Peningkatan Pengetahuan Siswa Tentang Tanggap Bencana di SDN 060910 Medan

Authors

  • Hidayat Hidayat Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan
  • Sukmawarti Sukmawarti Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan
  • Tanzil Hafiz Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.24114/jgk.v9i2.64692

Keywords:

Penyuluhan, Tanggap Bencana, Sekolah Dasar

Abstract

Indonesia berada di kawasan lempeng tektonik, menjadikannya rawan bencana alam. Sekitar 75% sekolah di Indonesia terletak di daerah rawan bencana, menyebabkan kerusakan lingkungan sekolah setiap tahun dan menghambat proses pendidikan. Oleh karena itu, komunitas sekolah memiliki peran penting dalam memberikan edukasi mitigasi bencana. Pengabdian ini berfokus pada penanggulangan bencana di SDN 060910 Medan dengan memenuhi aspek fasilitas, manajemen bencana, dan pendidikan pencegahan risiko bencana. Kegiatan ini melibatkan 35 siswa yang dipilih menggunakan metode simple random sampling. Tujuan pengabdian adalah meningkatkan pemahaman siswa tentang kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana di sekolah. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa fasilitas siaga bencana di sekolah masih belum lengkap, belum ada tim petugas siap siaga, dan pendidikan mitigasi bencana belum terintegrasi dalam kurikulum. Setelah diberikan penyuluhan, terjadi peningkatan pemahaman siswa dari nilai rata-rata 40,32 menjadi 71,68. Kesimpulannya, sarana prasarana siaga bencana perlu dilengkapi dan dirawat secara berkala. Kolaborasi antara pihak sekolah, komite, dan komunitas sekolah sangat penting untuk memastikan kesiapsiagaan terhadap bencana, sehingga keamanan dan proses belajar mengajar tetap terjaga dengan baik.

Author Biographies

Hidayat Hidayat, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan

Program Studi Pendidikan Matematika

Sukmawarti Sukmawarti, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan

Program Studi Pendidikan Matematika

Tanzil Hafiz, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan

References

Apriliyani, A. L., Lestari, R. Y., & Bahrudin, F. A. (2024). Implementasi Karakter Peduli Sosial Dalam Taruna Siaga Bencana (TAGANA). Academy of Education Journal, 15(2), 1317–1328.

Arfani, M. (2022). Kolaborasi pentahelix dalam upaya pengurangan risiko bencana pada destinasi wisata di Desa Kalanganyar Sidoarjo. Jurnal Syntax Transformation, 3(01), 104–120.

Arikunto, S. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi (mixed methods). Bandung : Alfabeta.

Balqis, F. N., & Hasibuan, A. (2024). Kesiapsiagaan Darurat Pada Anak Penyandang Disabilitas Dalam Menghadapi Bencana Alam di Sekolah. Alahyan Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 2(1), 59–64.

Batara, A. S. (2018). Healthy Setting Ruang Publik Perkotaan: Sebuah Konsep Terminal Sehat. CV. Social Politic Genius (SIGn).

Dhohirrobbi, A., Islamudin, M. M., Chamidah, N., & Amin, S. (2025). Membangun Kesadaran Siswa Tentang Mitigasi Bencana Gempa Bumi Melalui Program Edukasi. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 6(1), 114–122.

Efendi, A., Balqis, R. D., Anitarini, F., Rachmawan, I., Prasetyawan, R. D., & Hakim, A. K. (2024). Membangun Generasi Tangguh Bencana Meningkatkan Wawasan Dan Sikap Siswa SMPN 1 Songgon Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JUDIMAS), 2(2), 425–433.

Fazlina, R., Dinda, R. P., Idris, F., Fachruddin, F., Amir, A., Veranita, V., Sari, D. P., Malia, R., Febrianti, D., & Farizal, T. (2024). Sosialisasi Komunikasi Informasi dan Edukasi Daerah Rawan Bencana di SMP Negeri 2 Meureubo, Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar, 6(2), 262–273.

Fitriana, E. (2021). Pendidikan siaga bencana: pendekatan dalam pembelajaran geografi. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(1), 72–87.

Hasanah, N., Nur, M. A., Rahmatillah, S. A., Darwisa, D., & Putri, K. H. (2024). Analisis faktor penghambat dan upaya untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar negeri. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 3162–3169.

Husniawati, N., Indriyati, T., & Sitorus, S. (2023). Edukasi Kesiapsiagaan Bencana Banjir di Sekolah sebagai Upaya Meningkatkan Pengetahuan tentang Bencana. Media Karya Kesehatan, 6(1).

Labudasari, E., & Rochmah, E. (2020). Literasi bencana di sekolah: Sebagai edukasi untuk meningkatkan pemahaman kebencanaan. Metodik Didaktik, 16(1).

Lestari, M. I., Talamati, B. H., Akbar, H., & Kaseger, H. (2024). Sosialisasi Mitigasi Gempa Bumi Dan Tsunami: Langkah Awal Menyelamatkan Diri Di Smp Negeri 10 Bitung. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(5), 10502–10507.

Muis, I., & Anwar, K. (2018). Model Kesiapsiagaan Masyarakat dalam Pengurangan Risiko Bencana Tanah Longsor di Desa Tugumukti, Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat. Asian Social Work Journal, 3(4), 19–30.

