Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24114/jgk.v9i3.64582Keywords:
Model Problem Based Learning, Hasil Belajar, MatematikaAbstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDK Nita 1. Metode penelitian menggunakan kuantitatif dengan jenis eksperimen. Desain penelitian menggunakan one group pretest posttest design. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan metode sampling jenuh. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 22 orang. Teknik pengumpulan dilakukan dengan tes dan observasi serta menggunakan instrument soal tes dan lembar observasi aktivitas pendidik dan peserta didik. Analisis data menggunakan uji normalitas dengan menggunakan uji kolmogorov smirnov dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan nilai rata-rata hasil belajar pretest dan posttest dengan rata-rata hasil belajar dari 60,82 menjadi 79,86. Pada tabel 1 di atas, menunjukkan perbedaan nilai rata-rata posttest lebih tinggi dibandingkan dengan nilai pretest. Hasil normalitas terhadap nilai pretest adalah 0,062 dan nilai posttest adalah 0,073. Hasil ini menunjukkan bahwa nilai normalitas memenuhi sebaran normal. Hasil uji hipotesis diketahui nilai signifikansi (2-tailed) pengaruh penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik sebesar 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan penelitian adalah penerapan model problem based learning berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika pada peserta didik kelas V SDK Nita 1References
Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Syahkira, H. P. (2024). OPTIMIZING MATHEMATICS LEARNING IN FIFTH GRADES: THE CRITICAL ROLE OF EVALUATION IN IMPROVING STUDENT ACHIEVEMENT AND CHARACTER. PROGRES PENDIDIKAN, 5(3), 302–311. https://prospek.unram.ac.id/index.php/PROSPEK/article/view/1120
Ansya, Y. A., Alfianita, A., Syahkira, H. P., & Syahrial, S. (2024). Peran Evaluasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 6(2), 173–184. https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i2.15030
Ansya, Y. A., & Mailani, E. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar melalui Program Kampus Mengajar 7. FONDATIA, 8(4), 772–789.
Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024a). Penggunaan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V Sekolah Dasar. ARZUSIN, 4(6), 1240–1258.
Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024b). THE APPLICATION OF THE PROBLEM BASED LEARNING MODEL TO IMPROVE THE CRITICAL THINKING SKILLS OF ELEMENTARY SCHOOL STUDENTs. JGK (Jurnal Guru Kita), 9(1), 170–177.
Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2025). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Canva pada Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. ISLAMIKA, 7(1), 1–14.
Ansya, Y. A., Salsabilla, T., & Mailani, E. (2024). The Role of Local Culture in North Sumatra in Improving Mathematical Ability in the Learning of Space Shapes for 5th Grade Elementary School Students. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 4(2), 147–154.
Ansya, Y. A., Salsabilla, T., & Mailani, E. (2025). Etnomatematika Sumatera Utara. Cahya Ghani Recovery.
Aran, F. F. R., El Puang, D. M., & Lawotan, Y. E. (2023). Pelaksanaan Lesson Study Melalui Penggunaan Metode SAS Berbantuan Media Kartu Huruf sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Kelas II Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(05), 2527–2540. https://doi.org/https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2162
Asri, A., Timba, F. N. S., & El Puang, D. M. (2023). Pengaruh Penerapan Metode Bermain Peran Terhadap Keterampilan Menceritakan Isi Dongeng Pada Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar. Khazanah Pendidikan, 17(1), 61–67. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.15743
Astutik, F. (2023). Integrasi Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar untuk Mewujudkan School Well-Being di Era Merdeka Belajar. PT Nasya Expanding Management.
Atikah, & Istiq’faroh. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkalian di Kelas III SDN Sidoklumpuk. Nusantara Educational Review, 1(1), 23–32. https://doi.org/https://doi.org/10.55732/ner.v1i1.997
Balimula, B. N., Lawotan, Y. E., & El Puang, D. M. (2019). Evektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Patisomba. Journal Nagalalang Primary Education, 1(1), 9–19.
