Sejarah dan Dampak Kebijakan Makan Siang Gratis: Studi Komparatif dan Implikasinya terhadap Pendidikan di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.24114/jgk.v9i2.65351Keywords:
Kebijakan Makan Siang Gratis, Sejarah Kebijakan, Gizi Siswa, Pendidikan, Studi KomparatifAbstract
Kebijakan makan siang gratis telah diterapkan di berbagai negara sebagai upaya meningkatkan gizi dan prestasi akademik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejarah kebijakan makan siang gratis, membandingkannya dengan negara pertama yang menerapkannya, serta mengevaluasi dampaknya terhadap gizi dan pembelajaran siswa di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kajian literatur dengan pendekatan historis dan komparatif. Data dikumpulkan melalui studi pustaka dari jurnal akademik, laporan kebijakan, serta sumber primer dan sekunder terkait kebijakan makan siang gratis di berbagai negara. Kajian makan bergizi gratis dalam tulisan ini dilakukan dalam konteks Amerika dan Jepang. Program makan bergizi gratis di Amerika Serikat dan Jepang berhasil karena didukung oleh kebijakan yang berkelanjutan, pendanaan yang stabil, serta integrasi dengan sistem pendidikan dan kesehatan. Di Jepang, program Kyūshoku berhasil karena adanya standar gizi ketat, keterlibatan sekolah dalam penyediaan makanan sehat, dan budaya makan bersama yang menanamkan kebiasaan baik sejak dini. Sementara itu, di Amerika Serikat, National School Lunch Program (NSLP) sukses karena mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah federal, memastikan akses makanan bergizi bagi anak-anak dari keluarga berpenghasilan rendah. Kedua negara menunjukkan bahwa keberhasilan program ini bergantung pada perencanaan jangka panjang, keterlibatan pemerintah, serta pendidikan gizi bagi siswa. Oleh karena itu, Indonesia perlu mengadaptasi model kebijakan yang sesuai dengan kondisi lokal, memastikan efektivitas distribusi, dan melakukan evaluasi berkala untuk mengoptimalkan manfaat bagi siswa.References
Auliawan, A. G., & Harsiwi, W. (2025). Kyushoku di Jepang Sebagai Referensi Program Makan Bergizi Gratis di Indonesia. KIRYOKU, 9(1), 184–197.
Ayurisya Dominata Dumiadi, R. M. R. M. M. D. F. F. A. A. K. S. S. E. A. S. N. B. A. M. A. J. F. S. L. R. S. H. H. S. S. F. A. A. R. D. B. Y. H. M. T. D. A. M. A. I. L. N. P. A. H. H. O. A. S. R. F. P. L. I. M. A. R. W. F. A. A. (2025). KEBIJAKAN PUBLIK BERKELANJUTAN UNTUK TATA KELOLA YANG LEBIH BAIK. Penerbit P4I. https://books.google.co.id/books?id=NEBDEQAAQBAJ
Azizi, A. D., & Vera, N. (2024). ANALISIS RESEPSI KHALAYAK TERHADAP PEMBERITAAN MAKAN SIANG GRATIS DI MEDIA MASSA. NIVEDANA: Jurnal Komunikasi Dan Bahasa, 5(4), 522–536.
Bean, M. K. … Buscemi, J. (2023). Free healthy school meals for all as a means to advance child health equity. JAMA Pediatrics, 177(8), 753–754.
Calvert, H. G. … Turner, L. (2021). Prevalence of evidence-based school meal practices and associations with reported food waste across a national sample of US elementary schools. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(16), 8558.
Chandran, A. … Gern, J. (2023). Changes in body mass index among school-aged youths following implementation of the Healthy, Hunger-Free Kids Act of 2010. JAMA Pediatrics, 177(4), 401–409.
Chote, B. … D’Souza, E. (2022). Culture of healthy eating and food environments, policies, and practices in regional New Zealand schools. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(11), 6729.
Dwijayanti, A. (2024). Policy Spillover: Analisis Jaringan Dampak Kebijakan Makan Siang Bergizi Gratis terhadap Sektor Pertanian. Jurnal Administrasi Publik, 20(2), 281–308.
Fasha, S. S., & Tesniyadi, D. (2024). Analisis Wacana Kritis Pada Artikel Tempo. co Yang Berjudul" Dana BOS Untuk Program Makan Siang Gratis”. Innovative: Journal of Social Science Research, 4(3), 15077–15089.
Gosliner, W. … Long, C. (2022). The California nutrition incentive program: participants’ perceptions and associations with produce purchases, consumption, and food security. Nutrients, 14(13), 2699.
Hardi, E. … Rusdinal, R. (2023). Kontribusi Nilai-Nilai Falsafah Dan Budaya Hidup Bangsa Jepang Bagi Kemajuan Pendidikan Jepang Pasca Perang Dunia II. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 5(2), 133–146.
Harliawan, M. (2024). Keterkaitan Prestasi Olahraga dan Prestasi Akademik “Menemukan Keseimbangan Optimal dalam Tumbuh Kembang Siswa. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 385–394.
Hock, K. … Hammond, D. (2022). Awareness of and participation in school food programs in youth from six countries. The Journal of Nutrition, 152, 85S-97S.
