Impelentasi Nilai-Nilai Pancasila Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24114/jgk.v9i2.64640Keywords:
Nilai-Nilai Pancasila, Pembentukan Karakter, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi nilai-nilai Pancasila dalam pembentukan karakter peserta didik di sekolah dasar. Pendidikan karakter berbasis Pancasila menjadi aspek penting dalam menciptakan generasi yang tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga memiliki moralitas dan integritas yang tinggi. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber tertulis, seperti buku, jurnal ilmiah, artikel, dan dokumen relevan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pencarian dan telaah literatur yang berkaitan dengan nilai-nilai Pancasila dan penerapannya dalam dunia pendidikan. Teknik analisis data meliputi pengumpulan, reduksi, penyajian, serta verifikasi data untuk memperoleh kesimpulan yang valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan karakter di sekolah dasar dapat dilakukan melalui integrasi dalam kurikulum, kegiatan ekstrakurikuler, peran guru dan keluarga, serta pemanfaatan teknologi. Meskipun terdapat tantangan dalam penerapannya, sinergi antara sekolah, keluarga, dan masyarakat menjadi faktor utama keberhasilan. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa pendidikan karakter berbasis Pancasila berperan penting dalam membentuk peserta didik yang berakhlak, disiplin, dan bertanggung jawab.References
Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225
Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024). Model Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Cahya Ghani Recovery.
Ansya, Y. A., Salsabilla, T., & Rozi, F. (2024). Etnosains dan Lingkungan Strategi Pembelajaran IPA di SD. Cahya Ghani Recovery.
Armini, N. N. S. (2024). Pelaksanaan pendidikan karakter di lingkungan sekolah sebagai upaya membentuk pondasi moral generasi penerus bangsa. Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 4(1), 113–125.
Asfika, S., Nuvitalia, D., & Putriyanti, L. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila melalui Habituasi di SD Islam Sjarifudin Kabupaten Kendal. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 1702–1709.
Danuwara, P., & Maghribi, H. (2024). Penguatan Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Pencegahan Fenomena Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Darma Agung, 32(2), 652–664.
Dwiwasa, B. P., & Murniarti, E. (2024). ANALISIS PENDEKATAN HOLISTIK DALAM PENDIDIKAN AGAMA: PERBANDINGAN KTSP DAN KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 839–850.
Efendi, R., Ningsih, A. R., & SS, M. (2022). Pendidikan Karakter di Sekolah. Penerbit Qiara Media.
Fa’idah, M. L., Febriyanti, S. C., Masruroh, N. L., Pradana, A. A., & Hafni, N. D. (2024). Integrasi Nilai Kearifan Lokal dalam Membentuk Karakter Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. TA’DIBAN: Journal of Islamic Education, 4(2), 79–87.
Hasanah, U. (2021). Implementasi nilai-nilai Pancasila di kalangan generasi millenial untuk membendung diri dari dampak negatif revolusi indutri 4.0. Pedagogy: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 52–59.
Hendarsah, H. (2024). LINGKUNGAN PENDIDIKAN (Optimalisasi Peran Sekolah, Keluarga, Masyarakat dan Media Sosial). PENERBIT KBM INDONESIA.
Hermawan, I., & Pd, M. (2019). Metodologi penelitian pendidikan (kualitatif, kuantitatif dan mixed method). Hidayatul Quran.
Hidayat, M., & Subando, J. (2024). Strategi Penanaman Nilai-Nilai Karakter Dalam Mencegah Degradasi Moral Siswa Pada Era Digital. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(001 Des), 523–534.
Hikmawati, H., Yahya, M., Elpisah, E., & Fahreza, M. (2022). Pengaruh lingkungan sekolah terhadap pembentukan karakter siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4117–4124.
Indriani, N., & Suryani, I. (2023). Implementasi kurikulum merdeka belajar dalam pembentukan karakter disiplin peserta didik di sekolah dasar. Khazanah Pendidikan, 17(1), 242–252.
