Pengaruh Metode Moral Reasoning Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Bentuk Norma dalam Kehidupan Sehari - Hari Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24114/jgk.v9i3.69424Keywords:
Metode Moral Reasoning, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh metode moral reasoning terhadap hasil belajar siswa materi bentuk norma dan aturan dalam kehidupan sehari-hari kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian quasi-experiment jenis Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian menggunakan teknik Purposive Sampling, yaitu kelas IV A dan IV B. Sampel penelitiannya yakni kelas IV A dengan total 27 siswa dan kelas IV B yang mencapai 25 siswa, dengan kuantitas keseluruhannya 52 siswa. Berdasarkan hasil uji validitas, soal instrumen layak digunakan dalam penelitian. Selanjutnya, uji reliabilitas menunjukkan hasil reliabel karena memiliki Cronbach's Alpha lebih dari (> 0,60). Selanjutnya dilakukan uji normalitas yang berdistribusi normal dikarenakan nilai (Sig.) lebih dari 0,05. Berdasarkan uji homogenitas, memiliki signifikasi (Sig.) 0,327 lebih besar dari 0,05. Jadi, dapat diperoleh data yang disajikan telah homogen. Setelah itu, dilakukan uji hipotesis dengan nilai (Sig.) yang didapatkan sebesar 0,046, yakni menunjukkan kurang dari 0,05 atau kurang dari taraf signifikasi yang telah ditentukan. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode moral reasoning terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SDN Kepuh Kiriman 1 Waru. Hal ini mengartikan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan metode moral reasoning.References
Abidin, A. M. (2021). Pendidikan moral dan relevansinya dengan pendidikan Islam. Jurnal Paris Langkis, 2(1), 57–67.
Afriani, G. (2021). Pemahaman Materi Pergaulan Bebas dan Akibatnya melalui Pelaksanaan Metode Moral Reasoning di SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Bedelau: Journal of Education and Learning, 2(1), 13–18.
Agusniatih, A., & Manopa, J. M. (2019). Keterampilan sosial anak usia dini: teori dan metode pengembangan. Edu Publisher.
Amrona, Y. L., Nurhuda, A., Assajad, A., Putri, A. A., & Anastasia, A. (2023). Manajemen Peserta Didik sebagai Sarana dalam Mencapai Keberhasilan Tujuan Pendidikan. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 5(3), 93–103.
Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225
Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024). Project Based Learning sebagai Model Pembelajaran yang Efektif untuk Meningkatkan Creative Thinking Siswa Sekolah Dasar. Journal of Contemporary Issue in Elementary Education, 2(2), 121–128. https://doi.org/10.33830/jciee.v2i2.10069
Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2025). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Canva pada Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. ISLAMIKA, 7(1), 1–14.
Apridawati, M. R. (2022). Penerapan pendidikan karakter disiplin untuk meningkatkan hasil belajar. Penerbit P4I.
Choirun Nadwah, A. (2023). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MORAL REASONING TERHADAP SIKAP NASIONALISME SISWA KELAS V SD NEGERI PURWOSARI 2 SAYUNG. Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Darman, R. A. (2020). Belajar dan Pembelajaran. Guepedia.
Durasa, H. (2023). Peran Filsafat Moral dalam Memanusiakan Manusia dan Urgensinya dalam Pendidikan. Jurnal Filsafat Indonesia, 6(2), 231–237.
Hrp, N. A., Masruro, Z., Saragih, S. Z., Hasibuan, R., Simamora, S. S., & Toni, T. (2022). Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran. CV Widina Media Utama.
Mutia, F., Ndona, Y., & Setiawan, D. (2022). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sintaksis, 4(1), 80–88.
Prastawati, T. T., & Mulyono, R. (2023). Peran Manajemen Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Penggunaan Alat Peraga Sederhana. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(1), 378–392.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9498
Putri, M. F. J. L., Handayani, S., Andrian, A., & Anggraini, S. (2024). Peran Pendidikan Pancasila dalam Meningkatkan Etika dan Moralitas di Era E-commerce di Indonesia. Jurnal Citizenship Virtues, 4(2), 742–749.
Rahman, M. H., Kencana, R., & NurFaizah, S. P. (2020). Pengembangan nilai moral dan agama anak usia dini: panduan bagi orang tua, guru, mahasiswa, dan praktisi PAUD. Edu Publisher.
Suciati, I., & Hapsan, A. (2024). PERKEMBANGAN SOSIOEMOSI DAN MORAL: Kunci Keberhasilan Belajar Matematika. CV. Ruang Tentor.
Sugiyono, S. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). CV. Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Devi Alfiramala Putri, Arif Mahya Fanny

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the JGK (Jurnal Guru Kita) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)