Penerapan Aplikasi Wordwall dalam Meningkat Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI Sekolah Dasar

Authors

  • Annisa Putri Azalia Maulidina Universitas Trunojoyo Madura
  • Agil Agasi Universitas Trunojoyo Madura
  • Fika Riehah Wardah Universitas Trunojoyo Madura
  • Muhammad Zulfan Abdillah Universitas Trunojoyo Madura
  • Nurul Makkiyah Universitas Trunojoyo Madura
  • Siti Aisyah Universitas Trunojoyo Madura
  • Ika Dian Rahmawati Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.24114/jgk.v9i4.70153

Keywords:

Hasil Belajar, Matematika, Wordwall

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi seberapa efektif penggunaan aplikasi Wordwall dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas IV di SDN Pejagan 7 Bangkalan. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif dengan rancangan One-Group Pretest-Posttest. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda, dengan teknik pengumpulan data melalui pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata dari 53,98 menjadi 83,17, dengan nilai N-Gain rata-rata sebesar 0,634 yang termasuk kategori sedang. Uji t berpasangan menunjukkan nilai signifikansi 0,000, yang mengindikasikan peningkatan hasil belajar yang signifikan setelah penggunaan aplikasi Wordwall. Media ini terbukti efektif meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan pemahaman siswa terhadap materi matematika. Dengan demikian, Wordwall dapat menjadi alternatif media pembelajaran digital yang inovatif dan relevan untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar.

Author Biographies

Annisa Putri Azalia Maulidina, Universitas Trunojoyo Madura

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Agil Agasi, Universitas Trunojoyo Madura

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Fika Riehah Wardah, Universitas Trunojoyo Madura

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Muhammad Zulfan Abdillah, Universitas Trunojoyo Madura

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Nurul Makkiyah, Universitas Trunojoyo Madura

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Siti Aisyah, Universitas Trunojoyo Madura

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Ika Dian Rahmawati, Universitas Trunojoyo Madura

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

References

Ariandini, N., & Ramly, R. A. (2023). Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan Media Stats, 12, 107–116.

Artama, S., Djollong, A. F., Ismail, Lubis, L. H., Kalbi, & Yulianti, R. (2023). Evaluasi Hasil Belajar (Gawarti (ed.)). PT. Mifandi Mandiri Digital.

Dr. Arif Rachman, Dr. E. Yochanan, D. I. A. I. S. (2024). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif R & D. CV Saba Jaya Publisher.

Hastuti, I. D., Surahmat, & Sutarto. (2019). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar (N. K Atika (ed.)). Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.

Hulukati, E., Achmad, N., & Bau, M. A. (2021). Deskripsi Penggunaan Media E-Learning dalam Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(1), 21–27. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i1.10061

Hutapea, R. H. (2019). Instrumen Evaluasi Non-Tes dalam Penilaian Hasil Belajar Ranah Afektif dan Psikomotorik. BIA’: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 2(2), 151–165. https://doi.org/10.34307/b.v2i2.94

Khairunisa, Y. (2021). Pemanfaatan Fitur Gamifikasi Daring Maze Chase–Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Digital Mata Kuliah Statistika Dan Probabilitas. Mediasi, 2(1), 41–47. https://doi.org/10.46961/mediasi.v2i1.254

Khofifah Indra Sukma, & Trisni Handayani. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Berbasis Wordwall Quiz Terhadap Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1020–1028. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2767

Kurniawan, A. B., & Hidayah, R. (2020). Kepraktisan Permainan Zuper Abase Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Asam Basa. UNESA Journal of Chemical Education, 9(3), 317–323. https://doi.org/10.26740/ujced.v9n3.p317-323

Lubis, A. P., & Nuriadin, I. (2022). Efektivitas Aplikasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6884–6892. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3400

Maghfiroh, K., Roudlotul, M. I., & Semarang, H. (2018). Penggunaan Media Word Wall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV MI Roudlotul Huda. Jpk, 4(1), 64–70. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk

Maryanti, S., Hartati, S., & Kurniawan, D. T. (2022). Assesment For Learning Educandy & Wordwall (D. T. Kurniawan & N. S. Pangsuma (eds.)). Yayasan Rumaah Rawda Indonesia.

Mujahidin, A. A., Salsabila, U. H., Hasanah, A. L., Andani, M., & Aprillia, W. (2012). Pemanfaatan Media Pembelajaran Daring (Quizizz, Sway, dan Wordwall) Kelas 5 di SD Muhammadiyah 2 Wonopeti. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 552–560. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3109

Nurhayati, H., & , Langlang Handayani, N. W. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Oktari, S., T., & Desyandri. (2023). Analisis Penggunaan Aplikasi Wordwall pada Pembelajaran IPA Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 726–730.

Sawitri, E., Astiti, M. S., & Fitriani, Y. (2019). Hambatan Dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 202–213.

Utami, D. D. A et al. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 5(4), 2541–2549. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230

Downloads

Published

2025-09-30

How to Cite

Maulidina, A. P. A., Agasi, A., Wardah, F. R., Abdillah, M. Z., Makkiyah, N., Aisyah, S., & Rahmawati, I. D. (2025). Penerapan Aplikasi Wordwall dalam Meningkat Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. JGK (Jurnal Guru Kita), 9(4), 1253–1263. https://doi.org/10.24114/jgk.v9i4.70153

Issue

Section

Articles