Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Media Youtube Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Kelas III Sekolah Dasar

Authors

  • Grace Hana Aprillia Simbolon Institut Sains dan Bisnis Internasional (ISBI) Singkawang
  • Ika Saefitri Universitas Lampung
  • Mutia Rahma Aulia Universitas Lampung
  • Jody Setya Hermawan Universitas Lampung
  • Supriyadi Supriyadi Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.24114/jgk.v9i2.65306

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Masalah, Youtube, Literasi Numerasi, Etnomatematika, Sekolah Dasar

Abstract

Penelian ini bertujuan guna mengidentifikasi pengaruh model pembelajaran berbasis masalah yang didukung oleh aplikasi YouTube terhadap kemampuan literasi numerasi siswa. Metode kuantitatif digantikan desain pre-eksperimental dalam penelitian. One group pre-test post test dipilih sebagai desain penelitian. Seluruh siswa kelas III SD Advent Anggrek, dengan sampel berjumlah 30 siswa menjadi populasi penelitian ini. Pengumpulan data memakai instrumen berupa soal tes dengan materi literasi numerasi yang sudah melakukan pengujian validitas dan reliabilitasnya. Berdasarkan hasil uji-t, diperoleh nilai ttest = 21.749 > ttabel =1.703 pada tingkat signifikansi 0,05, sehingga Ho ditolak. Maka disimpulkan ada kesignifikanan pengaruh pada penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan literasi numerasi siswa kelas III

Author Biographies

Grace Hana Aprillia Simbolon, Institut Sains dan Bisnis Internasional (ISBI) Singkawang

Mahasiswa Prodi Bimbingan Konseling, Institut Sains dan Bisnis Internasional (ISBI) Singkawang.

Ika Saefitri, Universitas Lampung

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Mutia Rahma Aulia, Universitas Lampung

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Jody Setya Hermawan, Universitas Lampung

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Supriyadi Supriyadi, Universitas Lampung

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Adhitya, R. S., & Fauziah, A. N. M. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia. PENSA: E-Jurnal Pendidikan Sains, 11(1), 38–45.

Aditya, G., Harini, E., & Setyawan, A. F. (2023). Improving Numeracy Literacy through Problem-Based Learning for 3rd Grade Students. Proceedings of International Conference on Teacher Profession Education, 1940–1951. https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/ICoTPE/article/view/1087

Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Erhaka Utama.

Agusdianita, N., Supriatna, I., & Yusnia, Y. (2023). Model Pembelajaran Problem Based-Learning (PBL) Berbasis Etnomatematika dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 6(3).

Ambarwati, D., & Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Media Youtube Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2857–2868. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.829

Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225

Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Syahkira, H. P. (2024). OPTIMIZING MATHEMATICS LEARNING IN FIFTH GRADES: THE CRITICAL ROLE OF EVALUATION IN IMPROVING STUDENT ACHIEVEMENT AND CHARACTER. PROGRES PENDIDIKAN, 5(3), 302–311. https://prospek.unram.ac.id/index.php/PROSPEK/article/view/1120

Ansya, Y. A., & Mailani, E. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar melalui Program Kampus Mengajar 7. FONDATIA, 8(4), 772–789.

Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024). Penggunaan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V Sekolah Dasar. ARZUSIN, 4(6), 1240–1258.

Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2025). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Canva pada Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. ISLAMIKA, 7(1), 1–14.

Arifin, S. (2021). Model PBL (Problem Based Learning) berbasis kognitif dalam pembelajaran matematika. Penerbit Adab.

Cahyani, M., Mustari, M., Kurniawansyah, E., & Sawaludin, S. (2024). Upaya Guru PPKn dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 17 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 1534–1540.

Daraini, N. S., & Masnawati, E. (2024). Peran media sosial YouTube sebagai media edukasi dalam pendidikan generasi Z. MIND Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Budaya, 4(2), 81–87.

Endaryati, S. A., Atmojo, I. R. W., St Y, S., & Suryandari, K. C. (2021). Analisis E-Modul Flipbook Berbasis Problem Based Learning untuk Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(2), 300–312.

Fanilasari, R., & Usman, H. (2023). Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis video youtube terhadap hasil belajar ditinjau dari gaya belajar siswa pada pembelajaran IPA sekolah dasar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(2), 1033–1038.

Firdaus, A., Asikin, M., Waluya, B., & Zaenuri, Z. (2021). Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 187–200. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.871

Hasyim Mahmud Wantu, S. A., Tebay, V., Sos, S., Samsudin, S. H., Fathani, A. H., Fuad Rinaldi, S. E., CA, M. M. A., Mardikawati, B., Anaktototy, K., & Abdullah, G. (2024). Transformasi Pendidikan Indonesia: Peluang dan Tantangan di Era Digital. Penerbit Adab.

Labuem, S., Awal, R., Suleman, N., Monoarfa, F., Butsiarah, B., Kunusa, W. R., Kholifah, N., Ritonga, M. W., Simarmata, J., Lubis, M., Ansya, Y. A., Alim, B., & Pasaribu, E. Z. (2025). Inovasi Media Pembelajaran Digital. Yayasan Kita Menulis.

Mea, F. (2024). PENINGKATAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MELALUI KREATIVITAS DAN INOVASI GURU DALAM MENCIPTAKAN KELAS YANG DINAMIS. Inculco Journal of Christian Education, 4(3), 252–275. https://doi.org/10.59404/ijce.v4i3.190

Nirtha, E., Au, H. A., & Purwanty, R. (2024). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat dan Motivasi Belajar Numerasi Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 5(2), 1–11.

Reinita, R. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu dengan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Journal of Moral and Civic Education, 4(2), 88–96.

Rifai, M. H., Mamoh, O., Mauk, V., Nahak, K. E. N., Harpriyanti, H., Nahak, M. M. N., Rejeki, S., Lasi, F., Jaya, D. M., & Abbas, I. (2024). Kurikulum Merdeka (Implementasi dan Pengaplikasian). Selat Media.

Riyanti, A. (2021). Keterampilan membaca. Penerbit K-Media.

Sanulita, H., Lestari, S. A., Syarmila, S., Yustina, I., Atika, A., Nurillah, S., Iqbal, M., Elofhia, L., & Annisa, A. (2024). Keterampilan Berbahasa Reseptif: Teori dan Pengajarannya. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Downloads

Published

2025-03-31

How to Cite

Simbolon, G. H. A., Saefitri, I., Aulia, M. R., Hermawan, J. S., & Supriyadi, S. (2025). Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Media Youtube Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Kelas III Sekolah Dasar. JGK (Jurnal Guru Kita), 9(2), 519–528. https://doi.org/10.24114/jgk.v9i2.65306

Issue

Section

Articles