Analisis Kinerja Pendidik dalam Proses Pembelajaran di SD Negeri Garawangi
DOI:
https://doi.org/10.24114/jgk.v9i4.66591Keywords:
Kinerja Guru, Kompetensi Pedagogik, Pembelajaran Kontekstual, Dukungan Emosional, Pendidikan DasarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji kinerja guru selama proses pembelajaran di SD Negeri Garawangi dengan penekanan pada kompetensi profesional, pedagogik, sosial emosional, dan teknologi. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan dokumentasi, wawancara semi terstruktur, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mendampingi, membantu, dan memotivasi siswa di sekolah. Guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang aman, penuh rasa hormat, dan inklusif dengan mendorong partisipasi siswa dalam pembelajaran yang fleksibel dan kontekstual. Strategi pengajaran yang inovatif, dukungan sosial emosional, dan penggunaan teknologi merupakan beberapa cara penting untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Guru juga membantu siswa mengembangkan karakternya melalui pendekatan holistik yang menekankan pada adat istiadat setempat, kebangsaan, dan kepercayaan agama. Oleh karena itu, setiap guru di SD Negeri Garawangi memberikan kontribusi terhadap pengajaran yang efektif.References
Akbar, A. (2021). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099
Al Faruq, M. S. S., Sunoko, A., Rozi, M. A. F., & Salim, A. (2024). Enhancing Educational Quality through Principals’ Human Resources Management Strategies. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(2), 1108–1117. https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i2.5042
Alenezi, M. (2023). Digital Learning and Digital Institution in Higher Education. Education Sciences, 13(1), 88. https://doi.org/10.3390/educsci13010088
Amalia, N., & Kurniawati, F. (2021). Studi Literatur: Peran Guru Pendidikan Khusus di Sekolah Inklusi. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 361. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3730
Antera, S. (2021). Professional Competence of Vocational Teachers: a Conceptual Review. Vocations and Learning, 14(3), 459–479. https://doi.org/10.1007/s12186-021-09271-7
Apriliyanti, F., Hanurawan, F., & Sobri, A. Y. (2021). Keterlibatan Orang Tua dalam Penerapan Nilai-nilai Luhur Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.595
Apriyanti, M. E., & Syahid. (2021). Peran Manajemen Waktu dan Kedisiplinan Dalam Mempengaruhi Hasil Belajar Optimal. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(1), 68–76. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.4346
Arikunto, S. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi (mixed methods). Bandung : Alfabeta.
Asad, M. M., Shahzad, S., Shah, S. H. A., Sherwani, F., & Almusharraf, N. M. (2024). ChatGPT as artificial intelligence-based generative multimedia for English writing pedagogy: challenges and opportunities from an educator’s perspective. The International Journal of Information and Learning Technology, 41(5), 490–506. https://doi.org/10.1108/IJILT-02-2024-0021
Astuti, N. P. E., Margunayasa, I. G., Suarni, N. K., Wirawan, I. P. H., & Sulastra, P. (2024). Permasalahan Asesmen Pada Kurikulum Merdeka. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 22–32. https://doi.org/10.37329/cetta.v7i1.2954
Bagou, D. Y., & Suking, A. (2020). Analisis Kompetensi Profesional Guru. Jambura Journal of Educational Management, 1(September), 122–130. https://doi.org/10.37411/jjem.v1i2.522
Budiastuti, P., Soenarto, S., Muchlas, M., & Ramndani, H. W. (2021). Analisis Tujuan Pembelajaran Dengan Kompetensi Dasar Pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1), 39–48. https://doi.org/10.21831/jee.v5i1.37776
Fadhillah, M., Asbari, M., & Octhaviani, E. M. (2024). Merdeka Belajar: Solusi Revolusi Pendidikan di Indonesia. Journal of Information and Management, 03(1), 19–22. https://doi.org/10.30656/jm.v10i2.2371
Fauziyah, L., Yusuf, M., & Andayani, T. R. (2022). The Relationship Between Pedagogical Competence and Teacher Performance in Inclusive School. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220405.024
Feng, Z., & Xiao, H. (2024). The impact of students’ lack of learning motivation and teachers’ teaching methods on innovation resistance in the context of big data. Learning and Motivation, 87, 102020. https://doi.org/10.1016/j.lmot.2024.102020
Gunawan, G., Yanti, P. R., & Nelson, N. (2023). Methods for Achieving Cognitive, Affective, and Psychomotor Aspects in Islamic Religious Education Learning: A study at Senior High School in Rejang Lebong. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(1), 981–991. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i1.2793
Gusmiati, Y., & Sulastri, S. (2023). Analisis Kompetensi Profesional Guru. Journal of Practice Learning and Educational Development, 3(1), 49–55. https://doi.org/10.58737/jpled.v3i1.93
Hamid, A., Wahira, & Lukman, H. B. (2024). Pelatihan Pembuatan Rencana Kerja Sekolah Dasar Berbasis Rapor Pendidikan. Jurnal PEDAMAS (Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 629–636.
