Analisis Peran Pendidikan Pancasila dalam Pembentukan Karakter untuk Mengatasi Menurunnya Kesopanan Berbahasa Siswa SD Negeri 107400

Authors

  • Fadila Putri Lubis Universitas Negeri Medan
  • Nurhasanah Br Siregar Universitas Negeri Medan
  • Eka Rismaynarti Br Purba Universitas Negeri Medan
  • Sari Mutiah Siregar Universitas Negeri Medan
  • Rindu Akbar M Mauliddin Universitas Negeri Medan
  • Anggili Pratama Universitas Negeri Medan
  • Waliyul Maulana Siregar Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/jgk.v9i3.64657

Keywords:

Kesopanan Berbahasa, Pendidikan Pancasila, Pendidikan karakter, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Pendidikan Pancasila dalam pembentukan karakter guna mengatasi menurunnya kesopanan berbahasa siswa di SD Negeri 107400. Kesopanan dalam berbahasa merupakan aspek penting dalam pendidikan karakter yang mencerminkan nilai moral dan budaya serta memengaruhi hubungan sosial siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara dengan guru serta siswa. Data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menurunnya kesopanan berbahasa siswa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti pengaruh lingkungan keluarga, pergaulan dengan teman sebaya, paparan media sosial, serta kurangnya pembiasaan etika komunikasi dalam lingkungan sekolah. Pendidikan Pancasila berperan penting dalam mengatasi permasalahan ini dengan menerapkan strategi pendidikan karakter melalui keteladanan, pembiasaan, refleksi moral, serta integrasi dalam kegiatan ekstrakurikuler. Kesimpulannya, integrasi Pendidikan Pancasila dalam proses pembelajaran dan kehidupan sekolah dapat menjadi solusi efektif dalam membentuk karakter siswa agar lebih sadar akan pentingnya kesopanan dalam berbahasa. Dukungan dari guru, orang tua, dan lingkungan sekitar sangat diperlukan agar nilai-nilai tersebut dapat terus diterapkan.

Author Biographies

Fadila Putri Lubis, Universitas Negeri Medan

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Nurhasanah Br Siregar, Universitas Negeri Medan

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Eka Rismaynarti Br Purba, Universitas Negeri Medan

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Sari Mutiah Siregar, Universitas Negeri Medan

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Rindu Akbar M Mauliddin, Universitas Negeri Medan

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Anggili Pratama, Universitas Negeri Medan

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Waliyul Maulana Siregar, Universitas Negeri Medan

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Agustia, D. E., Yuliani, A. P., Fitriani, S. A., & Suprianto, O. (2024). Analisis Pendidikan Karakter Berkebhinekaan Global Melalui Pembelajaran Ppkn Terhadap Nilai Moral Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 5(1), 129–138.

Almahdali, H., Milia, J., Pristiyanto, P., Juliardi, B., Patmawati, S. A., Riyanti, D., Baali, Y., Rozikin, I., Arman, Z., & Maranjaya, A. K. (2024). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Yayasan Tri Edukasi Ilmiah.

Anggraini, N. (2020). Kesantunan berbahasa anak dalam perspektif pemerolehan bahasa dan peran serta pendidikan karakter. Seminar Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 68–78.

Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024). Implementasi P5 melalui Kolaborasi Musik Angklung dan Tari Tor-tor di Kelas IV Sekolah Dasar. FONDATIA, 8(4), 790–806.

Arifin, B., Salim, A. N., Muzakki, A., Suwarsito, S., & Arifudin, O. (2024). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13547–13555.

Arikunto, S. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi (mixed methods). Bandung : Alfabeta.

Armaida, K. A., & Jatiningsih, O. (2023). Strategi Pembelajaran PPKn Pada Pemahaman Bela Negara Siswa Kelas Viii Di Sekolah Inklusi Smp Muhammadiyah 2 Kediri. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 11(2), 413–428.

Azizah, W. A., Kiptiyah, S. M., & Arahman, D. P. (2024). Program Inovatif untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan dan Pengembangan Karakter Siswa SD. Reativ Publisher.

Bengu, R. T. (2024). Mengkaji Ulangan 6: 4-9 sebagai Landasan Strategi Komunikasi Efektif Orang Tua dalam Mendidik Moralitas Anak Usia 2-12 Tahun di Era Postmodern: Kata Kunci: Ulangan 6: 6-9, Strategi Komunikasi, Orang Tua, Moralitas Anak, Era Postmodern. Excelsis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi, Dan Pendidikan, 8(2).

Caesarani, N. I., Romadhan, M. I., & Ayuningrum, N. G. (2025). Media Digital dan Evolusi Komunikasi: Dampaknya terhadap Pola Komunikasi Interpersonal. PROSIDING SEMINAR NASIONAL MAHASISWA KOMUNIKASI (SEMAKOM), 3(1, Januari), 157–164.

Hakim, A. R. (2023). Konsep landasan dasar pendidikan karakter di Indonesia. Journal on Education, 6(1), 2361–2373.

Hariyono, H., Andrini, V. S., Tumober, R. T., Suhirman, L., & Safitri, F. (2024). Perkembangan Peserta Didik: Teori dan Implementasi Perkembangan Peserta Didik pada Era Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Hidayati, F. N., Tanjung, H. P., & Mardani, D. (2024). Upaya Guru dalam Meningkatkan Kecerdasan Sosial Siswa Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Swasta Ma’had Al-Zaytun dalam Konteks Pembelajaran. Akhlak: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Filsafat, 1(4), 303–320.

Ihza, M. M., Jumadi, J., & Satrio, A. (2024). Analisis Dampak Media Sosial Tiktok Terhadap Pendidikan Karakter di Era Teknologi 4.0. J-INSTECH, 5(2), 105–121.