Irawan, M., Miswanto, M., Violina, E. I., Armitasari, A., Ginting, R. L., & Ansya, editor: Y. A. (2024). Dasar- Dasar Bimbingan & Konseling. Pustaka Pratama Edukasi.
Ixfina, F. D. (2025). Relevansi Pendidikan IPS Sekolah Dasar Sebagai Penguatan Karakter Menghadapi Tantangan Modernitas dan Degradasi Moral. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 6(1), 99–107.
Jaya, V. W., AR, M. M., Jannah, L., & Rofiana, W. (2025). Ekowisata sebagai Sumber Belajar; Menanamkan Nilai Cinta Lingkungan Melalui Pendidikan Berbasis Alam. Jurnal Ilmiah Penelitian Mahasiswa, 3(1), 516–528.
Jogiyanto Hartono, M. (2018). Metoda pengumpulan dan teknik analisis data. Penerbit Andi.
Lumuan, L. S. I., Wantu, A., & Hamim, U. (2023). Peran Guru Ppkn Dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral Peserta Didik Di Smp Negeri 1 Banggai Tengah Kabupaten Banggai Laut. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 210–221.
Muhibi, A. R., & Arifin, C. W. (2023). Menciptakan Sekolah Berkarakter Guna Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Indonesia. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(2), 70–78.
Purnawanto, A. T. (2023). Pendidikan karakter melalui internalisasi profil pelajar Pancasila dalam kurikulum merdeka. Jurnal Pedagogy, 16(2), 103–115.
Putri, N. S. E., Setiani, F., & Al Fath, M. S. (2023). Membangun Pendidikan Karakter Berbasis Kurikulum Merdeka Menuju Era Society 5.0: Building Character Education Based On The Merdeka Curriculum Towards Society Era 5.0. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 18(2), 194–201.
Quratul‘Aini, F., Hasibuan, R. Y. A., & Gusmaneli, G. (2024). Pendidikan Karakter Sebagai Landasan Pembentukan Generasi Muda. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(4), 54–69.
Rachmawaty, M., & Lestari, T. (2025). Menanam Untuk Kesehatan: Eksplorasi Program Berkebun Sebagai Pendekatan Pendidikan Kesehatan Bagi Anak Usia Dini. Jambura Early Childhood Education Journal, 7(1), 235–245.
Raharjo, R., Jayadiputra, E., Husnita, L., Rukmana, K., Wahyuni, Y. S., Nurbayani, N., Salamah, S., Sarbaitinil, S., Nazmi, R., & Djakariah, D. (2023). PENDIDIKAN KARAKTER Membangun Generasi Unggul Berintegritas. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Ritonga, N., & Saleh, S. (2024). Penerapan hidden curriculum untuk meningkatkan nilai-nilai toleransi dan kerjasama pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewaraganegaraan di sekolah menengah pertama. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 661–669.
Rohmah, R. M., & Azizah, R. (2023). Peran pendidikan holistik bagi pengembangan karakter anak usia dini. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1), 154–165.
Rozi, F., Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024). Strategi Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sekolah Dasar Dalam Mewujudkan Tujuan SDG 4: Pendidikan Berkualitas. PT. Penerbit Naga Pustaka.
Rusli, T. S., Kemala, R., & Nazmi, R. (2024). PENDIDIKAN KARAKTER GEN-Z : Tips dan Trik Mendidik Karakter Gen-Z bagi Pendidik. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Sakila, N., Nur, K., Hazalia, M., Salsabila, D., Pratiwi, D., Lingga, L. J., & Dasmarni, D. (2024). Efektivitas Pendidikan Karakter Terhadap Permasalahan Bullying Di Lingkungan Sekolah. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (Jrpp), 7(3), 8159–8164.
Salim, H. (2019). Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis. Kencana.
