sekolah dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1254–1269.

Rozi, F., Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024). Strategi Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sekolah Dasar Dalam Mewujudkan Tujuan SDG 4: Pendidikan Berkualitas. PT. Penerbit Naga Pustaka.

Rozi, F., & Hasanah, U. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter; Penguatan Berbasis Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di Pesantren. Manazhim, 3(1), 110–126.

Rusadi, A. A. P., Baiduri, B., & Regina, B. D. (2019). Pendidikan Karakter dalam Ekstrakurikuler Kepramukaan di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 91–99.

Sari, Y., Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Putri, P. A. (2023). STUDI LITERATUR : UPAYA DAN STRATEGI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA. Jurnal Guru Kita PGSD, 8(1), 9–26. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i1.53931

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sunaryati, T., Saputri, A. D., Rizkiah, A. P., Novianti, E., & Haryati, I. F. (2024). PERAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DALAM MEMBANGUN JIWA KEBANGSAAN PESERTA DIDIK DI TINGKAT DASAR. Jurnal Pendidikan Kolaboratif Nusantara, 6(1).

Surahman, D. (2022). Analisis Kebijakan Program Ekstrakurikuler Pramuka Pada Kurikulum Merdeka terhadap Sikap Cinta Tanah Air Peserta Didik di SMPN 4 Kecamatan Kemuning Kabupaten Indragiri Hilir. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 13(2), 8–16.

Suwartini, S. (2017). Pendidikan karakter dan pembangunan sumber daya manusia keberlanjutan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(1).

Syamsiyah, S. (2016). MANAJEMAN DAKWAH PRAMUKA PEDULI: Studi Kasus Program Kerja Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) Di MAN 5 Jakarta. UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

Ummah, K. C., & Rahmawati, A. D. (2024). PENANAMAN KARAKTER BANGSA MELALUI PENDIDIKAN BELA NEGARA DAN KEARIFAN LOKAL MADURA. Prosiding SeNSosio (Seminar Nasional Prodi Sosiologi), 5(1), 183–198.

Woro, S., & Marzuki, M. (2016). Peran kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam pembentukan karakter tanggung jawab peserta didik di SMP Negeri 2 Windusari Magelang. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1).

Yusdinar, P., & Manik, Y. M. (2023). Pengaruh ekstrakurikuler pramuka terhadap pembentukan karakter siswa. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(01), 183–190.

Yustina, S. R. (2024). PENGUATAN KARAKTER INTEGRITAS DAN GOTONG ROYONG BERBASIS SEKOLAH MELALUI KEGIATAN PRAMUKA. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 732–744.

Yusuf, M. (2023). Inovasi Pendidikan Abad-21: Perspektif, Tantangan, dan Praktik Terkini. Selat Media.

Zuhri Dwi Apriansah, Z., Yusro, N., & Purnama Sari, D. (2024). Strategi Pembelajaran PAI pada Kurikulum Merdeka Belajar Di SMP Kreatif Aisyiyah Rejang Lebong. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.

Downloads

Published

2025-03-16

How to Cite

Setiyo, A., Anut, L., Anggarani, N. H. C., Rosyidah, N. L., & Oktaviani, R. N. (2025). Penguatan Karakter Gotong Royong Melalui Keterampilan Pioneering Ekstrakurikuler Pendidikan Kepramukaan Pada Tingkatan Penggalang di Sekolah Dasar. JGK (Jurnal Guru Kita), 9(2), 388–399. https://doi.org/10.24114/jgk.v9i2.64546

Issue

Section

Articles