Analisis Kesalahpahaman dalam Interaksi Sosial di Pasar Tradisional Akibat Keberagaman Bahasa: Tantangan dan Strategi Komunikasi
DOI:
https://doi.org/10.24114/jgk.v9i3.64651Keywords:
Kesalahpahaman Komunikasi, Keberagaman Bahasa, Strategi Komunikasi, Pasar Tradisional, Interaksi SosialAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahpahaman dalam interaksi sosial di Pasar MMTC Medan akibat keberagaman bahasa serta mengidentifikasi strategi komunikasi yang digunakan untuk mengatasinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian terdiri dari 10 pedagang dan 15 pembeli. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara selama Februari-Maret 2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahpahaman terjadi dalam berbagai aspek, seperti perbedaan istilah dagang, intonasi, aksen, serta cara penyebutan harga dan satuan barang. Kesalahpahaman ini sering menghambat kelancaran transaksi dan berdampak pada hubungan sosial di pasar. Untuk mengatasi hal tersebut, pedagang dan pembeli menggunakan beberapa strategi komunikasi, termasuk penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar, penyesuaian intonasi, penggunaan isyarat non-verbal, serta pemanfaatan teknologi dalam transaksi. Kesimpulannya, keberagaman bahasa di pasar tradisional dapat menjadi tantangan dalam komunikasi, namun dengan penerapan strategi yang tepat, interaksi sosial dan transaksi dapat berlangsung lebih efektif dan harmonis. Studi ini menegaskan pentingnya pemahaman dan toleransi dalam komunikasi multikultural di lingkungan perdagangan tradisional.References
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
Ertinawati, Y., & Nurjamilah, A. S. (2020). Analisis variasi kata sapaan antara penjual dan pembeli di pasar induk cikurubuk Tasikmalaya ditinjau dari perspektif pragmatik. LITERASI: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 10(2), 126–139.
Fahmi, D. (2020). PERSEPSI: Bagaimana sejatinya persepsi membentuk konstruksi berpikir kita. Anak Hebat Indonesia.
Fonna, N. (2019). Pengembangan revolusi industri 4.0 dalam berbagai bidang. Guepedia.
Hanum, F., Yana, S., & Mauliza, P. (2024). Pemberdayaan Masyarakat Pedagang Kaki Lima dalam Meningkatkan Perekonomian. Mega Press Nusantara.
Hartati, S., Rubiyanto, R., Ceprudin, C., & Mariyam, S. (2023). Perlindungan Hukum Pelaku Usaha Tradisional dari Ekspansi Ritel Modern Perspektif Negara Hukum Pancasila. Iqtisad: Reconstruction of Justice and Welfare for Indonesia, 10(2), 189–212.
Hartono, D. A. N., Nisa, J., Riswari, I. A., Mahmudah, U., Himawan, W., & Setyawan, A. D. (2024). Keanekaragaman Tanaman Pangan yang Dipedagangkan di Pasar Grogol dan Pasar Telukan, Kabupaten Sukoharjo, Indonesia. Jurnal Informasi, Sains Dan Teknologi, 7(2), 67–85.
Hisyam, M., & Pamungkas, C. (2016). Indonesia, globalisasi, dan global village. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Irbah, N., & Khairina, N. (2023). Pemanfaatan aplikasi online dalam digitalisasi pasar tradisional di kota medan, provinsi sumatera utara. Adopsi Teknologi Dan Sistem Informasi (ATASI), 2(2), 119–125.
Jogiyanto Hartono, M. (2018). Metoda pengumpulan dan teknik analisis data. Penerbit Andi.
Lestari, A. P., & Sabardila, A. (2025). Pendayagunaan Bilingualisme Masyarakat Wirausaha di Pasar Bunder Sragen serta Implikasinya pada Keterampilan Berbicara. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 11(1), 905–915.
Panuju, R. (2019). Komunikasi pemasaran: pemasaran sebagai gejala komunikasi komunikasi sebagai strategi pemasaran. Prenada Media.