Salsabilla, T., Ansya, Y. A., Siregar, Y. D., Agustina, S., Munthe, A. C., Ronauli, A., & Ginting, A. P. (2024). ANALISIS NILAI KEDISIPLINAN SISWA DI UPT SD NEGERI 060796 MEDAN. JGK (Jurnal Guru Kita), 9(1), 12–21.
Sanulita, H., Syamsurijal, S., Ardiansyah, W., Wiliyanti, V., & Megawati, R. (2024). Strategi Pembelajaran: Teori & Metode Pembelajaran Efektif. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Saputra, A. M. A., Tawil, M. R., Hartutik, H., Nazmi, R., La Abute, E., Husnita, L., Nurbayani, N., Sarbaitinil, S., & Haluti, F. (2023). Pendidikan Karakter Di Era Milenial: Membangun Generasai Unggul Dengan Nilai-Nilai Positif. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Sartini, S., Sindra, D., Purnomo, S., Fauziati, E., & Supriyoko, A. (2024). Pengembangan Sikap Mandiri Profil Pelajar Pancasila dalam Pandangan Filsafat Eksistensialisme Martin Heidegger. PROFICIO, 5(1), 680–685.
Sholikhah, K. (2021). Nilai-nilai pendidikan karakter pada qs. Al-an’am ayat 151 dan implementasinya terhadap pembelajaran pai di sekolah. Dar El-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 8(2), 152–169.
Sugiyono, S. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). CV. Alfabeta.
Sumardjoko, B., & Haryanto, S. (2024). Manajemen ekstrakurikuler Palang Merah Remaja dalam menumbuhkembangkan karakter tanggung jawab peserta didik. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(001 Des), 593–606.
Susanti, F. (2024). Implementasi Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin (P2RA) di Madrasah. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 7(1), 193–202.
Tamimah, H., & Nuh, M. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Pasca Pandemi Covid-19. Euclid, 10(2), 281–295.
Ula, R. S. L., Fizrianti, D., Khairat, I., Nurdiana, I., & Subhan, A. (2025). Pencegahan Bullying Melalui Layanan Informasi di Yayasan Darul Hikmah Kabupaten Pandeglang Banten. Indonesian Journal of Educational Counseling, 9(1), 64–74.
Wahidji, S., Hasan, R., Hasim, H., & Bumulo, F. (2025). Peran Filsafat Pendidikan di dalam Pembentukan Karakter Generasi Gen Z. Indonesian Research Journal on Education, 5(1), 628–633.
Wardhono, A., Qori’ah, C. G., Abd Nasir, M., Puspito, A. N., Rahmadini, I. A., Lestari, R. N. A. P., Laela, I., Ningsih, A., Thaka, I. R., & Prakoso, B. (2024). Pengayaan Literatur dan Implementasi Nilai Pancasila pada Anak Usia Dini di SDN Suci 5 Jember. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 5(3), 698–706.
Warlim, W., Rozak, A., & Revalina, A. (2025). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Kurikulum Sekolah: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Ilmiah Edukatif, 11(1), 184–194.
Wijaya, H. (2020). Analisis data kualitatif teori konsep dalam penelitian pendidikan. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Zain, S. H. W., Wilis, E., & Sari, H. P. (2024). Peran Pendidikan Islam dalam Pembentukan Karakter Masyarakat Berbasis Nilai-Nilai Al-Qur’an dan Hadis. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 2(4), 199–215.
Zamhariroh, N. M., Azis, A. R., Nata, B. R., Fahmi, M., & Salik, M. (2024). Relevansi Pemikiran Pendidikan Al-Ghazali Dengan Pendidikan Islam Kontemporer Tentang Keseimbangan Intelektual Dan Spiritual. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, 12(2), 169–181.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Annisa Nur Hidayah, Christina Dini Anggraini, Deta Shadiqah, Darsono Darsono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the JGK (Jurnal Guru Kita) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)