Peran Media Canva Berbasis Kearifan Lokal dalam Proses Stimulan Belajar Peserta Didik pada Materi Cerita Rakyat Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24114/jgk.v9i2.65362Keywords:
Media Pembelajaran, Aplikasi Canva, Budaya Literasi Pada Cerita Rakat di Sekolah DasarAbstract
Budaya digitalisasi dalam dunia pendidikan sangat penting untuk menunjang pengetahuan siswa di berbagai mata pelajaran. Literasi digital menjadi kompetensi esensial karena mencakup kemampuan individu dalam menemukan, mengolah, mengevaluasi, dan menyebarkan informasi secara bijak dan bertanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi Canva dalam mengembangkan budaya literasi digital, khususnya pada materi cerita rakyat di kelas IV sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menelaah 10 artikel ilmiah yang relevan terkait penggunaan Canva dalam pembelajaran. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan mengkaji temuan utama dari setiap artikel. Hasil menunjukkan bahwa Canva efektif meningkatkan minat baca dan kreativitas siswa. Tampilan visual yang menarik dari Canva membuat siswa lebih tertarik dan semangat dalam mengikuti pembelajaran serta memudahkan mereka memahami materi dan mengekspresikan ide. Kesimpulannya, penggunaan Canva dalam pembelajaran digital memberikan manfaat signifikan dalam membentuk budaya literasi digital siswa. Hal ini membantu mereka mengembangkan pengetahuan dan keterampilan berpikir kritis, serta menjadikan membaca sebagai bagian penting dari kehidupan belajar mereka di era digital.References
Abidin, Y. (2022). Pengaruh pembelajaran berbasis multimodal terhadap kemampuan literasi membaca siswa sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 103–116.
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Agustin, D. S. B., & Suhartono, S. (2025). PROGRAM PENGEMBANGAN LITERASI MELALUI POJOK BACA DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK KELAS X SMA HANG TUAH 4 SURABAYA. BAPALA, 12(1), 28–44.
Anjarwati, L., Pratiwi, D. R., & Rizaldy, D. R. (2022). Implementasi Literasi Digital dalam Upaya Menguatkan Pendidikan Karakter Siswa. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 3(2), 87–92. https://doi.org/10.23917/bppp.v4i2.19420
Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225
Ansya, Y. A., Ardhita, A. A., Rahma, F. M., Sari, K., & Khairunnisa, K. (2024). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KEMAMPUAN LITERASI BACA TULIS SISWA SEKOLAH DASAR. JGK (Jurnal Guru Kita), 8(3), 598–606. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i3.60183
Ansya, Y. A., & Mailani, E. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar melalui Program Kampus Mengajar 7. FONDATIA, 8(4), 772–789.
Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2025). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Canva pada Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. ISLAMIKA, 7(1), 1–14.
Ansya, Y. A., Salsabilla, T., & Rozi, F. (2025). Strategi Inovatif dalam Pengembangan Media Pembelajaran Sekolah Dasar di Era Society 5.0. Cahya Ghani Recovery.
Astuti, A. P., Istianingsih, S., & Widodo, A. (2022). Pentingnya Membangun Budaya Literasi (Budaya Membaca) pada Anak SD di Era Digital. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(12), 1184–1189. https://doi.org/10.17977/um065v2i122022p1184-1189
Effendi, M. I., Mutmainnah, S., Nurjanah, N., Annaqita, S., & Ningtyas, S. W. (2024). Kontribusi Canva For Education Dalam Meningkatkan Kreativitas dan Presentation Skills Mahasiswa. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 9(2), 13–26.
Firgiawan, T., Gultom, M., Prayoga, I. I., Guriadi, M., Indriyani, S., Muslimah, R. H., Zahlianti, T. H., Dyasluwita, R., Anandita, S. P., & Rahman, T. A. (2024). PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBSIS DIGITAL. Cahya Ghani Recovery.
