Pemanfaatan E-Book Story untuk Meningkatkan Literasi Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24114/jgk.v9i2.64696Keywords:
Pemanfaatan, E-Book Story, Literasi Membaca, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengkaji secara mendalam pemanfaatan E-Book Story sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan literasi membaca peserta didik sekolah dasar. Literasi membaca merupakan kemampuan fundamental yang berperan penting dalam memahami berbagai bidang ilmu, namun tingkat literasi membaca di Indonesia masih tergolong rendah. E-Book Story, dengan fitur interaktif seperti text-to-speech, animasi, ilustrasi, dan efek suara, menawarkan pendekatan yang menarik untuk membangkitkan minat dan keterampilan membaca peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur, di mana data dikumpulkan melalui berbagai penelitian dan publikasi terkait penggunaan E-Book Story dalam pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan E-Book Story secara signifikan membantu peserta didik dalam memperkaya kosakata, memahami isi teks dengan lebih baik, dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Studi juga mengungkapkan bahwa fitur interaktif pada E-Book Story membuat proses membaca lebih menyenangkan, sehingga meningkatkan motivasi dan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran. Namun, tantangan dalam implementasi, seperti keterbatasan akses teknologi dan kurangnya keterampilan guru, masih perlu diatasi. Kesimpulannya, E-Book Story memiliki potensi besar sebagai media inovatif dalam meningkatkan literasi membaca, terutama jika didukung oleh infrastruktur yang memadai dan pelatihan guru yang optimal.References
Ahyar, A. M., & Zumrotun, E. (2023). Upaya Meningkatkan Budaya Literasi di Sekola Dasar Melalui Implementasi Progam Kampus Mengajar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 291–301.
Ameli, T., & Purwati, P. D. (2024). PENERAPAN MEDIA CANVA NARASI BERBANTUAN E-ASSESSMENT QUIZWHIZZER UPAYA PENINGKATAN SIKAP KRITIS DAN KEMAMPUAN MEMBACA KELAS IV SD. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(04), 231–242.
Andrea, J., Sakinah, F., & Gistituati, N. (2024). Merdeka Belajar Dalam Revolusi Pendidikan Indonesia Di Era Disrupsi. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 7158–7175.
Anggraeni, M., & Mukhlis, M. (2023). Asesmen kompetensi minimum literasi membaca siswa di sd negeri 09 merangkai. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(1), 313–325.
Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225
Ansya, Y. A., & Mailani, E. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar melalui Program Kampus Mengajar 7. FONDATIA, 8(4), 772–789.
Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024). Project Based Learning sebagai Model Pembelajaran yang Efektif untuk Meningkatkan Creative Thinking Siswa Sekolah Dasar. Journal of Contemporary Issue in Elementary Education, 2(2), 121–128. https://doi.org/10.33830/jciee.v2i2.10069
Ansya, Y. A., Salsabilla, T., & Rozi, F. (2025). Strategi Inovatif dalam Pengembangan Media Pembelajaran Sekolah Dasar di Era Society 5.0. Cahya Ghani Recovery.
Apfani, S., & Tulljanah, R. (2025). Keterampilan Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar. MEGA PRESS NUSANTARA.
Ariani, M., Zulhawati, Z., Haryani, H., Zani, B. N., Husnita, L., Firmansyah, M. B., Karuru, P., & Hamsiah, A. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Era Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Aryani, W. D., & Purnomo, H. (2024). Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam Budaya Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar di Indonesia. MIND Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Budaya, 4(2), 47–68.
Badruttamam, C. A. (2025). STRATEGI KEPALA MADARASAH IBTIDAIYAH DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK. At-Tahsin: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 38–55.
Bungsu, A. P., & Dafit, F. (2021). Pelaksanaan Literasi Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 522–527. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.40796
Cynthia, R. E., & Sihotang, H. (2023). Melangkah bersama di era digital: pentingnya literasi digital untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31712–31723.
Devianty, R., & Sari, Y. (2022). Peran Keluarga dalam Mengoptimalkan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Raudhah, 10(1).
Dewi, D. P., Sismulyasih, N., Putri, D. S., & Afni, N. (2023). Pemain bit ipas pengembangan media interaktif berbasis it ipas. Cahya Ghani Recovery.
Dewi, F. I. R., Sakuntalawati, L. V. R. D., & Mulyawan, B. (2024). Pencegahan Cyberbullying Berbasis Pemanfaatan Online Resilience dan Karakter Remaja. Deepublish.
Dinihari, Y., Rafli, Z., & Boeriswati, E. (2025). INOVASI BAHAN AJAR LITERASI: Pendekatan Gamifikasi dan Pedagogi Modern. EDUPEDIA Publisher, 1–191.
Fadil, K., Amran, A., & Alfaien, N. I. (2023). Peningkatan Kualitas Pendidikan Dasar Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Mewujudkan Suistanable Developments Goal’s. Attadib: Journal of Elementary Education, 7(2).
