Penerapan Aplikasi Wordwall dalam Meningkat Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24114/jgk.v9i4.70153Keywords:
Hasil Belajar, Matematika, WordwallAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi seberapa efektif penggunaan aplikasi Wordwall dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas IV di SDN Pejagan 7 Bangkalan. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif dengan rancangan One-Group Pretest-Posttest. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda, dengan teknik pengumpulan data melalui pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata dari 53,98 menjadi 83,17, dengan nilai N-Gain rata-rata sebesar 0,634 yang termasuk kategori sedang. Uji t berpasangan menunjukkan nilai signifikansi 0,000, yang mengindikasikan peningkatan hasil belajar yang signifikan setelah penggunaan aplikasi Wordwall. Media ini terbukti efektif meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan pemahaman siswa terhadap materi matematika. Dengan demikian, Wordwall dapat menjadi alternatif media pembelajaran digital yang inovatif dan relevan untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar.References
Ariandini, N., & Ramly, R. A. (2023). Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan Media Stats, 12, 107–116.
Artama, S., Djollong, A. F., Ismail, Lubis, L. H., Kalbi, & Yulianti, R. (2023). Evaluasi Hasil Belajar (Gawarti (ed.)). PT. Mifandi Mandiri Digital.
Dr. Arif Rachman, Dr. E. Yochanan, D. I. A. I. S. (2024). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif R & D. CV Saba Jaya Publisher.
Hastuti, I. D., Surahmat, & Sutarto. (2019). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar (N. K Atika (ed.)). Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.
Hulukati, E., Achmad, N., & Bau, M. A. (2021). Deskripsi Penggunaan Media E-Learning dalam Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(1), 21–27. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i1.10061
Hutapea, R. H. (2019). Instrumen Evaluasi Non-Tes dalam Penilaian Hasil Belajar Ranah Afektif dan Psikomotorik. BIA’: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 2(2), 151–165. https://doi.org/10.34307/b.v2i2.94
Khairunisa, Y. (2021). Pemanfaatan Fitur Gamifikasi Daring Maze Chase–Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Digital Mata Kuliah Statistika Dan Probabilitas. Mediasi, 2(1), 41–47. https://doi.org/10.46961/mediasi.v2i1.254
Khofifah Indra Sukma, & Trisni Handayani. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Berbasis Wordwall Quiz Terhadap Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1020–1028. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2767
Kurniawan, A. B., & Hidayah, R. (2020). Kepraktisan Permainan Zuper Abase Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Asam Basa. UNESA Journal of Chemical Education, 9(3), 317–323. https://doi.org/10.26740/ujced.v9n3.p317-323
Lubis, A. P., & Nuriadin, I. (2022). Efektivitas Aplikasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6884–6892. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3400
Maghfiroh, K., Roudlotul, M. I., & Semarang, H. (2018). Penggunaan Media Word Wall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV MI Roudlotul Huda. Jpk, 4(1), 64–70. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk
Maryanti, S., Hartati, S., & Kurniawan, D. T. (2022). Assesment For Learning Educandy & Wordwall (D. T. Kurniawan & N. S. Pangsuma (eds.)). Yayasan Rumaah Rawda Indonesia.
Mujahidin, A. A., Salsabila, U. H., Hasanah, A. L., Andani, M., & Aprillia, W. (2012). Pemanfaatan Media Pembelajaran Daring (Quizizz, Sway, dan Wordwall) Kelas 5 di SD Muhammadiyah 2 Wonopeti. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 552–560. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3109
Nurhayati, H., & , Langlang Handayani, N. W. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Oktari, S., T., & Desyandri. (2023). Analisis Penggunaan Aplikasi Wordwall pada Pembelajaran IPA Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 726–730.
Sawitri, E., Astiti, M. S., & Fitriani, Y. (2019). Hambatan Dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 202–213.
Utami, D. D. A et al. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 5(4), 2541–2549. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Annisa Putri Azalia Maulidina, Agil Agasi, Fika Riehah Wardah, Muhammad Zulfan Abdillah, Nurul Makkiyah, Siti Aisyah, Ika Dian Rahmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors published with the JGK (Jurnal Guru Kita) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)






















