Peran Gerakan Literasi Sekolah dalam Meningkatakan Minat Baca Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24114/jgk.v9i2.65311Keywords:
Gerakan Literasi Sekolah, Minat Baca, Kemampuan Literasi, Sekolah DasarAbstract
Minat baca merupakan hal yang sangat penting untuk dapat ditingkatkan disetiap sekolah. Dengan adanya minat membaca yang tinggi maka literasi peserta didik akan semakin luas sehingga dapat meningkatkan kemampuan berfikir khusunya dibidang akademik. Oleh sebab itu pihak sekolah diharapkan dapat menciptakan lingkungan dan kegiatan yang mampu mendorong minat baca peserta didik agar dapat meningkatkan kemampuan literasi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan minat baca peserta didik disekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan tekhnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian kepala sekolah, wali kelas V dan siswa kelas V. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat dampak positif yang signifikan antara peran gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan minat baca peserta didik. Gerakan literasi ini dilaksanakan melalui berbagai cara yaitu pembiasaan membaca sebelum belajar selama 15 menit, kunjungan keperpustakaan baik di dalam maupun di luar sekolah, literasi berbasis teknologi, dan disediakannnya pojok baca di setiap kelas. Kesimpulannya gerakan literasi sekolah di SD Negeri 6 Metro Selatan berhasil meningkatkan minat baca peserta didik melalui berbagai kegiatan menarik seperti pembiasaan membaca, kunjungan perpustakaan, literasi berbasis teknologi, serta penyediaan pojok baca yang nyaman dan sesuai minat siswa.References
Ansya, Y. A., Ardhita, A. A., Rahma, F. M., Sari, K., & Khairunnisa, K. (2024). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KEMAMPUAN LITERASI BACA TULIS SISWA SEKOLAH DASAR. JGK (Jurnal Guru Kita), 8(3), 598–606. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i3.60183
Ansya, Y. A., & Mailani, E. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar melalui Program Kampus Mengajar 7. FONDATIA, 8(4), 772–789.
Arikunto. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Pustaka Belajar.
Aryanti, F. D., Widagdo, U. S. S., & Minsih, M. (2024). Gerakan Literasi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Intelektual: Implementasi Di Sekolah Luar Biasa. Jurnal Basicedu, 8(4), 3762–3772. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i5.8353
Bintang, H., & Arianto, O. D. (2025). STRATEGI COMMUNITY-BASED MARKETING TOKO BUKU WARUNG SASTRA YOGYAKARTA DALAM MEMBENTUK BRAND LOYALTY. The Commercium, 9(1), 433–446.
Damayanti, A., Nisa, S. C., Soleha, S., Minggu, N. P. S., Kholilah, S. P., Satiyah, S. P. I., Lukman, M., Hasnia, S. S., Khotimah, K., & Ruswiyati, L. (2024). Pengembangan Literasi Anak Usia Dini. EDU PUBLISHER.
Dasor, Y. W., Mina, H., & Sennen, E. (2021). Peran Guru Dalam Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar (The Role Of The Teacher In The Literacy Movement Elementary Schools). Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(2), 2021.
Demmanggasa, Y., Sabilaturrizqi, M., Kasnawati, K., Mardikawati, B., Ramli, A., & Arifin, N. Y. (2023). Digitalisasi pendidikan: akselerasi literasi digital pelajar melalui eksplorasi teknologi pendidikan. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 11158–11167.
Dwi, A., Sunandar, A., & Supriyanto, A. (2025). Peran Mahasiswa Sebagai Implementator Program Kampus Mengajar dalam Gerakan Literasi Siswa (Studi Kasus di SDN Atas Awan Pusung Malang Puspo Pasuruan). Proceedings Series of Educational Studies, 19–32.
Fatimah, S. (2021). 20 Hari Menerbitkan Buku Melalui Belajar Menulis Online. Penerbit Andi.
Harianto, E. (2020). Keterampilan membaca dalam pembelajaran bahasa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 1–8.
Hidayat, R. A., Sinaga, D., & Anwar, R. K. (2025). Implementasi Kegiatan Layanan Anak Pada Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat. Innovative: Journal Of Social Science Research, 5(2), 2730–2746.