Hidayah, R. (2022). Implementasi Literasi Digital Berbasis Platform Canva Pada Kelas V SD. SNHRP, 932–938. https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/410/
Intaniasari, Y., & Utami, R. D. (2022). Menumbuhkan Budaya Membaca Siswa Melalui Literasi Digital dalam Pembelajaran dan Program Literasi Sekolah. Jurnal Basicedu, 6(3), 4987–4998. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2996
Judijanto, L., Setiawan, Z., Wiliyanti, V., Gunawan, P. W., Suryawan, I. G. T., Mardiana, S., Ridwan, A., Kusumastuti, S. Y., Putra, B. P. P., & Joni, I. D. M. A. B. (2024). Literasi Digital di Era Society 5.0: Panduan Cerdas Menghadapi Transformasi Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Katili, F. V. N., Halidu, S., Katili, S., & Husain, R. (2024). Efektivitas Gerakan Literacy Lodge dalam Meningkatkan Budaya Membaca Siswa. Student Journal of Elementary Education, 3(2), 111–124.
Kemendikbud, K. (2023). Peringkat Indonesia pada PISA 2022 Naik 5-6 Posisi Dibanding 2018. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/12/peringkat-indonesia-pada-pisa-2022-naik-56-posisi-dibanding-2018
Labuem, S., Awal, R., Suleman, N., Monoarfa, F., Butsiarah, B., Kunusa, W. R., Kholifah, N., Ritonga, M. W., Simarmata, J., Lubis, M., Ansya, Y. A., Alim, B., & Pasaribu, E. Z. (2025). Inovasi Media Pembelajaran Digital. Yayasan Kita Menulis.
Maladisma, N., Suardi, N. F., & Fitriana, N. (2024). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Video Pembelajaran Interaktif melalui Penggunaan Platform Canva Bagi Guru SDN Sungguminasa V. Jurnal IPMAS, 4(3), 169–180.
Nome, O. (2025). Edukasi Penggunaan Gadget Sehat Untuk Siswa Sds Arastamar Kuala Behe Berdasarkan 1 Korintus 6: 12. Journal Of Human And Education (JAHE), 5(1), 470–478.
Retnoningtyas, W. A., & Widyaningrum, H. K. (2023). PENINGKATAN LITERASI DIGITAL PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS 5 SDN ORO-ORO OMBO MADIUN MENGGUNAKAN BANTUAN GOOGLE DOCS DAN APLIKASI CANVA. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3309–3328. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/8713
Safitri, I., Marsidin, S., & Subandi, A. (2020). Analisis Kebijakan terkait Kebijakan Literasi Digital di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(2), 176–180. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i2.123
Sari, Y., Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Putri, P. A. (2023). STUDI LITERATUR : UPAYA DAN STRATEGI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA. Jurnal Guru Kita PGSD, 8(1), 9–26. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i1.53931
Setiawan, A., Susanto, S., & Wardhani, I. S. K. (2024). Pelatihan Pembuatan Poster Melalui Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Literasi Digital pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 4(1), 22–33.
Sugiyono, S. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta.
Sugiyono, S. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Suwandi, S. (2023). PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA DAN TANTANGAN MENCETAK WIRAUSAHA LITERASI. E-Prosiding PBSI IKIP Siliwangi, 1(eProsiding-Seminar Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2018), 1–13.
Udmah, S., Wuryandini, E., & Mahyasari, P. (2024). Analisis Desain Pembelajaran Culturally Responsive Teaching dalam Konteks Penguatan Literasi Humanistik di Sekolah Dasar. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(2), 749–758.
Widiarti, M., Laksono, K., & Amri, M. (2024). Penggunaan Dampak Positif Terhadap Eksplorasi Kreativitas Literasi Digital Painting Canva Pembelajaran Puisi Kelas 5 SDN Gondek. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 14–21.
Widyaningrum, W., & Sondari, E. (2021). IMPLEMENTASI LITERASI DIGITAL DALAM MERANCANG DESAIN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 2(2), 321–328. https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i2.512
Wulandari, D. (2024). Pengembangan Komik Digital bermuatan Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar Negeri Sedeng 1 Bojonegoro. UNS (Sebelas Maret University).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Halimatussakdiah Halimatussakdiah, Yudha Darmansyah Daulay

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the JGK (Jurnal Guru Kita) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)