Pengaruh Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepemimpinan Inkuiri Apresiatif Terhadap Kualitas Pembelajaran di SD Negeri Kecamatan Singorojo

Authors

  • Dewi Nur Laksmi Astutiningtyas Universitas PGRI Semarang
  • Widya Kusumaningsih Universitas PGRI Semarang
  • Nurkolis Nurkolis Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.24114/jgk.v9i2.64694

Keywords:

Pengelolaan Kinerja Guru, Kepemimpinan Inkuiri Apresiatif, Kualitas Pembelajaran

Abstract

Sebagian besar satuan pendidikan di wilayah Daerah Binaan 1 Kecamatan Singorojo terdapat penurunan nilai capaian rapor pendidikan, hal tersebut menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran belum mengalami peningkatan yang signifikan. Penurunan ini disebabkan berbagai faktor penting yaitu pengelolaan kinerja guru dan kepemimpinan inkuiri apresiatif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kinerja guru dan kepemimpinan inkuiri apresiatif terhadap kualitas pembelajaran guru di SD Negeri Kecamatan Singorojo. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional kausal. Penelitian dilaksanakan bulan Agustus-Desember 2024 di SD Negeri Kecamatan Singorojo. Populasi pada penelitian ini adalah para guru di 13 SD Negeri Kecamatan Singorojo sebanyak 138. Dengan menggunakan teknik proporsional random sampling, sampel penelitian ini sebesar 103 guru. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner. Analisis data meliputi statistik deskriptif, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh pengelolaan kinerja guru terhadap kualitas pembelajaran guru di SD Negeri Kecamatan Singorojo (sig 0,000 < 0,05). 2) Ada pengaruh kepemimpinan inkuiri apresiatif terhadap kualitas pembelajaran guru di SD Negeri Kecamatan Singorojo (sig 0,000 < 0,05). 3) Ada pengaruh pengelolaan kinerja guru dan kepemimpinan inkuiri apresiatif terhadap kualitas pembelajaran guru di SD Negeri Kecamatan Singorojo (sig 0,000 < 0,05).

Author Biographies

Dewi Nur Laksmi Astutiningtyas, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana

Widya Kusumaningsih, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana

Nurkolis Nurkolis, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana

References

Abduloh, S. P., Suntoko, M. P., Tedi Purbangkara, S. P., & Ade Abikusna, M. P. (2022). Peningkatan dan pengembangan prestasi belajar peserta didik. Uwais Inspirasi Indonesia.

Aisyah, U. N., & Bustam, B. M. R. (2024). Asesmen Autentik dalam Kurikulum Merdeka Perspektif Teori Humanisme. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 8(1), 14–27.

Alanny, K. M., & Fuad, N. (2024). Peran Supervisi Akademik, Komunikasi Interpersonal, Disiplin Kerja, dan Motivasi Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Lampung, 611–618.

Ansya, Y. A., Alfianita, A., Syahkira, H. P., & Syahrial, S. (2024). Peran Evaluasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 6(2), 173–184. https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i2.15030

Ansya, Y. A., & Mailani, E. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar melalui Program Kampus Mengajar 7. FONDATIA, 8(4), 772–789.

Aulia, F. N., Robiansyah, F., & Suprianto, O. (2025). Analisis Implementasi Prinsip The Seven Habits dalam Membina Karakter Siswa di Sekolah Dasar. PROSPEK, 4(1), 18–25.

Darmayanti, R., Sukriyah, Y., Sahara, N., Suprayitno, K., & Susetyarini, R. E. (2024). Behaviorisme dalam Pendidikan: Pembelajaran Berbasis Stimulus-Respon. Penerbit Adab.

Diana, R., Kristiawan, M., & Wardiah, D. (2021). Pengaruh kepemimpinan dan kinerja guru terhadap mutu Pembelajaran. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(3), 769–777.

Elfrianto, H., Pd, S., & Lesmana, G. (2022). Metodologi Penelitian Pendidikan. umsu press.

Fahmi, A., Hardiansyah, H., & Suryanata, I. M. A. (2018). Hubungan kinerja guru dengan mutu pendidikan di sekolah. Jurnal Visionary: Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 2(2).

