Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Kerja, dan Motivasi Terhadap Literasi Digital Guru SMP Negeri di Kecamatan Boja
DOI:
https://doi.org/10.24114/jgk.v9i2.64700Keywords:
Literasi Digital, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Kerja, Motivasi KerjaAbstract
Literasi digital guru semakin penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan di era digital. Penelitian ini mengkaji pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, budaya kerja, dan motivasi kerja terhadap literasi digital guru di SMP negeri Kecamatan Boja. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional, data dikumpulkan dari 105 responden melalui kuesioner yang telah divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah, budaya kerja, dan motivasi kerja memiliki pengaruh signifikan terhadap literasi digital, dengan kontribusi masing-masing sebesar 56,4%, 51,3%, dan 49,8%. Secara simultan, ketiga faktor ini menyumbang 71% terhadap peningkatan literasi digital, yang menunjukkan pentingnya pendekatan holistik dalam mendorong adaptasi teknologi di pendidikan. Penelitian ini menyarankan implikasi kebijakan yang menekankan pada pentingnya kepemimpinan transformasional, budaya kerja yang adaptif, serta peningkatan motivasi guru melalui insentif dan program pengembangan profesional. Sekolah dengan sumber daya terbatas dapat melaksanakan pelatihan berbasis komunitas, sementara sekolah yang lebih lengkap dapat lebih mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran. Penelitian lebih lanjut dapat mengeksplorasi faktor lain seperti infrastruktur digital, kebijakan pendidikan, dan komunitas pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen atau kuasi-eksperimen untuk menilai efektivitas intervensi.References
Ali, A., Apriyanto, A., Haryanti, T., & Hidayah, H. (2024). Metode Pembelajaran Inovatif: Mengembangkan Teknik Mengajar Di Abad 21. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Ambawani, C. S. L., Saputra, I., Kusuma, T. M. M., Sumardjoko, B., & Fathoni, A. (2024). Implementasi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Penggerak di TK. Journal of Education Research, 5(4), 4810–4823.
Anjali, F., Ummami, R., & Wildan, M. A. (2024). Pengembangan Sumberdaya Manusia dalam Mengoptimalkan Komunikasi Karyawan Melalui Era Digitalisasi. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(1), 717–726.
Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225
Ansya, Y. A., Alfianita, A., Syahkira, H. P., & Syahrial, S. (2024). Peran Evaluasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 6(2), 173–184. https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i2.15030
Ansya, Y. A., Ardhita, A. A., Rahma, F. M., Sari, K., & Khairunnisa, K. (2024). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KEMAMPUAN LITERASI BACA TULIS SISWA SEKOLAH DASAR. JGK (Jurnal Guru Kita), 8(3), 598–606. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i3.60183
Ansya, Y. A., & Mailani, E. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar melalui Program Kampus Mengajar 7. FONDATIA, 8(4), 772–789.
Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2025a). Membangun Pemahaman Sains Sejak Dini. Cahya Ghani Recovery.
Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2025b). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Canva pada Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. ISLAMIKA, 7(1), 1–14.
Ansya, Y. A., Salsabilla, T., & Rozi, F. (2025). Strategi Inovatif dalam Pengembangan Media Pembelajaran Sekolah Dasar di Era Society 5.0. Cahya Ghani Recovery.
Anugerah, R. B. (2023). Transformasi Madrasah dalam Menghadapi Tantangan di Era Society 5.0. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 8(2), 153–170.
Arifin, B., Salim, A. N., Muzakki, A., Suwarsito, S., & Arifudin, O. (2024). Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13547–13555.
Azizah, S. N., & Astutik, A. P. (2025). Diferensiasi pembelajaran pendidikan agama Islam dalam meningkatkan literasi di era digital. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 2905–2915.
Bian, Y., Lilianti, L., & Rasid, R. (2025). Strategi Kolaboratif dalam Transformasi Pendidikan: Sebuah Perspektif Naratif dalam Mengatasi Tantangan TIK di Era Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Manajemen Sosial Humaniora (JIMSH), 7(1), 54–67.
Daniel, J. (2011). Sampling essentials: Practical guidelines for making sampling choices. Sage publications.
Dewi, Z. R., & Sunarni, S. (2024). Peran Literasi Digital dalam Implementasi Kurikulum Merdeka: Adaptasi dan Transformasi di Era Digital. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 4(1), 9–14.
Didipu, I., Umar, A., & Hidayatullah, A. (2021). PEMBELAJARAN INOVATIF (Kisah Inspiratif Guru Madrasah Indonesia): Ditulis oleh 51 Guru Inspiratif Madrasah Indonesia. PENA INDIS.
Djarwo, C. F., Inggamer, M. M., Rumbrapuk, A. J., & Astuti, N. (2025). ANALISIS LITERASI DIGITAL BERBASIS ETNOSAINS DALAM PEMBELAJARAN KIMIA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 15(1), 62–77.