Iqbal, M., Panjaitan, A. Y., Helvirianti, E., Nurhayati, N., & Ritonga, Q. S. P. (2024). Relevansi pendidikan karakter dalam konteks pendidikan Islam: Membangun generasi berkarakter islami. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 13–22.

Istianah, A., Maftuh, B., & Malihah, E. (2023). Konsep Sekolah Damai: Harmonisasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Education and Development, 11(3), 333–342.

Iswatiningsih, D. (2019). Penguatan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai kearifan lokal di sekolah. Satwika: Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 3(2), 155–164.

Iwan, I. (2020). Merawat sikap sopan santun dalam lingkungan pendidikan. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1).

Larasati, L. (2020). Peran Orang Tua dalam Membentuk Karakter Sopan Santun Anak atas Dampak Media Sosial (Studi Kasus Siswa Kelas IV di SDN 1 Jenangan). IAIN Ponorogo.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. 3rd. Thousand Oaks, CA: Sage.

Mohamad, P., Yahiji, K., Husain, R. T., & Ibrahim, S. (2024). WAWASAN AL-QURAN DAN HADIS TENTANG METODE PENDIDIKAN, DISIPLIN, DAN KETELADANAN. Al-Muhtarif: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(4), 1324–1344.

Muhibi, A. R., & Arifin, C. W. (2023). Menciptakan Sekolah Berkarakter Guna Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Indonesia. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(2), 70–78.

Muslich, M. (2022). Pendidikan karakter: menjawab tantangan krisis multidimensional. Bumi Aksara.

Nurhakim, H. Q., Sanusi, I., Nur’aeni, U., & Muhammad, G. (2024). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Guna Pencegahan Tindak Perundungan Siswa. Tapis: Jurnal Penelitian Ilmiah, 8(2), 166–178.

Nurjanah, I., & Sholeh, A. H. (2020). Implementasi Program Budaya Sekolah 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) dalam Menanamkan Sikap Religius Siswa. Qiro’ah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 10(1), 58–73.

Prasetiya, B., & Cholily, Y. M. (2021). Metode Pendidikan karakter Religius paling efektif di sekolah. Academia Publication.

Rahmalia, S. M., & Laeli, S. (2024). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Kepribadian Anak. Karimah Tauhid, 3(9), 10007–10018.

Rahman, H. L., & Mulyani, D. (2024). Dampak Dwibahasa terhadap Komunikasi dan Sosial Emosional pada Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 137–144.

Riska, R., Azis, A., & Tarman, T. (2024). Pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sosial terhadap kemampuan berbicara siswa sekolah dasar. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(1), 389–401.

Rozi, F., Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024). Strategi Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sekolah Dasar Dalam Mewujudkan Tujuan SDG 4: Pendidikan Berkualitas. PT. Penerbit Naga Pustaka.

Salsabilla, T., Ansya, Y. A., Siregar, Y. D., Agustina, S., Munthe, A. C., Ronauli, A., & Ginting, A. P. (2024). ANALISIS NILAI KEDISIPLINAN SISWA DI UPT SD NEGERI 060796 MEDAN. JGK (Jurnal Guru Kita), 9(1), 12–21.

Santika, I. G. N., & Sudiana, I. N. (2021). Insersi pendidikan karakter melalui pembelajaran bahasa Indonesia ditinjau dari perspektif teoretis. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(4), 464–472.

Saputri, S., Ardivanto, A., & Rofian, R. (2025). Penanaman Pendidikan Karakter pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 6(1), 166–173.

Sartika, R., & Ndona, J. (2024). Peran Pendidikan Pancasila Dalam Implementasi Pendidikan Karakter Di Era 4.0. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 121–134.

Setyorini, W. F., Rosyadi, M. I., Nugroho, B. S., & Wulandari, M. D. (2024). Mengelola Perubahan Karakter Dan Perkembangan Peserta Didik Di Sekolah Dasar Pada Era Digital. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 429–444.

Shinta, M., & Ain, S. Q. (2021). Strategi sekolah dalam membentuk karakter siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4045–4052.

Sholihah, S. A., & Khoiriyah, K. (2024). Literasi Keagamaan sebagai Pondasi Pengembangan Karakter Religius Siswa. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 19–39.

Sugiyono, S. (2016). Metode penelitian pendidikan : pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.

Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). CV. Alfabeta.

Suhirno, S. (2023). ANALISIS PERAN TENAGA PENDIDIK DALAM MENINGKATKAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER. Jurnal Analisis Ilmu Pendidikan Dasar, 4(1), 11–27.

Suttrisno, S., & Rofi’ah, F. Z. (2023). Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Guna Mengoptimalkan Projek Penguatan Pelajar Pancasila Madrasah Ibtidaiyah Di Bojonegoro. Pionir: Jurnal Pendidikan, 12(1). https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/view/17480/pdf

Syah, M. E., & Pertiwi, D. S. (2024). Psikologi belajar. Feniks Muda Sejahtera.

Urfa, M., Fitri, R. R., Herda, S. N., Putra, M. J. A., & Sari, M. Y. (2024). Kendala dan Solusi Guru dalam Penerapan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar di Tengah Tantangan Global. ANTHOR: Education and Learning Journal, 3(4), 24–30.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Lubis, F. P., Siregar, N. B., Purba, E. R. B., Siregar, S. M., Mauliddin, R. A. M., Pratama, A., & Siregar, W. M. (2025). Analisis Peran Pendidikan Pancasila dalam Pembentukan Karakter untuk Mengatasi Menurunnya Kesopanan Berbahasa Siswa SD Negeri 107400. JGK (Jurnal Guru Kita), 9(3), 784–797. https://doi.org/10.24114/jgk.v9i3.64657

Issue

Section

Articles