Efektivitas Penerapan Media Komik Menggunakan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPAS
DOI:
https://doi.org/10.24114/jgk.v9i3.64599Keywords:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran Discovery Learning, Media Komik KartunAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN Paseyan 1 dalam menggunakan model discovery learning berbantuan media komik digital yang dikembangkan untuk membantu guru mengembangkan hasil belajar siswa dalam materi pembelajaran. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah terdapat perbedan hasil belajar sebelum sesudah menggunakan model discovery learning berbantuan media komik digital pada siswa kelas IV SDN Paseyan 1. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan model one group pretes-postest design yang dilaksanakan di kelas IV SDN Paseyan 1 dengan subjek 15 siswa. Variabel bebas adalah model pembelajaran discovery learning berbatuan media komik kartun. Variable terikatnya yakni hasil belajar siswa kelas IV SDN Paseyan 1. Metode pengumpulan data berupa wawancara dan tes. Analisis data berupa Uji Normalitas, T-Test. Hasil penelitian dengan model discovery learning berbantuan media komik kartun dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa yaitu dari skor uji Paired Sample T-Test ditunjukkan dengan sig dalam temuan penelitian ini (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dengan nilai rata-rata pretest sebesar 58, untuk nilai rata-rata posttest sebesar 83. Dari mean nilai postest dan pretest diperoleh 0.5921 yang kurang dari 7 dengan kriteria peningkatan sedang. Berdasarkan hasil penelitian di kelas IV SDN Paseyan 1 dapat disimpulkan bahwa penggunaan model discovery learning dengan media kartun pada kelas IV SDN Paseyan 1 ada perbedaan signifikan hasil belajar siswa muatan IPAS kelas IV SDN Paseyan 1References
Abdullah, G., Arifin, I. N., Sianu, L., Suleman, A. R., & Doe, R. (2025). Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Adiwidya, A. P., & Yasin, F. N. (2024). PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA LINGKUNGAN ALAM SEKITAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS KELAS IV SEKOLAH DASAR. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 395–411.
Alfitry, S., Pd, M., NURHADI, S. P. I., Sy, S. E., & SH, M. S. (2020). Model Discovery Learning dan Pemberian Motivasi dalam Pembelajaran Konsep Motivasi Prestasi Belajar. Guepedia.
Annisa Nur, Ainun Atikah, Robiatul Adawiyah, & Kholidah Nur. (2024). Keterampilan Guru dalam Membuka dan Menutup Pelajaran untuk Meningkatkan Kreativitas Anak. Edukasi Elita : Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(1), 298–306. https://doi.org/10.62383/edukasi.v2i1.1038
Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225
Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024). Model Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Cahya Ghani Recovery.
Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2025). Implementasi Model Discovery Learning Berbantuan Powtoon untuk Meningkatkan Minat Belajar IPAS Kelas VI Sekolah Dasar. ISLAMIKA, 7(2), 291–308. https://doi.org/10.36088/islamika.v7i2.5603
Arikunto, S. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi (mixed methods). Bandung : Alfabeta.
Asmara, A., & Septiana, M. P. A. (2024). Model Pembelajaran Berkonteks Masalah. Cv. Azka Pustaka.
Azhari, M. T., Bahri, A. F., Asrul, A., & Rafida, T. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif. Sonpedia Publishing Indonesia.
Basirun, B., & Tarto, T. (2022). Efektifitas Model Group Investigation dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Di Sekolah Dasar. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 3, 236–245. https://doi.org/10.30595/pssh.v3i.384
Dewi, I. P., Sofya, R., & Huda, A. (2021). Membuat media pembelajaran inovatif dengan aplikasi articulate storyline 3. UNP PRESS.
Fadillah, Q. N., Hakim, L., & Noviati, N. (2023). Pengembangan Kartu Pertanyaan Truth Or Dare Pada Materi Perubahan Wujud Zat Siswa Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social …, 3, 8333–8346.
Fahrunnisa Fahrunnisa, & Violla Fathna Fisa. (2024). Implementasi Teori Belajar Berdasarkan Aliran Psikologi Humanistik pada Pembelajaran IPAS Kelas V SD Negeri 050728 Tanjung Pura. Harmoni Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 373–387. https://doi.org/10.62383/hardik.v1i2.621
Fanani, M. J., & Fardani, M. A. (2025). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA KARTU KUARTET DI SEKOLAH DASAR. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 11(02), 236–255.
Gusniati, J., Jahera, J., Zulkifli, A., & Ananda, R. (2024). Standar Sarana dan Prasarana Pendidikan Dasar Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Yang Efektif. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 11(2), 572–582.
Hariandi, J., Sitompul, S. S., & Habellia, R. C. (2023). PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN STEAM. Jurnal Pendidikan Fisika, 11(2), 157. https://doi.org/10.24127/jpf.v11i2.7945
Hazimah, G. F., & Sutisna, M. R. (2023). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Tingkat Pemahaman Numerasi Siswa Kelas 5 SDN 192 Ciburuy. EL-Muhbib Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 7(1), 10–19.
