Analisis Kinerja Pendidik dalam Proses Pembelajaran di SD Negeri Garawangi

Authors

  • Erika Maura Puspakinanti Universitas Muhammadiyah Kuningan
  • Imas Stiawati Universitas Muhammadiyah Kuningan
  • Irena Novianti Universitas Muhammadiyah Kuningan
  • Siti Julaeha Universitas Muhammadiyah Kuningan
  • Riska Ayu Rahmatika Universitas Muhammadiyah Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.24114/jgk.v9i4.66591

Keywords:

Kinerja Guru, Kompetensi Pedagogik, Pembelajaran Kontekstual, Dukungan Emosional, Pendidikan Dasar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji kinerja guru selama proses pembelajaran di SD Negeri Garawangi dengan penekanan pada kompetensi profesional, pedagogik, sosial emosional, dan teknologi. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan dokumentasi, wawancara semi terstruktur, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mendampingi, membantu, dan memotivasi siswa di sekolah. Guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang aman, penuh rasa hormat, dan inklusif dengan mendorong partisipasi siswa dalam pembelajaran yang fleksibel dan kontekstual. Strategi pengajaran yang inovatif, dukungan sosial emosional, dan penggunaan teknologi merupakan beberapa cara penting untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Guru juga membantu siswa mengembangkan karakternya melalui pendekatan holistik yang menekankan pada adat istiadat setempat, kebangsaan, dan kepercayaan agama. Oleh karena itu, setiap guru di SD Negeri Garawangi memberikan kontribusi terhadap pengajaran yang efektif.

Author Biographies

Erika Maura Puspakinanti, Universitas Muhammadiyah Kuningan

Fakultas Pendidikan Sosial dan Teknologi

Imas Stiawati, Universitas Muhammadiyah Kuningan

Fakultas Pendidikan Sosial dan Teknologi

Irena Novianti, Universitas Muhammadiyah Kuningan

Fakultas Pendidikan Sosial dan Teknologi

Siti Julaeha, Universitas Muhammadiyah Kuningan

Fakultas Pendidikan Sosial dan Teknologi

Riska Ayu Rahmatika, Universitas Muhammadiyah Kuningan

Fakultas Pendidikan Sosial dan Teknologi

References

Akbar, A. (2021). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099

Al Faruq, M. S. S., Sunoko, A., Rozi, M. A. F., & Salim, A. (2024). Enhancing Educational Quality through Principals’ Human Resources Management Strategies. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(2), 1108–1117. https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i2.5042

Alenezi, M. (2023). Digital Learning and Digital Institution in Higher Education. Education Sciences, 13(1), 88. https://doi.org/10.3390/educsci13010088

Amalia, N., & Kurniawati, F. (2021). Studi Literatur: Peran Guru Pendidikan Khusus di Sekolah Inklusi. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 361. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3730

Antera, S. (2021). Professional Competence of Vocational Teachers: a Conceptual Review. Vocations and Learning, 14(3), 459–479. https://doi.org/10.1007/s12186-021-09271-7

Apriliyanti, F., Hanurawan, F., & Sobri, A. Y. (2021). Keterlibatan Orang Tua dalam Penerapan Nilai-nilai Luhur Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.595

Apriyanti, M. E., & Syahid. (2021). Peran Manajemen Waktu dan Kedisiplinan Dalam Mempengaruhi Hasil Belajar Optimal. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(1), 68–76. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i1.4346

Arikunto, S. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi (mixed methods). Bandung : Alfabeta.

Asad, M. M., Shahzad, S., Shah, S. H. A., Sherwani, F., & Almusharraf, N. M. (2024). ChatGPT as artificial intelligence-based generative multimedia for English writing pedagogy: challenges and opportunities from an educator’s perspective. The International Journal of Information and Learning Technology, 41(5), 490–506. https://doi.org/10.1108/IJILT-02-2024-0021

Astuti, N. P. E., Margunayasa, I. G., Suarni, N. K., Wirawan, I. P. H., & Sulastra, P. (2024). Permasalahan Asesmen Pada Kurikulum Merdeka. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 22–32. https://doi.org/10.37329/cetta.v7i1.2954

Bagou, D. Y., & Suking, A. (2020). Analisis Kompetensi Profesional Guru. Jambura Journal of Educational Management, 1(September), 122–130. https://doi.org/10.37411/jjem.v1i2.522

Budiastuti, P., Soenarto, S., Muchlas, M., & Ramndani, H. W. (2021). Analisis Tujuan Pembelajaran Dengan Kompetensi Dasar Pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1), 39–48. https://doi.org/10.21831/jee.v5i1.37776

