Peran Kepala Sekolah Sebagai Penggerak Komunitas Belajar di SDN 3 Cening Kabupaten Kendal

Authors

  • Farid Umar Universitas PGRI Semarang
  • Soedjono Soedjono Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.24114/jgk.v9i2.64716

Keywords:

Kepala Sekolah, Komunitas Belajar, Kepemimpinan Transformasional, Profesionalisme Guru, Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kepala sekolah sebagai penggerak komunitas belajar di SDN 3 Cening Kendal dalam meningkatkan profesionalisme guru dan kualitas pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian dilaksanakan di SDN 3 Cening Kendal pada tahun ajaran 2024. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara dengan kepala sekolah dan guru, observasi kegiatan komunitas belajar, serta analisis dokumen terkait. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis Miles dan Huberman untuk mengidentifikasi pola-pola yang muncul dalam implementasi komunitas belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah berperan sebagai agen perubahan melalui kepemimpinan transformasional yang mendorong kolaborasi, refleksi, dan inovasi dalam pembelajaran. Komunitas belajar yang dibangun meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional guru, memperkuat praktik reflektif, serta mendorong penerapan metode pembelajaran inovatif. Selain itu, komunitas belajar juga berdampak pada peningkatan hasil belajar dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Namun, terdapat beberapa kendala, seperti hambatan struktural dan tantangan dalam membangun budaya kolaboratif. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa komunitas belajar berperan penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan, sehingga perlu didukung dengan kebijakan yang memperkuat keberlanjutannya di sekolah dasar.

Author Biographies

Farid Umar, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana

Soedjono Soedjono, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Manajemen Pendidikan, Program Pascasarjana

References

Addini, A. F., Husna, A. F., Damayanti, B. A., Fani, B. I., Nihayati, C. W. N. W., Daniswara, D. A., Susanti, D. F., Imron, A., & Rochmawati, R. (2022). Konsep Dasar Supervisi Pendidikan. Jurnal Wahana Pendidikan, 9(2), 179–186.

Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225

Ansya, Y. A., & Mailani, E. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar melalui Program Kampus Mengajar 7. FONDATIA, 8(4), 772–789.

Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024). Model Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Cahya Ghani Recovery.

Ansya, Y. A., Salsabilla, T., & Rozi, F. (2025). Strategi Inovatif dalam Pengembangan Media Pembelajaran Sekolah Dasar di Era Society 5.0. Cahya Ghani Recovery.

Ardhi, M. W., Praptiwi, E., & Ernawati, D. (2024). Eksplorasi Professional Learning Community (PLC) pada Dimensi Supportive and Leadership di Sekolah Dasar Program Khusus. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 301–310.

Arikunto, S. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi (mixed methods). Bandung : Alfabeta.

Aslamiyah, N., & Abun, R. (2023). Profesionalisme guru sebuah tuntutan dalam era perubahan sebagai wujud penguatan manajemen pendidikan islam. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 7(1), 12–24.

Astari, T., Purwanti, K. Y., Arditama, A. Y., Subhananto, A., Nuryanti, M. S., Nyihana, E., Huda, W. N., Utami, W. T. P., & Hikmah, A. N. (2024). Ekologi Sosialisasi Anak: Perspektif Keluarga, Sekolah Dan Komunitas. Cv. Edupedia Publisher.

Bulhadi, B., Sofiani, D., Giatman, M., & Yustisia, H. (2024). Implementasi manajemen kepemimpinan dalam pencapaian tujuan organisasi pendidikan kejuruan. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 9(2), 53–63.

Cholivah, W., & Hidayati, D. (2025). Peran Komunitas Belajar Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di SMP Muhammadiyah Yogyakarta. Academy of Education Journal, 16(1), 84–93.

Dasor, Y. W. (2024). Analisis Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Sekolah Dasar. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 8(1), 39–47.

