Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika untuk Mengenal dan Menginterpretasikan Budaya dalam Pembelajaran: Tinjauan Literatur Sistematis
DOI:
https://doi.org/10.24114/jgk.v9i3.66211Keywords:
LKPD Berbasis Etnomatematika, Etnomatematika Dalam Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal, Pengembangan Bahan Ajar Etnomatematika, Tinjauan Literatur SistematisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meninjau secara sistematis berbagai hasil penelitian terdahulu terkait pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis etnomatematika yang digunakan dalam pembelajaran matematika. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi sejauh mana LKPD berbasis etnomatematika mampu membantu peserta didik dalam mengenal dan menginterpretasikan budaya melalui proses pembelajaran yang kontekstual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tinjauan literatur sistematis dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menelusuri berbagai artikel penelitian yang relevan melalui database ilmiah, seperti Google Scholar, DOAJ dan Garuda, dengan kata kunci “LKPD berbasis etnomatematika”, “etnomatematika dalam pembelajaran”, “pembelajaran berbasis budaya lokal”, dan “pengembangan bahan ajar etnomatematika”. Teknik analisis data menggunakan pendekatan tematik untuk mengelompokkan informasi berdasarkan tema validitas, kepraktisan, keefektifan, serta unsur budaya yang diangkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua artikel yang ditelaah menyatakan LKPD berbasis etnomatematika dinilai valid oleh ahli, praktis menurut respon guru dan siswa, serta efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika dan menumbuhkan sikap positif terhadap budaya lokal. Kesimpulan dari studi ini adalah bahwa LKPD berbasis etnomatematika memberikan kontribusi signifikan terhadap proses pembelajaran yang bermakna dan berkarakter. Rekomendasi diberikan kepada para pendidik dan pengembang bahan ajar untuk terus mengintegrasikan nilai-nilai budaya lokal ke dalam pembelajaran guna menciptakan pendidikan yang kontekstual dan berkelanjutan.References
Agustina, D. T. (2024). Pendekatan CPA (Concret Pictorial Abstrak) dan Matematika Realistik Bagi Siswa SD. Maghza Pustaka.
Akmal, M. J., Arya Rahardja, M. N., Syahidin, S., & Fakhruddin, A. (2024). Membangun Potensi Melalui Pendidikan Anak: Perspektif Ibnu Sina dalam Islam. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 21(2), 250–263. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2024.vol21(2).19291
Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225
Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2025a). Pembelajaran IPA berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Dunia Pendidikan, 5(5), 1858–1877.
Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2025b). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Canva pada Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. ISLAMIKA, 7(1), 1–14. https://doi.org/10.36088/islamika.v7i1.5464
Ansya, Y. A., Salsabilla, T., & Mailani, E. (2024). The Role of Local Culture in North Sumatra in Improving Mathematical Ability in the Learning of Space Shapes for 5th Grade Elementary School Students. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 4(2), 147–154.
Ansya, Y. A., Salsabilla, T., & Mailani, E. (2025a). Etnomatematika Sumatera Utara. Cahya Ghani Recovery.
Ansya, Y. A., Salsabilla, T., & Mailani, E. (2025b). Peran Permainan Congklak untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Sekolah Dasar. JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH, 9(1), 1–9. https://doi.org/10.21009/jrpms.091.01
Ansya, Y. A., Salsabilla, T., & Rozi, F. (2025). Strategi Inovatif dalam Pengembangan Media Pembelajaran Sekolah Dasar di Era Society 5.0. Cahya Ghani Recovery.
Apriliyani, R. (2023). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS ETNOMATEMATIKA MOTIF KAIN JARIK KHAS JAWA PADA MATERI BANGUN DATAR. SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 15(1), 1–10. https://doi.org/10.26618/sigma.v15i1.9591
Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.36230
Awaludin, A. A. R., Rawa, N. R., Narpila, S. D., Yuliani, A. M., Wewe, M., Gradini, E., Julyanti, E., Haryanti, S., Bhoke, W., & Resi, B. B. F. (2021). Teori dan aplikasi pembelajaran matematika di SD/MI. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Budiarto, M. T., Masruroh, A., Azizah, A., Munthahana, J., Awwaliya, R., Nikmah, R., & Yusrina, S. L. (2022). Etnomatematika teori, pendekatan, dan penelitiannya. Zifatama Jawara.
Danugroho, A. (2022). Pendidikan dalam kacamata ketahanan nasional (Vol. 1). Jejak Pustaka.
Dari, S. W., & Jatmiko, J. (2024). Analisis Peran Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains Dan Pembelajaran, 3(1), 269–278.
Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL) : Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kritis Peserta Didik. Widya Accarya, 12(1), 61–69. https://doi.org/10.46650/wa.12.1.1056.61-69
Dr. Anggar Titis Prayitno, M. P. S. M. P. N. A. M. P. N. N. M. P. A. T. M. P. M. R. M. S. R. S. M. P. (2022). Strategi, Pendekatan, & Model Pembelajaran Cooperative Learning dalam Pembelajaran Matematika. CV Jejak (Jejak Publisher). https://books.google.co.id/books?id=P1KmEAAAQBAJ
Fitri, S. M., Khairani, R. Z., Aditha, S. R., & Hidayatullah, R. (2025). Telaah Kebijakan Pengembangan Kompetensi Guru Oleh Pemerintah di Era Society 5.0. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin, 4(1), 244–258.