DS, T. T., Sundari, W., Kurniawan, A., Setiawan, N. A., & Aisyah, J. (2024). Education Management: Decision-Making Strategies in Technology Integration in The Digital Age. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(2), 2032–2044.
Engelhard Jr, G., & Wind, S. (2017). Invariant measurement with raters and rating scales: Rasch models for rater-mediated assessments. Routledge.
Erikha, A., & Hoesein, Z. A. (2025). Strategi Pencegahan Kebocoran Data Pribadi melalui Peran Kominfo dan Gerakan Siberkreasi dalam Edukasi Digital. Jurnal Retentum, 7(1), 48–64.
Fajriati, A., Wisroni, W., & Handrianto, C. (2024). PEMANFAATAN TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS PESERTA DIDIK DI ERA DIGITAL. WAHANA PEDAGOGIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 71–85.
Farid, A. (2023). Literasi digital sebagai jalan penguatan pendidikan karakter di era Society 5.0. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 580–597.
Firdaus, K., & Ritonga, M. (2024). Peran Teknologi Dalam Mengatasi Krisis Pendidikan di Daerah Terpencil. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 9(1), 43–57.
Hariyono, H., Andrini, V. S., Tumober, R. T., Suhirman, L., & Safitri, F. (2024). Perkembangan Peserta Didik: Teori dan Implementasi Perkembangan Peserta Didik pada Era Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Hasna, M. (2024). Digitalisasi Pengelolaan Sekolah Dasar Negeri Kota Banjarmasin: Tinjauan Analisis SWOT Dalam Strategi Pengembangan Sekolah Digital. Jurnal Pendidikan Modern, 10(1), 32–42.
Hidayat, M., & Subando, J. (2024). Strategi Penanaman Nilai-Nilai Karakter Dalam Mencegah Degradasi Moral Siswa Pada Era Digital. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(001 Des), 523–534.
Hildawati, H., Haryani, H., Umar, N., Suprayitno, D., Mukhlis, I. R., Sulistyowati, D. I. D., Budiman, Y. U., Saktisyahputra, S., Faisal, F., & Thomas, A. (2024). Pengaruh Literasi Digital: Membangun Wawasan Cerdas dalam Era Digital terkini. PT. Green Pustaka Indonesia.
Ilhami, A. H., & Fathoni, T. (2025). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Pendidikan Berbasis Masa Depan. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 5(2), 611–624.
Irawati, E., Kusuma, D. H., & Hidayati, D. (2022). Kepemimpinan Manajerial, Motivasi Kerja terhadap Literasi Digital Guru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2568–2573.
Isabella, I., Iriyani, A., & Lestari, D. P. (2023). Literasi Digital sebagai Upaya Membangun Karakter Masyarakat Digital. Jurnal Pemerintahan Dan Politik, 8(3), 167–172.
Judijanto, L., Setiawan, Z., Wiliyanti, V., Gunawan, P. W., Suryawan, I. G. T., Mardiana, S., Ridwan, A., Kusumastuti, S. Y., Putra, B. P. P., & Joni, I. D. M. A. B. (2024). Literasi Digital di Era Society 5.0: Panduan Cerdas Menghadapi Transformasi Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Labuem, S., Awal, R., Suleman, N., Monoarfa, F., Butsiarah, B., Kunusa, W. R., Kholifah, N., Ritonga, M. W., Simarmata, J., Lubis, M., Ansya, Y. A., Alim, B., & Pasaribu, E. Z. (2025). Inovasi Media Pembelajaran Digital. Yayasan Kita Menulis.
Landa, Z. R., Sunaryo, T., & Tampubolon, H. (2021). Pengaruh literasi digital guru dan manajemen pembelajaran terhadap minat belajar peserta didik di SMA Pelita Rantepao. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 718–734.
Lesasunanda, R. A., & Malik, A. (2024). Peningkatan Kualitas Guru Melalui Literasi Digital di MAN 1 Sumbawa Barat. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 1904–1915.
Manalu, O., & Kristianingsih, S. A. (2024). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru untuk mewujudkan Sekolah Bermutu. Jurnal Mirai Management, 9(1), 668–672.
Mustofa, M., Asy’ari, H., & Ratnaningsih, S. (2024). Manajemen Strategi Sumber Daya Manusia Guru di Sekolah Dasar: Mengungkap Praktik Efektif Retensi untuk Pengembangan Guru. An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam, 9(1).
Nurbayanni, A., Ratnika, D., Waspada, I., & Dahlan, D. (2023). Pemanfaatan Media Dan Teknologi Di Lingkungan Belajar Abad 21. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 6(1), 183–189.
Nurrochman, T., Darsinah, D., & Wafroaturrohmah, W. (2023). Peran Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Melalui Transformasi Digital Pasca Pandemi Di Sekolah Dasar. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 4(3), 299–310.
