Potret Pendidikan di Desa Sebangun Kecamatan Sebawi Kabupaten Sambas
DOI:
https://doi.org/10.24114/jgk.v9i3.64644Keywords:
Potret Pendidikan, Sarana dan Prasarana, Akses Pendidikan, Pendidikan BerkualitasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kondisi pendidikan di Desa Sebangun secara komprehensif dan mencari solusi atas berbagai permasalahan yang ada, agar anak-anak di desa ini dapat memperoleh pendidikan yang berkualitas. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan dukungan studi literatur untuk memperoleh data empirik dan aktual. Penelitian ini dilakukan di Desa Sebangun, Kecamatan Sebawi, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, yang terdiri dari beberapa sekolah dasar, SMP, dan PAUD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi sarana dan prasarana pendidikan di Desa Sebangun masih jauh dari memadai. Beberapa sekolah mengalami kekurangan fasilitas seperti meja, kursi, dan ruang kelas yang layak. Selain itu, akses menuju sekolah yang terbatas, kondisi geografis yang sulit, serta faktor ekonomi menjadi penghalang bagi anak-anak untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Kesadaran orang tua terhadap pentingnya pendidikan juga masih rendah, yang menyebabkan banyak anak yang putus sekolah atau tidak melanjutkan pendidikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa perlu adanya perhatian lebih dari pemerintah dan masyarakat untuk memperbaiki infrastruktur pendidikan dan memberikan dukungan finansial serta pendidikan kepada masyarakat agar anak-anak di Desa Sebangun dapat menikmati pendidikan yang lebih baik dan berkualitas.References
Ananta, A., Brantasari, M., Anggraeni, A., & Warman, W. (2024). Pendidikan, kesehatan, dan ekonomi: Pilar-pilar kesejahteraan keluarga di Kalimantan Timur. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 9(2), 128–135.
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225
Arikunto, S. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi (mixed methods). Bandung : Alfabeta.
Fernanda, R., Susanti, P., Saputr, S. Y., Majestica, A., & Farras, F. M. (2024). STRATEGI PENGAJARAN DI PEDESAAN: JURNAL PENGABDIAN DI DESA PUKUR, KEC. AIR NAPAL, BENGKULU UTARA. Jurnal Pendidikan Integratif, 5(3).
Fisu, A. A. (2025). Rute Sunyi dan Jalan Terjal: Transportasi Pedesaan Indonesia (Silent Route and Rugged Path: Rural Transportation in Indonesia). Penerbit Shofia.
Hidayati, R., Triyanto, M., Sulastri, A., & Husni, M. (2022). Faktor penyebab menurunnya motivasi belajar siswa kelas IV SDN 1 Peresak. Jurnal Educatio Fkip Unma, 8(3), 1153–1160.
Jatmiko, T. B., Saifullah, A. E. P., Hematiyar, A., Alhafidh, I. A., & Ramadhani, P. U. (2025). Peran Pendekatan Partisipatif dalam Meningkatkan Kesadaran Pendidikan dan Menurunkan Angka Putus Sekolah di Desa Cibadak. Room of Civil Society Development, 4(2), 245–256.
Jogiyanto Hartono, M. (2018). Metoda pengumpulan dan teknik analisis data. Penerbit Andi.
Khairani, A., Hakiki, N. I., & Yopan, M. (2025). Analisis Faktor Penyebab Angka Putus Sekolah di Tingkat SD dan SMP di Papua: Kajian Studi Pustaka Berbasis Teori Struktural. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 45–51.
Kristiyanti, M., Kundori, K., & Hermawati, R. (2023). Membangun sumber daya manusia dan teknologi informasi sebagai dasar kejayaan maritim di Indonesia. Jurnal Sains Dan Teknologi Maritim, 23(2), 109–122.
Mahadiansar, M., Ikhsan, K., Sentanu, I. G. E. P. S., & Aspariyana, A. (2020). Paradigma pengembangan model pembangunan nasional Di Indonesia. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 17(1), 77–92.
Maimuna, F. F., Roroa, N. A. F., Misrah, M., Oktavianty, O., & Agit, A. (2024). Transformasi Digital dalam Kewirausahaan: Analisis Faktor Penghambat dan Pendorong Perkembangan Ekonomi Digital. Prosiding Seminar NasIonal Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan Dan Riset Ilmu Sosial, 1(1), 187–198.
