Analisis Peran Pendidikan Pancasila dalam Pembentukan Karakter untuk Mengatasi Menurunnya Kesopanan Berbahasa Siswa SD Negeri 107400
DOI:
https://doi.org/10.24114/jgk.v9i3.64657Keywords:
Kesopanan Berbahasa, Pendidikan Pancasila, Pendidikan karakter, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Pendidikan Pancasila dalam pembentukan karakter guna mengatasi menurunnya kesopanan berbahasa siswa di SD Negeri 107400. Kesopanan dalam berbahasa merupakan aspek penting dalam pendidikan karakter yang mencerminkan nilai moral dan budaya serta memengaruhi hubungan sosial siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara dengan guru serta siswa. Data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menurunnya kesopanan berbahasa siswa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti pengaruh lingkungan keluarga, pergaulan dengan teman sebaya, paparan media sosial, serta kurangnya pembiasaan etika komunikasi dalam lingkungan sekolah. Pendidikan Pancasila berperan penting dalam mengatasi permasalahan ini dengan menerapkan strategi pendidikan karakter melalui keteladanan, pembiasaan, refleksi moral, serta integrasi dalam kegiatan ekstrakurikuler. Kesimpulannya, integrasi Pendidikan Pancasila dalam proses pembelajaran dan kehidupan sekolah dapat menjadi solusi efektif dalam membentuk karakter siswa agar lebih sadar akan pentingnya kesopanan dalam berbahasa. Dukungan dari guru, orang tua, dan lingkungan sekitar sangat diperlukan agar nilai-nilai tersebut dapat terus diterapkan.References
Agustia, D. E., Yuliani, A. P., Fitriani, S. A., & Suprianto, O. (2024). Analisis Pendidikan Karakter Berkebhinekaan Global Melalui Pembelajaran Ppkn Terhadap Nilai Moral Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 5(1), 129–138.
Almahdali, H., Milia, J., Pristiyanto, P., Juliardi, B., Patmawati, S. A., Riyanti, D., Baali, Y., Rozikin, I., Arman, Z., & Maranjaya, A. K. (2024). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Yayasan Tri Edukasi Ilmiah.
Anggraini, N. (2020). Kesantunan berbahasa anak dalam perspektif pemerolehan bahasa dan peran serta pendidikan karakter. Seminar Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 68–78.
Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024). Implementasi P5 melalui Kolaborasi Musik Angklung dan Tari Tor-tor di Kelas IV Sekolah Dasar. FONDATIA, 8(4), 790–806.
Arifin, B., Salim, A. N., Muzakki, A., Suwarsito, S., & Arifudin, O. (2024). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13547–13555.
Arikunto, S. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi (mixed methods). Bandung : Alfabeta.
Armaida, K. A., & Jatiningsih, O. (2023). Strategi Pembelajaran PPKn Pada Pemahaman Bela Negara Siswa Kelas Viii Di Sekolah Inklusi Smp Muhammadiyah 2 Kediri. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 11(2), 413–428.
Azizah, W. A., Kiptiyah, S. M., & Arahman, D. P. (2024). Program Inovatif untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan dan Pengembangan Karakter Siswa SD. Reativ Publisher.
Bengu, R. T. (2024). Mengkaji Ulangan 6: 4-9 sebagai Landasan Strategi Komunikasi Efektif Orang Tua dalam Mendidik Moralitas Anak Usia 2-12 Tahun di Era Postmodern: Kata Kunci: Ulangan 6: 6-9, Strategi Komunikasi, Orang Tua, Moralitas Anak, Era Postmodern. Excelsis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi, Dan Pendidikan, 8(2).
Caesarani, N. I., Romadhan, M. I., & Ayuningrum, N. G. (2025). Media Digital dan Evolusi Komunikasi: Dampaknya terhadap Pola Komunikasi Interpersonal. PROSIDING SEMINAR NASIONAL MAHASISWA KOMUNIKASI (SEMAKOM), 3(1, Januari), 157–164.
Hakim, A. R. (2023). Konsep landasan dasar pendidikan karakter di Indonesia. Journal on Education, 6(1), 2361–2373.
Hariyono, H., Andrini, V. S., Tumober, R. T., Suhirman, L., & Safitri, F. (2024). Perkembangan Peserta Didik: Teori dan Implementasi Perkembangan Peserta Didik pada Era Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Hidayati, F. N., Tanjung, H. P., & Mardani, D. (2024). Upaya Guru dalam Meningkatkan Kecerdasan Sosial Siswa Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Swasta Ma’had Al-Zaytun dalam Konteks Pembelajaran. Akhlak: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Filsafat, 1(4), 303–320.
Ihza, M. M., Jumadi, J., & Satrio, A. (2024). Analisis Dampak Media Sosial Tiktok Terhadap Pendidikan Karakter di Era Teknologi 4.0. J-INSTECH, 5(2), 105–121.
Iqbal, M., Panjaitan, A. Y., Helvirianti, E., Nurhayati, N., & Ritonga, Q. S. P. (2024). Relevansi pendidikan karakter dalam konteks pendidikan Islam: Membangun generasi berkarakter islami. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 13–22.