Hasmawati, & Muktamar, A. (2023). Asesmen dalam Kurikulum Merdeka Perspektif Pendidikan Agama Islam. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research, 1(3), 197–211. https://doi.org/10.31004/ijim.v1i3.20
Hirsh, Å., & Segolsson, M. (2021). “Had there been a Monica in each subject, I would have liked going to school every day”: a study of students’ perceptions of what characterizes excellent teachers and their teaching actions. Education Inquiry, 12(1), 35–53. https://doi.org/10.1080/20004508.2020.1740423
Jayanti, M. I., & Umar. (2024). Penguatan Kompetensi Sosial Dan Emosional Siswa Melalui Pelatihan Guru Penggerak Di Bima. Taroa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 9–17. https://doi.org/10.52266/taroa.v3i1.2516
Juita, R., & Sari, A. K. P. (2024). Pengembangan Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Kemampuan Presentasi Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV SDN Pagerjaya. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(03).
Kasmaja, H. (2016). Efektivitas implementasi metode hypnoteaching untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika pada siswa SMP Negeri. Journal of Educational Science and Technology (EST), 2(1), 33–45.
Li, H., Xu, J., Luo, Y., & Wang, C. (2025). The role of teachers’ direct and emotional mentoring in shaping undergraduates’ research aspirations: a social cognitive career theory perspective. International Journal of Mentoring and Coaching in Education, 14(2), 123–142. https://doi.org/10.1108/IJMCE-07-2023-0064
Lim, S. W., Jawawi, R., Jaidin, J. H., & Roslan, R. (2023). Learning history through project-based learning. Journal of Education and Learning (EduLearn), 17(1), 67–75. https://doi.org/10.11591/edulearn.v17i1.20398
Mahyudi, A. (2023). Efektivitas Penggunaan Teknologi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(2), 122–127. https://doi.org/10.55681/armada.v1i2.393
Mamlok, D. (2023). The Quest to Cultivate Tolerance Through Education. Studies in Philosophy and Education, 42(3), 231–246. https://doi.org/10.1007/s11217-023-09874-8
Mayoni, N. K., Naamy, N., & Malik, A. (2023). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru dan Partisipasi Wali Murid pada Masa Pandemi di SD Negeri Sesake. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 786–792. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1327
McGuire, S., McGuire, S. Y., & Angelo, T. (2023). Teach Students How to Learn. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003447313
Nilson, L. B., & Zimmerman, B. J. (2023). Creating Self-Regulated Learners. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003443803
Nuraeni, E., & Sari, A. K. P. (2020). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV Pada Semester I Di SDN 2 Cileuya. Jurnal Lensa Pendas, 5(2), 1–6.
