Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Media Youtube Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Kelas III Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24114/jgk.v9i2.65306Keywords:
Pembelajaran Berbasis Masalah, Youtube, Literasi Numerasi, Etnomatematika, Sekolah DasarAbstract
Penelian ini bertujuan guna mengidentifikasi pengaruh model pembelajaran berbasis masalah yang didukung oleh aplikasi YouTube terhadap kemampuan literasi numerasi siswa. Metode kuantitatif digantikan desain pre-eksperimental dalam penelitian. One group pre-test post test dipilih sebagai desain penelitian. Seluruh siswa kelas III SD Advent Anggrek, dengan sampel berjumlah 30 siswa menjadi populasi penelitian ini. Pengumpulan data memakai instrumen berupa soal tes dengan materi literasi numerasi yang sudah melakukan pengujian validitas dan reliabilitasnya. Berdasarkan hasil uji-t, diperoleh nilai ttest = 21.749 > ttabel =1.703 pada tingkat signifikansi 0,05, sehingga Ho ditolak. Maka disimpulkan ada kesignifikanan pengaruh pada penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan literasi numerasi siswa kelas IIIReferences
Adhitya, R. S., & Fauziah, A. N. M. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia. PENSA: E-Jurnal Pendidikan Sains, 11(1), 38–45.
Aditya, G., Harini, E., & Setyawan, A. F. (2023). Improving Numeracy Literacy through Problem-Based Learning for 3rd Grade Students. Proceedings of International Conference on Teacher Profession Education, 1940–1951. https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/ICoTPE/article/view/1087
Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Erhaka Utama.
Agusdianita, N., Supriatna, I., & Yusnia, Y. (2023). Model Pembelajaran Problem Based-Learning (PBL) Berbasis Etnomatematika dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 6(3).
Ambarwati, D., & Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Media Youtube Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2857–2868. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.829
Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225
Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Syahkira, H. P. (2024). OPTIMIZING MATHEMATICS LEARNING IN FIFTH GRADES: THE CRITICAL ROLE OF EVALUATION IN IMPROVING STUDENT ACHIEVEMENT AND CHARACTER. PROGRES PENDIDIKAN, 5(3), 302–311. https://prospek.unram.ac.id/index.php/PROSPEK/article/view/1120
Ansya, Y. A., & Mailani, E. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar melalui Program Kampus Mengajar 7. FONDATIA, 8(4), 772–789.
Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024). Penggunaan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V Sekolah Dasar. ARZUSIN, 4(6), 1240–1258.
Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2025). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Canva pada Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. ISLAMIKA, 7(1), 1–14.
Arifin, S. (2021). Model PBL (Problem Based Learning) berbasis kognitif dalam pembelajaran matematika. Penerbit Adab.
Cahyani, M., Mustari, M., Kurniawansyah, E., & Sawaludin, S. (2024). Upaya Guru PPKn dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 17 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 1534–1540.
Daraini, N. S., & Masnawati, E. (2024). Peran media sosial YouTube sebagai media edukasi dalam pendidikan generasi Z. MIND Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Budaya, 4(2), 81–87.
Endaryati, S. A., Atmojo, I. R. W., St Y, S., & Suryandari, K. C. (2021). Analisis E-Modul Flipbook Berbasis Problem Based Learning untuk Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(2), 300–312.
Fanilasari, R., & Usman, H. (2023). Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis video youtube terhadap hasil belajar ditinjau dari gaya belajar siswa pada pembelajaran IPA sekolah dasar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(2), 1033–1038.
Firdaus, A., Asikin, M., Waluya, B., & Zaenuri, Z. (2021). Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 187–200. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.871
Hasyim Mahmud Wantu, S. A., Tebay, V., Sos, S., Samsudin, S. H., Fathani, A. H., Fuad Rinaldi, S. E., CA, M. M. A., Mardikawati, B., Anaktototy, K., & Abdullah, G. (2024). Transformasi Pendidikan Indonesia: Peluang dan Tantangan di Era Digital. Penerbit Adab.
Labuem, S., Awal, R., Suleman, N., Monoarfa, F., Butsiarah, B., Kunusa, W. R., Kholifah, N., Ritonga, M. W., Simarmata, J., Lubis, M., Ansya, Y. A., Alim, B., & Pasaribu, E. Z. (2025). Inovasi Media Pembelajaran Digital. Yayasan Kita Menulis.
Mea, F. (2024). PENINGKATAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MELALUI KREATIVITAS DAN INOVASI GURU DALAM MENCIPTAKAN KELAS YANG DINAMIS. Inculco Journal of Christian Education, 4(3), 252–275. https://doi.org/10.59404/ijce.v4i3.190
Nirtha, E., Au, H. A., & Purwanty, R. (2024). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat dan Motivasi Belajar Numerasi Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 5(2), 1–11.
Reinita, R. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu dengan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Journal of Moral and Civic Education, 4(2), 88–96.
Rifai, M. H., Mamoh, O., Mauk, V., Nahak, K. E. N., Harpriyanti, H., Nahak, M. M. N., Rejeki, S., Lasi, F., Jaya, D. M., & Abbas, I. (2024). Kurikulum Merdeka (Implementasi dan Pengaplikasian). Selat Media.
Riyanti, A. (2021). Keterampilan membaca. Penerbit K-Media.
Sanulita, H., Lestari, S. A., Syarmila, S., Yustina, I., Atika, A., Nurillah, S., Iqbal, M., Elofhia, L., & Annisa, A. (2024). Keterampilan Berbahasa Reseptif: Teori dan Pengajarannya. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Grace Hana Aprillia Simbolon, Ika Saefitri, Mutia Rahma Aulia, Jody Setya Hermawan, Supriyadi Supriyadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the JGK (Jurnal Guru Kita) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)