Istianah, A., Maftuh, B., & Malihah, E. (2023). Konsep Sekolah Damai: Harmonisasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Education and Development, 11(3), 333–342.
Iswatiningsih, D. (2019). Penguatan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai kearifan lokal di sekolah. Satwika: Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 3(2), 155–164.
Iwan, I. (2020). Merawat sikap sopan santun dalam lingkungan pendidikan. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1).
Larasati, L. (2020). Peran Orang Tua dalam Membentuk Karakter Sopan Santun Anak atas Dampak Media Sosial (Studi Kasus Siswa Kelas IV di SDN 1 Jenangan). IAIN Ponorogo.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. 3rd. Thousand Oaks, CA: Sage.
Mohamad, P., Yahiji, K., Husain, R. T., & Ibrahim, S. (2024). WAWASAN AL-QURAN DAN HADIS TENTANG METODE PENDIDIKAN, DISIPLIN, DAN KETELADANAN. Al-Muhtarif: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(4), 1324–1344.
Muhibi, A. R., & Arifin, C. W. (2023). Menciptakan Sekolah Berkarakter Guna Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Indonesia. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(2), 70–78.
Muslich, M. (2022). Pendidikan karakter: menjawab tantangan krisis multidimensional. Bumi Aksara.
Nurhakim, H. Q., Sanusi, I., Nur’aeni, U., & Muhammad, G. (2024). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Guna Pencegahan Tindak Perundungan Siswa. Tapis: Jurnal Penelitian Ilmiah, 8(2), 166–178.
Nurjanah, I., & Sholeh, A. H. (2020). Implementasi Program Budaya Sekolah 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) dalam Menanamkan Sikap Religius Siswa. Qiro’ah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 10(1), 58–73.
Prasetiya, B., & Cholily, Y. M. (2021). Metode Pendidikan karakter Religius paling efektif di sekolah. Academia Publication.
Rahmalia, S. M., & Laeli, S. (2024). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Kepribadian Anak. Karimah Tauhid, 3(9), 10007–10018.
Rahman, H. L., & Mulyani, D. (2024). Dampak Dwibahasa terhadap Komunikasi dan Sosial Emosional pada Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 137–144.
Riska, R., Azis, A., & Tarman, T. (2024). Pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sosial terhadap kemampuan berbicara siswa sekolah dasar. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(1), 389–401.
Rozi, F., Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024). Strategi Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sekolah Dasar Dalam Mewujudkan Tujuan SDG 4: Pendidikan Berkualitas. PT. Penerbit Naga Pustaka.
Salsabilla, T., Ansya, Y. A., Siregar, Y. D., Agustina, S., Munthe, A. C., Ronauli, A., & Ginting, A. P. (2024). ANALISIS NILAI KEDISIPLINAN SISWA DI UPT SD NEGERI 060796 MEDAN. JGK (Jurnal Guru Kita), 9(1), 12–21.
Santika, I. G. N., & Sudiana, I. N. (2021). Insersi pendidikan karakter melalui pembelajaran bahasa Indonesia ditinjau dari perspektif teoretis. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(4), 464–472.
Saputri, S., Ardivanto, A., & Rofian, R. (2025). Penanaman Pendidikan Karakter pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 6(1), 166–173.
Sartika, R., & Ndona, J. (2024). Peran Pendidikan Pancasila Dalam Implementasi Pendidikan Karakter Di Era 4.0. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 121–134.
Setyorini, W. F., Rosyadi, M. I., Nugroho, B. S., & Wulandari, M. D. (2024). Mengelola Perubahan Karakter Dan Perkembangan Peserta Didik Di Sekolah Dasar Pada Era Digital. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 429–444.
Shinta, M., & Ain, S. Q. (2021). Strategi sekolah dalam membentuk karakter siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4045–4052.
Sholihah, S. A., & Khoiriyah, K. (2024). Literasi Keagamaan sebagai Pondasi Pengembangan Karakter Religius Siswa. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 19–39.
Sugiyono, S. (2016). Metode penelitian pendidikan : pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.
Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). CV. Alfabeta.
Suhirno, S. (2023). ANALISIS PERAN TENAGA PENDIDIK DALAM MENINGKATKAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER. Jurnal Analisis Ilmu Pendidikan Dasar, 4(1), 11–27.
Suttrisno, S., & Rofi’ah, F. Z. (2023). Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Guna Mengoptimalkan Projek Penguatan Pelajar Pancasila Madrasah Ibtidaiyah Di Bojonegoro. Pionir: Jurnal Pendidikan, 12(1). https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/view/17480/pdf
Syah, M. E., & Pertiwi, D. S. (2024). Psikologi belajar. Feniks Muda Sejahtera.
Urfa, M., Fitri, R. R., Herda, S. N., Putra, M. J. A., & Sari, M. Y. (2024). Kendala dan Solusi Guru dalam Penerapan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar di Tengah Tantangan Global. ANTHOR: Education and Learning Journal, 3(4), 24–30.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fadila Putri Lubis, Nurhasanah Br Siregar, Eka Rismaynarti Br Purba, Sari Mutiah Siregar, Rindu Akbar M Mauliddin, Anggili Pratama, Waliyul Maulana Siregar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the JGK (Jurnal Guru Kita) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)