Fathurrohman, M. (2017). Belajar dan pembelajaran modern: konsep dasar, inovasi dan teori pembelajaran. Garudhawaca.

Febrianty, S. E., & Muhammad, S. (2023). KEPEMIMPINAN APRESIATIF: MENDORONG PERTUMBUHAN DAN KETERLIBATAN DI TEMPAT KERJA. UPPM universitas malahayati.

Hadiyanto, P., Nurkolis, N., & Haryati, T. (2024). Manajemen Digitalisasi Sekolah di Sekolah Dasar Negeri 2 Patukangan Kabupaten Kendal. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 5(2), 783–793.

Hasan, M., & Anita, A. (2022). Implementasi Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Kompetensi Dan Kinerja Guru Di MA Al Ishlah Natar Dan MA Mathlaul Anwar Cinta Mulya. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 6(1), 85–97.

Hazmi, J., Akbar, M. A., Hastuti, H., Roeslani, R. D., Adiningsih, B. S., Faida, N., Wardani, U., & Juliana, J. (2024). Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Fondasi Bagi Generasi Berintegritas. JCES (Journal of Character Education Society), 7(4), 377–387.

Hendrik Dewantara, S. E. (2024). Membangun masa depan pendidikan: Inovasi dan tantangan dalam sertifikasi guru di Indonesia. PT Indonesia Delapan Kreasi Nusa.

Hidayat, A. A. (2021). Cara Mudah Menghitung Besar Sampel. Health Books Publishing.

Husen, K. (2021). Pengaruh Kinerja Guru terhadap Kualitas Pembelajaran Peserta Didik di SMA Yayasan Pengembangan Ilmu Pengetahuan (YAPIP) Makassar. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Iswahyudi, M. S., Irianto, I., Salong, A., Nurhasanah, N., Leuwol, F. S., Januaripin, M., & Harefa, E. (2023). Kebijakan dan inovasi pendidikan: Arah pendidikan di masa depan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Juhadira, J., Hasniati, H., Ririk, R., Lilianti, L., & Nasir, N. (2024). Implementasi Metode Coaching dalam Supervisi Akademik. Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH), 6(1), 1–11.

Kusmaniar, K., Kasmini, L., & Sariakin, S. (2024). Pengaruh Platform Merdeka Mengajar (PMM) dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Rayon 2 Aceh Selatan. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 6(4), 817–826.

Kusumaningrum, H., Hakim, A. R., Rajab, A. R. N., & Kiram, R. F. (2024). Implementasi Model Manajemen Strategik Sumber Daya Manusia Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan. GEMILANG: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 4(3), 115–127.

Lahagu, S. E., Kustiawan, B., & Adhicandra, I. (2024). Manajemen pendidikan: Teori & referensi komprehensif untuk pengembangan dan kemajuan pendidikan di Indonesia. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Lase, D. R., Iriani, A., & Waruwu, M. (2023). Implementasi Appreciative Inquiry dalam Perencanaan Strategis untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 13(2), 168–180.

Lastini, F., Sutama, S., & Fatoni, A. (2024). PENGELOLAAN SUPERVISI AKADEMIK SEBAGAI STRATEGI MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(03), 221–234.

Ledia, S. L., & Bustam, B. M. R. (2024). Implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(1), 790–816.

Lembong, J. M., Lumapow, H. R., & Rotty, V. N. J. (2023). Implementasi merdeka belajar sebagai transformasi kebijakan pendidikan. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(2), 765–777.

Nadzifah, A., & Prawansyah, P. (2025). PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENDAMPINGAN GURU UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SMKN 1 KARIMUNJAWA. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 278–292.

Nur’ainah, N., Muazza, M., & Rahman, K. A. (2022). Persepsi guru tentang implementasi asesmen nasional sebagai alat evaluasi sistem pendidikan di MIN Batanghari. Manazhim, 4(2), 411–426.

Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi penelitian sosial. Media Sahabat Cendekia.

Nurwahidah, I., Iskandar, S., & Mulyati, T. (2023). Program Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1281–1289.