Paulina, T., & Patimah, S. (2023). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pengembangan Manajemen Mutu di SMAN 2 Gading Rejo. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 7(1), 189–206.
Permatasari, F., Lestari, N. A., Christie, C. D. Y., & Suhaimi, I. (2023). Kepemimpinan transformasional kepala sekolah dalam meningkatkan mutu kinerja guru: studi meta analisis. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 4(3), 923–944.
Pratiwi, E., Purnami, A. S., & Mulyono, R. (2023). KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH BERBASIS ASAH, ASIH, ASUH DALAM MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL GURU DI GUGUS PAUD PANJATAN. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(1), 246–258.
Ramadhani, R., & Bina, N. S. (2021). Statistika Penelitian Pendidikan: Analisis Perhitungan Matematis dan Aplikasi SPSS. Prenada Media.
Redhana, I. W. (2024). Literasi Digital: Pedoman Menghadapi Society 5.0. Samudra Biru.
Resti, R., Wati, R. A., Ma’Arif, S., & Syarifuddin, S. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi sebagai Alat Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(3), 1145–1157.
Rokhman, F., & Pristiwati, R. (2023). Dari Dunia Offline ke Dunia Online: Merangkul Literasi Digital. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 13(1), 44–54.
Rosmini, H., Ningsih, N., Murni, M., & Adiyono, A. (2024). Transformasi Kepemimpinan Kepala Sekolah pada Era Digital: Strategi Administrasi Pendidikan Berbasis Teknologi di Sekolah Menengah Pertama. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 16(1), 165–180.
Said, S. (2023). PERAN TEKNOLOGI DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI ERA ABAD 21. Jurnal PenKoMi: Kajian Pendidikan Dan Ekonomi, 6(2), 194–202. http://jurnal.stkipbima.ac.id/index.php/PK/article/view/1300
Sari, Y., Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Putri, P. A. (2023). STUDI LITERATUR : UPAYA DAN STRATEGI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA. Jurnal Guru Kita PGSD, 8(1), 9–26. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i1.53931
Solikhah, N. M. (2023). Model layanan Bimbingan Konseling Untuk Penguatan self Determination Perencanaan Karier Peserta Didik di Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama (MTS NU) Raudlatus Shibyan Kudus. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. IAIN KUDUS.
Subasman, I., Ansar, C. S., Suhara, A., Thamrin, N. S., Mayasari, N., Sastraatmadja, A. H. M., Saman, S., Poetri, A. L., Usman, U., & Umar, H. B. (2025). METODE DAN TEKNIK PENELITIAN Kuantitatif, Kualitatif, dan Pengembangan untuk Mahasiswa. Penerbit Widina.
Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). CV. Alfabeta.
Surur, M., Sugianto, R., Jannah, S., & Udzri, K. R. (2024). Pelatihan pembuatan media pembelajaran inovatif berbasis Canva untuk meningkatkan kemampuan literasi digital. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 8(1), 85–98.
Suryani, E., Hasanah, N. N., Fauzi, F. M., Suhaedi, E., & Cadith, J. (2024). Budaya inovasi: Upaya membangun organisasi publik yang agile. Professional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 11(1), 81–92.
Suryaningsih, H. A., & Purnomo, H. (2023). Kesiapan guru terhadap literasi digital pada implementasi kurikulum merdeka di SD negeri sembungan. Renjana Pendidikan Dasar, 3(4), 247–253.
Suseno, H. H., Bangun, E. I., & Nugroho, M. A. (2025). PENGARUH MOTIVASI DAN ETOS KERJA TERHADAP KINERJA PERSONEL KOARMADA I. JURNAL RETENTUM, 6(2), 295–303.
Thana, P. M., & Hanipah, S. (2023). Kurikulum Merdeka: Transformasi Pendidikan SD Untuk Menghadapi Tantangan Abad ke-21. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 281–288.
van den Akker, J. J. H., Gravemeijer, K., McKenney, S., & Nieveen, N. (2006). Educational design research (Vol. 2). Routledge London.
Wahyudi, N. G., & Jatun, J. (2024). Integrasi Teknologi dalam Pendidikan: Tantangan dan Peluang Pembelajaran Digital di Sekolah Dasar. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 444–451.
Widayanthi, D. G. C. (2025). From People To People: Peran Kepemimpinan Pelayan, Spiritualitas Tempat Kerja, Motivasi, Dan Kepuasan Kerja Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pendidikan Tinggi. Deepublish.
Yuniarto, B., & Yudha, R. P. (2021). Literasi digital sebagai penguatan pendidikan karakter menuju era society 5.0. Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 10(2).
Yusuf Tojiri, M. M., Putra, H. S., & Nur Faliza, S. E. (2023). Dasar Metodologi Penelitian: Teori, Desain, dan Analisis Data. Takaza Innovatix Labs.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Barokah Guniarti, Ngurah Ayu Nyoman, Dyah Nurgrahani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the JGK (Jurnal Guru Kita) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)