Holford, A., & Rabe, B. (2024). Universal free school meals and children’s bodyweight. Impacts by age and duration of exposure. Journal of Health Economics, 98, 102937.
Isozaki, T., & Isozaki, T. (2024). Food and nutrition education (Shokuiku) as a part of STEAM education. In Theory and Practice of STEAM Education in Japan (pp. 99–113). Routledge.
Jogiyanto Hartono, M. (2018). Metoda pengumpulan dan teknik analisis data. Penerbit Andi.
Komang, Y. K., & Nurita, W. (2024). Nilai–Nilai Yang Terkandung Dalam Implementasi Budaya Kyuushoku (Makan Siang di Sekolah). Jurnal Daruma: Linguistik, Sastra Dan Budaya Jepang, 4(02), 113–124.
Maharani, P. A. … Chairunnisa, T. V. (2024). Peran makan siang gratis dalam janji kampanye prabowo gibran dan realisasinya. Journal Of Law And Social Society, 1(1), 1–10.
Merlinda, A. A., & Yusuf, Y. (2025). Analisis Program Makan Gratis Prabowo Subianto Terhadap Strategi Peningkatan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Tinjauan dari Perspektif Sosiologi Pendidikan. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 7(2), 1364–1373.
Purwanti, Z. (2024). Pemodelan Text Mining untuk Analisis Sentimen Terhadap Program Makan Siang Gratis di Media Sosial X Menggunakan Algoritma Support Vector Machine (SVM). Jurnal Indonesia: Manajemen Informatika Dan Komunikasi, 5(3), 3065–3079.
Rahmawati, N. A. … Ramadhani, M. W. (2024). Memetakan Visi Prabowo Gibran Pada Masa Kampanye Dalam Prespektif Pembangunan:(Analisis Wacana Kritis Visi Dan Misi Prabowo Gibran Dalam Prespektif Moderenisasi). WISSEN: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(3), 97–120.
Ribawati, E. (2022). Penerapan Metode Neurosains dalam Pembelajaran Sejarah. JEJAK: Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah, 2(1), 1–10.
Richardson, A. S. … Datar, A. (2022). Association of the Healthy, Hunger-Free Kids Act of 2010 with body mass trajectories of children in low-income families. JAMA Network Open, 5(5), e2210480–e2210480.
Rokhmaniyah, M. P. … Mahmudah, U. (2022). Anak putus sekolah, dampak, dan strategi mengatasinya. CV Pajang Putra Wijaya.
Safitri, R. N., & Fitriana, D. A. (2022). Peran Penyediaan Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMT-AS) Terhadap Status Gizi Anak. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 5(1), 955–960.
Sanborn, A. A., & Omori, K. (2024). A Whole Systems Approach to School Food Policy in Japan.
Sanders, M. T. … Heinrichs, B. S. (2020). Longitudinal associations linking elementary and middle school contexts with student aggression in early adolescence. Journal of Abnormal Child Psychology, 48(12), 1569–1580.
Sekolah, E. P. P. M. T. bagi A. (2013). Program Kemitraan untuk Pengembangan Kapasitas dan Analisis Pendidikan (ACDP).
Septiani, F. I. … Azzahra, A. (2024). Dampak Makan Siang Gratis Pada Kondisi Keuangan Negara Dan Peningkatan Mutu Pendidikan. JUPENSAL: Jurnal Pendidikan Universal, 1(2), 191–196.
Setyosari, H. P. (2016). Metode penelitian pendidikan & pengembangan. Prenada Media.
Situmorang, R. T. (2024). Analisis Framing Logika Media Terkait Pemberitaan Program Kampanye Makan Siang dan Susu Gratis. Jurnal Jurnalisa, 10(1).
Srimayarti, B. N., & Yenni, R. A. (2021). Implementasi Program Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMT-AS). ARKESMAS, 6(2), 20–24.
Sukmana, O. (2022). Dasar-dasar kesejahteraan sosial dan pekerjaan sosial (Vol. 1). UMMPress.
Susanto, H. P. (2021). Pandemi dan Anak Bangsa Menjadi Pintar. Tsaqiva publishing.
Thorndike, A. N. … Schwartz, M. B. (2022). Strengthening US food policies and programs to promote equity in nutrition security: a policy statement from the American Heart Association. Circulation, 145(24), e1077–e1093.
Triana, F. R. D., & Amali, M. T. (2024). Analisis Framing Pemberitaan Program Kerja Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Dalam Media Online Liputan6. Com Dan Republika. co. id. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik (JISIP), 13(3), 603–614.
Turner, L. … Chriqui, J. F. (2021). Can monitoring make it happen? An assessment of how reporting, monitoring, and evaluation can support local wellness policy implementation in US schools. Nutrients, 13(1), 193.
Zaman, F. N. … Umam, K. (2024). Menganalisis Respons Netizen Twitter Terhadap Program Makan Siang Gratis Menerapkan Nlp Metode Naïve Bayes. Just IT: Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi Dan Komputer, 14(3), 201–208.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Septian Prawijaya, Puteri Atikah, Fery Muhammad Firdaus

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the JGK (Jurnal Guru Kita) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)