Hamin, M. N. I., Nur, W. W. R., Hamda, H., & Ridha, A. R. (2025). Studi Literatur: Telaah Kritis Relevansi Matematika Sekolah antara Kebutuhan Akdemik dan Dunia Nyata. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(2), 1201–1207. https://doi.org/10.29303/jipp.v10i2.3318
Hastuti, E., & Fauzan, A. (2022). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA PADA MATERI PENYAJIAN DATA. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 267. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i1.8711
Hidayati, B. N., & Zulandri, Z. (2021). Efektifitas LKPD elektronik sebagai media pembelajaran pada masa pandemi covid-19 untuk guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2).
Hisni, M., Ansori, H., & Sari, A. (2022). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS ETNOMATEMATIKA BUDAYA BANJAR MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. JURMADIKTA, 2(1), 23–30. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v2i1.1218
Ivana, M., Saryantono, B., & Rahmawati, F. (2021). Pengembangan lkpd berbasis etnomatematika dengan motif tapis lampung untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 20 bandar lampung. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika (JMPM), 3(2), 1–20.
Jogiyanto Hartono, M. (2018). Metoda pengumpulan dan teknik analisis data. Penerbit Andi.
Khalil, Y. S. H., Zubair, M., & Mareta, M. (2024). Pengembangan Potensi Peserta Didik Berbasis Nilai dalam Membentuk Generasi Unggul Melalui Multiple Intelligence. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 3037–3048. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i4.2948
Maharani, I. (2024). INTEGRASI BUDAYA DAN MATEMATIKA: STUDI ETNOMATIKA PADA KERAWANG GAYO. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 7(3), 138–143. https://doi.org/10.37081/mathedu.v7i3.6562
Mas Rura, P. N., Fajriah, N., & Suryaningsih, Y. (2022). PENGEMBANGAN LKPD PADA MATERI LINGKARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA NYIRU KELAS VIII SMP/MTs. JURMADIKTA, 2(3), 43–52. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v2i3.1389
Nizar, H., Ramadan, D. C., Jufri, K. A., Fitri, D., & Nuryasin, A. F. (2025). Belajar Matematika Menggunakan Liveworksheets dengan Konteks Melayu. Bening Media Publishing. https://books.google.co.id/books?id=cx9EEQAAQBAJ
Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi penelitian sosial. Media Sahabat Cendekia.
Patole, S. (2021). Principles and Practice of Systematic Reviews and Meta-Analysis. Springer International Publishing. https://books.google.co.id/books?id=lzQ1EAAAQBAJ
Rahmadhani, S. E., Sabara, I. M., & Marhayati, M. (2024). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS ETNOMATEMATIKA BATIK KAWUNG PADA MATERI UNSUR-UNSUR LINGKARAN. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 13(1), 116. https://doi.org/10.24127/ajpm.v13i1.8078
Ratuanik, M., Urath, S., Jabar, P. D., Batbual, I. A., Melmambessy, T., Werluka, B., & Kdise, V. (2024). Exploration of Tanimbar Local Wisdom in the Development of SMP Mathematics Books. Bakti : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1–13. https://doi.org/10.51135/baktivol4iss1pp1-13
Ratuanik, M., Urath, S., Jabar, P. D., Luturmas, A. S. A., Loiwatu, D. L., Kdise, V., Werluka, B., & Matruty, N. (2024). Implementasi Aplikasi Geogebra dalam Pembelajaran Matematika bagi Guru SMA. Bakti : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 82–93. https://doi.org/10.51135/baktivol4iss2pp82-93
Rewatus, A., Leton, S. I., Fernandez, A. J., & Suciati, M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Pada Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 645–656. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.276
Riza, M., Fajriah, N., & Hidayanto, T. (2022). Pengembangan LKPD Elektronik Materi Perbandingan Trigonometri Pada Segitiga Siku-Siku Berbasis Etnomatematika. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 20–31. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v9i1.2275
Saksono, H., Khoiri, A., Dewi Surani, S. S., Rando, A. R., Setiawati, N. A., Umalihayati, S., KM, S., Ali, I. H., MP, M. E., & Adipradipta, A. (2023). Teori Belajar dalam Pembelajaran. Cendikia Mulia Mandiri.
Samosir, E. D., Ansya, Y. A., Ade, N. F., Naibaho, Y., Rahmadani, R., & Sitorus, I. (2024). ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMPELAJARI MATERI PENGOLAHAN DATA DI SEKOLAH DASAR. JGK (Jurnal Guru Kita), 9(1), 108–115.
Shabira, N., & Andhany, E. (2023). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Euclid, 10(1), 147. https://doi.org/10.33603/e.v10i1.8532
Sirozi, M. (2025). Tantangan Rencana Pendidikan Di Era Disrupsi. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 66–84.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suwastini, N. M. S., Agung, A. A. G., & Sujana, I. W. (2022). LKPD sebagai media pembelajaran interaktif berbasis pendekatan saintifik dalam muatan IPA sekolah dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 311–320.
Wardani, A. E. P., Zaman, W. I., & Afandi, Z. (2024). PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF BERBASIS ETNOMATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG TABUNG DENGAN PENGUATAN KARAKTER MANDIRI SISWA KELAS V SDN 3 JATIKALEN. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 2009–2020.
Zulmaulida, R., Saputra, E., Munir, M., Zanthy, L. S., Wahnyuni, M., Irham, M., & Akmal, N. (2021). Problematika pembelajaran matematika. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Putri Ayu, Anna Fauziah, Dona Ningrum Mawardi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the JGK (Jurnal Guru Kita) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)