Permata, A. I., & Abidin, S. (2024). Interaksi antarbudaya masyarakat suku melayu dan suku batak di kecamatan batu aji. SCIENTIA JOURNAL: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 6(4), 55–63.
Prasetyo, B. D., Febriani, N. S., Asmara, W. W., Tamitiadini, D. D., Destrity, N. A., Avina, D. A. A., & Illahi, A. K. (2018). Komunikasi pemasaran terpadu: pendekatan tradisional hingga era media baru. Universitas Brawijaya Press.
Riauan, M. A. I., Aziz, A., Fitri, A., Mulyani, O., & Zainal, Z. (2020). Stereotip Budaya Pada Himpunan Mahasiswa Daerah di Pekanbaru. Inter Komunika, 5(1), 43–56.
Ritonga, E. Y., Tanjung, H. R., & Angin, T. B. B. (2023). RAGAM BAHASA PEDAGANG DIPASAR IMPRES SADABUAN KAJIAN SOSIOLINGUISTIK. Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia BASASINDO, 5(1), 15–29.
Saleh, M. H., Saleh, M. H., & Oktavianus, I. D. (2023). Komunikasi Antarbudaya Masyarakat Pendatang Di Pulau Sebatik Perbatasan Indonesia-Malaysia. KOMUNIKATIF: Jurnal Ilmiah Komunikasi, 12(2), 212–222.
Sari, N. L., Arifin, H. S., & Mulyana, S. (2024). Interaksi Komunikatif Antarbudaya dalam Dinamika Masyarakat Multikultural di Kota Medan (Studi Kasus pada Masyarakat India dan Masyarakat Penduduk Asli di Kampung Madras). Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 18(6), 4630–4643.
Sari, Y., Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Putri, P. A. (2023). STUDI LITERATUR : UPAYA DAN STRATEGI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA. Jurnal Guru Kita PGSD, 8(1), 9–26. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i1.53931
Siagian, M., & Thariq, M. (2024). Eksplorasi Komunikasi Budaya Jawa Dan Mandailing Dalam Pernikahan Desa Bantan. Jukeshum: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 54–67.
SIMARMATA, M. A. I. Y. (2023). WUJUD VARIASI TUTURAN BATAK TOBA BINJAI: Sebuah Studi Etnolinguistik. Penerbit YLGI.
Sudarsono, H. (2020). Manajemen pemasaran. Pustaka Abadi.
Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). CV. Alfabeta.
Thohir, A., & Hermawan, U. (2024). Kyai dan pendidikan kewirausahaan: Membangun ekonomi masyarakat perkotaan. Gunung Djati Publishing.
Triani, E., & Khairifa, F. (2024). Membongkar Strategi Komunikasi Efektif: Analisis Kasus Pada Pekerja Sosial di Lingkungan Urban. Jurnal Intervensi Sosial, 3(1), 10–25.
Wahyudi, W., Maulana, A. J., Widyanto, R., Rahayu, A., & Effendy, I. R. (2024). Buku ajar manajemen pemasaran. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Wulandari, D. S., & Tumanggor, A. H. U. (2024). Transformasi Digital pada Pasar Tradisional. Penerbit NEM.
Yusuf, A. M. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Prenada Media.
Zahro, N. L., Himatuna, M., Efendi, E., Nasihuddin, M. A., Holida, W., & Aisyah, S. (2022). Pendekatan Etnopedagogi Sebagai MEdia Pelestarian Kearifan Lokal dalam Kegiatan PAsar Budaya UIN KHAS Jember. Jurnal Pendidikan IPS, 12(2), 74–80.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fadila Putri Lubis, Natalia Rama Kudadiri, Nurhasanah Br Siregar, Rindu Akbar M Mauliddin, Saprina Marbun, Sella Angelika Br Siagian, Rosmaini Rosmaini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the JGK (Jurnal Guru Kita) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)