Nuryani, L. K. (2025). Manajemen Mutu Pendidikan: Strategi Penjaminan dan Peningkatan Mutu di Lembaga Pendidikan. Indonesia Emas Group.

Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatif Pembuatan Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.

Prastowo, A. (2018). Sumber belajar dan pusat sumber belajar: Teori dan Aplikasinya di Sekolah/Madrasah. Kencana.

Puspasari, Y., Hidayat, R., & Wulandari, D. (2025). Peningkatan Komitmen Terhadap Profesi Melalui Penguatan Kepribadian, Dan Pemberdayaan Guru, Dimediasi Oleh Kepuasan Kerja. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN, 13(1), 17–26.

Raharjo, A. B. (2023). SUPERVISI PENDIDIKAN Fungsi Kepemimpinan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu. Samudra Biru.

Raini, A., Khodijah, N., & Suryana, E. (2022). Analisis kebijakan tentang pedagogie dan penilaian pendidikan (AKM= Asesmen Kompetensi Minimum, survey karakter dan survey lingkungan belajar). MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 9(1), 131–142.

Roesminingsih, M. V., Widyaswari, M., Rosyanafi, R. J., & Zakariyah, F. (2024). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bayfa Cendekia Indonesia.

Rohim, D. C. (2021). Konsep asesmen kompetensi minimum untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa sekolah dasar. Jurnal Varidika, 33(1), 54–62.

Rozi, F., Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024). Strategi Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sekolah Dasar Dalam Mewujudkan Tujuan SDG 4: Pendidikan Berkualitas. PT. Penerbit Naga Pustaka.

Saifullah, A. M. M., Karnati, N., & Arbah, F. (2024). Bagaimana Peran Kepemimpinan Transformasional, Technological Pedagogical Content Knowledge, dan Efkasi Diri Dalam Meningkatkan Kinerja Guru? Penerbit Adab.

Satriawan, W., Santika, I. D., & Naim, A. (2021). Guru penggerak dan transformasi sekolah dalam kerangka inkuiri apresiatif. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 11(1), 1–12.

Sugiyono, S. (2016). Metode penelitian pendidikan : pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.

Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). CV. Alfabeta.

Susiani, S., Syukurman, S., Adam, A., Arwiah, A., Yanti, D. N., Istiqomah, N., Ningsih, H. W., Simajuntak, L., Jamilah, A. S., & Nurhidayati, S. (2023). Peran Fasilitator Dalam Upaya Peningkatan Keterampilan Calon Guru Penggerak (CGP) Di Kalimantan Timur Dalam Memahami Inkuiri Apresiatif Bagja Pada Modul 1.3. Edu Sociata: Jurnal Pendidikan Sosiologi, 6(1), 257–264.

Taali, M., Darmawan, A., & Maduwinarti, A. (2024). Teori dan Model Evaluasi Kebijakan: Kajian kebijakan kurikulum pendidikan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Tampubolon, P. D. S. R. (2023). Manajemen Sekolah Terkait Analisis Pendekatan Hubungan Manusia terhadap Partisipasi Guru Pendidikan dalam Pengambilan Keputusan. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(2), 447–475.

Tanggulungan, L., & Sihotang, H. (2023). Coaching Model Tirta dalam Supervisi Akademik: Strategi Inovatif untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31399–31407.

Widiana, I. W., Gading, I. K., Tegeh, I. M., & Antara, P. A. (2023). Validasi Penyusunan Instrumen Penelitian Pendidikan. PT. RajaGrafindo Persada-Rajawali Pers.

Witono, S., & Hadi, M. S. (2025). Numerasi dan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 2489–2496.

Downloads

Published

2025-03-29

How to Cite

Astutiningtyas, D. N. L., Kusumaningsih, W., & Nurkolis, N. (2025). Pengaruh Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepemimpinan Inkuiri Apresiatif Terhadap Kualitas Pembelajaran di SD Negeri Kecamatan Singorojo. JGK (Jurnal Guru Kita), 9(2), 412–427. https://doi.org/10.24114/jgk.v9i2.64694

Issue

Section

Articles