Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Model Pembelajaran Numbered Head Together Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SDN 066048 Medan Helvetia
DOI:
https://doi.org/10.24114/jgk.v9i2.64641Keywords:
Berpikir Kritis, Pembelajaran Kooperatif, Numbered Head Together (NHT), Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 066048 Medan Helvetia, yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi, serta hasil data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan berpikir kritis siswa. Pada siklus I, rata-rata nilai siswa sebesar 65 dengan persentase ketuntasan 38%. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, rata-rata nilai meningkat menjadi 85 dengan persentase ketuntasan 81%. Hasil ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penerapan Numbered Heads Together juga mendorong siswa untuk lebih aktif, kooperatif, dan mampu bekerja sama dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.References
Ade, N. D. R., & Hilman, C. (2025). PENGARUH METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP ISLAM TERPADU YASPIDA SUKABUMI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 8(1), 2282–2285.
Agustin, A., & Basri, A. (2024). PENGEMBANGAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA CANVA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS III SD MUHAMMADIYAH 25. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 5(2), 295–301.
Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225
Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Syahkira, H. P. (2024). OPTIMIZING MATHEMATICS LEARNING IN FIFTH GRADES: THE CRITICAL ROLE OF EVALUATION IN IMPROVING STUDENT ACHIEVEMENT AND CHARACTER. PROGRES PENDIDIKAN, 5(3), 302–311. https://prospek.unram.ac.id/index.php/PROSPEK/article/view/1120
Ansya, Y. A., & Mailani, E. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar melalui Program Kampus Mengajar 7. FONDATIA, 8(4), 772–789.
Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024a). Model Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Cahya Ghani Recovery.
Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024b). Project Based Learning sebagai Model Pembelajaran yang Efektif untuk Meningkatkan Creative Thinking Siswa Sekolah Dasar. Journal of Contemporary Issue in Elementary Education, 2(2), 121–128. https://doi.org/10.33830/jciee.v2i2.10069
Arikunto. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Pustaka Belajar.
Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.
Arikunto, S., Suhardjono, S., & Supardi, S. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.
Cynthia, R. E., & Sihotang, H. (2023). Melangkah bersama di era digital: pentingnya literasi digital untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31712–31723.
Diana, L. M., Arif, M., Stefany, E. M., & Aini, N. (2023). Model Pembelajaran Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Edutic: Pendidikan Dan Informatika, 9(2), 201–211.
Fathonah, S. (2024). MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN KERJA SAMA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN PBL, NHT, DAN TGT DI SEKOLAH DASAR. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(04), 341–359.
Febriani, A. B., Afiani, K. D. A., & Martati, B. (2024). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PENYELESAIAN SOAL CERITA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN SISWA KELAS 2 SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 231–244.
Hanipah, N., Tanjung, T., & Sofiyah, K. (2024). STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Kajian Ilmiah Interdisiplinier, 8(12).
Hayati, W., Arrofi, M. R., Maulana, E. Y., & Makmuri, T. (2025). Pengaruh Belajar Secara Mandiri, Bantuan Teman Sebaya, dan Guru dalam Meningkatkan Kognitif Siswa. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 1241–1244.
Kusnaeni, D., Affandi, L. H., & Oktaviyanti, I. (2023). Model Pembelajaran Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1017–1023.
Mashudi, M. (2021). Pembelajaran modern: membekali peserta didik keterampilan abad ke-21. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 4(1), 93–114.
Nursyifa, A., & Masyithoh, S. (2023). Analisis hubungan literasi numerasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 8(1), 22–29.
Sari, Y., Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Putri, P. A. (2023). STUDI LITERATUR : UPAYA DAN STRATEGI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA. Jurnal Guru Kita PGSD, 8(1), 9–26. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i1.53931
Satibi, O., & Utami, N. C. M. (2024). COMPARISON OF SOCIAL SCIENCE LEARNING RESULTS USING COOPERATIVE LEARNING MODELS OF THINK PAIR SHARE AND NUMBERED HEADS TOGETHER TYPE. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Eka Margareta Sinaga, Defensus Situmorang, Wanrimar Rambe, Kevin Parbarita Purba, Pelita Ananda Sianturi, Rafiah Fatma, Elisabeth Ulima Siahaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the JGK (Jurnal Guru Kita) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)