El Puang, D. M., & Weka, F. S. (2021). Pengaruh Penerapan Metode Karya Wisata terhadap Hasil Belajar IPS Materi Jenis-Jenis Pekerjaan Kelas IV SDK Ona Tahun Ajaran 2021/2022. Didaktik: Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Mandiri, 7(2), 707–717. https://doi.org/https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i02.213
Elsani, S., Nugraha, A., & Suryana, Y. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Siklus Hidup Hewan terhadap Hasil Belajar Siswa pada Siswa Kelas IV SDN Mugarsari. Metaedukasi, 2(2), 57–63. https://doi.org/https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v2i2.2511
Etty, A., Tanzimah, & Noviati. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SD Methodist 3 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 3979–3986.
Gleko, M. V., Timba, F. N. S., & El Puang, D. M. (2023). The use of picture card media on the reading ability of elementary school students. Scholar: Media Educational Scientific Journal, 13(4), 570–577. https://doi.org/https://doi.org/10.35335/cendikia.v13i4.3588
Hermuttaqien, B. P. F., Aras, L., & Lestari, S. I. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Kognisi: Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 16–22.
Lewar, Y. E. R., El Puang, D. M., & Lawotan, Y. E. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Melalui Lesson Study untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas V Sekolah Dasar. Pendas:Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(03), 1730–1740. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10968
Marzuki, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di Kelas XI IPA B SMA Immanuel Sintang. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 18(2), 156–163. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18i2.5831
Nabila, I., Junaidi, I. A., & Firdaus, M. (2024). Pengaruh Penggunaan Make a Match terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD. Jurnal Guru Kita, 8(2), 281–289. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jgk.v8i2
Najoan, R. A. O., Tahiru, Y. S., Kumolontang, D. F., & Tuerah, R. M. (2023). Penerapan Model Problem based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 1268–1278.
Novianti, A., Bentri, A., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 194–202. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.323
Nugroho, A. N., Muhajang, T., & Safitri, N. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Subtema Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(3), 226–231. https://doi.org/10.55215/jppguseda.v4i3.4758
Nurfadhillah, S., Wahidah, A. R., & Rahmah, G. (2021). Penggunaan Media dalam Pembelajaran Matematika dan Manfaatnya di Sekolah Dasar Swasta Plus Ar-Rahmaniyah. EDISI: Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 289–298.
Nurzannah, S. (2022). Peran Guru dalam Pembelajaran. ALACRITY : Journal of Education, 2(3), 26–34. https://doi.org/10.52121/alacrity.v2i3.108
Pangaribuan, J., Napitupulu, R. P., & Simarmata, R. K. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Tema 5 Subtema 3 SDN 095552 Jln. Asahan. Journal on Education, 06(01), 3324–3334.
Sajudin, M. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Reward dan Punishment. Wawasan Ilmu.
Sareng, M. D., El Puang, D. M., & Bunga, M. H. D. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Big Book Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 4(3), 303–309.
Serly, M. V. N., Helvina, M., & El Puang, D. M. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran Berbasis Lesson Study. JOTE: Journal on Teacher Education, 5(2), 291–299. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jote.v5i2.22108
Simamora, R. L. V., Mailani, E., & Simbolon, N. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Diorama Jaring-Jaring Bangun Ruang terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika Kelas V SDN 173430 Saitnihuta. Jurnal Guru Kita, 8(3), 567–575.
Siswanti, A. B., & Indrajit, R. E. (2023). Problem Based Learning. Andi.
Tia, T. N., Puang, D. M. El, & Bunga, M. H. D. (2023). Pengaruh Media Roda Putar Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 11(1), 79–89. https://doi.org/10.35706/judika.v11i1.8715
Tokan, M. F., Timba, F. N. S., & El Puang, D. M. (2022). Pengaruh Penggunaan E-Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 07(02), 2548–6950.
Trygu. (2020). Motivasi Dalam Belajar Matematika. Guepedia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Maria Apriyana Angelina Kula, Hermus Hero, Yohanes Ehe Lawotan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the JGK (Jurnal Guru Kita) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)