Implementasi Gerakan Makan di Sekolah (GEMAS) untuk Meningkatkan Pola Hidup Sehat di SDN 3 Ngesrepbalong Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal
DOI:
https://doi.org/10.24114/jgk.v9i3.66192Keywords:
Gerakan Makan di Sekolah, Pola Hidup Sehat, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi Program Gerakan Makan di Sekolah (GEMAS) di SD Negeri 3 Ngesrepbalong, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, serta menganalisis dampaknya terhadap pembentukan pola makan sehat siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk memperoleh pemahaman mendalam mengenai pelaksanaan program. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas 3 hingga kelas 5 yang secara aktif mengikuti kegiatan GEMAS, guru kelas, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk melihat langsung pelaksanaan kegiatan makan bersama di sekolah, wawancara dilakukan dengan guru dan siswa untuk mengetahui persepsi serta pengalaman mereka terhadap program, sedangkan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tertulis seperti jadwal kegiatan, laporan guru, dan panduan bekal sehat. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa GEMAS dilaksanakan secara rutin setiap hari dan mendapat dukungan aktif dari guru serta orang tua. Siswa menunjukkan perilaku makan yang lebih sehat, seperti membawa bekal bergizi, mencuci tangan sebelum makan, serta mulai menghindari makanan ringan tidak sehat. Dokumentasi kegiatan juga menunjukkan bahwa sekolah memiliki sistem monitoring dan evaluasi yang baik terhadap pelaksanaan program. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa program GEMAS berkontribusi positif dalam membentuk kebiasaan makan sehat siswa dan mendukung terciptanya lingkungan sekolah yang sehat dan edukatif.References
Adi, S., Soenyoto, T., Aliriad, H., & Utama, M. B. R. (2025). MANAJEMEN AKTIVITAS FISIK SISWA. Cahya Ghani Recovery.
Anggraeni, E. P., Supyadi, M. R., Putri, R. D. E., Toip, M., & Soldiana, S. (2025). PELAKSANAAN PROGRAM PEMBIASAAN MAKAN SEHAT PADA SISWA KELAS I DI SDN SERANG 10. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS), 5(1), 205–209.
Anggraini, H. (2025). DETERMINASI PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) DI LINGKUNGAN SEKOLAH DASAR. UNISAN JURNAL, 4(4), 28–36.
Arianti, S. F. (2025). Membangun Kesadaran Gizi Anak Prasekolah Melalui Pasar Makanan Sehat. Lebah, 18(3), 180–186.
Astari, T., Indraswari, S. H., & Sari, V. R. (2025). Ayo Makan Sehat! Panduan Cerdas dan Menyenangkan Untuk Guru dan Orang Tua. Cv. Edupedia Publisher.
Astuti, W. T., Susanti, E. T., Ns, M. K., Novida Prima, W., Marhamah, E., Nurhayati, L., & Setiyawan, A. (2025). Bekal Sehat Anak Bangsa Edukasi Nutrisi untuk Generasi Cemerlang. Rizmedia Pustaka Indonesia.
Dianah, R., Basri, F., Maharani, D., Miskha, A., Gunawan, P. H., & Aulia, A. (2025). PENTINGNYA POLA MAKAN SEHAT GUNA MENCEGAH EATING DISORDER PADA REMAJA DI SMAN 9 KOTA BOGOR. Jurnal Gembira: Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(02), 680–689.
Fithria, F., Ramadani, A., Dirahayu, W. O. H., Pini, C. N., Mahmud, I., Kalisi, H., & Andani, N. S. (2024). Gambaran Status Gizi Anak di SD Negeri 1 Poasia Kendari. Jurnal Kendari Kesehatan Masyarakat, 4(1), 26–33.
Hartati, S., Nurdin, I., & Si, M. (2021). Metodologi Penelitian Sosial.
Jogiyanto Hartono, M. (2018). Metoda pengumpulan dan teknik analisis data. Penerbit Andi.
Kaluku, K., & Junieni, J. (2022). Peran Penting Sekolah dalam Memperbaiki Praktik Gizi Seimbang pada Anak. GLOBAL HEALTH SCIENCE, 7(4), 185–190.