Ixfina, F. D., Nurdianah, L., & Diana, R. F. (2023). Peran Guru dalam Mengembangkan Budaya Literasi di Madrasah Ibtidaiyah Al Fithrah Surabaya. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(04), 401–410.
Jariah, S., & Marjani, M. (2019). Peran guru dalam gerakan literasi sekolah. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Karmilah, L., & Yuniarti, Y. (2025). Strategi Efektif Guru Dalam Meningkatkan Literasi Dan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 7(1), 116–126.
Kebudayaan, K. P. dan. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Kusumawardhany, I., Raharjo, T. J., Suminar, T., Avrilianda, D., & Subali, B. (2025). Implementasi Pojok Baca di Kelas dalam Mendukung Budaya Literasi: Tinjauan pada Program Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 11(1).
Lesasunanda, R. A., & Malik, A. (2024). Peningkatan Kualitas Guru Melalui Literasi Digital di MAN 1 Sumbawa Barat. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 1904–1915.
Mansyur, M. H., & Ulya, N. (2023). Tujuan Pendidikan Islam Menurut Ibnu Khaldun dan Relevansinya di Pondok Moden Assalam. TSAQAFATUNA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 5(1), 75–83.
Mazida, L. I., Andari, D. A., & Wahyuni, E. N. (2021). Implementasi classical conditioning dalam gerakan literasi sekolah (studi minat baca peserta didik) di MIN 1 Kota Palangka Raya. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 141–150.
Mindarwati, L., Suriansyah, A., & Asniwati, A. (2024). Implementasi Pembelajaran Literasi Baca dan Tulis Anak Usia Dini di PAUD Kabupaten Kotawaringin Timur (Studi Multisitus: TK Bina Bangsa 01 dan TK Kemala Bhayangkari 18 Sampit). Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 315–324.
Nurhasanah, R. N., & Mustika, D. (2024). Peran guru dalam kegiatan literasi untuk menumbuhkan minat baca siswa. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 318–328.
Purba, H. M., Zainuri, H. S., Syafitri, N., & Ramadhani, R. (2023). Aspek-aspek membaca dan pengembangan dalam keterampilan membaca di kelas tinggi. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(3), 179–192.
Puspasari, I., & Dafit, F. (2021). Implementasi gerakan literasi sekolah di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1390–1400.
Rahmawati, D., & Handayani, A. (2023). Analisa Kemampuan Membaca pada Anak Sekolah Dasar: Literature Review. Journal of Education Research, 4(4), 2558–2563.
Rahmawati, N., Prasetiyo, W. H., Wicaksono, R. B., Muthali’in, A., Huda, M., & Atang, A. (2022). Pemanfaatan Sudut Baca dalam Meningkatkan Literasi Kewarganegaraan Siswa di Era Digital. Buletin KKN Pendidikan, 4(1), 99–107.
Resti, A. R. A., Indihadi, D., & Saputra, E. R. (2023). Analısıs Kemampuan Membaca Permulaan Kelas 1 Sekolah Dasar dı Masa Pandemı. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 1006–1014.
Ritonga, A. A., Lubis, Y. W., Masitha, S., & Harahap, C. P. (2022). Program sekolah penggerak sebagai inovasi meningkatkan kualitas pendidikan di SD Negeri 104267 Pegajahan. Jurnal Pendidikan, 31(2), 195–206.
Rohim, D. C., & Rahmawati, S. (2020). Peran literasi dalam meningkatkan minat baca siswa di sekolah dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 230–237.
Rusli, M. (2021). Merancang penelitian kualitatif dasar/deskriptif dan studi kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60.
Sugiyono, S. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta.
Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). CV. Alfabeta.
UNDARI, M. (2022). Pandangan aliran rekonstruksionisme terhadap gaya belajar dalam penerapan kurikulum merdeka. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 1252–1261.
Wibowo, A. (2024). Literasi digital. Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik, 1–218.
Yusuf Tojiri, M. M., Putra, H. S., & Nur Faliza, S. E. (2023). Dasar Metodologi Penelitian: Teori, Desain, dan Analisis Data. Takaza Innovatix Labs.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sherlita Nur Azizah, Dwi Oktavianingsih, Wahana Tri Adhasari, Supriyadi Supriyadi, Jody Setya Hermawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the JGK (Jurnal Guru Kita) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)