Owan, V. J., Ekpenyong, J. A., Chuktu, O., Asuquo, M. E., Ogar, J. O., Owan, M. V., & Okon, S. (2022). Innate ability, health, motivation, and social capital as predictors of students’ cognitive, affective and psychomotor learning outcomes in secondary schools. Frontiers in Psychology, 13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.1024017
Pangestu, N. S., & Yunianta, T. N. H. (2019). Proses Berpikir Kreatif Matematis Siswa Extrovert dan Introvert SMP Kelas VIII Berdasarkan Tahapan Wallas. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 215–226. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.554
Prasetyo, T., & Nisa, K. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Rasa Keingintahuan Siswa. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 83. https://doi.org/10.30997/dt.v5i2.1103
Rahmawati, Y., Taylor, E., Taylor, P. C., Ridwan, A., & Mardiah, A. (2022). Students’ Engagement in Education as Sustainability: Implementing an Ethical Dilemma-STEAM Teaching Model in Chemistry Learning. Sustainability, 14(6), 3554. https://doi.org/10.3390/su14063554
Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Laeli, S., Rachmadtullah, R., & Jauhari, M. N. (2025). The education stakeholders’ perspective of a mentoring programme for inclusive elementary schools in Indonesia: mutual of need and input, and mentoring support system. Education 3-13, 53(5), 739–755. https://doi.org/10.1080/03004279.2023.2219277
Rosyidatun, E. S., & Supriyadi, T. (2022). Hubungan Antara Dukungan Sosial Guru Dan Perilaku Hidup Sehat Di Sekolah Dasar. Edusains, 14(1), 84–93.
Sari, Y., Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Putri, P. A. (2023). STUDI LITERATUR : UPAYA DAN STRATEGI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA. Jurnal Guru Kita PGSD, 8(1), 9–26. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i1.53931
Sefriani, R., Sepriana, R., Radyuli, P., & Hakiki, M. (2022). Android-Based Blended Learning Media for Computer Maintenance Lectures. Journal of Education Technology, 6(1), 119–125. https://doi.org/10.23887/jet.v6i1.42514
Shofia Rohmah, N. N., Markhamah, Sabar Narimo, & Choiriyah Widyasari. (2023). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Berkebhinekaan Global Di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1254–1269. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6124
Siahaan, N. A., & Tantu, Y. R. P. (2022). Penerapan Peraturan dan Prosedur Kelas Dalam Membentuk Sikap Disiplin Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 127–133. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1682
Sofyatiningrum, E., Ulumudin, I., & Perwitasari, F. (2019). Kajian Umpan Balik Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal of Educational Assesment, 2(2), 56. https://doi.org/10.26499/ijea.v2i2.36
Sudharsono, M., Rahmawati, R., Oktaviany, E., & Nurkholifah, A. (2024). Peran Guru dalam Membangun Suasana Belajar yang Baik melalui Manajemen Kelas. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 29742–29744.
Sugiyono, S. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Suryaningsih, D. (2021). Local Strength-Based Human Resource Management Strategy for Developing the Quality of MTsN 3 Malang. At-Tasyrih: Jurnal Pendidikan Dan Hukum Islam, 7(2), 129–142. https://doi.org/10.55849/attasyrih.v7i2.141
Susilo, A., & Irwansyah, Y. (2019). Pendidikan Dan Kearifan Lokal Era Perspektif Global. SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.31540/sdg.v1i1.193
Tanjung, R., Hanafiah, Arifudin, O., & Mulyad, D. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(4), 291–296. https://doi.org/10.56436/jer.v1i1.16
Wahyuni, I. W., Raihana, R., Utami, D. T., Lubis, A. N., & Anriani, E. (2021). Kecerdasan Emosi dan Kompetensi Sosial Guru PAUD. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 172–178. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.105
Wandini, R. R., & Banurea, O. K. (2019). Pembelajaran Matematika Untuk Calon Guru MI/SD. CV. Widya Puspita.
Wulandari, R. S., & Hendriani, W. (2021). Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Inklusi di Indonesia (Suatu Pendekatan Systematic Review). Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 143. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3152
Yuliana, R., Yatma, A., Yanti, N., Supriawan, S., & Adriantoni, A. (2024). Pedagogi Yang Efektif : Kunci Sukses Dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 26907–26914.
Yuliani, W. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 2(2), 1–10. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Erika Maura Puspakinanti, Imas Stiawati, Irena Novianti, Siti Julaeha, Riska Ayu Rahmatika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the JGK (Jurnal Guru Kita) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)