Pengelolaan dan Pemanfaatan Pojok Baca untuk Peningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 8 di SDN 154/X Pasir Putih

Authors

  • Faizal Faizal Universitas Jambi
  • Naurin Julia Wati Universitas Jambi
  • Putri Wulandari Universitas Jambi
  • Nanda Lestari Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.24114/jgk.v9i3.64555

Keywords:

Pojok Baca, Program Literasi, Numerasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan dan pemanfaatan pojok baca dalam Program Kampus Mengajar Angkatan 8 guna meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa di SDN 154/X Pasir Putih. Rendahnya minat baca dan pemahaman konsep matematika menjadi tantangan utama yang dihadapi sekolah, sehingga diperlukan strategi yang efektif untuk mengatasinya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan yang berfokus pada pemahaman fenomena secara mendalam. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan secara langsung di lingkungan sekolah. Analisis data melibatkan proses identifikasi, klasifikasi, dan deskripsi temuan berdasarkan data yang dikumpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan dan pemanfaatan pojok baca secara optimal dalam Program Kampus Mengajar Angkatan 8 berdampak positif terhadap peningkatan minat baca dan keterampilan numerasi siswa. Kegiatan literasi yang terstruktur dan variatif menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan, sehingga siswa lebih termotivasi untuk membaca. Selain itu, penggunaan alat bantu numerasi dalam pembelajaran matematika meningkatkan pemahaman konsep secara lebih baik. Siswa juga menunjukkan peningkatan rasa percaya diri dalam membaca serta memahami materi matematika. Oleh karena itu, pojok baca menjadi sarana penting dalam mendukung proses pembelajaran, memberikan dampak positif yang signifikan bagi perkembangan literasi dan numerasi di sekolah.

Author Biographies

Faizal Faizal, Universitas Jambi

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Naurin Julia Wati, Universitas Jambi

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Putri Wulandari, Universitas Jambi

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Nanda Lestari, Universitas Jambi

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

References

Ahyar, A. M., & Zumrotun, E. (2023). Upaya Meningkatkan Budaya Literasi di Sekola Dasar Melalui Implementasi Progam Kampus Mengajar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 291–301.

Ali, N. N., & Ni’mah, K. (2023). Analisis Kemampuan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Pada Asesmen Kompetensi Minimum-Numerasi. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 4(2), 267–274.

Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225

Ansya, Y. A., Ardhita, A. A., Rahma, F. M., Sari, K., & Khairunnisa, K. (2024). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KEMAMPUAN LITERASI BACA TULIS SISWA SEKOLAH DASAR. JGK (Jurnal Guru Kita), 8(3), 598–606. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i3.60183

Ansya, Y. A., & Mailani, E. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar melalui Program Kampus Mengajar 7. FONDATIA, 8(4), 772–789.

Ansya, Y. A., Salsabilla, T., & Mailani, E. (2024). The Role of Local Culture in North Sumatra in Improving Mathematical Ability in the Learning of Space Shapes for 5th Grade Elementary School Students. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 4(2), 147–154.

Ansya, Y. A., Salsabilla, T., & Mailani, E. (2025). Etnomatematika Sumatera Utara. Cahya Ghani Recovery.

Arikunto, S. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi (mixed methods). Bandung : Alfabeta.

Coo, R. L., Qondias, D., Kaka, P. W., & Wau, M. P. (2024). Implementasi Pojok Baca Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca (Studi Eksplorasi Gerakan Literasi Sekolah). Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 385–392.

Eryuni, E. R. (2023). Pentingnya Literasi Dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter Di Era Digital. Jurnal Kependidikan, 7(2), 67–73.

Gifari, R. G., Badriyah, A. N., Salsabila, A. Z., Jamilah, I. S., Permana, I., Maksipah, L., Fadilah, M. R. R., Maulana, R., Ramdani, S. S. F., & Lestari, T. (2024). Strategi Optimalisasi Literasi dan Minat Baca Anak Melalui Pemanfaatan Perpustakaan di SDN 1 Rajadesa. Al-Khidmah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 90–102.

Haloho, B., & Napitu, U. (2023). Pelaksanaan Kegiatan Literasi Dan Numerasi Bagi Peserta Didik Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 12(2).

Hikmawati, H. (2022). Melatih Soft Skills Mahasiswa Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 3 Tahun 2022 di SDN 10 Ampenan. Unram Journal of Community Service, 3(2), 30–37.

Jaenal, J. F., Pribadi, R. A., & Jamaludin, U. (2023). Optimalisasi Pojok Baca Dalam Meningkatakan Motivasi Membaca Siswa di Kelas 4 SDN Panancangan 2. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5266–5277.

Khairana, C., Rahmania, F., Taqwima, A., Fahmi, A., & Hendrizal, H. (2024). Permasalahan Pendidikan dalam Praktek Pendidikan. Education Achievement: Journal of Science and Research, 714–719.

Mardiana, D. (2024). Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Melalui Program Literasi Baca Di Kelas Va SD Muhammadiyah Pahandut Palangka Raya. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Menengah, 2(2), 136–152.

Nasrudin, E., & Fakhruddin, A. (2024). Implementasi Pendidikan Karakter Religius untuk Menumbuhkan Literasi Moral Siswa SD melalui Program Kampus Mengajar. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 215–230.

Nuraini, Z., & Amaliyah, N. (2024). Peran Pojok Baca dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 2789–2800.

Oktadela, R., Elida, Y., Efendi, A., Ismail, S., & Shalawati, S. (2024). Meningkatkan Literasi dan Numerasi Melalui Program Pojok Baca Pada Siswa SD IT Diniah Pekanbaru. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(6), 1396–1401.

Pugu, M. R., Riyanto, S., & Haryadi, R. N. (2024). Metodologi Penelitian; Konsep, Strategi, dan Aplikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia

Rachman, B. A., Firdaus, F. S., Mufidah, N. L., Sadiyah, H., & Sari, I. N. (2021). Peningkatan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik melalui program kampus mengajar angkatan 2. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1535–1541.

Rizqi, A. F., Adilla, B. L., & Sulistiyawati, E. (2023). Analisis kesulitan belajar matematika pada siswa sekolah dasar dan alternatif pemecahannya. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 481–488.

Rohim, D. C. (2023). Strategi Penguatan Literasi Dan Numerasi Siswa Di Sd N Jatiroto 01 Kabupaten Pati. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 6(1), 35–40.

Wulan, E. P. S., & Samosir, S. E. (2022). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan IV Di SMP Swasta Darma Medan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12085–12090.

Yuliandari, R. N. (2020). Implikasi Asesmen Kompetensi Minimum Dan Survei Karakter Terhadap Pengelolaan Pembelajaran SD. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 5(2), 203–219. https://ibriez.iainponorogo.ac.id/index.php/ibriez/article/view/119

Zaifullah, Z., Cikka, H., & Kahar, M. I. (2021). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Interaksi Dan Minat Belajar Terhadap Keberhasilan Peserta Didik Dalam Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Covid 19. Guru Tua: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 9–18.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Faizal, F., Wati, N. J., Wulandari, P., & Lestari, N. (2025). Pengelolaan dan Pemanfaatan Pojok Baca untuk Peningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 8 di SDN 154/X Pasir Putih. JGK (Jurnal Guru Kita), 9(3), 917–926. https://doi.org/10.24114/jgk.v9i3.64555

Issue

Section

Articles