Pengaruh Percaya Diri terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 1 Kubung
DOI:
https://doi.org/10.24114/jgk.v9i2.65340Keywords:
Percaya Diri, Motivasi Belajar, Mata Pelajaran IPSAbstract
Percaya diri merupakan salah satu unsur penting dalam kehidupan siswa. Percaya diri memainkan peran besar dalam kemampuan siswa untuk melihat dirinya sendiri. Semakin tinggi tingkat percaya diri siswa maka akan semakin meningkat motivasi belajar siswa, begitu pula sebaliknya semakin turun tingkat percaya diri siswa maka akan turun juga tingkat motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh percaya diri terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Kubung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kubung yang terdaftar pada tahun pelajaran 2023/2024, yaitu 140 orang. Dengan teknik sampel acak sederhana, sampel berjumlah 104 orang siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: percaya diri dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh besaran pengaruh percaya diri terhadap motivasi belajar sebesar 60,7% dan nilai thitung sebesar 12,563 sedangkan ttabel 1,659 maka hipotesis diterima. Berdasarkan kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan percaya diri terhadap motivasi belajar. Saran dalam penelitian ini adalah agar siswa dapat meningkatkan dan mengembangkan percaya diri dalam dirinya agar motivasi belajar meningkat. Kemudian memberikan dorongan serta dukungan kepada siswa agar percaya diri siswa meningkat sehingga motivasi belajarnya juga meningkat.References
Alfathan, Z. A., & Winata, H. (2022). Pengaruh Motivasi Dan Etos Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 7(2), 225–240.
Alkadri, T., Dahen, L. D., & Verawati, R. (2021). Pengaruh kecerdasan emosional, kepercayaan diri, penguatan positif, dan lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS melalui motivasi sebagai variabel intervening di SMAN 1 Airpura kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Horizon Pendidikan, 1(2), 232–249.
Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225
Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2023). HUBUNGAN PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED, 14(2), 182–195.
Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024a). Model Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Cahya Ghani Recovery.
Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024b). Penggunaan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V Sekolah Dasar. ARZUSIN, 4(6), 1240–1258.
Arikunto. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Pustaka Belajar.
Hidayat, A. N., Yutarsih, Y., & Sarah, S. (2025). TEORI CARL ROGERS PADA BIMBINGAN PRIBADI DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS 2 SEKOLAH DASAR. Jurnal Tahsinia, 6(1), 104–114.
Kusumawati, I., Lestari, N. C., Sihombing, C., Purnawanti, F., Soemarsono, D. W. P., Kamadi, L., Latuheru, R. V., & Hanafi, S. (2023). PENGANTAR PENDIDIKAN. CV Rey Media Grafika.
Latief, A. (2023). Peranan pentingnya lingkungan belajar bagi anak. Jurnal Kependidikan, 7(2), 61–66.
Lesmana, H. S. J., & SH, M. H. (2025). Etika Profesi. Berkah Aksara Cipta Karya.
Lestari, P., Gutji, N., & Yaksa, R. A. (2023). Pengaruh Kepercayaan Diri terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA Adhyaksa I Jambi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 9027–9039. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/3214
Mahmudah, I., Fahreza, M. A., & Akhsan, H. (2024). Konsep Sistem Among dalam Membentuk Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Menurut Pemikiran Ki Hadjar Dewantara. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(3), 1113–1126.
Nabila, S., & Mujazi, M. (2023). PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASARPENGARUH KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1927–1934. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/20534
Nurlaeliah, R., Prasetyo, T., & Firmansyah, W. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar Gugus III Kecamatan Caringin. Edukasi: Jurnal Penelitian Dan Artikel Pendidikan, 13(1), 37–54. https://doi.org/10.31603/edukasi.v13i1.5044
Ramadani, F., Melisa, F., & Putri, D. A. E. (2023). Penerapan media pembelajaran terhadap motivasi siswa. Jurnal Binagogik, 10(2), 99–106. https://ejournal.uncm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/428
Rozi, F., Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024). Strategi Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sekolah Dasar Dalam Mewujudkan Tujuan SDG 4: Pendidikan Berkualitas. PT. Penerbit Naga Pustaka.
Salsabilla, T., Ansya, Y. A., Siregar, Y. D., Agustina, S., Munthe, A. C., Ronauli, A., & Ginting, A. P. (2024). ANALISIS NILAI KEDISIPLINAN SISWA DI UPT SD NEGERI 060796 MEDAN. JGK (Jurnal Guru Kita), 9(1), 12–21.
Sari, W. K., & Herlina, S. (2024). Penerapan Model Student Facilitator and Explaining untuk Meningkatkan Percaya Diri pada Muatan Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Kelas IV Sekolah Dasa. El-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 7(1), 1–9. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/elibtidaiy/article/view/29420
Sari, Y., Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Putri, P. A. (2023). STUDI LITERATUR : UPAYA DAN STRATEGI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA. Jurnal Guru Kita PGSD, 8(1), 9–26. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i1.53931
Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). CV. Alfabeta.
Sugiyono, S. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Suharni, S. (2021). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 172–184.
Syarofuddin, A. (2022). Totalitas kinerja guru menuju guru profesional. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 20(2), 289–296.
Tarumasely, Y., Halamury, M., Sipahelut, J., & Labobar, W. (2024). Perubahan Paradigma Pendidikan Melalui Teknologi AI; Membaca Perubahan Motivasi dan Kemandirian Belajar Siswa di Indonesia. Academia Publication.
Ulya, N., & Diana, R. R. (2021). Peran pola asuh orang tua dalam meningkatkan kepercayaan diri pada anak usia. Jurnal Golden Age, 5(2), 304–313.
Usman, C. I., Wulandari, R. T., & Nofelita, R. (2021). Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua dan Kepercayaan Diri terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 4(1), 10–16. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/EGCDJ/article/view/12605
Zuzana, M., & Mandala, I. (2024). Peran Ekologi Madrasah dalam Pembentukan Karakter Kerja Keras Siswa di Man 1 Kerinci. Journal of Islamic Education Policy, 8(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yesi Guspita Sari, Desi Armi Eka Putri, Ikhwan Ikhwan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the JGK (Jurnal Guru Kita) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)