Profil Pengamat (Bystander) Cyberbullying pada Mahasiswa Bimbingan Konseling Semester 1

Authors

  • Valentina Febrianti Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Reny Sukma Wardani Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Nida Samhah Rauzan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Dahlia Rahma Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Afra Fathin Rahma Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Siti Hajar Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.24114/jgk.v9i3.64564

Keywords:

Cyberbullying, Pengamat, Mahasiswa, Media Sosial, Perundungan

Abstract

Cyberbullying merupakan permasalahan yang semakin meningkat di kalangan mahasiswa akibat pesatnya perkembangan teknologi dan media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik bystander dalam kasus cyberbullying, khususnya berdasarkan jenis kelamin, usia, dan platform media sosial yang digunakan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain survey deskriptif. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 51 mahasiswa semester 1 di Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Muhammadiyah Prof. Hamka yang aktif menggunakan media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas bystander dalam kasus cyberbullying adalah perempuan (84,3%), dengan usia dominan 18 tahun (60,8%). TikTok (82,4%) dan Instagram (74,5%) menjadi platform utama tempat mereka menyaksikan cyberbullying. Kesimpulannya, terdapat kecenderungan tertentu dalam karakteristik bystander yang memengaruhi respons mereka terhadap cyberbullying. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan literasi digital dan edukasi mengenai peran aktif bystander dalam mencegah serta mengurangi dampak cyberbullying di media sosial. Hasil penelitian ini dapat menjadi dasar bagi pengembangan kebijakan dan program edukasi guna menciptakan lingkungan digital yang lebih aman bagi mahasiswa.

Author Biographies

Valentina Febrianti, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Reny Sukma Wardani, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Nida Samhah Rauzan, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Dahlia Rahma, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Afra Fathin Rahma, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Siti Hajar, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

References

Ajisuksmo, C. R. P. (2024). Anak Berkonflik Dengan Hukum Dalam Perspektif Psikologi. Pohon Cahaya.

Ansya, Y. A., Ardhita, A. A., Sari, K., Nainggolan, M. G., Ayunda, R., Hasibuan, W. A., & Antika, W. (2021). LUNTURNYA NILAI-NILAI PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT INDONESIA DI ERA GLOBALISASI YANG MENGAKIBATKAN MUNCULNYA KELOMPOK TERORISME. Jurnal Handayani, 12(2), 144–153. https://doi.org/10.24114/jh.v12i2.45265

Arikunto, S. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi (mixed methods). Bandung : Alfabeta.

Awwaliansyah, I. (2021). Pencegahan Perundungan Melalui Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an. Institut PTIQ Jakarta.

Clevenger, S. L., & Marcum, C. D. (2023). The Link Between Specific Forms of Online and Offline Victimization: A Collaboration Between the ASC Division of Victimology and Division of Cybercrime. Taylor & Francis.

Dewi, F. I. R., Sakuntalawati, L. V. R. D., & Mulyawan, B. (2024). Pencegahan Cyberbullying Berbasis Pemanfaatan Online Resilience dan Karakter Remaja. Deepublish.

Firdaus, Z., Nadyarta, S. A., Atqo, M. H., Ardianti, S. D., & Fajrie, N. (2023). Pengaruh Intensitas Penggunaan TikTok Terhadap Gaya Hidup Mahasiswa PGSD Universitas Muria Kudus. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA, 2(2), 70–79.

Imaroh, Z., Hamzani, A. I., & Aryani, F. D. (2023). Pertanggungjawaban Pidana Penyebaran Berita Hoax di Media Sosial. Penerbit NEM.

Jibi, M., Aida, N., & Plamesti, M. R. (2023). Digital Transformation, Benefits and Impacts for Teenagers Study of Student Perceptions of Cybercrime in Yogyakarta State Islamic Senior High School Students. Jurnal Pendidikan Ips, 13(1), 98–104.

Kasingku, J., & Sanger, A. H. F. (2023). Pengaruh pendidikan karakter terhadap moralitas remaja di era digital. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 6096–6110.

Kowalski, R. M., Limber, S. P., & McCord, A. (2019). A developmental approach to cyberbullying: Prevalence and protective factors. Aggression and Violent Behavior, 45, 20–32.

Marlef, A., Masyhuri, M., & Muda, Y. (2024). Mengenal dan Mencegah Cyberbullying: Tantangan Dunia Digital. Journal of Education Research, 5(3), 4002–4010.

Muslim, A., Fauzi, A., & Tuzaroh, F. (2024). Media Sosial dalam Perspektif Mahasiswa. Penerbit NEM.

Muthia, C., Suhendi, H., & Wahyudi, I. (2024). Computer Mediated Communication Pada Content Creator Mageriin. id Dalam Menyampaikan Dakwah Pada Aplikasi Tiktok. J-KIs: Jurnal Komunikasi Islam, 5(1), 171–184.

Nurhadiyanto, L. (2020). Analisis Cyber Bullying Dalam Perspektif Teori Aktivitas Rutin Pada Pelajar Sma Di Wilayah Jakarta Selatan. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 4(2), 113–124.

Purba, N. D., & Turnip, S. O. (2024). Dampak Negatif Cyberbullying dan Upaya Pencegahannya. Kaluteros Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 6(1), 17–33.

Rahmaniar, A., Syahirah, A. N., Tiara, A., Abimayu, A., Vanchudsi, A., Prameswari, A. D., Safitri, A., Ramadhea, D. M., Dewana, D. C., & Haryani, D. (2023). Bunga Rampai Isu-Isu Komunikasi Kontemporer 2023. PT Rekacipta Proxy Media.

Sari, M. Z. P. (2023). Efek Penggunaan Media Sosial Tiktok Dalam Perubahan Interaksi Sosial Remaja Di Desa Blimbing Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang. IAIN Kediri.

Sarmiento, A., Herrera-López, M., & Zych, I. (2019). Is cyberbullying a group process? Online and offline bystanders of cyberbullying act as defenders, reinforcers and outsiders. Computers in Human Behavior, 99, 328–334.

Sittichai, R., & Smith, P. K. (2020). Information technology use and cyberbullying behavior in south Thailand: a test of the Goldilocks hypothesis. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(19), 7122.

Sugiyono, S. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta.

Syafrial, H. (2023). Literasi digital. Nas Media Pustaka.

Zakiyah, Z., & Hajar, S. (2024). Karakteristik Pengamat (Bystander) Cyberbullying Pada Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan. Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 7(1), 29–36.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Febrianti, V., Wardani, R. S., Rauzan, N. S., Rahma, D., Rahma, A. F., & Hajar, S. (2025). Profil Pengamat (Bystander) Cyberbullying pada Mahasiswa Bimbingan Konseling Semester 1. JGK (Jurnal Guru Kita), 9(3), 683–701. https://doi.org/10.24114/jgk.v9i3.64564

Issue

Section

Articles