Mujiyati, S. E. (2023). Buku Ajar Penanggulangan Bencana Alam. Penerbit P4I.

Mulyani, R., Anggraini, R., & Anif, B. (2024). Implementasi Program Pendidikan Mitigasi Bencana Pada Sekolah Menengah Atas International Kuala Lumpur Malaysia. Jurnal Implementasi Riset, 4(2), 73–80.

Rahady, M. K., & Kurniawan, F. A. (2023). Kesiapsiagaan Sekolah SD Negeri 2 Sanden Kabupaten Bantul dalam menghadapi bencana alam gempabumi. Indonesian Journal of Environment and Disaster, 2(2), 165–177.

Rahayu, I. M. (2020). Kesiapsiagaan Bencana Kebakaran di Sekolah Menengah Kejuruan. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), 4(Special 1), 306–314.

Rahma, A. (2018). Implementasi program pengurangan risiko bencana (PRB) melalui pendidikan formal. Jurnal Varidika, 30(1), 1–11.

Rahmat, H. K., Frinaldi, A., Rembrandt, R., & Lanin, D. (2024). Model kesiapsiagaan bencana berbasis sekolah melalui program satuan pendidikan aman bencana di kota tangerang. Al-Isyraq: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Dan Konseling Islam, 7(3), 655–668.

Rijanta, R., Hizbaron, D. R., & Baiquni, M. (2018). Modal sosial dalam manajemen bencana. UGM PRESS.

Rohaendi, N., Setiawan, I. F., Suwargana, H., & Herlinawati, H. (2023). Strategi Pengurangan Risiko Bencana Gerakan Tanah Melalui Pendidikan dan Pelatihan Tentang Kebencanaan Bagi Masyarakat. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 2337–2348.

Rokhmaniyah, M. P., Suryandari, K. C., Fatimah, S., & Mahmudah, U. (2022). Anak putus sekolah, dampak, dan strategi mengatasinya. CV Pajang Putra Wijaya.

Rumondor, A. G., Sentinuwo, S. R., & Sambul, A. M. (2019). Perancangan jalur terpendek evakuasi bencana di kawasan boulevard manado menggunakan algoritma dijkstra. Jurnal Teknik Informatika, 14(2), 261–268.

Septaria, K., Fatharani, A., Dewanti, B. A., & Utami, Z. R. (2024). Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) Berbasis Partisipatory Rural Appraisal di Madrasah Aliyah Sunan Santri Lamongan. TAAWUN, 4(02), 229–240.

Siahay, M. C., Aryadi, A., Londongsalu, J., Adnan, S., Wulansari, I., Ampangallo, B., Serang, R., Rachman, R. M., Sopacua, H. A. I., & Leda, J. (2024). Pengantar Perencanaan Kota. Tohar Media.

Sopacua, Y., & Salakay, S. (2020). Sosialisasi Mitigasi Bencana oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Ambon. Communicare: Journal of Communication Studies, 7(1), 1–17.

Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). CV. Alfabeta.

Sumendap, R. (2022). Peran Public Relations Antara Sekolah Dan Masyarakat Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar (Studi Kasus Di Sekolah Dasar Kecamatan Tondano Selatan Kabupaten Minahasa). Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 655–662.

Tjandra, K. (2018). Empat bencana geologi yang Paling Mematikan. UGM PRESS.

Try, N., Manalu, F., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Pembelajaran Mitigasi Bencana Banjir Terhadap Siswa Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 290–302.

Umum, D. P. (2006). Pedoman Teknis Rumah dan Bangunan Gedung Tahan Gempa. Jakarta, Departemen Pekerjaan Umum.

Widodo, E., & Dwiningrum, S. I. A. (2024). Program Satuan Pendidikan Aman Bencana dalam Perspektif Teori Kognitif SosialProgram Satuan Pendidikan Aman Bencana dalam Perspektif Teori Kognitif Sosial. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 12(3), 294–304.

Wigena, I. B. W. (2024). Panggung Belakang Sekolah: Sebuah Refleksi Sosiologis. Nilacakra.

Wimala, M., Candra, A. O., & Setiawan, T. H. (2022). Potensi Pengembangan Persyaratan Standar Jalur Evakuasi dan Titik Kumpul pada Bangunan Sekolah di Indonesia. RekaRacana: Jurnal Teknil Sipil, 8(3), 185.

Yandy, E., Lestiyani, T. E. K., & Sundari, C. (2024). Hak Anak Usia Dini Dalam Sistem Ketatanegaraan di Indonesia. Generasi Emas, 7(1), 48–65.

Yusuf, Z. K., Panai, A. H., & Jusuf, M. I. (2024). Model Pendidikan Sekolah Siaga Bencana. Penerbit Adab.

Zuama, S. N. (2024). Pendidikan mitigasi bencana likuefaksi dengan model circuit play sebagai upaya pengembangan psikomotorik anak PAUD. Jurnal Warna: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 9(02).

Downloads

Published

2025-03-29

How to Cite

Hidayat, H., Sukmawarti, S., & Hafiz, T. (2025). Peningkatan Pengetahuan Siswa Tentang Tanggap Bencana di SDN 060910 Medan. JGK (Jurnal Guru Kita), 9(2), 400–411. https://doi.org/10.24114/jgk.v9i2.64692

Issue

Section

Articles