Masarilharom, A. H., Kholiq, F., Hidayat, A. F., Sudrajat, M. F. F., Kartika, F., Putra, D. A., Oktaviani, Z., Kristiyanti, P. D., Juliansyah, F., & Habibi, M. Y. (2024). Sosialisasi Pentingnya Pendidikan untuk Mengurangi Tingkat Putus Sekolah di Desa Cibareno. Jurnal Pengabdian Dinamika, 11(1), 10–18.
Nasution, M. F. (2009). Pendidikan anak bangsa: potret carut marut dunia pendidikan dan gagasan pendidikan masa depan. Perdana Publishing.
Nuraeni, N. S. (2018). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kesadaran Pendidikan Jenjang SMA dan Sederajat di Dusun Nagrak Desa Sedong Kidul Kecamatan Sedong Cirebon. Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah.
Patandung, Y., & Panggua, S. (2022). Analisis masalah-masalah pendidikan dan tantangan pendidikan nasional. Jurnal Sinestesia, 12(2), 794–805.
Pomeo, W. R. R., & Winarti, E. (2024). Dinamika Implementasi Kebijakan Penempatan Tenaga Kesehatan di Daerah Terpencil: Tantangan dan Realitas Lapangan. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(1), 2309–2329.
Rahmawati, K. A., Dewangga, P. C., Nurlia, R., Setiawati, R., Oktavia, R., & Prihantini, P. (2025). Pengelolaan Pendidikan yang Efektif: Tantangan dan Solusi untuk Masa Depan. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 6(1), 836–846.
Ramli, A., Putri, R., Trimadona, E., Abadi, A., Ramadani, Y., Saputra, A. M. A., Pirmani, P., Nurhasanah, N., Nirwana, I., & Mahmudah, K. (2023). Landasan Pendidikan: Teori Dan Konsep Dasar Landasan Pendidikan Era Industri 4.0 Dan Society 5.0 Di Indonesia. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Ratnasari, D. H., & Nugraheni, N. (2024). Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dalam Mewujudkan Program Sustainable Development Goals (Sdgs). Jurnal Citra Pendidikan, 4(2), 1652–1665.
Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). CV. Alfabeta.
Suryana, S. (2020). Permasalahan mutu pendidikan dalam perspektif pembangunan pendidikan. Edukasi, 14(1).
Sutiapermana, A., Ud, M., Susanti, N. A., Akbar, M. S., Kom, M., Giri Nurpribadi, S. T. P., Wiasti, N. K., Hasmirati, S. A., Kurdi, M. S., & Pd, M. (2025). SISTEM PENDIDIKAN DI INDONESIA. Cendikia Mulia Mandiri.
Suwendra, I. W. (2018). Metodologi penelitian kualitatif dalam ilmu sosial, pendidikan, kebudayaan dan keagamaan. Nilacakra.
Syakirah, A. J., Albania, A., Syaprilia, D., Meriani, D., Putri, F. A., Rigen, G. S., Maharani, H., Nanda, I. T., Kemala, J., & Andika, L. (2025). PENDIDIKAN NONFORMAL DAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN. Bayfa Cendekia Indonesia.
Untari, S., & Maisaroh, A. A. (2024). TRANSFORMASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEBIJAKAN PEMERINTAH DI INDONESIA MENUJU GENERASI EMAS 2045. Jurnal Kebijakan Pemerintahan, 7(1), 18–20.
Wahyudi, N. G., & Jatun, J. (2024). Integrasi Teknologi dalam Pendidikan: Tantangan dan Peluang Pembelajaran Digital di Sekolah Dasar. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 444–451.
Wulaningsih, R., & Asriati, N. (2024). Pengelolaan Keuangan Pendidikan dalam Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas Sumber Daya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(4), 1723–1732.
Zakaria, J. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Pendidikan dan pengangguran terhadap tingkat kemiskinan di kota makassar. Paradoks: Jurnal Ilmu Ekonomi, 3(2), 41–53.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sarbini Sarbini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the JGK (Jurnal Guru Kita) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)