Fadlilah, N., Wuryandini, E., & Sulianto, J. (2024). ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM BUDAYA LITERASI DALAM UPAYA PENINGKATAN MINAT BACA SISWA SEKOLAH DASAR. JURNAL KOULUTUS, 7(2), 165–179.
Fatwa, A. (2023). Implementasi Pembelajaran Karakter Religius Siswa SDIT Alam Bina Insani Melalui E-Book Cerita. Indonesian Journal of Islamic Elementary Education, 3(1), 53–66.
Febriani, D. R., Indriyani, I., Fauziyah, A. S., Divania, A. S., & Maulidah, N. (2025). Peran Literasi Digital dalam Pembentukan Etika Sosial di Dunia Maya Pada Siswa SD. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 858–865.
Grashinta, A., Dewi, N. W. R., Windayani, N. L. I., Wijaya, I. P., Iswantiningtyas, V., Novita, D., Ningsih, R., Lestariningrum, A., Ratnawati, V., & Mary, E. (2025). PENGANTAR PENDIDIKAN ANAK. Penerbit Widina.
Hafizah, H., Rahmat, A., & Rohman, S. (2022). Pembelajaran sastra anak dalam membentuk karakter di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 7(2), 137–144.
Harizqi, M. I. F., Yoharti, A., Hanifah, R., & Aeni, A. N. (2024). PENGEMBANGAN E-BOOK FUN FACT KISAH EDISI NABI ISA AS PADA PEMBELAJARAN PAI KELAS II SEKOLAH DASAR. JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED, 15(2), 393–412.
Hidayati, N., & Nugrahani, F. (2024). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis dan Minat Baca Terhadap Kemampuan Literasi Digital. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3201–3212.
Kanusta, M. (2021). GERAKAN LITERASI DAN MINAT BACA. CV. Azka Pustaka.
Labuem, S., Awal, R., Suleman, N., Monoarfa, F., Butsiarah, B., Kunusa, W. R., Kholifah, N., Ritonga, M. W., Simarmata, J., Lubis, M., Ansya, Y. A., Alim, B., & Pasaribu, E. Z. (2025). Inovasi Media Pembelajaran Digital. Yayasan Kita Menulis.
Latifah, A. N., & Sa’diyah, H. (2024). Strategi Pengelolaan Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Di Era Digital. TADWIN: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 5(2), 115–125.
Madu, F. J., & Jediut, M. (2022). Membentuk literasi membaca pada peserta didik di sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 631–647.
Mahfiroh, R. U., & Nurtamam, M. E. (2025). ANALISIS KEGIATAN KLINIK BACA DENGAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR DI UPTD SDN KRATON 1. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS), 5(1), 302–313.
Mutoffar, M. M., & Yuyun, L. (2024). Pintar Literasi dan Numerasi: Panduan Praktis untuk Guru/Dosen dan Orang Tua. Penerbit NEM.
Nurkhasyanah, A., Asriani, A., Apriloka, D. V., & Triani, L. (2024). Membangun Minat Baca Anak Usia Dini dengan Menggunakan Buku Bercerita Bergambar. Jurnal Anak Bangsa, 3(2), 235–246.
Panggabean, J. Z. Z., Januaripin, M., Husnita, L., Wulandari, T., Pureka, M. N. Y., Arsyati, A. M., Mardiawati, M., Kmurawak, R. M. B., Supriatna, A., & Dharmayanti, P. A. (2024). Teknologi Media Pembelajaran: Penerapan Teknologi Media Pembelajaran di Era Digital. PT. Green Pustaka Indonesia.
Pare, A., & Sihotang, H. (2023). Pendidikan Holistik untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27778–27787. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/11268
Prasrihamni, M., Zulela, Z., & Edwita, E. (2022). Optimalisasi penerapan kegiatan literasi dalam meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 128–134.
Press, U. G. M. (2021). Perempuan Dan Literasi Digital: Antara Problem, Hambatan, Dan Arah Pemberdayaan. UGM PRESS.
Press, U. G. M. (2025). Tantangan Presiden Ke-8 Republik Indonesia: Pemikiran Akademisi Universitas Gadjah Mada. UGM PRESS.
Prihatin, M. (2022). Literasi Dalam Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Madrasah Ibtidaiyah (Mi) Muhammadiyah Toyareka Purbalingga. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto (Indonesia).
Rahmawaty, M. E. (2021). Strategi Kepala Sekolah dalam Upaya Memotivasi Minat Membaca Buku Digital Siswa. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan Volume, 9(1), 13–23.
Rakhman, P. A., Salsyabila, A., Nuramalia, N., & Gustiani, P. E. (2024). Meningkatkan motivasi belajar siswa di SDN Cilampang melalui media pembelajaran digital dan konvensional. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 5(2), 615–622.
Ramadhanti, T. P., Rakhman, P. A., & Rokmanah, S. (2023). Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Membaca Peserta Didik Melalui Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 12(2), 154–166.
Riyanti, A. (2021). Keterampilan membaca. Penerbit K-Media.
Rokfah, M., & Diana, E. (2024). Manajemen Perpustakaan Dalam Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Pada Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(3).
