Pemanfaatan Media Ular Tangga pada Kegiatan Kampus Mengajar Angkatan 8 untuk Mendukung Kegiatan Literasi dan Numerasi di SDN 032/III Pasar Semurup
DOI:
https://doi.org/10.24114/jgk.v9i3.69402Keywords:
Media Ular Tangga, Kegiatan Literasi, Kegiatan NumerasiAbstract
Masalah utama dalam penelitian ini adalah rendahnya minat dan kemampuan siswa dalam literasi dan numerasi di SDN 032/III Pasar Semurup, yang disebabkan oleh metode pembelajaran konvensional yang kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pemanfaatan media ular tangga pada program Kampus Mengajar Angkatan 8 untuk mendukung kegiatan literasi dan numerasi di SDN 032/III Pasar Semurup. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui proses reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media ular tangga dalam program Kampus Mengajar Angkatan 8 berhasil meningkatkan minat dan kemampuan siswa dalam literasi serta numerasi di SDN 032/III Pasar Semurup. Media ini menciptakan suasana belajar yang interaktif, menyenangkan, dan mendorong keterlibatan siswa secara aktif. Dengan pendekatan berbasis permainan, siswa merasa lebih termotivasi untuk belajar tanpa tekanan. Keberhasilan ini tidak terlepas dari peran mahasiswa Kampus Mengajar yang mendesain media sesuai kebutuhan siswa, serta kolaborasi yang baik dengan guru. Pemanfaatan media ular tangga dapat menjadi alat pembelajaran yang inovatif untuk mendukung pencapaian kompetensi dasar siswa, terutama di sekolah dasar. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan kontribusi nyata terhadap pengembangan metode pengajaran yang inovatif dan efektif.References
Abidah, F. H. F., & Sari, A. D. I. (2023). Mengintegrasikan Permainan Tradisional Ular Tangga Dalam Pembelajaran Metamorfosis Di Sekolah Dasar. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 2(3), 41–50.
Ahyar, A. M., & Zumrotun, E. (2023). Upaya Meningkatkan Budaya Literasi di Sekola Dasar Melalui Implementasi Progam Kampus Mengajar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 291–301.
Anandha, S. A., & Susanto, R. (2023). Pengaruh program kampus mengajar terhadap pembentukan kompetensi pedagogik mahasiswa calon guru. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 8(1), 151–158.
Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225
Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Syahkira, H. P. (2024). OPTIMIZING MATHEMATICS LEARNING IN FIFTH GRADES: THE CRITICAL ROLE OF EVALUATION IN IMPROVING STUDENT ACHIEVEMENT AND CHARACTER. PROGRES PENDIDIKAN, 5(3), 302–311. https://prospek.unram.ac.id/index.php/PROSPEK/article/view/1120
Ansya, Y. A., Ardhita, A. A., Rahma, F. M., Sari, K., & Khairunnisa, K. (2024). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA KEMAMPUAN LITERASI BACA TULIS SISWA SEKOLAH DASAR. JGK (Jurnal Guru Kita), 8(3), 598–606. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i3.60183
Ansya, Y. A., & Mailani, E. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar melalui Program Kampus Mengajar 7. FONDATIA, 8(4), 772–789.
Arikunto. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Pustaka Belajar.
Endriyanis, E. (2023). MODEL PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) BERBASIS PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MIN 2 KOTA SAWAHLUNTO. Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.
Fitriana, E., & Ridlwan, M. K. (2021). Pembelajaran transformatif berbasis literasi dan numerasi di sekolah dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 8(1).
Hartinawanti, H., & Nurddin, D. F. (2023). Implementasi Modul Ajar Matematika Berbasis Media Ular Tangga dalam Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 28634–28642.
Hutauruk, B. S., Pasaribu, T. K., Pasaribu, D. R., Simamora, R., Sinaga, A. T. I., Simamora, A. B., & Nadeak, H. C. (2024). PELATIHAN KEGIATAN LITERASI DAN NUMERASI MELALUI KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 5 DI SDN 4 SINGKAM SAMOSIR. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1419–1425.
Ibrahim, D., Puluhulawa, M., Gui, M. D., Bidjai, T., Dumako, M. H., Badu, S. Q., Hulukati, E., & Djafri, N. (2023). Penerapan Fun Literacy Activity (FLA) Melalui Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Kelas 3 Di SDN 5 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Attractive: Innovative Education Journal, 5(2), 205–215.
Isrokatun, I., Yulianti, U., & Nurfitriyana, Y. (2022). Analisis profesionalisme guru dalam pelaksanaan pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(1), 454–462.
Magdalena, I., Roshita, R., Pratiwi, S., Pertiwi, A., & Damayanti, A. P. (2021). Penggunaan media gambar dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas IV di SD Negeri 09 Kamal Pagi. PENSA, 3(2), 334–346.
Mujtahidin, S., Hardianti, F., & Rachman, S. A. (2024). Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Ular Tangga Pada Anak Usia Dini. Berajah Journal, 4(3), 503–510.
Ningrum, P. P., & Dahlan, Z. (2023). Pengembangan Medıa Swıvel Wheel Untuk Menıngkatkan Hasıl Belajar Sıswa Pada Mata Pelajaran IPS Dı Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 250–262.
Nurlaeli, F., Pratama, F. F., & Mahendra, H. H. (2024). Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Dalam Mata Pelajaran IPS Di Kelas IV SDN 2 Cijulang (Penelitian Tindakan Kelas Pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN 2 Cijulang). Journal Of Dehasen Educational Review, 5(02), 67–76.
Permana, B. S., Hazizah, L. A., & Herlambang, Y. T. (2024). Teknologi pendidikan: efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi di era digitalisasi. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(1), 19–28.
Prastika, Y., Baidowi, B., Junaidi, J., & Sripatmi, S. (2024). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT menggunakan media ular tangga terhadap peningkatan hasil belajar matematika kelas XI pada materi persamaan dan fungsi kuadrat di SMKN 1 Gerung. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 2286–2294.
Pratiwi, E. Y. R., Aslina, Y., Suyuti, S., Dwinata, A., & Nadziroh, F. (2022). Dampak Penerapan K-13 dan Teknologi Pembelajaran pada Masa Covid-19 terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9936–9946.
Rachmawati, A., Pristiwati, R., & Wagiran, W. (2020). Analisis Keselarasan Antar Komponen RPP pada Materi Teks Prosedur Kelas VII SMP. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 4(1), 62–70.
Rahmawati, V., & Ratnawati, E. (2024). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MAHASISWA SEMESTER 5 TADRIS IPS A UIN SIBER SYEKH NURJATI CIREBON DALAM PEMBELAJARAN IPS. JSPH: Jurnal Sosial Politik Humaniora, 1(2), 27–34.
Sari, Y., Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Putri, P. A. (2023). STUDI LITERATUR : UPAYA DAN STRATEGI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA. Jurnal Guru Kita PGSD, 8(1), 9–26. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i1.53931
Simbolon, J. (2023). Transformasi Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui Penerapan Literasi di Sekolah. JBSI: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(01), 162–171.
Sugiyono, S. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Assalwa Tazkiya. L, Jeliya Dwita, Kesintia Dwinda Tasya, Natasya Agustin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the JGK (Jurnal Guru Kita) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)