Lestari, S. D., Isbandi, F. S., & Respati, R. D. (2025). Sosialisasi tentang Bahaya Makanan Tidak Sehat Siswa Sekolah Dasar Negeri Pasar Baru 1, Koang Jaya, Karawaci, Kota Tangerang. Indonesian Journal of Social Development, 3(1), 9.
Logo, P. A., Nur, M. L., & Rahayu, T. (2025). Hubungan Pengetahuan Gizi dan Perilaku Jajan dengan Status Gizi Siswa Sekolah Dasar. SEHATMAS: Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 4(2), 496–505.
Maharwati, N. K., & Dinatha, N. M. (2023). Strategi Kepala Sekolah Dalam Menerapkan Pendidikan Kesehatan Melalui Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(1), 57–69.
Mastuti, D. N. R., Pratiwi, Y. S., Chaniago, R., Rosida, R., Sanjaya, Y. A., Yulistiani, R., Astani, A. D., Priharwanti, A., Meri, M., & Swasono, M. A. H. (2023). PENGANTAR ILMU GIZI: Pemahaman tentang Nutrisi dan Kesehatan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Merlinda, A. A., & Yusuf, Y. (2025). Analisis Program Makan Gratis Prabowo Subianto Terhadap Strategi Peningkatan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Tinjauan dari Perspektif Sosiologi Pendidikan. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 7(2), 1364–1373.
Nabila, S., Pasaribu, N. A., Tasya, L., & Azhima, I. (2025). Analisis Deteksi Tumbuh Kembang Anak di Posyandu Teratai 1 Desa Laut Dendang. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 12(2), 275–284.
Nasrul Zaman, S. T. (2025a). PENGANTAR KESEHATAN MASYARAKAT: Budaya, Etik dan Inovasi Teknologi. Feniks Muda Sejahtera.
Nasrul Zaman, S. T. (2025b). PUBLIC HEALTH FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT: Keadilan, Tantangan dan Kolaborasi Masyarakat Global. Feniks Muda Sejahtera.
Patimah, S. (2021). Stunting mengancam human capital. Deepublish.
Puspito, A. N., Ubaidillah, M., Widyawati, A., Nabyla, C. F., Amami, N. A. A., & Herlambang, Y. A. N. (2025). Pengenalan Healthy Nutritious Food Knowledge dan Personal Hygiene di SD Negeri Gadingsari, Kecamatan Binakal, Kabupaten Bondowoso. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 6(2), 334–344.
Putra, M. G. S., Septiani, E., Putri, S. S. D., & Nirmalarani, Y. (2025). Peningkatan Pengetahuan terkait Pentingnya Sarapan Bagi Pelajar di SD Negeri Dewi Sartika I Kota Bogor. Darmabakti: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 6(01), 60–69.
Sentanu, I. G. E. P. S., Yustiari, S. H., & S AP, M. P. A. (2024). Mengelola Kolaborasi Stakeholder Dalam Pelayanan Publik. PT Indonesia Delapan Kreasi Nusa.
Shalahuddin, I., Rosidin, U., Eriyani, T., & Pebrianti, S. (2025). Aksi sosial petualangan rasa: menjelajahi dunia makanan bergizi untuk tumbuh kembang pada anak sekolah dasar. PROMOTIF: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 63–76.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono, S. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta.
Sugiyono, S. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Sulistiyo, U. (2023). Metode penelitian kualitatif. PT Salim Media Indonesia.
Thahir, A. I. A., & Masnar, A. (2021). Obesitas Anak dan Remaja: Faktor Risiko, Pencegahan, dan Isu Terkini. Edugizi Pratama Indonesia.
Wijaya, H. (2019). Analisis Data Kualitatif: sebuah tinjauan teori & praktik. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Yani, M., Mawarpury, M., Sari, Y., & Ulfa, M. (2024). Penguatan Ketahanan Keluarga Di Era Digital. Syiah Kuala University Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kurniawan Widhi Hartanto, Soedjono Soedjono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the JGK (Jurnal Guru Kita) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)