Studi Literatur: Efektivitas Penggunaan Multimedia Interaktif Berbasis Ispring Suite sebagai Media Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24114/jgk.v9i2.65314Keywords:
Multimedia Interaktif, iSpring Suite, Matematika Sekolah DasarAbstract
Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong pendidik untuk lebih kreatif dalam mengaplikasikan media pembelajaran, salah satunya yaitu multimedia interaktif, yang bertujuan meningkatkan ketertarikan dan keaktifan peserta didik selama proses belajar mengajar. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis keefektifan penggunaan media pembelajaran berupa multimedia interaktif berbasis iSpring Suite sebagai media pembelajaran matematika di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik studi literatur menggunakan tujuh artikel jurnal dalam rentang lima tahun terakhir (2020–2024) untuk dianalisis. Langkah-langkah menganalisis data penelitian melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil serta pembahasan yang telah dianalisis, dapat disimpulkan bahwa penggunaan multimedia interaktif berbasis iSpring Suite efektif untuk digunakan sebagai pendukung proses pembelajaran matematika di sekolah dasar. Penggunaan media interaktif iSpring Suite dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar membantu memudahkan pendidik menjelaskan materi serta menarik perhatian agar peserta didik berpartisipasi aktif dan memberikan umpan balik.References
Akhmad, A. … Gaspersz, V. (2024). Inovasi dalam manajemen pendidikan tinggi: Membangun masa depan yang berkelanjutan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Anshori, S. (2017). Pemanfaatan Tik Sebagai Sumber Dan Media Pembelajaran Di Sekolah. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 1(1), 10–20.
Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225
Ansya, Y. A. … Khairunnisa, K. (2024). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KEMAMPUAN LITERASI BACA TULIS SISWA SEKOLAH DASAR. JGK (Jurnal Guru Kita), 8(3), 598–606. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i3.60183
Ansya, Y. A. … Rozi, F. (2025). Strategi Inovatif dalam Pengembangan Media Pembelajaran Sekolah Dasar di Era Society 5.0. Cahya Ghani Recovery.
Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2025a). Pembelajaran IPA berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Dunia Pendidikan, 5(5), 1858–1877.
Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2025b). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Canva pada Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. ISLAMIKA, 7(1), 1–14.
Ansya, Y. A. … Syahkira, H. P. (2024). OPTIMIZING MATHEMATICS LEARNING IN FIFTH GRADES: THE CRITICAL ROLE OF EVALUATION IN IMPROVING STUDENT ACHIEVEMENT AND CHARACTER. PROGRES PENDIDIKAN, 5(3), 302–311. https://prospek.unram.ac.id/index.php/PROSPEK/article/view/1120
Ariyanti, D. … Harwanto. (2020). Multimedia interaktif berbasis iSpring suite 8. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 8(2), 381–389.
Arsyad, R. Bin … Trisnawati, N. F. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Geometri. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 11(2), 96–100. https://doi.org/10.33506/jq.v11i2.2096
Eliyantika, E. … Jiwandono, I. S. (2022). Penggunaan media pembelajaran guru kelas IV SDN Kemiri tahun pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1315–1326.
Fashihullisan, J. … Lubna, L. (2024). Era Digitalisasi: Kreativitas Pendidik Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Aqidah Akhlak. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 2006–2015.
Firdha, N., & Zulyusri, Z. (2022). Penggunaan iSpring Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 6(1), 101–106. https://doi.org/10.33369/diklabio.6.1.101-106
Handayani, D., & Rahayu, D. V. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan Ispring Dan Apk Builder Untuk Pembelajaran Matematika Kelas X Materi Proyeksi Vektor. M A T H L I N E Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 12–25. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i1.126
Idawati … Anif, S. (2024). Implementasi Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kesantunan Positif (Studi Literatur). Wahana Didaktika, 22, 216–228.
Ishaq, K. … Ijaz, M. (2020). The Impact of ICT on Students’ Academic Performance in Public Private Sector Universities of Pakistan. International Journal of Innovative Technology and Exploring Engineering, 9(3), 1117–1121. https://doi.org/10.35940/ijitee.c8093.019320
Istiqlal, M. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika. JIPMat, 2(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1480
Juraev, A. R. (2019). Using the Ispring Suite Software to Evaluate Future Teachers’ Professional Competencies. Science and Education Central Asian Problems of Modern Science and Education, 4(2), 755–762.
Kifron, M. … Haryanto, E. (2024). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Aplikasi Ispring Suite Pada Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Ipa Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 01, 1–11.
Kriyantono, R. (2020). Teknik praktis riset komunikasi kuantitatif dan kualitatif disertai contoh praktis Skripsi. Tesis, dan Disertai Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi ….
Kusnadi, E., & Azzahra, S. A. (2024). Penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Wordwall dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn di MA Al Ikhlash Padakembang Tasikmalaya. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(2), 323–339.
Labuem, S. … Pasaribu, E. Z. (2025). Inovasi Media Pembelajaran Digital. Yayasan Kita Menulis.
