Dampak Beban Administratif dalam Penilaian Autentik Kurikulum Merdeka terhadap Efektivitas Pengajaran Guru
DOI:
https://doi.org/10.24114/jgk.v9i3.64652Keywords:
Beban Administratif, Penilaian Autentik, Kurikulum Merdeka, Efektivitas GuruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak beban administratif dalam pelaksanaan penilaian autentik Kurikulum Merdeka terhadap efektivitas pengajaran guru, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang memperberat beban tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara terhadap guru-guru di sekolah dasar. Data yang diperoleh dianalisis melalui teknik analisis data kualitatif model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beban administratif yang tinggi, seperti pengisian rubrik, penyusunan portofolio, dan pelaporan asesmen, berdampak pada berkurangnya efektivitas pengajaran, ditandai dengan menurunnya kreativitas pembelajaran dan terbatasnya waktu interaksi guru-siswa. Faktor yang memperberat beban tersebut meliputi kurangnya dukungan teknologi, banyaknya format administrasi, serta kurangnya pelatihan terkait penilaian autentik. Sebagai respons, guru mengembangkan solusi seperti menyederhanakan format penilaian, memanfaatkan teknologi sederhana, serta membentuk komunitas berbagi antar guru. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penyederhanaan administrasi dan dukungan teknologi sangat penting untuk menjaga kualitas pengajaran. Diperlukan kebijakan yang berpihak pada guru untuk mengefisienkan beban administrasi agar Kurikulum Merdeka dapat diterapkan secara optimal dan berdampak nyata pada proses belajar mengajar.References
Ahmadi, F. (2017). Guru SD di era digital: pendekatan, media, inovasi. CV. Pilar Nusantara.
Akmal, Z., Gimin, G., Kartikowati, R. S., & Edi, F. (2021). Pengaruh Stres Kerja dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Dumai Kota Kota Dumai. Instructional Development Journal, 4(2), 94–103.
Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225
Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2023). HUBUNGAN PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED, 14(2), 182–195.
Ansya, Y. A., Salsabilla, T., & Rozi, F. (2024). Etnosains dan Lingkungan Strategi Pembelajaran IPA di SD. Cahya Ghani Recovery.
Apandi, I., & Sri Rosdianawati, M. M. (2020). PENGUATAN PERAN GURU PENGGERAK DI ERA MERDEKA BELAJAR Bunga Rampai Artikel-Artikel Pendidikan. Samudra Biru.
Aransyah, A., Herpratiwi, H., Adha, M. M., Nurwahidin, M., & Yuliati, D. (2023). Implementasi evaluasi modul kurikulum merdeka sekolah penggerak terhadap peserta didik SMA Perintis 1 Bandar Lampung. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(1), 136–147.
Astuti, S. I., & Darsinah, D. (2018). Penilaian Autentik Berbasis Kurikulum 2013 di SD Negeri Mangkubumen Kidul No. 16 Surakarta. Manajemen Pendidikan, 13(2), 165–174.
Aziz, M. Z., & Wicaksana, A. I. (2024). Evaluasi pelaksanaan pembelajaran kurikulum merdeka pada mata pelajaran pjok di sekolah dasar banjardowo 1 kabupaten jombang. Bima Loka: Journal of Physical Education, 4(2), 97–106.
Dawous, G. G., Munir, M., & Suharto, N. (2024). Hotspot Stres Pada Guru Sekolah Dasar: Analisis Faktor-Faktor Pemicu dan Implikasinya Terhadap Kesejahteraan Pendidikan. JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 7(4), 588–606.
Gadink, M., & Sukenti, D. (2024). Pengaruh kecerdasan emosional terhadap penilaian autentik di sekolah menengah atas. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 681–688.
Gunawan, I., & Bahari, Y. (2024). Problematika kurikulum merdeka dalam sudut pandang teori struktural fungsional (study literatur). Journal Of Human And Education (JAHE), 4(4), 178–187.
Hanum, L. (2017). Perencanaan pembelajaran. Syiah Kuala University Press.
Iswahyudi, M. S., Irianto, I., Salong, A., Nurhasanah, N., Leuwol, F. S., Januaripin, M., & Harefa, E. (2023). Kebijakan dan inovasi pendidikan: Arah pendidikan di masa depan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Kusumaningpuri, A. R. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pembelajaran IPAS Fase B Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 8(1), 199–220.
Maulani, G., Septiani, S., Susilowaty, N., Rusmayani, N. G. A. L., Evenddy, S. S., Nababan, H. S., Setiadi, K., Rahayu, I., Simanungkalit, L. N., & Edi, S. (2024). Evaluasi Pembelajaran. Sada Kurnia Pustaka.
