Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Pada Materi Hak dan Kewajiban Anak di Lingkungan Rumah dan Sekolah

Authors

  • Khoirun Nisak Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Arif Mahya Fanny Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.24114/jgk.v9i3.69428

Keywords:

Kooperatif, Teams Games Tournamen, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada materi hak dan kewajiban anak di rumah dan sekolah. Permasalahan yang diangkat adalah pembelajaran Pendidikan Pancasila yang belum menggunakan model tipe Teams Games Tournament (TGT), yang menyebabkan pembelajaran kurang aktif sehingga kurang mengakomodasi interaksi sosial dan partisipasi aktif siswa, yang pada akhirnya dapat menghambat hasil belajar yang optimal. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi-experiment) dengan desain non-equivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok, yaitu kelas eksperimen (30 siswa) dan kelas kontrol (30 siswa), yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Data diperoleh melalui pretest dan posttest yang dianalisis menggunakan uji-t dengan SPSS 21.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model tipe Teams Games Tournament (TGT) yaitu 58,67 lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang tidak diajarkan menggunakan model tipe Teams Games Tournament (TGT) yaitu 40,67. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran tipe Teams Games Tournament (TGT) berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Model ini terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar, sehingga direkomendasikan untuk diterapkan dalam pembelajaran di sekolah dasar.

Author Biographies

Khoirun Nisak, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Arif Mahya Fanny, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Adiputra, D. K., & Heryadi, Y. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Pada Mata Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Holistika, 5(2), 104–111.

Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225

Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2023). HUBUNGAN PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED, 14(2), 182–195.

Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024). Project Based Learning sebagai Model Pembelajaran yang Efektif untuk Meningkatkan Creative Thinking Siswa Sekolah Dasar. Journal of Contemporary Issue in Elementary Education, 2(2), 121–128. https://doi.org/10.33830/jciee.v2i2.10069

Arbi, Z. F., & Amrullah, A. (2024). Transformasi Sosial dalam Pendidikan Karakter di Era Digital: Peluang dan Tantangan. Social Studies in Education, 2(2), 191–206.

Astuty, Y. (2024). Penerapan Model Koperatif Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Games Untuk Meningkatkan Aktivitas, Kreativitas, dan Motivasi Belajar Siswa di Kelas X1. 5 SMA Negeri 18 Makassar. JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN, 6(3), 451–456.

Haryani, H., Salong, A., de Vega, N., Januaripin, M., Yohana, Y., Nelly, N., Wote, A. Y. V., Nurjanah, N., Haluti, F., & Suhirman, L. (2024). Profesi keguruan: Teori & konsep profesi keguruan yang profesional untuk menghasilkan peserta didik yang unggul. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Kadarwati, A., & Malawi, I. (2017). PEMBELAJARAN TEMATIK: ( KONSEP DAN APLIKASI ). Cv. Ae Media Grafika.

Mursalim, M., Indrianto, I., Serliana, S., & Sonia, S. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Pelajaran IPA Kelas IV SDN 640 Ponnori. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 4(2), 172–183.

Prastika, Y., Baidowi, B., Junaidi, J., & Sripatmi, S. (2024). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT menggunakan media ular tangga terhadap peningkatan hasil belajar matematika kelas XI pada materi persamaan dan fungsi kuadrat di SMKN 1 Gerung. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 2286–2294.

Sappaile, B. I., Mahmudah, L., Gugat, R. M. D., Farlina, B. F., Mubarok, A. S., & Mardikawati, B. (2024). Dampak penggunaan pembelajaran berbasis game terhadap motivasi dan prestasi belajar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 714–727.

Setyawati, N. M. A., Abadi, I. B. G. S., & Agustika, G. N. S. (2024). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Berbantuan Media Papan Bilangan terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 8(2), 177–186.

SIREGAR, D., TARIGAN, S. H., & SOFIYAH, K. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika terhadap Materi Penjumlahan dan Pengurangan Kelas III SD. SCIENCE: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 4(1), 7–15.

Sugiyono, S. (2016). Metode penelitian pendidikan : pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.

Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). CV. Alfabeta.

Wahidji, S., Hasan, R., Hasim, H., & Bumulo, F. (2025). Peran Filsafat Pendidikan di dalam Pembentukan Karakter Generasi Gen Z. Indonesian Research Journal on Education, 5(1), 628–633.

Wijaya, C. (2024). Manajemen Pengembangan Kompetensi Guru. umsu press.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Nisak, K., & Fanny, A. M. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Pada Materi Hak dan Kewajiban Anak di Lingkungan Rumah dan Sekolah. JGK (Jurnal Guru Kita), 9(3), 1015–1022. https://doi.org/10.24114/jgk.v9i3.69428

Issue

Section

Articles