Ekawardani, D., Haryati, T., & Wuryandini, E. (2024). Optimalisasi Peran Kepala Sekolah Dalam Implementasi Mutu Akademik di SDN 1 Gembyungan Kecamatan Randublatung Blora. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(6), 842–847.

Hasyim, D. M., Novelti, N., Hanim, S. A., Handayani, E. S., & Kusumarini, E. (2024). Pelatihan Teknis Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Aplikasi Pear Deck Dan Jamboard Bagi Guru-Guru Di Pinggiran Kota. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(3), 149–157.

Ihsan, M., & Masruroh, W. (2025). Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah SMPI Miftahul Ulum Takobuh Dalam Mengembangkan Sekolah Unggul. JURNAL LENTERA: Kajian Keagamaan, Keilmuan Dan Teknologi, 24(1), 12–22.

Ilhami, A. H., & Fathoni, T. (2025). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Pendidikan Berbasis Masa Depan. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 5(2), 611–624.

Ir Agustinus Hermino SP, M. (2013). Asesmen Kebutuhan Organisasi Persekolahan. Gramedia Pustaka Utama.

Islami, J. M. M., Ilmin, L., Afny, D. N., Supriyanto, A., & Habibi, M. A. M. (2024). SLR: Penerapan Pembelajaran Berbasis Komunitas Untuk Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik di Era Disrupsi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 2832–2848.

Jogiyanto Hartono, M. (2018). Metoda pengumpulan dan teknik analisis data. Penerbit Andi.

Kareem, J., Patrick, H. A., Prabakaran, N., Tantia, V., MPM, P. K., & Mukherjee, U. (2023). Transformational educational leaders inspire school educators’ commitment. Frontiers in Education, 8, 1171513.

Karwati, E., & Supendi, P. (2024). ANALISIS PELAKSANAAN PROFESSIONAL LEARNING COMMUNITY (PLC) DI SMP AL-AMANAH CILEUNYI: PEMAHAMAN, KENDALA, DAN STRATEGI PENGEMBANGAN. Hijri, 13(2), 366–376.

Kastawi, N. S., Nugroho, A., & Miyono, N. (2021). Kontribusi motivasi kerja dan peran kepala sekolah terhadap profesionalisme guru SMA. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 77–93.

Labuem, S., Awal, R., Suleman, N., Monoarfa, F., Butsiarah, B., Kunusa, W. R., Kholifah, N., Ritonga, M. W., Simarmata, J., Lubis, M., Ansya, Y. A., Alim, B., & Pasaribu, E. Z. (2025). Inovasi Media Pembelajaran Digital. Yayasan Kita Menulis.

Lahagu, S. E., Kustiawan, B., & Adhicandra, I. (2024). Manajemen pendidikan: Teori & referensi komprehensif untuk pengembangan dan kemajuan pendidikan di Indonesia. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Legi, H. (2024). Kepemimpinan Kepala Sekolah sebagai Fasilitator Pembelajaran. PT Publica Indonesia Utama.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1984). Drawing valid meaning from qualitative data: Toward a shared craft. Educational Researcher, 13(5), 20–30. https://doi.org/10.3102/0013189X013005020

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. 3rd. Thousand Oaks, CA: Sage.

Muspawi, M. (2020). Memahami Konsep Dasar Manajemen Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(3), 744–750. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i3.1050

Novita, N., & Radiana, U. (2024). Hubungan antara Komunitas Belajar dan Motivasi Belajar Guru terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 2588–2596.

Nufus, E. A. B., Riyanto, Y., & Setyowati, S. (2024). Strategi dan pendekatan kepemimpinan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 6(2), 183–200.

Nugroho, A., Fauziah, S., Judijanto, L., & Sulaiman, S. (2024). Strategi Manajemen Kependidikan: Meningkatkan Kinerja Karyawan dalam Lingkungan Pendidikan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Patton, M. Q. (2014). Qualitative research & evaluation methods: Integrating theory and practice. Sage publications.

