Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Perencanaan Berbasis Data Terhadap Akuntabilitas Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.24114/jgk.v9i2.64698Keywords:
Kepemimpinan Transformasional, Perencanaan Berbasis Data, Akuntabilitas PendidikanAbstract
Penelitian ini mengkaji pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan perencanaan berbasis data terhadap akuntabilitas pendidikan di sekolah dasar di Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian eksplanatori, data dikumpulkan melalui kuesioner yang didistribusikan kepada responden. Analisis dilakukan melalui uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji hipotesis. Penelitian ini dilaksanakan pada Juli 2024 hingga Februari 2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap akuntabilitas pendidikan, dengan nilai F-hitung sebesar 613,153 (lebih besar dari F-tabel 3,94) dan nilai signifikansi 0,000 (<0,05), serta nilai R-square sebesar 85,9%, yang dikategorikan sangat kuat. Demikian pula, perencanaan berbasis data memiliki pengaruh signifikan terhadap akuntabilitas pendidikan dengan nilai F-hitung 685,312, nilai signifikansi 0,000 (<0,05), dan nilai R-square sebesar 87,2%, yang juga dikategorikan sangat kuat. Secara simultan, kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan perencanaan berbasis data berpengaruh signifikan terhadap akuntabilitas pendidikan, dengan nilai F-hitung 429,952, nilai signifikansi 0,000 (<0,05), dan nilai R-square sebesar 89,5%, yang menunjukkan pengaruh yang sangat kuat. Hasil penelitian ini menegaskan pentingnya kepemimpinan transformasional dan perencanaan berbasis data dalam meningkatkan akuntabilitas sekolah.References
Akbar, P. C., Kusbandrijo, B., & Widodo, J. (2025). Evaluasi Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Raba Kota Bima. JURNAL SYNTAX IMPERATIF: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 5(6), 1280–1292.
Ambalele, E., & Tellu, A. H. (2023). Pentingnya kepemimpinan transformasional dalam manajemen sumber daya manusia. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 984–992.
Arikunto, S. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi (mixed methods). Bandung : Alfabeta.
Armiyanti, A., Sutrisna, T., Yulianti, L., Lova, N. R., & Komara, E. (2023). Kepemimpinan Transformasional Dalam Meningkatkan Kinerja Layanan Pendidikan. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(2), 1061–1070.
Asri, A., Siregar, N. A. N., Liza, S., & Hidayatullah, R. (2024). Pengembangan Sistem Keuangan Sekolah Berbasis Teknologi Untuk Mendukung Transformasi Society 5.0. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 2(4), 216–224.
Banding, M. P. (2024). Meningkatkan Kinerja Sekolah Melalui Dana Bos: Analisis Efektivitas. Mega Press Nusantara.
Bunbaban, Y. S., Iriani, A., & Waruwu, M. (2022). Evaluasi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan dengan Menggunakan Model CIPP. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2), 223–237.
Candrarini, B., & Mulyono, R. (2024). Manajemen strategi pada kurikulum pendidikan sebagai bidang garap manajemen pendidikan. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 27–40.
Efendi, F., Sunaryo, H., & Harijanto, D. (2023). Efektivitas kepemimpinan transformasional kepala sekolah melalui komitmen kerja terhadap kinerja guru merdeka belajar. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 11(2), 19–32.
Farid, A. (2024). Kepemimpinan Transformasional Dalam Meningkatkan Mutu Madrasah Ibtidaiyah Wali Songo Asy-Syirbaany Tangerang Selatan. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1767–1780.
Febrianti, I., Tuffahati, J., Rifai, A., Affandi, R. H., Pradita, S., Akmalia, R., & Siahaan, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Dalam Manajemen Perencanaan Pendidikan Untuk Meningkatkan Efisiensi Pendidikan. Academy of Education Journal, 14(2), 506–522.