Rozi, F., Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024). Strategi Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sekolah Dasar Dalam Mewujudkan Tujuan SDG 4: Pendidikan Berkualitas. PT. Penerbit Naga Pustaka.
Sa’ud, U. S., Musthafa, B., & Sajawandi, L. (2021). Model Pembelajaran Membaca Terpadu berbasis Sastra Anak untuk Meningkatkan Minat dan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah. Penerbit NEM.
Sari, Y., Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Putri, P. A. (2023). STUDI LITERATUR : UPAYA DAN STRATEGI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA. Jurnal Guru Kita PGSD, 8(1), 9–26. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i1.53931
Sari, Y. R., Ayuh, E. T., & Gunawan, H. (2025). Pengembangan Minat Baca Anak Melalui Latihan Membaca di Desa Padang Pelasan. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 8(1), 115–123.
Sembiring, I. H. R. U., & Rohimah, I. (2021). Daya Saing Indonesia di Era Globalisasi. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Setiawan, Z., Pustikayasa, I. M., Jayanegara, I. N., Setiawan, I. N. A. F., Putra, I. N. A. S., Yasa, I. W. A. P., Asry, W., Arsana, I. N. A., Chaniago, G. G., & Wibowo, S. E. (2023). PENDIDIKAN MULTIMEDIA: Konsep dan Aplikasi pada era revolusi industri 4.0 menuju society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Silalahi, L. M. O., & IP, S. (2025). LITERASIKU DI ERA SOCIETY 5.0. Uwais Inspirasi Indonesia.
Sitohang, E. M. K., Listiyani, A., & Nurhayati, C. (2023). Penerapan Metode Membacakan Buku Cerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia Lima Sampai Enam Tahun di Tk XYZ [Application of the Story Book Reading Method to Improve the Literacy Skills of Five to Six Year Old Children in XYZ Kindergarten]. Jurnal Teropong Pendidikan, 3(1), 39–51.
Sugara, U. (2024). Persepsi Calon Guru Sekolah Dasar Terhadap Pengajaran Folklor: Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 153–168.
Sugiharto, R., & Susanto, R. (2024). Penggunaan audio book dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia untuk keterampilan membaca dongeng pada siswa di sekolah dasar. Education and Social Sciences Review, 5(2), 70–79.
Sugihartono, C. D. J. (2024). PENGEMBANGAN HALAMAN INFORMASI CERITA RAKYAT UNTUK PENGUATAN LITERASI KEARIFAN LOKAL PADA KELAS IX C SMPN 1 TEMPUREJO JEMBER: PENGEMBANGAN HALAMAN INFORMASI CERITA RAKYAT UNTUK PENGUATAN LITERASI KEARIFAN LOKAL PADA KELAS IX C SMPN 1 TEMPUREJO JEMBER. Serunai: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 10(1).
Sugiyono, S. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono, S. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta.
Suherdi, D. (2021). Peran literasi digital di masa pandemik. Cattleya Darmaya Fortuna.
Suryanto, I. W., Astuti, N. M. E. O., Prastyandhari, I. G. A. I. M., Pd, S., & Sentosa, I. P. P. (2024). Buku Referensi Peran Ganda Guru: Sebagai Pendidik Dan Orang Tua Di Era Digital. Uwais Inspirasi Indonesia.
Susanti, S., Dewi, P. I. A., Saputra, N., Dewi, A. K., Wulandari, F., Kusumawardan, R. N., Bahtiar, I. R., & Sholeh, M. (2022). Desain media pembelajaran SD/MI. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Triana, J., Sismulyasih, N., Putri, A. K., & Ayuningsih, M. T. (2023). Inovasi Media Raih Sukses Mengajar. Cahya Ghani Recovery.
Wang, C., Zhang, M., Sesunan, A., & Yolanda, L. (2023). Peran teknologi dalam transformasi pendidikan di Indonesia. Kemdikbud, 4(2), 1–7.
Widiastini, N. W. E., Triastuti, N. K. S., Supariawan, K. A., Dewanthi, N. P. I., Ratnasari, G. M., & Pradnyana, I. M. Y. (2024). Pop Up Book Digital: Daya Tarik Unik Meningkatkan Minat Baca. Nilacakra.
Widyahening, C. E. T., Handayani, S., Al Hakim, L., Sari, A. I., & Ma’fiyah, I. (2024). Tantangan dan Tren Dalam Pendidikan Bahasa Inggris: Panduan Praktis Untuk Guru Profesional. UnisriPress.
Zulaichah, L., Ekawati, R., & Kusumaningrum, S. R. (2025). Efektivitas Literacy Cloud dalam Meningkatkan Motivasi dan Pemahaman Membaca Siswa SD: Studi Kasus di SDN Percobaan 2 Malang. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Anggun Destiani Safitri, Ayu Katmianti, Pradnya Paramitha, Supriyadi Supriyadi, Amrina Izzatika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the JGK (Jurnal Guru Kita) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)