Lestari, B., & Andrijati, N. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Bersasis Powerpoint Dikombinasikan dengan ISPRING SUITE Di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9.
Lestyorini, R. D., & Noviyanto, T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika pada Materi Pecahan Berbasis Adobe Flash di Kelas V SD Negeri Kabupaten Indramayu. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 3(2), 217. https://doi.org/10.20961/jdc.v3i2.34938
Machfud, M. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Kelas VI SDN Jumputrejo Melalui Metode Blanded Lerning dengan Aplikasi Whatsapp. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 3(1), 43. https://doi.org/10.20961/jdc.v3i1.32176
Mahartania, S. Q. G. … Ahdhianto, E. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Matematika Berbasis Ispring Materi FPB Dan KPK untuk Siswa Kelas IV Sekolah. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(6), 430–439. https://doi.org/10.17977/um065v1i62021p430-439
Marzuki. (2023). The Effect of Implementing A Cooperative Learning Model of Group Investigation (Gi) Type on Student Learning Outcomes on Ecosystem Materials in Class Xa of State Middle School 2 Sintang. 4(4), 1–23.
Masitoh, L. … Pendidikan Matematika, J. (2022). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ISPRING PADA PEMBELAJARAN GEOMETRI RUANG DI SEKOLAH DASAR Development Of Ispring Based Interactive Multimedia On Geometry Learning In Elementary School. 14(02), 2623–2685.
Mato, N. … Oroh, F. A. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Pola Bilangan Berbantuan Ispring Suite Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 5(1), 22–28. https://doi.org/10.46306/lb.v5i1.444
Motamedi, V. (2019). The promises of presentational technology for teaching and learning. Journal of Education and Learning (EduLearn), 13(3), 416–419. https://doi.org/10.11591/edulearn.v13i3.13175
Mufliva, R., & Permana, J. (2024). Teknologi Digital dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar sebagai Isu Prioritas dalam Upaya Membangun Masyarakat Masa Depan. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(1).
Mutrikoh … Sabri, T. (2020). Pengembangan Multimedia Powerpoint Berbasis Ispring 8 Pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 9(4), 1–8.
Nurfadhillah, S. … Maharani, S. C. (2021). Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Matmatika Dan Manfaatnya Di Sekolah Dasar Swasta Plus Ar-Rahmaniyah. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 289–298.
Pasambo, E., & Radia, E. H. (2022). Meta Analisis Pengaruh Multimedia Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3257–3267. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2533
Pradana, D. H. … Rohmanurmerta, F. M. (2024). Multimedia Interaktif Berbasis Ispring Pada Materi Pecahan Kelas IV SD. 5.
Rahim, F. R. … Murtiani, M. (2019). Analisis Kompetensi Guru dalam Mempersiapkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 3(2), 133. https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss2/367
Rifky, S. … Harosid, H. (2024). Dasar-dasar Pendidikan: Panduan Untuk Menjadi Pengajar Profesional. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Sanga, L. D., & Wangdra, Y. (2023). Pendidikan adalah faktor penentu daya saing bangsa. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), 5, 84–90.
Santika, I. G. N. (2021). Grand desain kebijakan strategis pemerintah dalam bidang pendidikan untuk menghadapi revolusi industri 4.0. Jurnal Education and Development, 9(2), 369–377.
Saputri, A., & Zainil, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Kinemaster pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar serta Hubungan Pangkat Dua dengan Akar Pangkat Dua di Kelas IV SD. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 3284–3295.
Sarah, C. R. … Munahefi, D. N. (2024). Pembelajaran Matematika dalam Mengintegrasikan Nilai Karakter di Era Kurikulum Merdeka Technology Society 5.0. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 16–23.
Sari, I. P. … Hanik, U. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Game 2D Flash Pada Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Sederhana Untuk Siswa Kelas III UPTD SDN Banyuajuh 4 Kamal. Widyagogik : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(2), 83–91. https://doi.org/10.21107/widyagogik.v7i2.7815
Shatri, Z. G. (2020). Advantages and disadvantages of using information technology in learning process of students. Journal of Turkish Science Education, 17(3), 420–428. https://doi.org/10.36681/tused.2020.36
Subakti, H. … Lubis, M. (2025). Sekolah Masa Depan: Mengintegrasikan AI dan Pembelajaran Interaktif. Yayasan Kita Menulis.
Sugiyono, S. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta.
Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). CV. Alfabeta.
Susilo, B. E. … Jannah, F. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Ispring Suite Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Kelas III Di SDN Mangunharjo 1 Kota Probolinggo. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 2(3), 622–633. https://doi.org/10.47233/jpst.v2i3.1077
Syaflin, S. L. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash Pada Materi Ipa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1516–1525. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3003
Triandini, E. … Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916
Undang Undang No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen. (2005). Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Arya Wirayuda, Adinda Arivia Nosa, Nana Nabila Putri, Supriyadi Supriyadi, Jody Setya Hermawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the JGK (Jurnal Guru Kita) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)