Hamzah, R. A. (2024). Kegiatan Lokakarya Perencanaan Berbasis Data Program Sekolah Penggerak Angkatan I Tahun Ketiga di Kabupaten Soppeng. Madani: Indonesian Journal of Civil Society, 6(1), 53–64.
Harsoyo, R. (2022). Teori kepemimpinan transformasional Bernard M. Bass dan aplikasinya dalam peningkatan mutu lembaga pendidikan Islam. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 3(2), 247–262.
Hartono, I., Ilyasin, M., & Suratman, S. (2025). Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Budaya Kerja Guru. Journal of Instructional and Development Researches, 5(1), 86–96.
Iriana, U., Trihantoyo, S., Nursalim, M., Khamidi, A., Sholeh, M., & Amalia, K. (2025). LITERATURE REVIEW: STRATEGI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN SIKAP HANDARBENI GURU DI LEMBAGA PAUD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 231–242.
Lukman, U., Hardhienata, H. S., & Martinus Tukiran, S. T. (2024). “KLIK” MODEL EFEKTIF PENYUSUNAN RENSTRA ORGANISASI PENDIDIKAN. Rizmedia Pustaka Indonesia.
Mardiasmo, D. (2021). Akuntabilitas dalam Sektor Publik. Salemba Empat.
Mardizal, J., Anggriawan, F., Al Haddar, G., & Arifudin, O. (2023). Model Kepemimpinan Transformational, Visioner dan Authentic Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Era 4.0. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 2994–3003.
Mukaddamah, I. (2024). Peran Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru: Studi Kasus di Sekolah Dasar. Al-Mikraj Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-Issn 2745-4584), 5(01), 438–448.
Musakirawati, M., Jemmy, J., Anggriawan, F., Triansyah, F. A., Akib, A., & Tahir, A. (2023). Pemanfaatan platform Rapor Pendidikan Indonesia terhadap perencanaan berbasis data. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 7(2), 201–208.
Muthalib, A., Abun, A. R., & Linda, R. (2025). Perencanaan Berbasis Data dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Pendidikan di SMP Al Furqon dan SMP Asy Syafaah Kabupaten Jember. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 3(2), 138–151.
Nikmah, N., Tumeko, D. S. B., & Murniati, N. A. N. (2024). DAMPAK PERENCANAAN BERBASIS DATA TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 341–353.
Novayanti, N., Warman, W., & Dwiyono, Y. (2023). Implementasi Program Sekolah Penggerak dalam Kebijakan Pendidikan Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 3, 151–160.
Rachman, D., Setiawan, D., & Nugraha, R. M. T. (2022). Pengaruh Akuntabilitas Dan Transparansi Terhadap Efektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah Di SMA Sasama. Akurat| Jurnal Ilmiah Akuntansi FE UNIBBA, 13(03), 73–86.
Rakhmat, R. (2018). Administrasi dan Akuntabilitas Publik. Penerbit Andi.
Ramadhani, M. A., Setiawan, Z., Fadhilah, N., Istiqamah, S. H. N., Adisaputra, A. K., Sabarwan, D. N., Maranjaya, A. K., & Tawil, M. R. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia: Mengoptimalkan Potensi dan Kinerja Organisasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Riatmaja, D. S., Andriani, N., Purwadisastra, D., Rukhmana, T., Ikhlas, A., & Wonmally, W. (2024). Hubungan Kepemimpinan Transformasi, Kelelahan Emosional, Karakteristik Individu, Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja dengan Komitmen Organisasional pada Guru SMA. Indonesian Research Journal on Education, 4(2), 1000–1006.
Savitri, A. (2019). Revolusi industri 4.0: mengubah tantangan menjadi peluang di era disrupsi 4.0. Penerbit Genesis.
Setiawan, M. R., Sudrajat, A., & Tedjawiani, I. (2022). Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam Meningkatkan Mutu Sekolah (Studi Deskriptif tentang Peran Kepala Sekolah dalam MBS Pada SMPN 3 dan SMPN 4 Malangbong). JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(5), 1335–1346.