Fadhillah, M., Asbari, M., & Octhaviani, E. M. (2024). Merdeka Belajar: Solusi Revolusi Pendidikan di Indonesia. Journal of Information and Management, 03(1), 19–22. https://doi.org/10.30656/jm.v10i2.2371

Fauziyah, L., Yusuf, M., & Andayani, T. R. (2022). The Relationship Between Pedagogical Competence and Teacher Performance in Inclusive School. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220405.024

Feng, Z., & Xiao, H. (2024). The impact of students’ lack of learning motivation and teachers’ teaching methods on innovation resistance in the context of big data. Learning and Motivation, 87, 102020. https://doi.org/10.1016/j.lmot.2024.102020

Gunawan, G., Yanti, P. R., & Nelson, N. (2023). Methods for Achieving Cognitive, Affective, and Psychomotor Aspects in Islamic Religious Education Learning: A study at Senior High School in Rejang Lebong. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(1), 981–991. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i1.2793

Gusmiati, Y., & Sulastri, S. (2023). Analisis Kompetensi Profesional Guru. Journal of Practice Learning and Educational Development, 3(1), 49–55. https://doi.org/10.58737/jpled.v3i1.93

Hamid, A., Wahira, & Lukman, H. B. (2024). Pelatihan Pembuatan Rencana Kerja Sekolah Dasar Berbasis Rapor Pendidikan. Jurnal PEDAMAS (Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 629–636.

Hasmawati, & Muktamar, A. (2023). Asesmen dalam Kurikulum Merdeka Perspektif Pendidikan Agama Islam. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research, 1(3), 197–211. https://doi.org/10.31004/ijim.v1i3.20

Hirsh, Å., & Segolsson, M. (2021). “Had there been a Monica in each subject, I would have liked going to school every day”: a study of students’ perceptions of what characterizes excellent teachers and their teaching actions. Education Inquiry, 12(1), 35–53. https://doi.org/10.1080/20004508.2020.1740423

Jayanti, M. I., & Umar. (2024). Penguatan Kompetensi Sosial Dan Emosional Siswa Melalui Pelatihan Guru Penggerak Di Bima. Taroa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 9–17. https://doi.org/10.52266/taroa.v3i1.2516

Juita, R., & Sari, A. K. P. (2024). Pengembangan Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Kemampuan Presentasi Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV SDN Pagerjaya. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(03).

Kasmaja, H. (2016). Efektivitas implementasi metode hypnoteaching untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika pada siswa SMP Negeri. Journal of Educational Science and Technology (EST), 2(1), 33–45.

Li, H., Xu, J., Luo, Y., & Wang, C. (2025). The role of teachers’ direct and emotional mentoring in shaping undergraduates’ research aspirations: a social cognitive career theory perspective. International Journal of Mentoring and Coaching in Education, 14(2), 123–142. https://doi.org/10.1108/IJMCE-07-2023-0064

Lim, S. W., Jawawi, R., Jaidin, J. H., & Roslan, R. (2023). Learning history through project-based learning. Journal of Education and Learning (EduLearn), 17(1), 67–75. https://doi.org/10.11591/edulearn.v17i1.20398

Mahyudi, A. (2023). Efektivitas Penggunaan Teknologi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(2), 122–127. https://doi.org/10.55681/armada.v1i2.393

Mamlok, D. (2023). The Quest to Cultivate Tolerance Through Education. Studies in Philosophy and Education, 42(3), 231–246. https://doi.org/10.1007/s11217-023-09874-8

Mayoni, N. K., Naamy, N., & Malik, A. (2023). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru dan Partisipasi Wali Murid pada Masa Pandemi di SD Negeri Sesake. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 786–792. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1327

McGuire, S., McGuire, S. Y., & Angelo, T. (2023). Teach Students How to Learn. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003447313

Nilson, L. B., & Zimmerman, B. J. (2023). Creating Self-Regulated Learners. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003443803

Nuraeni, E., & Sari, A. K. P. (2020). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV Pada Semester I Di SDN 2 Cileuya. Jurnal Lensa Pendas, 5(2), 1–6.