Jayanti, L. S. S. W., & Mahendra, I. M. A. S. (2024). Komik Digital sebagai Motivasi Belajar tentang Kebudayaan. Uwais Inspirasi Indonesia.
Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349
Kertati, I., Muhammadiah, M. ud, Zamista, A. A., Rahman, A. A., Yendri, O., Pratama, A., Rusmayadi, G., Nurhayati, K., Zebua, R. S. Y., & Artawan, P. (2023). Model & metode pembelajaran inovatif era digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Khasinah, S. (2021). Discovery Learning: Definisi, Sintaksis, Keunggulan dan Kelemahan. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(3), 402. https://doi.org/10.22373/jm.v11i3.5821
Lestari, E. P. (2023). Model Pembelajaran Think Pair Share Solusi Menumbuhkan Keberanian Berpendapat. Penerbit P4I.
Makmur, E. (2023). Integrasi Model DL-CTL untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Instalasi Penerangan Listrik. Penerbit NEM.
Maulia, S. (2023). Peran Komunikasi Efektif Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar (SD). Elementa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1). https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/2310
Miasari, N. M., Suarni, N. K., & Ardana, I. M. (2023). Video Pembelajaran Berbasis Model Discovery Learning Bermuatan IPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 7(2), 256–265. https://doi.org/10.23887/jppsh.v7i2.59836
Narestuti, A. S., Sudiarti, D., & Nurjanah, U. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Komik Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 305–317. https://doi.org/10.37058/bioed.v6i2.3756
Nisak, H., Masfuah, S., & Hilyana, F. S. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping Berbantuan Media VINTAMI. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 1758–1767.
Pranoto, E. (2023). Model Discovery Learning dan Problematika Hasil Belajar. Penerbit P4I.
Pratiwi, A., Murniviyanti, L., & Agustina, J. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Berbasis Flipbook Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Tema 2 Subtema 2 Dongeng Tentang “Kisah Semut dan Merpati” Kelas III di SD IT Salsabila Palembang. Indonesian Journal of Islamic Elementary Education, 5(1), 106–121. https://doi.org/10.28918/ijiee.v5i1.8995
Prilianto, F., Ariska, M., & Sukmara, G. F. (2024). Kecerdasan Emosional Sebagai Katalisator Peningkatan Prestasi Akademik dan Kecakapan Sosial di Era Digital. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(001 Des), 761–768.
Putri, A. N., Nurfaizah, N., & Amrah, A. (2024). The Influence of the SAVI Learning Model on Student Learning Outcomes in Science Subjects: A Study of Fourth Grade Elementary School Students in Makassar City. Pinisi Journal of Education, 4(6), 190–198.
Rahmatin, U., Katili, M. R., Hadjaratie, L., & Suhada, S. (2021). Pengembangan Media Komik Untuk Pembelajaran Materi Logika dan Algoritma Komputer. Jambura Journal of Informatics, 3(1), 11–19. https://doi.org/10.37905/jji.v3i1.10367
Sanulita, H., Syamsurijal, S., Ardiansyah, W., Wiliyanti, V., & Megawati, R. (2024). Strategi Pembelajaran: Teori & Metode Pembelajaran Efektif. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Sari, S. M., Sukarno, S. S., & Matsuri, M. M. (2023). Problematika pelaksanaan pembelajaran IPAS kurikulum merdeka materi masyarakat yang beradab kelas IV sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 11(5), 41. https://doi.org/10.20961/ddi.v11i5.77703
Sugiyono, S. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono, S. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Tanaka, A., Gani, R. A., Kom, S., Andani, F., Martini, E., Udin, D. R. T., Surahmi, N., RMIK, A. M., Wewe, M., & Pt, R. O. S. (2023). Perencanaan pembelajaran. Selat media.
Triana, N. (2021). LKPD Berbasis Eksperimen: Tingkatkan Hasil Belajar Siswa. Guepedia.
Uno, H. B., & Umar, M. K. (2023). Mengelola kecerdasan dalam pembelajaran: sebuah konsep pembelajaran berbasis kecerdasan. Bumi Aksara.
Wijayanto, C. R., Sutrisno, S., & Mushafanah, Q. (2019). Keefektifan Model Group Investigation Materi Keliling dan Luas Bangun Datar Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 211. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17911
Yeni, D. F., Rahmatika, D., Muriani, M., & Armi Eka Putri, D. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Digital terhadap Hasil Belajar Siswa. Edu Journal Innovation in Learning and Education, 1(2), 93–102. https://doi.org/10.55352/edu.v1i2.571
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Farida Adilla, Siti Masfuah, F. Shoufika Hilyana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the JGK (Jurnal Guru Kita) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)