Sinaga, A. S., Sinurat, A., & Saragih, H. (2025). Zonasi Ruang Terbuka Hijau dalam Mendukung Pengelolaan Lingkungan Perkotaan yang Berkelanjutan. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 4(2), 2257–2264.
Siswanto, S., Asriati, N., & Mardaniah, M. (2024). Evaluasi Sistem Manajemen Keuangan Sekolah Menengah Pertama (SMP): Dampak terhadap Kualitas Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(4), 1756–1764.
Soelistya, I. D., & MM, C. (2021). Buku Ajar: Kepemimpinan Strategis. Nizamia Learning Center.
Sugiyono, S. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). CV. Alfabeta.
Sujarweni, V. W., & Utami, L. R. (2019). The master book of SPSS. Anak Hebat Indonesia.
Syafitri, A., Rosmanidar, E., & Putriana, M. (2023). AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI PENGELOLAAN KEUANGAN MASJID MUHAJIRIN: Studi pada Masjid Muhajirin Desa Pelangki Kecamatan Batang Masumai Kabupaten Merangin. Al Dzahab, 4(1), 31–40.
Tasya, M. A., Maki, M., & Hadi, E. (2025). Pengaruh Penerapan Quiz Wordwall Terhadap Peningkatan Literasi Membaca Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika (GeoScienceEd Journal), 6(2), 789–794.
Trisnani, N., Zuriah, N., Kobi, W., Kaharuddin, A., Subakti, H., Utami, A., Anggraini, V., Farhana, H., Pitriyana, S., & Watunglawar, B. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. PT. Mifandi Mandiri Digital.
Ulum, I. (2024). Audit Sektor Publik: Suatu Pengantar. Bumi Aksara.
UNESCO, U. (2023). Global Education Monitoring Report 2023: Accountability in Education. UNESCO.
Van Wart, M., Suino, P., & Medina, P. S. (2023). Leadership in public and nonprofit organizations: an introduction. Routledge.
Wachid, A., Hidayat, M. S., Satar, M., Mabruroh, F., Shofiyatun, S., Ikhram, F., Junaid, U. H., Pajarianto, H., Asri, Y. N., & Irvani, A. I. (2024). Manajemen Pengendalian Mutu Pendidikan. TOHAR MEDIA.
Wahyudin, U. R. (2021). Manajemen Pembiayaan Pendidikan (Pendekatan Prinsip Efisiensi, Efektivitas, Transparansi Dan Akuntabilitas). Deepublish.
Wathoni, S. (2024). Implementasi Kepemimpinan Transformasional Dalam Sistem Kolektif Kolegial: Strategi Peningkatan Produktifitas Pengambilan Keputusan Di KPU Ngawi Periode 2014-2019. Journal of Community Development and Disaster Management, 6(2), 149–161.
Wijayanto, S., Abdullah, G., & Wuryandini, E. (2021). Pengaruh gaya kepemimpinan transformasional, motivasi kerja, dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru sekolah dasar. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(1), 54–63.
World Bank, W. B. (2023). Education Accountability and Governance Report 2023. The World Bank Group.
Wulandari, N. D. (2021). Pengaruh Penerapan Metode Akuntansi Keuangan Daerah, Transparansi Publik dan Kegiatan Pengendalian terhadap Akuntabalitas Keuangan di Kantor kecamatan Kota Medan. Juripol (Jurnal Institusi Politeknik Ganesha Medan), 4(1), 128–137.
Yusrizal, Y., Fatmasari, R., & Hidayat, R. (2022). Hubungan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Komitmen Organisasi Guru Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 5(2), 211–218.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ima Puji Astuti, Widya Kusumaningsih, Nurkolis Nurkolis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the JGK (Jurnal Guru Kita) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)