Owan, V. J., Ekpenyong, J. A., Chuktu, O., Asuquo, M. E., Ogar, J. O., Owan, M. V., & Okon, S. (2022). Innate ability, health, motivation, and social capital as predictors of students’ cognitive, affective and psychomotor learning outcomes in secondary schools. Frontiers in Psychology, 13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.1024017

Pangestu, N. S., & Yunianta, T. N. H. (2019). Proses Berpikir Kreatif Matematis Siswa Extrovert dan Introvert SMP Kelas VIII Berdasarkan Tahapan Wallas. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 215–226. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.554

Prasetyo, T., & Nisa, K. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Rasa Keingintahuan Siswa. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 83. https://doi.org/10.30997/dt.v5i2.1103

Rahmawati, Y., Taylor, E., Taylor, P. C., Ridwan, A., & Mardiah, A. (2022). Students’ Engagement in Education as Sustainability: Implementing an Ethical Dilemma-STEAM Teaching Model in Chemistry Learning. Sustainability, 14(6), 3554. https://doi.org/10.3390/su14063554

Rasmitadila, R., Humaira, M. A., Laeli, S., Rachmadtullah, R., & Jauhari, M. N. (2025). The education stakeholders’ perspective of a mentoring programme for inclusive elementary schools in Indonesia: mutual of need and input, and mentoring support system. Education 3-13, 53(5), 739–755. https://doi.org/10.1080/03004279.2023.2219277

Rosyidatun, E. S., & Supriyadi, T. (2022). Hubungan Antara Dukungan Sosial Guru Dan Perilaku Hidup Sehat Di Sekolah Dasar. Edusains, 14(1), 84–93.

Sari, Y., Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Putri, P. A. (2023). STUDI LITERATUR : UPAYA DAN STRATEGI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA. Jurnal Guru Kita PGSD, 8(1), 9–26. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i1.53931

Sefriani, R., Sepriana, R., Radyuli, P., & Hakiki, M. (2022). Android-Based Blended Learning Media for Computer Maintenance Lectures. Journal of Education Technology, 6(1), 119–125. https://doi.org/10.23887/jet.v6i1.42514

Shofia Rohmah, N. N., Markhamah, Sabar Narimo, & Choiriyah Widyasari. (2023). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Berkebhinekaan Global Di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1254–1269. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6124

Siahaan, N. A., & Tantu, Y. R. P. (2022). Penerapan Peraturan dan Prosedur Kelas Dalam Membentuk Sikap Disiplin Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 127–133. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1682

Sofyatiningrum, E., Ulumudin, I., & Perwitasari, F. (2019). Kajian Umpan Balik Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal of Educational Assesment, 2(2), 56. https://doi.org/10.26499/ijea.v2i2.36

Sudharsono, M., Rahmawati, R., Oktaviany, E., & Nurkholifah, A. (2024). Peran Guru dalam Membangun Suasana Belajar yang Baik melalui Manajemen Kelas. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 29742–29744.

Sugiyono, S. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Suryaningsih, D. (2021). Local Strength-Based Human Resource Management Strategy for Developing the Quality of MTsN 3 Malang. At-Tasyrih: Jurnal Pendidikan Dan Hukum Islam, 7(2), 129–142. https://doi.org/10.55849/attasyrih.v7i2.141

Susilo, A., & Irwansyah, Y. (2019). Pendidikan Dan Kearifan Lokal Era Perspektif Global. SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.31540/sdg.v1i1.193

Tanjung, R., Hanafiah, Arifudin, O., & Mulyad, D. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(4), 291–296. https://doi.org/10.56436/jer.v1i1.16

Wahyuni, I. W., Raihana, R., Utami, D. T., Lubis, A. N., & Anriani, E. (2021). Kecerdasan Emosi dan Kompetensi Sosial Guru PAUD. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 172–178. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.105

Wandini, R. R., & Banurea, O. K. (2019). Pembelajaran Matematika Untuk Calon Guru MI/SD. CV. Widya Puspita.

Wulandari, R. S., & Hendriani, W. (2021). Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Inklusi di Indonesia (Suatu Pendekatan Systematic Review). Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 143. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3152

Yuliana, R., Yatma, A., Yanti, N., Supriawan, S., & Adriantoni, A. (2024). Pedagogi Yang Efektif : Kunci Sukses Dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 26907–26914.

Yuliani, W. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 2(2), 1–10. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497

Downloads

Published

2025-09-30

How to Cite

Puspakinanti, E. M., Stiawati, I., Novianti, I., Julaeha, S., & Rahmatika, R. A. (2025). Analisis Kinerja Pendidik dalam Proses Pembelajaran di SD Negeri Garawangi. JGK (Jurnal Guru Kita), 9(4), 1222–1236. https://doi.org/10.24114/jgk.v9i4.66591

Issue

Section

Articles