Permana, A. W., & Karwanto, K. (2020). Gaya Kepemimpinan Partisipatif Dalam Upaya Meningkatkan Profesional Guru. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 5(1), 58–67.

Pribadi, R. A., Abdurahman, K., & Ummah, K. R. (2023). Peran Guru Penggerak dalam Komunitas Belajar di Sekolah. Indonesian Gender and Society Journal, 4(1), 40–45.

PURWANTI, S. R. I., MIYONO, N., & WURYANDINI, E. (2025). PERAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MUTU PEMBELAJARAN DI SD NEGERI TONJONG 01 KECAMATAN TONJONG KABUPATEN BREES. LEARNING: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 266–280.

Putra, A. D., Septiana, D., Septiansyah, F., Fatmawati, I., Saputra, F. A., Sulton, F., & Cuhanazriansyah, M. R. (2025). DAMPAK PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MEMBENTUK PEMIMPIN INOVATIF DI INDONESIA. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 6(1), 367–384.

Raafi, M., Iftinannisa, N., Jannah, L. F. R., Lestari, H., & Permana, H. (2024). Peran Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Membangun Sekolah yang Efektif dan Berkualitas di SMPN 3 Cikarang Timur. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 22(4), 395–404.

Riftandi, D., Suking, A., & Ardhian, N. L. (2024). KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK. Equity In Education Journal, 6(2), 61–68.

Rosmini, H., Ningsih, N., Murni, M., & Adiyono, A. (2024). Transformasi Kepemimpinan Kepala Sekolah pada Era Digital: Strategi Administrasi Pendidikan Berbasis Teknologi di Sekolah Menengah Pertama. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 16(1), 165–180.

Salamah, E. R., Rifayanti, Z. E. T., Trisnawaty, W., & Raharja, H. F. (2024). Membangun Budaya Belajar Melalui Komunitas Belajar Dalam Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik. ABIDUMASY Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(01), 37–43.

Sanga, L. D., & Wangdra, Y. (2023). Pendidikan adalah faktor penentu daya saing bangsa. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), 5, 84–90.

Sari, Y., Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Putri, P. A. (2023). STUDI LITERATUR : UPAYA DAN STRATEGI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA. Jurnal Guru Kita PGSD, 8(1), 9–26. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i1.53931

Setiariny, E. (2023). Pemanfaatan platform merdeka mengajar sebagai upaya meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 20(1), 23–33.

Siskawati, G., Muspawi, M., & Rahman, K. A. (2025). Penerapan Gaya Kepemimpinan Dan Perilaku Kepemimpinan Yang Efektif Untuk Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Media Informatika, 7(1), 506–512.

Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). CV. Alfabeta.

Sulistyowati, C., & Wicaksono, L. (2025). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Implementasi Merdeka Belajar Di Tk Negeri Pembina Kecamatan Pontianak Selatan. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 1182–1189.

Supardi, U. S., & Herdiana, H. (2024). Efektivitas Komunitas Belajar dalam Meningkatkan Kualitas Guru di Sekolah. Algoritma: Jurnal Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Kebumian Dan Angkasa, 2(6), 146–153.

Suyamti, E. S., Santoso, R. B., & Febriyanti, P. (2024). Peran Guru Penggerak Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka: Menyemai Inovasi Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(1), 36–46.

Wibowo, H. S. (2023). Pengembangan Teknologi Media Pembelajaran: Merancang Pengalaman Pembelajaran yang Inovatif dan Efektif. Tiram Media.

Downloads

Published

2025-03-31

How to Cite

Umar, F., & Soedjono, S. (2025). Peran Kepala Sekolah Sebagai Penggerak Komunitas Belajar di SDN 3 Cening Kabupaten Kendal. JGK (Jurnal Guru Kita), 9(2), 503–518. https://doi.org/10.24114/jgk.v9i2.64716

Issue

Section

Articles