Kelayakan Studi S2 Manajemen Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.24114/jgk.v9i3.67276Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan studi lanjut pada Program Magister Manajemen Pendidikan Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) ditinjau dari aspek pembiayaan, manfaat akademik, dan prospek lulusan. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, wawancara semi-terstruktur, dan kajian pustaka. Data dianalisis melalui pendekatan cost-benefit analysis dan model Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program ini unggul secara kurikulum, fleksibel dalam sistem pembelajaran, terjangkau secara biaya, dan memberikan manfaat nyata baik secara finansial maupun non-finansial bagi lulusan. Mahasiswa merasakan peningkatan karier, pendapatan, kepercayaan diri, serta perluasan jejaring profesional. Kesimpulannya, program ini layak dipilih oleh tenaga pendidik sebagai investasi akademik dan profesional. Rekomendasi ditujukan bagi pengelola program untuk meningkatkan infrastruktur pembelajaran daring dan menyediakan beasiswa internal guna memperluas akses pendidikan.References
Allen, S. J., Rosch, D. M., & Riggio, R. E. (2022). Advancing Leadership Education and Development: Integrating Adult Learning Theory. Journal of Management Education, 46(2), 252–283. https://doi.org/10.1177/10525629211008645
Amaliyah, N., Damayanti, A. A., Faridha, A. E., Dewi, N., Marian, I., Evi, S., Bidala, A., Amalina, R. N., Ramadhani, N., & Mujahida, N. A. (2024). Profesi Keguruan. Samudra Biru.
Arikunto. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Pustaka Belajar.
Chan, C. K. Y., & Lee, K. K. W. (2021). Constructive alignment between holistic competency development and assessment in Hong Kong engineering education. Journal of Engineering Education, 110(2), 437–457. https://doi.org/10.1002/jee.20392
Gamage, K. A. A., Gamage, A., & Dehideniya, S. C. P. (2022). Online and Hybrid Teaching and Learning: Enhance Effective Student Engagement and Experience. Education Sciences, 12(10), 651. https://doi.org/10.3390/educsci12100651
Gamar, N., & Maliki, P. L. (2025). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam. Penerbit NEM.
Hidayah, N., Ridwan, A., & Azis, A. (2024). Tantangan dan Solusi dalam Implementasi Manajemen Pendidikan Islam di Era Modern. Jurnal Al-Fatih, 7(2), 209–228. https://doi.org/10.61082/alfatih.v7i2.359
Hilmi, L. D., SE, M. B. A., Immanuel, M., SE, M. M., Muhamad Omar Qilya Alrizis, S. M., & Ariyanto, T. N. (2025). PERENCANAAN BISNIS Panduan Praktis Memulai Usaha. UMMPress.
Judijanto, L., Hartati, T., Apriyanto, A., Pamangin, W. W., & Haluti, F. (2025). Pendidikan Abad 21:: Menyambut Transformasi Dunia Pendidikan di Era Society 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Kouritzin, S. G., Ellis, T. F., Ghazani, A. Z., & Nakagawa, S. (2023). Gigification of English Language Instructor Work in Higher Education: Precarious Employment and Magic Time. TESOL Quarterly, 57(4), 1518–1544. https://doi.org/10.1002/tesq.3206
Kusumawati, I., Lestari, N. C., Sihombing, C., Purnawanti, F., Soemarsono, D. W. P., Kamadi, L., Latuheru, R. V., & Hanafi, S. (2023). PENGANTAR PENDIDIKAN. CV Rey Media Grafika.
Li, M. (2023). Adapting Legal Education for the Changing Landscape of Regional Emerging Economies: A Dynamic Framework for Law Majors. Journal of the Knowledge Economy, 15(3), 10227–10256. https://doi.org/10.1007/s13132-023-01507-2
Lulu Setiawati, S. E., Bus, M., & Th, D. (2024). Strategi Membangun Kinerja Unggul Universitas Swasta: Peran Tata Kelola, Orientasi Layanan dan Kepemimpinan Stratejik. MEGA PRESS NUSANTARA.
Lynch, S., & Casey, A. J. B. (2024). ‘I am struggling to survive’: financial inequity in postgraduate teacher education in England. European Journal of Teacher Education, 1–18. https://doi.org/10.1080/02619768.2024.2330543
Mahmudah, F. N., & Putra, E. C. S. (2021). Tinjauan pustaka sistematis manajemen pendidikan: Kerangka konseptual dalam meningkatkan kualitas pendidikan era 4.0. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(1), 43–53. https://doi.org/10.21831/jamp.v9i1.33713
Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. Bumi Aksara.
Mustari, M. (2023). Teknologi informasi dan komunikasi dalam manajemen pendidikan. Gunung Djati Publishing Bandung.
Novy, J. W., Banerjee, B., & Matson, P. (2021). A Core Curriculum for Sustainability Leadership. Sustainability, 13(19), 10557. https://doi.org/10.3390/su131910557
Nugraha, H. M. S., Andriani, N., Hilman, C., Nasir, M., Firdaus, F., Amiruddin, M. F., Riasah, E. S., Hasan, F. N., Kom, S., & Nurachadijat, K. (2025). Manajemen Perguruan Tinggi. MEGA PRESS NUSANTARA.
Serafini, P. G., Moura, J. M. de, Almeida, M. R. de, & Rezende, J. F. D. de. (2022). Sustainable Development Goals in Higher Education Institutions: A systematic literature review. Journal of Cleaner Production, 370, 133473. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2022.133473
Sitompul, R. S., Gianistika, C., Tambunan, B. H. R., Ansya, Y. A., Zainuri, H., Sihotang, D. O., Istiarsono, Z., Mukmin, M., Simarmata, J., & Sari, I. M. (2025). Revolusi Manajemen Pendidikan: Dari Konvensional ke Transformasional. Yayasan Kita Menulis.
Subakti, H., Nurtanto, M., Butsiarah, B., Saputro, A. N. C., Adila, A. S. D., Chamidah, D., Patria, I., Mutmainnah, M., Asrul, B. E. W., Riani, N., Marito, W., Ansya, Y. A., Saman, S., Simarmata, J., Aly, A. H., & Lubis, M. (2025). Sekolah Masa Depan: Mengintegrasikan AI dan Pembelajaran Interaktif. Yayasan Kita Menulis.
Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). CV. Alfabeta.
Tumanggor, A., Tambunan, J. R., & Simatupang, P. (2021). Manajemen Pendidikan. Penerbit K-Media.
Wijaya, H. (2020). Analisis data kualitatif teori konsep dalam penelitian pendidikan. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kurniawan Widi Hartanto, Nur Farikhin, Nurkolis Nurkolis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the JGK (Jurnal Guru Kita) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)