Pelaksanaan Program Literasi dan Numerasi Kampus Mengajar Angkatan 8 dengan Mengadaptasi Teknologi dalam Pembelajaran di SDN 056/III Air Hangat
DOI:
https://doi.org/10.24114/jgk.v9i3.68635Keywords:
Program Literasi, Numerasi, Adaptasi Teknologi PembelajaranAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa terhadap literasi dan numerasi di SDN 056/III Air Hangat. Hasil pretest menunjukkan banyak siswa kesulitan menemukan informasi tersurat dan tersirat dalam teks serta memahami konsep dasar matematika. Penelitian ini bertujuan menganalisis pelaksanaan program literasi dan numerasi Kampus Mengajar Angkatan 8 dengan mengadaptasi teknologi dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desain studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan melalui tahap pengumpulan, analisis, dan interpretasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program ini berhasil meningkatkan pemahaman siswa. Dalam aspek literasi, kegiatan seperti pengelolaan perpustakaan, membaca nyaring, pojok baca, dan mading berdampak positif terhadap kemampuan membaca dan menulis siswa. Hasil posttest menunjukkan peningkatan dalam mengidentifikasi ide pokok dan memahami kosakata baru. Pada aspek numerasi, pembelajaran berbasis media digital, lingkungan kaya numerasi, dan permainan edukatif meningkatkan keterampilan berhitung serta pemahaman konsep matematika. Penggunaan teknologi, seperti video animasi dan aplikasi interaktif, menjadikan pembelajaran lebih menarik. Keberhasilan program ini didukung oleh peran aktif guru, mahasiswa Kampus Mengajar, serta dukungan sekolah dalam menciptakan lingkungan belajar yang interaktif dan kaya literasi.References
Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225
Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Syahkira, H. P. (2024). OPTIMIZING MATHEMATICS LEARNING IN FIFTH GRADES: THE CRITICAL ROLE OF EVALUATION IN IMPROVING STUDENT ACHIEVEMENT AND CHARACTER. PROGRES PENDIDIKAN, 5(3), 302–311. https://prospek.unram.ac.id/index.php/PROSPEK/article/view/1120
Ansya, Y. A., Alfianita, A., Syahkira, H. P., & Syahrial, S. (2024). Peran Evaluasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 6(2), 173–184. https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i2.15030
Ansya, Y. A., Ardhita, A. A., Rahma, F. M., Sari, K., & Khairunnisa, K. (2024). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KEMAMPUAN LITERASI BACA TULIS SISWA SEKOLAH DASAR. JGK (Jurnal Guru Kita), 8(3), 598–606. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i3.60183
Ansya, Y. A., & Mailani, E. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar melalui Program Kampus Mengajar 7. FONDATIA, 8(4), 772–789.
Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024). Model Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Cahya Ghani Recovery.
Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan kampus mengajar angkatan 1 program merdeka belajar kampus merdeka di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210–219.
Ariani, M., Zulhawati, Z., Haryani, H., Zani, B. N., Husnita, L., Firmansyah, M. B., Karuru, P., & Hamsiah, A. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Era Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Dewi, R. K. (2020). Pemanafaatan media 3 dimensi berbasis virtual reality untuk meningkatkan minat dan hasil belajar ipa siswa kelas v sd. Jurnal Pendidikan, 21(1), 28–37.
Eryuni, E. R. (2023). Pentingnya Literasi Dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter Di Era Digital. Jurnal Kependidikan, 7(2), 67–73.
Jogiyanto Hartono, M. (2018). Metoda pengumpulan dan teknik analisis data. Penerbit Andi.
Langit, A. D. S., & Ismail, M. N. K. (2024). Analisis Implementasi Program Kampus Mengajar Di Sekolah Dasar Negeri Kamal 2 Arjasa: Budaya Literasi dan Numerasi, Teknologi, dan Administrasi. Scientificum Journal, 1(3), 123–137.
Lestari, P. A., Nurhikmah, E., Farhani, F., Pauziah, H., Winati, I., Isnawan, O. A. R., Mulyana, A., Rahayu, P., Nuraeni, F., & Diniya, D. (2022). Pelatihan Media Pembelajaran Digital Berbasis Canva bagi Guru di SDN 9 Nagrikaler Purwakarta. Indonesian Journal of Community Services in Engineering & Education (IJOCSEE), 2(1), 47–54.
Mardhatila, A., Khoirunnisa, D., Ismiati, M., Azhara, N. A., & Jannah, U. N. (2024). Implementasi gerakan literasi melalui program pojok baca pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Margodadi. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 9.
Maulida, R. E., & Arafah, A. A. (2022). Upaya Guru Memanfaatkan Pojok Baca Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 14(2), 83–91.
Meilina, I. L., Riya, S., & Anggraini, M. A. S. (2024). STUDI LITERATUR EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DIFERENSIASI PADA PEMBELAJARAN FISIKA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 13(2), 73–87.
Nisak, S., & Arifin, Z. (2024). Pengaruh Media Permainan Menyusun Kata Pada Kartu Gambar Terhadap Kemampuan Literasi dan Kemandirian Siswa Kelas II SD Negeri Pesanggrahan 1 Kwanyar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 2109–2114.
Niswandia, A. Z., Supeno, S., Rahmawati, R., Putri, D. A., Sari, D. N. I., Tantri, A. K., Zahiro, I. H. R., Nurjihan, W., & Muliana, S. (2024). Implementasi Kampus Mengajar dalam Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Sebagai Sarana untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 14(1), 19–25.
Permana, B. S., Hazizah, L. A., & Herlambang, Y. T. (2024). Teknologi pendidikan: efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi di era digitalisasi. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(1), 19–28.
Qodr, T. S. (2020). Media pembelajaran game geograpiea untuk anak sekolah dasar di era digital. Journal of Curriculum Indonesia, 3(2), 45–53.
Rozi, F., & Rohman, A. (2024). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android (SAC) Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Berpikir Komputasional. Petik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 10(1), 15–31.
Ruth, B., Novia, R., & Surhayati, H. (2023). Perspektif semboyan pendidikan ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani dalam kurikulum merdeka. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3673–3678.
Saragih, O., & Marpaung, R. (2024). Tantangan dan Peluang: Studi Kasus Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Mandiri Berubah Kabupaten Tapanuli Utara. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(3), 888–903.
Sari, P. N., & Ekayanti, A. (2021). Penerapan model pembelajaran STEAM (science, technology, engineering, art, and math) untuk penguatan literasi-numerasi siswa. Jurnal Abdimas Indonesia, 1(2), 89–96.
Sofiyah, Z. (2019). PERAN LITERASI PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII. TSAQAFATUNA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 1(1), 1–11.
Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). CV. Alfabeta.
Teresia, W. (2021). Asesmen Nasional 2021. Guepedia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sekar Anggraini, Hanifah Rozalia Hawani, Widya Agneska, Laisya Okta Preyera, Neca Naula

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the JGK (Jurnal Guru Kita) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)