Mulyasa, H. E. (2021). Menjadi guru penggerak merdeka belajar. Bumi Aksara.
Mustakim, M., Sutarto, S., & Fadila, F. (2024). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MIS Guppi 11 Talang Rimbo. Institut Agama Islam Negeri Curup.
Nur, A. Z. (2017). Efektivitas penggunaan metode pengajaran dalam proses pembelajaran. Jurnal Al-Ibrah, 6(1).
Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi penelitian sosial. Media Sahabat Cendekia.
Paling, S., Makmur, A., Albar, M., Susetyo, A. M., Putra, Y. W. S., Rajiman, W., Djamilah, S., Suhendi, H. Y., & Irvani, A. I. (2024). Media Pembelajaran Digital. TOHAR MEDIA.
Pramana, K. A. B., & Putra, D. B. K. N. S. (2019). Merancang penilaian autentik. Cv. Media Educations.
Qonita, A., Rahmawati, D., Robiansyah, F., & Adriweri, E. (2023). Problematika Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar pada Siswa Kelas I & IV SD Negeri. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 10(2), 204–220.
Rifai, M. H., Mamoh, O., Mauk, V., Nahak, K. E. N., Harpriyanti, H., Nahak, M. M. N., Rejeki, S., Lasi, F., Jaya, D. M., & Abbas, I. (2024). Kurikulum Merdeka (Implementasi dan Pengaplikasian). Selat Media.
Ritonga, A. A., Lubis, Y. W., Masitha, S., & Harahap, C. P. (2022). Program sekolah penggerak sebagai inovasi meningkatkan kualitas pendidikan di SD Negeri 104267 Pegajahan. Jurnal Pendidikan, 31(2), 195–206.
Rizky, N. A., & Partono, P. (2024). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Matematika di Madrasah Tsanawiyah. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 12(2), 147–160.
Rosmana, P. S., Iskandar, S., Oksanti, M., Khasanah, S. A., & Triyana, W. (2022). Efektivitas penggunaan metode karyawisata dalam proses pembelajaran kurikulum 2013. As-Sabiqun, 4(1), 199–212.
Rosmini, H., Ningsih, N., Murni, M., & Adiyono, A. (2024). Transformasi Kepemimpinan Kepala Sekolah pada Era Digital: Strategi Administrasi Pendidikan Berbasis Teknologi di Sekolah Menengah Pertama. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 16(1), 165–180.
Saely, E. (2023). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Menghadapi Era Industri 4.0. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1).
Sayidah, N. (2018). Metodologi penelitian disertai dengan contoh penerapannya dalam penelitian. Zifatama Jawara.
Sili, F. (2021). Merdeka Belajar Dalam Perspektif Humanisme Carl R. Roger. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 7(1), 47–67.
Sucipto, S., Sukri, M., Patras, Y. E., & Novita, L. (2024). Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar: Systematic Literature Review. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(1).
Sugiyono, S. (2016). Metode penelitian pendidikan : pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.
Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). CV. Alfabeta.
Sutrisno, L. T., Muhtar, T., & Herlambang, Y. T. (2023). Efektivitas pembelajaran berdiferensiasi sebagai sebuah pendekatan untuk kemerdekaan. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(2).
Taqdiraa, T., Farawita, R., Herman, H., & Azainil, A. (2024). Telaah Revolusi Mental dan Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Sumber Daya Manusia yang Berkualitas Menuju Indonesia Emas 2045. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 9(3), 230–236.
Taridala, S., & Anwar, R. (2023). TRANSFORMASI EDUKASI: Mengoptimalisasi Kinerja Guru dan Kualitas Layanan Melalui Program Merdeka Belajar. Feniks Muda Sejahtera.
Wijaya, H. (2020). Analisis data kualitatif teori konsep dalam penelitian pendidikan. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Wijayanti, P., Mulyatno, C. B., & Antony, R. (2024). Kolaborasi Antar Guru Dalam Menyelesaikan Tugas Administratif Sekolah. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 11(4), 1418–1427.
Zuliani, R., Ramahwati, Y., & Hakiim, D. S. (2025). PERBANDINGAN KURIKULUM 2013 DENGAN KURIKULUM MERDEKA DI SD. PENERBIT KBM INDONESIA.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fadila Putri Lubis, Nurhasanah Br Siregar, Tiani Saulina Manurung, Anggi Muliyanti, Agum Budianto, Laurensia Masri Peranung angin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the JGK (Jurnal Guru Kita) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)