Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Model Pembelajaran Numbered Head Together Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SDN 066048 Medan Helvetia

Authors

  • Eka Margareta Sinaga Universitas Katolik Santo Thomas
  • Defensus Situmorang Universitas Katolik Santo Thomas
  • Wanrimar Rambe Universitas Katolik Santo Thomas
  • Kevin Parbarita Purba Universitas Katolik Santo Thomas
  • Pelita Ananda Sianturi Universitas Katolik Santo Thomas
  • Rafiah Fatma Universitas Katolik Santo Thomas
  • Elisabeth Ulima Siahaan Universitas Katolik Santo Thomas

DOI:

https://doi.org/10.24114/jgk.v9i2.64641

Keywords:

Berpikir Kritis, Pembelajaran Kooperatif, Numbered Head Together (NHT), Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 066048 Medan Helvetia, yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi, serta hasil data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan berpikir kritis siswa. Pada siklus I, rata-rata nilai siswa sebesar 65 dengan persentase ketuntasan 38%. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, rata-rata nilai meningkat menjadi 85 dengan persentase ketuntasan 81%. Hasil ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penerapan Numbered Heads Together juga mendorong siswa untuk lebih aktif, kooperatif, dan mampu bekerja sama dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.

Author Biographies

Eka Margareta Sinaga, Universitas Katolik Santo Thomas

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Defensus Situmorang, Universitas Katolik Santo Thomas

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Wanrimar Rambe, Universitas Katolik Santo Thomas

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Kevin Parbarita Purba, Universitas Katolik Santo Thomas

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Pelita Ananda Sianturi, Universitas Katolik Santo Thomas

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Rafiah Fatma, Universitas Katolik Santo Thomas

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Elisabeth Ulima Siahaan, Universitas Katolik Santo Thomas

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

References

Ade, N. D. R., & Hilman, C. (2025). PENGARUH METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP ISLAM TERPADU YASPIDA SUKABUMI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 8(1), 2282–2285.

Agustin, A., & Basri, A. (2024). PENGEMBANGAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA CANVA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS III SD MUHAMMADIYAH 25. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 5(2), 295–301.

Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225

Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Syahkira, H. P. (2024). OPTIMIZING MATHEMATICS LEARNING IN FIFTH GRADES: THE CRITICAL ROLE OF EVALUATION IN IMPROVING STUDENT ACHIEVEMENT AND CHARACTER. PROGRES PENDIDIKAN, 5(3), 302–311. https://prospek.unram.ac.id/index.php/PROSPEK/article/view/1120

Ansya, Y. A., & Mailani, E. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar melalui Program Kampus Mengajar 7. FONDATIA, 8(4), 772–789.

Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024a). Model Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Cahya Ghani Recovery.

Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024b). Project Based Learning sebagai Model Pembelajaran yang Efektif untuk Meningkatkan Creative Thinking Siswa Sekolah Dasar. Journal of Contemporary Issue in Elementary Education, 2(2), 121–128. https://doi.org/10.33830/jciee.v2i2.10069

Arikunto. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Pustaka Belajar.

Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.

Arikunto, S., Suhardjono, S., & Supardi, S. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Cynthia, R. E., & Sihotang, H. (2023). Melangkah bersama di era digital: pentingnya literasi digital untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31712–31723.

Diana, L. M., Arif, M., Stefany, E. M., & Aini, N. (2023). Model Pembelajaran Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Edutic: Pendidikan Dan Informatika, 9(2), 201–211.

Fathonah, S. (2024). MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN KERJA SAMA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN PBL, NHT, DAN TGT DI SEKOLAH DASAR. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(04), 341–359.

Febriani, A. B., Afiani, K. D. A., & Martati, B. (2024). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PENYELESAIAN SOAL CERITA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN SISWA KELAS 2 SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 231–244.

Hanipah, N., Tanjung, T., & Sofiyah, K. (2024). STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Kajian Ilmiah Interdisiplinier, 8(12).

Hayati, W., Arrofi, M. R., Maulana, E. Y., & Makmuri, T. (2025). Pengaruh Belajar Secara Mandiri, Bantuan Teman Sebaya, dan Guru dalam Meningkatkan Kognitif Siswa. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 1241–1244.

Kusnaeni, D., Affandi, L. H., & Oktaviyanti, I. (2023). Model Pembelajaran Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1017–1023.

Mashudi, M. (2021). Pembelajaran modern: membekali peserta didik keterampilan abad ke-21. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 4(1), 93–114.

Nursyifa, A., & Masyithoh, S. (2023). Analisis hubungan literasi numerasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 8(1), 22–29.

Sari, Y., Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Putri, P. A. (2023). STUDI LITERATUR : UPAYA DAN STRATEGI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA. Jurnal Guru Kita PGSD, 8(1), 9–26. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i1.53931

Satibi, O., & Utami, N. C. M. (2024). COMPARISON OF SOCIAL SCIENCE LEARNING RESULTS USING COOPERATIVE LEARNING MODELS OF THINK PAIR SHARE AND NUMBERED HEADS TOGETHER TYPE. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(2).

Downloads

Published

2025-03-30

How to Cite

Sinaga, E. M., Situmorang, D., Rambe, W., Purba, K. P., Sianturi, P. A., Fatma, R., & Siahaan, E. U. (2025). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Model Pembelajaran Numbered Head Together Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SDN 066048 Medan Helvetia. JGK (Jurnal Guru Kita), 9(2), 428–437. https://doi.org/10.24114/jgk.v9i2.64641

Issue

Section

Articles